Thursday 26 April 2018

Media Pembelajaran Matematika (Semester IV)

Pembelajaran merupakan kegiatan interaksi antara guru dan siswa yang bertujuan untuk menjadikan siswa dari yang awalnya tidak tahu menjadi tahu. Pada proses pembelajaran tentu ada komponen-komponen pendukung yang membantu keberhasilan dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Salah satunya adalah media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan perantara dalam kegiatan belajar mengajar yang dapat memperjelas materi sehingga siswa akan lebih mudah dalam memahami materi yang sedang dipelajari. Khususnya dalam mata pelajaran matematika, dimana matematika memiliki sifat abstrak dan deduktif sedangkan siswa SD pada hakikatnya masih pada taraf berpikir konkret dan induktif. Oleh karena itu, pada pembelajaran matematika di SD guru harus dapat menjembatani antara siswa dan matematika yaitu dengan menggunakan media dan alat peraga.

Berdasarkan uraian di atas, bagaimana tanggapan Anda tentang pentingnya penggunaan media atau alat peraga dalam pembelajaran matematika di SD? Dan deskripsikan inovasi media matematika yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan dalam pembelajaran matematika di SD sekarang ini!

Tuliskan jawaban Anda pada kolom komentar dibawah ini dengan menyebutkan Nama NIM dan Kelas. Terimakasih.

6 comments:

febri kurnia cahyarini said...

MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA “PAPA AJAR BERUANG” (KELAS 4A)
Nama Anggota :
1.Fany Mega Sukma (172180007)
2.Fina Hastiwi (172180019)
3. Febri Kurnia C (172180140)
4. Ibnu Mubarok (172180031)
A. ALAT DAN BAHAN
Triplek,
Lem kayu,
Penggaris,
Pensil,
Gergaji,
Perekat,
Cat, dan kuas
Papan kayu.
B. CARA BUAT
1. Siapkan alat dan bahan
Cat papan kayu dengan cat kayu
Buat pola jaring-jaring (kubus, balok, Limas, prisma) pada triplek
Potong sesuai pola dengan menggunakan gerjaji
2.Potong bagian sambungan pada jaring-jaring
3.Warnai jaring-jaring yang sudah dibuat
4. Setiap sambungan dipasang perekat
Satu sisi ditempelkan ke papan kayu
Buat box kecil untuk meletakkan sisi yang lainnya
5. Potong kardus ukuran 3x5 sebanyak 12 Untuk Menempelkan rumus dari Masing masing bangun ruang
lalu buat soal, dan di tempelkan di kardus yang sudah di sediakan. Jadi seperti permainan edu game.
C. CARA PENGGUNAAN
1. Pertama siswa di bagi kelompok.
2. Lalu satu Persatu kelompok tersebut maju untuk mencoba menyusun jaring jaring dengan tepat.
3. Sesudah itu menentukan rumus untuk masing masing bangun ruang.
4.
Sesudah itu siswa disuruh berdiakusi untuk meng identifikasi ada berapa jenis Jaring jaring yang bisa Di buat.
5.
Lalu setiap kelompok perwakilan maju untuk mempresentasikan hasil diskusi.
6. Setelah presentasi Di lanjutkan permainan edu game dengan cara siswa memutar spin untuk menentukan soal.
7. Kemudian di kerjakan bersama sama
Setiap kelompok yang bisa menyelesaikan soal akan mendapatkan reward.
MASUKAN DARI KELOMPOK LAIN:
1. bangunnya apa saja apa hanya kubus saja yang di buat? (Fajar Pambudi 04)
2. Apakah bangun datar dan ruang tersebut dpt di kombinasikan? (Slamet 27)
3. Itu papannya menggunakan brng bekas atau membeli? (Nur Karimah 17)
4. Setiap siswa majunya di tentukan atau memilih sendiri sendiri (Nunung Surahmi 20)

Ibnu M said...

MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA “PAPA AJAR BERUANG"(Papan Jaring jaring Bangun Ruang).
Nama Anggota :
1.Fany Mega Sukma (172180007)
2.Fina Hastiwi (172180019)
3. Febri Kurnia C (172180140)
4. Ibnu Mubarok (172180031)
A. ALAT DAN BAHAN
Triplek,
Lem kayu,
Penggaris,
Pensil,
Gergaji,
Perekat,
Cat, dan kuas
Papan kayu.
B. CARA BUAT
1. Siapkan alat dan bahan
Cat papan kayu dengan cat kayu
Buat pola jaring-jaring (kubus, balok, Limas, prisma) pada triplek
Potong sesuai pola dengan menggunakan gerjaji
2.Potong bagian sambungan pada jaring-jaring
3.Warnai jaring-jaring yang sudah dibuat
4. Setiap sambungan dipasang perekat
Satu sisi ditempelkan ke papan kayu
Buat box kecil untuk meletakkan sisi yang lainnya
5. Potong kardus ukuran 3x5 sebanyak 12 Untuk Menempelkan rumus dari Masing masing bangun ruang
lalu buat soal, dan di tempelkan di kardus yang sudah di sediakan. Jadi seperti permainan edu game.
C. CARA PENGGUNAAN
1. Pertama siswa di bagi kelompok.
2. Lalu satu Persatu kelompok tersebut maju untuk mencoba menyusun jaring jaring dengan tepat.
3. Sesudah itu menentukan rumus untuk masing masing bangun ruang.
4.
Sesudah itu siswa disuruh berdiakusi untuk meng identifikasi ada berapa jenis Jaring jaring yang bisa Di buat.
5.
Lalu setiap kelompok perwakilan maju untuk mempresentasikan hasil diskusi.
6. Setelah presentasi Di lanjutkan permainan edu game dengan cara siswa memutar spin untuk menentukan soal.
7. Kemudian di kerjakan bersama sama
Setiap kelompok yang bisa menyelesaikan soal akan mendapatkan reward.
MASUKAN DARI KELOMPOK LAIN:
1. bangunnya apa saja apa hanya kubus saja yang di buat? (Fajar Pambudi 04)
2. Apakah bangun datar dan ruang tersebut dpt di kombinasikan? (Slamet 27)
3. Itu papannya menggunakan brng bekas atau membeli? (Nur Karimah 17)
4. Setiap siswa majunya di tentukan atau memilih sendiri sendiri (Nunung Surahmi 20)

Tri Fitri Heriyanto said...

PGSD 4D

Judul: Laci Berhitung
Kelompok 3

Media yang kami buat merupakan media pembelajaran matematika yang lebih kami tujukan pada kelas rendah yakni kelas 1SD. Materi yang masuk dalam media kami adalah perhitungan sederhana berupa pertambahan, pengurangan, dan perkalian.
Dengan menggunakan media yg kami bentuk menyerupai laci dengan beberapa angka serta lubang untuk memasukkan batu diatasnya, kami jadikan itu sebagai media mengajarkan perhitungan sederhana pada siswa.

Beberapa pertanyaan dari kelompok lain:
Puspa Tunjung: Cara menggunakan?
Sri Ratna: Berapa range angka penjumlahan dan pengurangan pd media tsb

Terimakasih dari kami,
Kelompok 3
4D

Bismillah, semangat semangaaat :)

Nunung Surahmi said...

Nama :
Nunung surahmi
Nur Karimah
Nova lestari
Nama Media : " JAM BERPUTAR BERCERITA"
Deskripsi : Media ini adalah media yang digunakan untuk sekolah dasar kelas rendah yaitu kelas dua untuk mengetahui tentang cara kerja jam, misalnya 1 jam berapa menit, 1 menit berapa detik dan anak harus tau dan bisa menceritakan kegiatan kesehariannya melalui jam tersebut mulai bangun tidur sampai tidur lagi.
Pertanyaan :
1.Bagaimana cara guru membujuk siswa agar siswa mau maju ( Febri)
Jawab : bila ada siswa yang mau maju dia akan mendapat riwead atau hadiah
2. Untuk lingkaran terbuat dari apa? (Fina)
Jawab : lingkaran terbuat dari kardus dan karton
3. Materi ini untuk kelas berapa? ( Safira)
Jawab : materi ini cocok untuk kelas rendah ,khususnya untuk kelas 2

Ibnu M said...

Media Pembelajaran sangat penting ketika digunakan untuk membelajarkan mata kuliah Matematika, apalagi ketika mengajar di SD, murid-muridnya yang masih suka untuk bermain, apalagi ketika pelajaran matematika murid biasanya tidak terlalu suka terhadap mata pelajaran matematika. Sehingga guru harus bisa mengajak muridnya untuk menguasai materi dengan mudah contohnya menggunakan media permainan congklak disitu siswa dapat bermain sambil belajar siswa pastinya suka karena belajar sambil bermain bersama temannya. Pengaruh media pembelajaran terhadap anak sangat mempengaruhi keaktifan anak.
Nama: Ibnu Mubarok
Nim : 172180031
Kelas : 4 A

saiful annam said...

Alat peraga *Mizan math*
Oleh :
Nurul H (172180005)
Aulia F (172180008)
Slamet W (172180027)
Mizan math adalah alat peraga yg di gunakan untuk kelas 2 sd dan dalam math tersebut dala mizan math tersebut secara langsung siswa dapat membanding jika jawanya bener berti tidak betat sebrlah.


Pertanyaan
1. Febri
Alat apa yang digunakan untuk menyantelkan balok ke timbangan tersebut? Serta bahan apa yang digunakan untuk membuat balok
Bahan yg di gunakan yaitu usuk dan rank.
Memgunakan cantelan besi.
2. Fira
Bagaimana cara yang dilakukan agar anak tertarik untuk maju dan mau mengoperasikan media tersebut? Yang pertama siswa di kasih kotakan kemudian sambil bernyanyi setelah lagu selesai terus kotak itu nerhenti baru anak tersebut di suruh maju.
Apakah media tersebut bisa digunakan untuk operasi perkalian?
Tidak bisa karena beranya jika di kalikan tidak seimbang.