K13 dan KTSP merupakan dua kurikulum pendidikan yang masih diterapkan di Indonesia. Adanya dua kurikulum ini menjadi polemik bagi para guru khususnya guru sekolah dasar. Karena esensi dari kedua kurikulum jika dilihat dari cara mengajarnya sudah sangat berbeda. Hal ini menjadikan bagi sebagian guru merasa keberatan karena harus mengubah kebiasaan yang sudah dilaksanakan di KTSP. Walaupun demikian, jika dilihat dari sisi positifnya K13 merupakan kurikulum yang sangat bagus untuk bekal para generasi muda untuk menghadapi era revolusi 4.0. Maka dari itu, sebagai guru harus mempunyai semangat dan daya juang yang lebih untuk dapat melahirkan generasi-genarasi muda kompeten yang mampu bersaing di kancah internasional.
Melihat sisi lain dari K13 dan KTSP, akhir-akhir ini sedang booming pembahasan tentang ujian sekolah yang menggunakan mata pelajaran (KTSP) sedangkan pembelajaram selama ini menggunakan tema (K13). Permasalahan ini mendapat pro kontra dari berbagai pihak, kalangan, dan profesi.
Menurut Anda, bagaimana solusinya untuk memecahkan permasalahan tersebut tanpa menyalahkan pemerintah, pembuat soal, guru, dan kurikulum.
Melihat sisi lain dari K13 dan KTSP, akhir-akhir ini sedang booming pembahasan tentang ujian sekolah yang menggunakan mata pelajaran (KTSP) sedangkan pembelajaram selama ini menggunakan tema (K13). Permasalahan ini mendapat pro kontra dari berbagai pihak, kalangan, dan profesi.
Menurut Anda, bagaimana solusinya untuk memecahkan permasalahan tersebut tanpa menyalahkan pemerintah, pembuat soal, guru, dan kurikulum.