Monday 16 November 2020

Forum Pertanyaan Kelas III C

 Silahkan sampaikan pertanyaan/permasalahan Anda dalam mempelajari materi pada bab-bab pada perkuliahan ini masing-masing bab yaitu 1 pertanyaan. Ada 9 Bab yaitu :

1. Titik, Garis, Bidang, dan Sudut

2. Segitiga

3. Persegi Panjang dan Persegi

4. Jajar Genjang, Belah Ketupat, Layang-layang, Trapesium, dan Lingkaran

5. Penurunan Rumus Luas Bangun Datar dengan Pendekatan Luas Daerah Persegi Panjang

6. Keliling dan Luas

7. Teorema Phytagoras

8. Bangun Ruang

9. Jaring-jaring Bangun Ruang


Silahkan jawab dengan mencantumkan NAMA dan NIM

19 comments:

Ananda Suci Kosasih said...

Nama : Ananda Suci Kosasih
NIM : 192180054
Kelas : 3C PGSD
Kesulitan saya pada pembelajaran matematika pada bab bangun ruang terutama saat mencari volume bangun ruang tersebut karena harus benar-benar memahami rumusnya.

silviafrianingrum said...

Nama : Silvi Afrianingrum
NIM : 192180067
Kelas : 3C

Kesulitan dalam bab bangun ruang terutama dalam mencari misalnya jari-jari pada tabung yang sudah diketahui volumenya. Jadi bukan mencari volume tapi mencari salah satu dari rumusnya misal ada jari-jari atau tinggi suatu bangun.

Kesulitan dalam bangun segitiga yaitu dalam mencari berapa sudut segitiga.

Panggih Anugrah Perdana said...

Panggih Anugrah Perdana
192180068

Saya kesulitan dalam menjelaskan materi Teorema Phytagoras. karena ketika menjelaskan di SD, siswa harus paham perpangkatan terlebih dahulu. Kemudian ketika gambar bangunnya kombinasi (misalnya persegi, di salah satu sisinya ada bangun segitiga).

Syaifulaswan.blog said...

Nurul Hafidah
192180074
Pada BAB I, Saya terkadang masih kesulitan menganalisis besaran sudut dengan bentuk soal yang bervariasi.
Pada BAB II, Mengapa kombinasi bangun segitiga dalam setengah lingkaran masih bangun yang paling kuat untuk konstruksi?
Pada BAB III, Apakah Pada bab ini kita harus mempelajari trigonometri?
Pada BAB IV, Adakah latihan khusus untuk pemantapan materi untuk gabungan bangun pada bab ini?.Pada BAB V, Saya merasa masih perlu sering berlatih.
BAB VI, Menurut saya harus sering-sering berlatih mengerjakan soal keliling maupun luas untuk gabungan bangunan datar.
BAB VII, Bolehkah cara cepat yang pernah dibagikan untuk mencari sisi berdasarkan rumus phytagoras diajarkan untuk anak SD?
BAB VIII, Saya kesulitan untuk mengerjakan soal gabungan bangun datar dan ruang.
BAB IX, Kesulitannya mungkin karena malas membuat jaring-jaring.

Unknown said...

Nur Riya Asti
192180059
PGSD/3C

Kesulitan bab 1 yaitu menghitung skala dan sudut apabila menemui soal cerita, untuk bab 2 kesulitannya tentang bagaimana cara menghitung panjang salah satu sisi apabila segitiga tersebut tidak beraturan. Bab 3, permasalahannya masih sama seperti bab 2, kemudian untuk bab 4, jujur masih sangat bingung apabila menghitung bangun yang digabung-gabung. Bab 5 permasalahannya masih sama seperti bab 4. Untuk bab 6, masih kurang paham mencari keliling bangun-bangun yang digabung. Bab 7, ngeblank sekali untuk bab 7 Bu🤭, bab 8 dan bab 9 apalagi, belum paham sama sekali.🤭

keterkaitan said...

Nok Siamah
192180072
3C

Bab 1
Pertanyaan : Mengapa suatu bidang tidak memiliki batas?
Bab 2
Pertanyaan : Mengapa suatu segitiga hanya memiliki besar sudut sebesar 180°?
Bab 3
Pertanyaan : Mengapa suatu persegi dan persegi panjang memiliki sifat - sifat yang sama dan apakah yang dimaksud dengan bangun persegi merupakan bangun persegi panjang yang khusus?
Bab 4
Pertanyaan : Bagaimana cara membedakan antara tali busur dengab busur?
Bab 5
Permasalahan : Masih belum memahami tentang penurunan luas belah ketupat dan layang - layang.
Bab 6
Pertanyaan : Mengapa rumus dari luas jajar genjang dan belah ketupat itu berbeda sedangkan sifat dari keduanya sama?
Bab 7
Permasalahan : Belum memahami cara menentukan jari - jari lingkaran suatu segitiga.
Bab 8
Permasalahan : Belum begitu memahami cara menentukan dan membedakan antara bidang diagonal dan diagonal ruang.
Bab 9
Permasalahan : Belum begitu memahami soal cerita tentang cara menentukan luas suatu jaring - jaring pada limas maupun bangun ruang yang lainnya.

Tine said...

Nama : Nuriyatul Fadhilah
NIM : 192180069
Kelas : 3C PGSD
Kesulitan saya pada pembelajaran matematika pada bab 7 Teorema Phytagoras bagaimana cara menyampaikan materi kepada anak anak dengan cara yang sederhana dan mudah di pahami.

safiraroesi said...

Safira Roesi
192180065

Saya masih kesulitan dalam mengerjakan soal bangun datar gabungan dan bangun ruang dlm mencari panjang sisi nya.

LAMBANG SUBARKAH HANAFI said...

Lambang Subarkah Hanafi
192180062

1.Bagaimana cara membedakan sudut elevasi dengan sudut depresi?
2. Pada materi simetri, Simetri putar tingkat 3 itu Simetri yang seperti apa ya bu?
3. Saya rasa terkait materi persegi dan persegi panjang Sudah cukup jelas mungkin didalam mencari luas gabungan yang di arsir dan lain-lain yang memerlukan waktu yang cukup lama bu
4.Kendalanya di materi yang Bagian lingkaran terkadang masih bingung menentukan bagian-bagian dari lingkaran tersebut misal juring yang mana apotema yang mana kadang masih tertukar
5. Ketika ada perintah gambar segitiga yang kongruen maksudnya itu bagaimana ya bu, segitiga Yang kongruen itu bagaimana bu...
6. Kalau materi keliling dan luas mungkin kendalanya dalam kita memahami konsep dari setiap bangun datar yang kurang maksimal si bu... Soalnya kalau hafalan itu terkadang masih terbolak balik.
7. Pada materi theorema Phytagoras kesulitannya ketika Sudah memasuki nominal2 Angka yang besar dan berakar bu
8. Untuk pada bangun ruang sendiri terkadang masih kebingungan ketika ada beberapa susunan bangun yang berbeda dan di suruh mencari luas dan volume.. Pastinya membutuhkan waktu yang cukup lama kalau belum mengerti rumus alternatifnya.
9. Pada materi Jaring-jaring bangun ruang untuk lebih memahami konsep dan materi Jaring-jaring maka di perlukan praktik membuat Jaring-jaring tersebut nah kendala dalam membuat Jaring-jaring tersebut biasanya memerlukan alat dan bahan serta waktu yang optimal untuk benar-benar dapat memahami materi tersebut. Sebetulnya bukan itu kendalanya namun didalam proses pembuatan grafisnya yang biasanya dalam menggunakan penggaris untuk membentuk sudut, Sisi yang simetris agar bisa benar-benar sempurna membentuk sebuah bangun ruang yang asli itu masih kesulitan.

silvyadamayanti said...

Nama : Silvya Damayanty
NIM. : 192180063
Kelas: 3C PGSD

BAB 1
Mengenai sudut elevasi dan sudut depresi
BAB V
Penerapan mengenai Penurunan rumus luas semua bangun datar dengan pendekatan luas daerah persegi panjang
BAB IX
Bagaimana cara mudah memahami gambar jaring" suatu bangun ruang jika ada beberapa contoh gambar dan yang benar hanya satu

Unknown said...

Nama : Zulfi Fatmawati
NIM : 192180071
Kelas : 3 C

Bab 1 => Masih bingung dalam menentukan antara sudut elevasi dengan sudut depresi.
Bab 2 => Segitiga sama sisi dikatakan memiliki simetri putar tingkat 3, nah simetri putar tingkat 3 itu seperti apa ya bu ?
Bab 3 => Bagaimana bu caranya menemukan nilai diagonal pada bangun persegi maupun persegi panjang?(tidak menggunakan teorema pythagoras)
Bab 4 => Permasalahannya terkadang masih bingung dalam membedakan antara sifat-sifat jajar genjang dengan belah ketupat, dan juga masih kurang memahami antara bagian-bagian pada lingkaran.
Bab 5 => Permasalahan masih bingung dalam penurunan rumus pada lingkaran.
Bab 6 => Permasalahan dalam materi keliling dan luas yaitu dalam memahami konsep dari setiap bangun datarnya, soalnya jika menghafalkan rumusnya saja tanpa memahami konsepnya maka hasilnya juga akan kurang maksimal, dan akan terbolak balik antara bangun yang 1 dengan yang lainnya.
Bab 7 => Permasalahannya ketika sudah memasuki angka yang besar, dan juga angka yang desimal maka akan kesulitan dalam mencari akarnya bu.
Bab 8 => Terkadang masih bingung antara diagonal ruang, diagonal sisi dan bidang diagonal.
Bab 9 => Permasalahannya dalam materi jaring-jaring bangun ruang yaitu masih bingung ketika hanya memahami lewat gambar saja tanpa benda asli/nyata. Dan dalam membuat jaring-jaring bangun juga membutuhkan ketelitian, jika salah dalam membentuk grafisnya maka ketika dirangkai juga tidak akan jadi sebuah bangun ruang.
Terimakasih bu.

Unknown said...

Ma'mun Rosyid
193180066
Kesulitannya yaitu menghitung skala dan sudut apabila menemui soal cerita, bagaimana cara menghitung panjang salah satu sisi apabila segitiga tersebut tidak beraturan. masih sangat bingung apabila menghitung bangun yang digabung-gabung. masih kurang paham mencari keliling bangun-bangun yang digabung.

Unknown said...

Nama: Diyah Choirina
Nim : 192180077

Kesulitan yang saya hadapi ketika bab 1 menentukan suatu sudut yg belum diketahui dari gabungan suatu bangun, bab 4 Dan 8 menentukan luas ataupun volume suatu bangun datar atau ruang yg digabung, bab 9 menentukan jaring-jaring terutama lingkaran.

Arna Lestyana said...

Nama : Arna Lestyana
NIM : 192180057
Kelas : PGSD 3C

Kesulitan yang saya hadapi yaitu
-Bab 1 saat menentukan sudut yang belum diketahui dari gabungan sudut suatu bangun dan saat ada soal cerita, pada -Bab 4 dan 8 kesulitan dalam menentukan volume atau luas pada bangun datar/ ruang yang digabung dan harus melihat rumus-rumus,
-Bab 5 saya harus sering berlatih,
-bab 7 ketika besok mengajarkan kepada siswa di SD harus bagaimana bu? Agar siswa dapat paham dengan baik materinya?
-bab 9 kesulitan dalam menentukan jaring-jaring bangun ruag terutama lingkaran

Unknown said...

Karomatul Sa'bani 192180076
Bab 1
Masih bingung dimateri hubungan sudut pada dua garis sejajar yang dipotong oleh sebuah garis, dibuku jg tidak ada latihan soal sehingga belum bisa mengukur kemampuan dalam memahami materi tersebut
Bab2
Dibuku tidak ada latihan soal sehingga belum bisa mengukur kemampuan pemahaman materi segitiga, kalau bisa mungkin diberikan latihan soal sehingga bisa mengukur pemahaman materi
Bab 3
Diagonal pada persegi panjang dan persegi
Bab 4
Jika terkait soal gabungan dua bangun datar masih bingung lalu jika ada soal gabungan dua bangun datar trapesium dan layang-layang lalu hanya 2 sisi yang diketahui ukuran nya itu masih bingung untuk menghitung ukuran sisi lainnya
Bab 5
Masih bingung untuk menentukan langkah-langkah dari penurunan rumus misal penurunan rumus layang-layang dari persegi panjang itu masih bingung
Bab 6
Jika ada soal gabungan 2 bangun datar dan hanya beberapa sisi yang diketahui itu masih bingung untuk menghitung keliling ataupun luasnya
Bab 7
Dibuku tidak ada latihan soal sehingga belum bisa mengukur kemampuan pemahaman materi tersebut
Bab 8
Pada materi luas bola belum paham
Bab 9
Belum paham untuk menentukan jaring-jaring bangun datar

Unknown said...

Hasan ibnu sani
192180078
3c
- sudut depresi dan elevesi belum paham dan soal verita
- menghitung sisi swgitiga dan disajikan dalam bentuk cerita
- di kedua bangun ada gabungan bangun lain dan dsruh mencari luas
- kurang pemahaman tentang rumus
- belum tertalalu memahami penurunan
- luas, karena kurangnya latihan soal dan bangunan bergaabung dengan bangun lain
- saat angka mulai memasuki 4 dijid
- perlu pemahaman materi lagi
- belum paham/perlu pemahaman lahi

Yang terpenting masih agak ragu dalam menyampaikan ke peserta didik, belum tau cara yang pas untuk menyampaikan materi kepeserta didik

Anonymous said...

Nama : Rima Sonia
NIM : 192180060
Kelas : 3C PGSD
Menurut saya pembelajaran yang sulit untuk saya pahami yaitu pada bab 7 Teorema Phytagoras cara menyampaikan materi kepada anak anak dengan cara yang sederhana dan mudah di pahami.

Qomairoh dinda Eva Z 192180056 said...

QOmairoh Dinda Eva Z
192180056


Untuk bab satu saya masih bingung terkait materi hubungan sudut pada dua garis yang sejajar Diva tangan oleh sebuah garis terdapat di buku juga tidak ada latihan soal sehingga saya belum bisa mengukur kemampuan dalam memahami materi ini

Untuk yang kedua yaitu tentang kurangnya latihan soal mungkin jika latihan soalnya lebih banyak lagi saya bisa mengasah dan melihat kemampuan saya sampai mana
Untuk pak ketika yaitu bagian persegi panjang
Bab empat yaitu tidak paham tentang Kepungan dua bangun datar masih bingung
Untuk empat lima yaitu langkah langkah dan pnurunan rumus misalnya penurunan rumus Layanglayang tadi persegi panjang itu masih bingung kan sedikit paham dan tidak
Untuk bab tujuh yaitu tidak paham soal terima Pythagoras cara sederhananya dan bingung untuk menyampaikan kepada anak anak
Untuk bab tujuh yaitu tidak paham soal terima Pythagoras cara sederhananya dan bingung untuk menyampaikan kepada anak anak bab delapan yaitu pada materi luas belum paham
Untuk bab terakhir empat sembilan yaitu penumpahan pak pada jaring jaring bangun datar

EFA YUNITA said...

Efa Yunita
192180073

1. Belum paham tentang sudut elevansi dan sudut depresi.
2. Belum paham tentang simetri putar tingkat 3
3. Mencari nilai potong diagonal selain mnggunakan Phytagoras
5. Masih bingung dengsn penurunan rumus
7. Dengan teori Phytagoras masih terkendala dengan angka yang besar
8. Materi luas bola belum bisa
9. Kesulitas menentukan bangun ruang dengan jaring jaring, bisa tapi lama. Bagaimana cara cepatnya?