Thursday 26 April 2018

Statistika 1

Statistika merupakan ilmu pengolahan data, yang dimulai dari merencanakan sampai dengan menganalisis data yang telah diolah. Mata kuliah ini ditempuh sebagai bekal mahasiswa dalam mengerjakan Tugas Akhir. Pada proses penelitian, tahapan yang memerlukan statistika yaitu pada tahap merumuskan hipotesis, menentukan sampel dari populasi, menguji instrumen, mengumpulkan data, menyajikan data, dan menganalisis data. Semakin berkembangnya teknologi, maka sekarang ada program pengolahan data yang dapat membantu para peneliti untuk menganalisis data dalam penelitiannya, yaitu Program SPSS. Kepanjangan dari SPSS adalah Statistical Product and Service Solutions. Seorang mahasiswa tidak boleh yang namanya tidak kenal dengan program ini, karena program ini merupakan teman Anda yang dapat membantu Anda ketika pengerjaan Tugas Akhir. Jika menginginkan program SPSS versi 16 bisa hubungi saya. Terimakasih.

Pendidikan Matematika I

Pendidikan Matematika I merupakan salah satu mata kuliah dalam program studi PGSD yang wajib ditempuh. Mata kuliah ini memuat materi-materi SD dan cara pengaplikasiannya yang harus dipelajari oleh mahasiswa program studi PGSD sebagai bekal kompetensi pedagogik. Menurut Anda materi SD itu mudah atau tidak? Kalo mudah mengapa harus dipelajari lagi? Kalo sulit, bagian manakah yang sulit dan usaha apakah yang Anda lakukan supaya dapat menguasai materi yang sulit tersebut? Dan seberapa pentingkah materi-materi SD itu?

Media Pembelajaran Matematika (Semester IV)

Pembelajaran merupakan kegiatan interaksi antara guru dan siswa yang bertujuan untuk menjadikan siswa dari yang awalnya tidak tahu menjadi tahu. Pada proses pembelajaran tentu ada komponen-komponen pendukung yang membantu keberhasilan dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Salah satunya adalah media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan perantara dalam kegiatan belajar mengajar yang dapat memperjelas materi sehingga siswa akan lebih mudah dalam memahami materi yang sedang dipelajari. Khususnya dalam mata pelajaran matematika, dimana matematika memiliki sifat abstrak dan deduktif sedangkan siswa SD pada hakikatnya masih pada taraf berpikir konkret dan induktif. Oleh karena itu, pada pembelajaran matematika di SD guru harus dapat menjembatani antara siswa dan matematika yaitu dengan menggunakan media dan alat peraga.

Berdasarkan uraian di atas, bagaimana tanggapan Anda tentang pentingnya penggunaan media atau alat peraga dalam pembelajaran matematika di SD? Dan deskripsikan inovasi media matematika yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan dalam pembelajaran matematika di SD sekarang ini!

Tuliskan jawaban Anda pada kolom komentar dibawah ini dengan menyebutkan Nama NIM dan Kelas. Terimakasih.