Monday 16 November 2020

Forum Pertanyaan Kelas III D

 Silahkan sampaikan pertanyaan/permasalahan Anda dalam mempelajari materi pada bab-bab pada perkuliahan ini masing-masing bab yaitu 1 pertanyaan. Ada 9 Bab yaitu :

1. Titik, Garis, Bidang, dan Sudut

2. Segitiga

3. Persegi Panjang dan Persegi

4. Jajar Genjang, Belah Ketupat, Layang-layang, Trapesium, dan Lingkaran

5. Penurunan Rumus Luas Bangun Datar dengan Pendekatan Luas Daerah Persegi Panjang

6. Keliling dan Luas

7. Teorema Phytagoras

8. Bangun Ruang

9. Jaring-jaring Bangun Ruang


Silahkan jawab dengan mencantumkan NAMA dan NIM

21 comments:

Unknown said...

Maya Viola Sapitri _192180086_
Saya tidak mengerti

Aiz Liana Salma said...

Nama : Aiz Lianw Salma
NIM : 192180105
Kelas : 3D PGSD

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
izin bertanya ibu, saya ingin menyampaikan permasalahan yang saya hadapi terkait materi sudut, misal seperti sudut yang berpelurus, sudut saling berhadapan, bertolak belakang, berpenyiku, saya masih bingung jika langsung dihadapkan dengan soal, biasanya saya lupa untuk menentukan berapa jumlah sudut bagaimana caranya. Terimakasih.
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Sobiyatul Mutamima said...

Nama : Sobiyatul Mutamima
NIM : 192180081

1. Titik, Garis, Bidang, dan Sudut. Permasalahannya yaitu pada sudut. Bagaimana cara mencari perbedaan besar sudut satu dengan sudut lainnya?
2. Segitiga
Permasalahannya adalah pada cara mencari panjang salah satu sisi dengan panjang garis setiap sisi yang tidak sama.
3. Persegi panjang dan persegi
4. Jajar genjang, belah ketupat, layang-layang, trapesium, dan lingkaran
Permasalahannya yaitu pada cara mengetahui besar diagonal 1 dan diagonal 2 pada belah ketupat dan layang-layang.
5. Penurunan Rumus Luas Bangun Datar dengan Pendekatan Luas Daerah Persegi Panjang
Permasalahannya yaitu pada penurunan rumus layang-layang. Bagaimana cara memasukkan rumusnya, apabila rumus layang-layang sendiri terdapat diagonal 1 dan diagonal 2?
6. Keliling dan luas
Permasalahannya yaitu pada luas beberapa bangun datar yang kadang besar angkanya belum diketahui.
7. Teorema Phytagoras
Permasalahannya yaitu pada cara mencari salah satu besar sisi. Karena terkadang angkanya tidak pas walaupun sudah menggunakan rumus yang benar.
8. Bangun Ruang
Permasalahannya yaitu pada cara membedakan rumus bangun ruang yang terkadang masih tertukar.
9. Jaring-jaring bangun ruang
Permasalahannya yaitu pada cara agar mengetahui dan mengerti bidang-bidang pada bangun ruang.

Unknown said...

Assalamualaikumwarohmatullahiwabarokatuh,Saya Wahyu Budi Utami 192180099,ijin bertanya Yang Nomor 5 dalam penurunan luas bangun datar dengan pendekatan luas daerah persegi panjang Apakah Rumusnya itu memakai rumus Persegi Panjang L=p×l?

Anyta Kusumawati 192180091 said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Nama: Raysita Cahya Anggraeni
NIM : 192180108
Saya izin bertanya terkait permasalahannya 1.pada sudut, ada sudut yang berpelurus, bertolak belakang, berhadapan. Bagaimana cara menentukan sudut itu berpelurus, bertolak belakang, berhadapan?
2. Bagaimana cara menentukan diagonal bidang dan diagonal ruang pada kubus, dan balok?
3. Bagaimana cara menghitung luas pada bangun ruang yang belum diketahui angkanya?
4. Masih bingung menentukan jumlah sudut pada bangun ruang

Anyta Kusumawati 192180091 said...

Anyta Kusumawati/ 192180091/ 3D PGSD
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, maaf sebelumnya Bu, saya ingin bertanya perihal materi tentang sudut, saya masih bingung ketika mencari nilai di dalam hubungan antar sudut seperti sudut yang berpelurus, dan juga pada dua garis sejajar yang dipotong garis lurus, untuk mencari nilanya bagaimana Bu?
Terima kasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Unknown said...

Assalamualaikum wr.wb
Nama: Siti Zainatun Umaro
NIM : 192180114

4. Jajar genjang, belah ketupat, trapesium, dan lingkaran.
Permasalahnya ketika ada bangun-bangun tersebut digabungkan dengan bentuk yang kurang sempurna atau tidak utuh.
7. Teorema pytagoras
Permasalahnnya yaitu mencari salah satu sisinya. Walaupun sudah menggunakan rumus yang benar.
8 Bangun ruang
Permasalahannya untuk membedakan rumus-rumusnya terkadang masih tertukar.

Terima kasih

Wahyu Eka Febrianti said...

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Wahyu Eka Febrianti 192180092
Ijin bertanya
1. Bagaimana memahami penyelesaian soal keliling dan luas pada soal cerita ?
2. Pada saat kita menyelesaikan soal teorema pytagoras itu kan kita mencari akar kuadrat dari suatu bilangan,nah itu bagamaina ketika kita menjelaskan bagaimana mencari akar kuadrat pada siswa sd ? Terimakasih
Wassalamualaikum

Unknown said...

Wahyu Budi Utami 192180099
1. a. Titik
Secara matematik definisi titik adalah sesuatu yang tidak mempunyai bagian sama sekali, tidak berbentuk dan tidak mempunyai ukuran.
Dari pengertian di atas, maka titik dapat dijabarkan sebagai berikut:
1. Tidak mempunyai ukuran
2. Tidak memeiliki panjang, lebar atua tebal.
3. Memiliki tempat (posisi)

4. Tidak dapat dilihat
b.Garis
Garis adalah himpunan dari titik-titik yang mempunyai panjang tak terhingga tetapi tidak memiliki lebar atau tebal.Panjangnya tak terbatas, lurus, tidak mempunyai ketebalan, dan tidak mempunyai ujung.
Ciri-ciri garis yaitu:
1. Tidak mempunyai pangkal.
2. Tidak mempunyai ujung.
3. Panjangnya tak terhingga
c.Sudut
Sudut dibentuk oleh dua garis lurus yang berpotongan pada satu titik yang sisi-sisinya bersekutu pada salah satu ujungnya. Ciri-cirinya yaitu sisi-sisi sudut dibentuk oleh ruas-ruas garis dan sudut terbentuk karena ruas-ruas garis yang pangkalnya bersekutu (bertemu) pada satu titik yang disebut titik sudut.
Berdasarkan besar sudutnya, maka sudut digolongkan menjadi empat jenis, yaitu:
1. Sudut lurus adalah sudut yang besarnya 180o.
2. Sudut siku adalah sudut yang besarnya 90o.
3. Sudut lancip adalah sudut yang besarnya antara 0o – 90o.
4. Sudut tumpul adalah sudut yang besarnya lebih dari 90o.
D. Bidang
Bidang adalah permukaan rata yang meluas ke segala arah,tak terbatas, terus-menerus dalam semua arah, dan tidak memiliki ketebalan.Bidang adalah himpunan titik-titik yang memiliki luas tak terhingga.Bidang terdiri dari bidang datar dan bidang ruang.
Bidang datar disebut juga bidang berdimensi dua karena hanya mengandung unsur panjang dan lebar.Berikut ini merupakan macam-macam bidang datar, yaitu:
2. Segitiga
Segitiga
Segitiga adalah gabungan dari tiga segmen/ruas garis yang titik-titiknya tidak kolinier (tidak terletak pada satu garis). Ditinjau dari besar sudutnya, segitiga digolongkan menjadi:
a. Segitiga lancip (ketiga sudutnya lancip).
b. Segitiga siku-siku (salah satu sudutnya 90o).
c. Segitiga tumpul (salah satu sudutnya tumpul, >90o).
Sedangkan ditinjau dari panjang sisinya, segitiga digolongkan menjadi:
a. Segitiga sama sisi yang ketiga sisinya sama panjang.
b. Segitiga sama kaki yang mempunyai dua sisi yang sama panjang.
c. Segitiga sembarang yang ketiga sisinya tidak sama panjang.
Secara umum, sifat-sifat segitiga adalah sebagai berikut:
a. Mempunyai tiga sisi yang ketiga ujungnya saling bertemu dan membentuk tiga sudut.
b. Mempunyai tiga buah titik sudut.
c. Ketiga sudut besarnya 180 derajat.
3.

Unknown said...

Nama : Dwirex Cece Jihan
NIM : 192180103
Kelas : 3D PGSD

Maaf sebelumnya bu ijin bertanya terkait pembelajaran mengenai materi menghitung luas bangun datar apabila bangunya langsung digabungkan dan bertumpukan,jadi masih suka ragu dalam menghitung luasnya semisal layang2 jika di gabungkan dengan persegi panjang dan itu bertumpukan nah untuk menentukan luasnya masih binggung bu
Terimakasih

Unknown said...

Assalamualaikum wr.wb

Saya Risma dengan NIM 192180080, izin bertanya. Saya masih bingung terkait dengan materi Penurunan Rumus Luas Bangun Datar dengan Pendekatan Luas Persegi Panjang. Apakah itu berarti kita mencari Luas Persegi Panjang terlebih dahulu pada Bangun Datar tersebut atau bagaimana? Dan jika Luas Persegi Panjang tersebut telah ditemukan, selanjutnya bagaimana?

Terima kasih.

Unknown said...

Nama : Herry Nugroho Sulistio
NIM : 192180085

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
izin bertanya Bu, permasalahan saya dalam memahami materi segitiga yaitu Bagaimana memnentukan rumus segitiga menggunakan phytagoras dan segitiga apa saja yang menggunakan rumus pyitagoras.

Unknown said...

Nama : Laila Turrochmah
NIM : 192180083

1. Saya masih bingung jika ada pertanyaan tentang cara menemukan hasil pada luas dan keliling gabungan bangun datar yang terkadang angka pada salah satu sisinya belum diketahui.
2. ‎saya masih bingung tentang bab ke 5 tentang Penurunan Rumus Luas Bangun Datar dengan Pendekatan Luas Daerah Persegi Panjang.

Unknown said...

Asa Faedah NIM 192180088 Kelas 3D PGSD.
1. Permasalah saya dalam mempelajari materi "Sudut" yaitu saya masih bingung dalam menentukan langkah dan apa saja yang perlu dipakai dalam menjawab soal tentang sudut.
2. Permasalahan saya dalam mempelajari materi "Penurunan Rumus Luas Bangun Datar dengan Pendekatan Luas Daerah Persegi Panjang" yaitu kurang paham atau masih bingung dengan langkah-langkahnya.
3. Permasalah saya dalam mempelajari materi "Teorema Phytagoras" yaitu saat mengaplikasikan pada soal bangun ruang apalagi pada soal cerita. Saya masih bingung dalam menentukan garis yang dipakai serta yang ditanyakan.
4. Permasalah saya dalam mempelajari materi "Bangun Ruang" yaitu kesulitan untuk menjawab yang ditanyakan karena harus tau bagaimana bentuk gambar yang ditanyakan tetapi masih kesulitan saat mengira-ngira bentuk gambar yang ditanyakan jadi masih bingung menentukannya.

Unknown said...

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Maya Viola Sapitri
192180086
3D PGSD

Ijin bertanya :

5. Penurunan luas bangun datar dengan pendekatan luas daerah persegi panjang. Kesulitan nya penurunan luas bangun belah ketupat dengan menggunakan luas daerah persegi panjang, itu bagaimana ya bu ?

7. Teorema phythagoras. Saya belum paham tentang materi phytagoras.

Terimakasih

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabaraktuh

Neny Kennesthy Anggraeni said...

Nama : Neny Kennesthy Anggraeni
NIM : 192180102
Kelas : 3D

Ijin bertanya bu,

1. Apakah dalam sinar garis yang hanya memiliki satu arah bisa mempunyai segmen garis?

2. Masing bingung, bagaimana menentukan rumus luas layang-layang dengan pendekatan luas persegi panjang, karena dalam video pembelajaran dengan menggunakan pendekatan segitiga.

3. Menentukan angka pada sisi bangun datar yang sudah di gabung-gabungkan dengan bangun datar lainnya dan hanya ada satu sisi saja yang sudah di ketahui angkanya . Kadang masih suka bingung menentukan angka yang belum diketahui angka tersebut.

4. Theorema Phytagoras yang pada bangun ruang, permasalahannya kadang sulit untuk mencari garis-garisnya, harus menggunakan yang mana saja untuk menemukan garis yang ditanyakan dan kadang suka bingung bagian mana yang terlihat sudut siku-siku.

Terimakasih

Unknown said...

Nama : Laksmi Tara Dewi
NIM : 192180089
Kelas 3 D

Kesulitan kalo mendapat soal yang menemukan luas gabungan bangun datar yang salah satu sisinya belum di ketahui.

Sekar Nutty Wijayanti said...

Nama : Sekar Nutty Wijayanti
NIM : 192180095
Kelas : 3D PGSD
Maaf Bu,saya masih bingung jika ada pertanyaan tentang cara menemukan hasil pada keliling gabungan bangun datar yang terkadang angka pada salah satu sisinya belum diketahui dan haru mencarinya itu masih bingung Bu, lalu pada materi bab ke 5 Penurunan Rumus Luas Bangun Datar dengan Pendekatan Luas Daerah Persegi Panjang cara menentukannya, terima kasih

Unknown said...

Neni Tri Novanti (192180096)
Permasalahan yang saya hadapi ada pada bab pertama dimana biasanya akan ada soal berpelurus, berpenyiku seperti yang ada pada soal UTS kemarin. Juga pada bab keliling dan bangun datar. Kesulitannya jika saya menemukan soal dimana ada 2 bangun datar atau lebih yang gabung atau bertumpuk, karena terkadang beda orang bisa beda penafsiran. Terima kasih

Dimas Angga Lesmana said...

Nama : Dimas Angga Lesmana
NIM : 192180084

1. Titik, Garis, Bidang, dan Sudut. Permasalahannya yaitu pada sudut. Bagaimana cara mencari perbedaan besar sudut satu dengan sudut lainnya?
2.. Penurunan Rumus Luas Bangun Datar dengan Pendekatan Luas Daerah Persegi Panjang
Permasalahannya yaitu pada penurunan rumus layang-layang. Bagaimana cara memasukkan rumusnya, dimana rumus layang-layang sendiri terdapat diagonal 1 dan diagonal 2?
3.. Teorema Phytagoras
Permasalahannya pada cara mencari salah satu besar sisi. Karena terkadang angkanya tidak pas walaupun sudah menggunakan rumus yang benar.
4. Jaring-jaring bangun ruang
Permasalahannya yaitu pada cara agar mengetahui dan mengerti bidang-bidang pada bangun ruang.