Tugas Kuliah

Tugas Kuliah Program Studi PGSD dapat didownload pada link di bawah ini :

Semester 1
-

Semester 3
Tugas 1
Tugas 2
Tugas 3
Tugas 4
Tugas 5
Tugas 6

Semester 5
Tugas 1
Tugas 2

3 comments:

Unknown said...

Nama Kelompok :
1. Aida Maulidina (162180075)
2. Rokhimatul Khotimah (162180089)
3. Nadea Rahma (162180091)
4. Angga Suryaputra (162180183)
Kelas : 5 C PGSD

Kompetensi Dasar :
Matematika
3.1 Mengenal lambang bilangan dan mendeskripsikan kemunculan bilangan dengan bahasa yang sederhana
3.2 Mengenal biilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada disekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
4.1 Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban
Bahasa Indonesia
3.3 Menguraikan lambang bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah
4.3 Melafalkan bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah.
PPKn
3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari hari di rumah
4.2 Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari hari di rumah

Tujuan Pembelajaran
1. Melalui lagu, siswa dapat memperkenalkan diri dengan menyebut nama panggilan
2. Melalui permainan “Suara Apakah Itu?”, siswa dapat mendengar perbedaan warna suara teman
3. Saat bernyanyi dan melakukan permainan, siswa dapat menyebut nama teman dengan benar
4. Setelah selesai bernyanyi dan melakukan permainan, siswa dapat mengingat semua nama teman dengan benar dan warna suara masing-masing teman
5. Dengan berbagi cerita, siswa dapat memberikan informasi dan memeragakan tentang aturan dirumah dengan memberi salam pada orang tua saat keluar rumah

Indikator :
Matematika
3.1.1 Mengidentifikasi banyak benda
3.2.2 Menunjukkan banyak benda sesuai lambang bilangan yang ditentukan (1-5)
4.1.1 Menuliskan lambang bilangan yang sesuai dengan banyak benda
Bahasa Indonesia
3.9.1 Menunjukkan kosa kata dan ungkapan perkenalan diri lisan atau tulis dengan tepat
4.9.1 Menggunakan kosa kata dan ungkapan perkenalan diri lisan atau tulis dengan tepat
PPKn
3.2.4 Menggali informasi hal-hal yang harus dilakukan sehubungan dengan aturan di rumah
4.2.4 Mempraktikkan kegiatan memberi salam saat keluar rumah

Langkah-langkah Pembelajaran
I. Tahap Pendahuluan
1. Review, apersepsi dan motivasi
2. Menjelaskan pada siswa tentang model pembelajaran yang dipakai dan menjelaskan manfaatnya
3. Pembentukan kelompok, setiap kelompok terdiri dari 4-6 siswa dengan kemampuan yang heterogen
4. Pembagian materi/soal pada setiap anggota kelompok.
Kelompok 1 mendiskusikan mengenal bilangan dengan melihat gambar pensil.
Kelompok 2 mendiskusikan mengenal bilangan dengan melihat gambar bebek.
Kelompok 3 mendiskusikan mengenal bilangan dengan melihat gambar apel.
Semua kelompok bergiliran maju ke depan untuk menyampaikan hasil diskusinya

II. Tahap Pengguasaan
1. Siswa dengan materi/soal sama bergabung dalam kelompok ahli dan berusaha menguasai materi sesuai dengan soal yang diterima.
Siswa mendiskusikan penyelesaian soal yang diberikan oleh guru.
2. Guru memberikan bantuan sepenuhnya.
III. Tahap penularan
1. Setiap siswa kembali ke kelompok asalnya
2. Tiap siswa dalam kelompok saling menularkan dan menerima materi dari siswa lain
Siswa menjelaskan cara penyelesaian soal kepada kelompok asalnya.
3. Terjadi diskusi antar siswa dalam kelompok asal
4. Dari diskusi, siswa memproleh jawaban soal

IV. Penutup
1. Guru bersama siswa membahas soal
2. Kuis/evaluasi, evaluasi adalah menilai, membandingkan, menyimpulkan, mempertentangkan, mengeritik, mendeskripsikan, membedakan, menerangkan, memutuskan, menafsirkan, menghubungkan dan membantu.
Lagu
Satu dua tiga empat lima enam tujuh delapan
Siapa rajin bersekolah cari ilmu sampai dapat
Sungguh senang, amat senang
Bangun pagi-pagi pukul 6

Unknown said...

Nama Kelompok :
1. Aida Maulidina (162180075)
2. Rokhimatul Khotimah (162180089)
3. Nadea Rahma (162180091)
4. Angga Suryaputra (162180183)
Kelas : 5 C PGSD

Kompetensi Dasar :
Matematika
3.1 Mengenal lambang bilangan dan mendeskripsikan kemunculan bilangan dengan bahasa yang sederhana
3.2 Mengenal biilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada disekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
4.1 Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban
Bahasa Indonesia
3.3 Menguraikan lambang bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah
4.3 Melafalkan bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah.
PPKn
3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari hari di rumah
4.2 Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari hari di rumah

Tujuan Pembelajaran
1. Melalui lagu, siswa dapat memperkenalkan diri dengan menyebut nama panggilan
2. Melalui permainan “Suara Apakah Itu?”, siswa dapat mendengar perbedaan warna suara teman
3. Saat bernyanyi dan melakukan permainan, siswa dapat menyebut nama teman dengan benar
4. Setelah selesai bernyanyi dan melakukan permainan, siswa dapat mengingat semua nama teman dengan benar dan warna suara masing-masing teman
5. Dengan berbagi cerita, siswa dapat memberikan informasi dan memeragakan tentang aturan dirumah dengan memberi salam pada orang tua saat keluar rumah

Indikator :
Matematika
3.1.1 Mengidentifikasi banyak benda
3.2.2 Menunjukkan banyak benda sesuai lambang bilangan yang ditentukan (1-5)
4.1.1 Menuliskan lambang bilangan yang sesuai dengan banyak benda
Bahasa Indonesia
3.9.1 Menunjukkan kosa kata dan ungkapan perkenalan diri lisan atau tulis dengan tepat
4.9.1 Menggunakan kosa kata dan ungkapan perkenalan diri lisan atau tulis dengan tepat
PPKn
3.2.4 Menggali informasi hal-hal yang harus dilakukan sehubungan dengan aturan di rumah
4.2.4 Mempraktikkan kegiatan memberi salam saat keluar rumah

Langkah-langkah Pembelajaran
I. Tahap Pendahuluan
1. Review, apersepsi dan motivasi
2. Menjelaskan pada siswa tentang model pembelajaran yang dipakai dan menjelaskan manfaatnya
3. Pembentukan kelompok, setiap kelompok terdiri dari 4-6 siswa dengan kemampuan yang heterogen
4. Pembagian materi/soal pada setiap anggota kelompok.
Kelompok 1 mendiskusikan mengenal bilangan dengan melihat gambar pensil.
Kelompok 2 mendiskusikan mengenal bilangan dengan melihat gambar bebek.
Kelompok 3 mendiskusikan mengenal bilangan dengan melihat gambar apel.
Semua kelompok bergiliran maju ke depan untuk menyampaikan hasil diskusinya

II. Tahap Pengguasaan
1. Siswa dengan materi/soal sama bergabung dalam kelompok ahli dan berusaha menguasai materi sesuai dengan soal yang diterima.
Siswa mendiskusikan penyelesaian soal yang diberikan oleh guru.
2. Guru memberikan bantuan sepenuhnya.
III. Tahap penularan
1. Setiap siswa kembali ke kelompok asalnya
2. Tiap siswa dalam kelompok saling menularkan dan menerima materi dari siswa lain
Siswa menjelaskan cara penyelesaian soal kepada kelompok asalnya.
3. Terjadi diskusi antar siswa dalam kelompok asal
4. Dari diskusi, siswa memproleh jawaban soal

IV. Penutup
1. Guru bersama siswa membahas soal
2. Kuis/evaluasi, evaluasi adalah menilai, membandingkan, menyimpulkan, mempertentangkan, mengeritik, mendeskripsikan, membedakan, menerangkan, memutuskan, menafsirkan, menghubungkan dan membantu.
Lagu
Satu dua tiga empat lima enam tujuh delapan
Siapa rajin bersekolah cari ilmu sampai dapat
Sungguh senang, amat senang
Bangun pagi-pagi pukul 6

Unknown said...

Nama Kelompok :
1. Aida Maulidina (162180075)
2. Rokhimatul Khotimah (162180089)
3. Nadea Rahma (162180091)
4. Angga Suryaputra (162180183)
Kelas : 5 C PGSD

Kompetensi Dasar :
Matematika
3.1 Mengenal lambang bilangan dan mendeskripsikan kemunculan bilangan dengan bahasa yang sederhana
3.2 Mengenal biilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada disekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
4.1 Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban
Bahasa Indonesia
3.3 Menguraikan lambang bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah
4.3 Melafalkan bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah.
PPKn
3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari hari di rumah
4.2 Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari hari di rumah

Tujuan Pembelajaran
1. Melalui lagu, siswa dapat memperkenalkan diri dengan menyebut nama panggilan
2. Melalui permainan “Suara Apakah Itu?”, siswa dapat mendengar perbedaan warna suara teman
3. Saat bernyanyi dan melakukan permainan, siswa dapat menyebut nama teman dengan benar
4. Setelah selesai bernyanyi dan melakukan permainan, siswa dapat mengingat semua nama teman dengan benar dan warna suara masing-masing teman
5. Dengan berbagi cerita, siswa dapat memberikan informasi dan memeragakan tentang aturan dirumah dengan memberi salam pada orang tua saat keluar rumah

Indikator :
Matematika
3.1.1 Mengidentifikasi banyak benda
3.2.2 Menunjukkan banyak benda sesuai lambang bilangan yang ditentukan (1-5)
4.1.1 Menuliskan lambang bilangan yang sesuai dengan banyak benda
Bahasa Indonesia
3.9.1 Menunjukkan kosa kata dan ungkapan perkenalan diri lisan atau tulis dengan tepat
4.9.1 Menggunakan kosa kata dan ungkapan perkenalan diri lisan atau tulis dengan tepat
PPKn
3.2.4 Menggali informasi hal-hal yang harus dilakukan sehubungan dengan aturan di rumah
4.2.4 Mempraktikkan kegiatan memberi salam saat keluar rumah

Langkah-langkah Pembelajaran
I. Tahap Pendahuluan
1. Review, apersepsi dan motivasi
2. Menjelaskan pada siswa tentang model pembelajaran yang dipakai dan menjelaskan manfaatnya
3. Pembentukan kelompok, setiap kelompok terdiri dari 4-6 siswa dengan kemampuan yang heterogen
4. Pembagian materi/soal pada setiap anggota kelompok.
Kelompok 1 mendiskusikan mengenal bilangan dengan melihat gambar pensil.
Kelompok 2 mendiskusikan mengenal bilangan dengan melihat gambar bebek.
Kelompok 3 mendiskusikan mengenal bilangan dengan melihat gambar apel.
Semua kelompok bergiliran maju ke depan untuk menyampaikan hasil diskusinya

II. Tahap Pengguasaan
1. Siswa dengan materi/soal sama bergabung dalam kelompok ahli dan berusaha menguasai materi sesuai dengan soal yang diterima.
Siswa mendiskusikan penyelesaian soal yang diberikan oleh guru.
2. Guru memberikan bantuan sepenuhnya.
III. Tahap penularan
1. Setiap siswa kembali ke kelompok asalnya
2. Tiap siswa dalam kelompok saling menularkan dan menerima materi dari siswa lain
Siswa menjelaskan cara penyelesaian soal kepada kelompok asalnya.
3. Terjadi diskusi antar siswa dalam kelompok asal
4. Dari diskusi, siswa memproleh jawaban soal

IV. Penutup
1. Guru bersama siswa membahas soal
2. Kuis/evaluasi, evaluasi adalah menilai, membandingkan, menyimpulkan, mempertentangkan, mengeritik, mendeskripsikan, membedakan, menerangkan, memutuskan, menafsirkan, menghubungkan dan membantu.
Lagu
Satu dua tiga empat lima enam tujuh delapan
Siapa rajin bersekolah cari ilmu sampai dapat
Sungguh senang, amat senang
Bangun pagi-pagi pukul 6