Tuesday 16 March 2021

Forum Diskusi MK Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas VI D

 Silahkan mengajukan pertanyaan terkait materi dan tugas yang Anda pelajari/pahami sampai saat ini. Terimakasih. 

Ket: Setiap mahasiswa wajib minimal mengajukan pertanyaan 1x, diperbolehkan menjawab/menanggapi pertanyaan teman.

32 comments:

Anonymous said...

Izin bertanya
Nama : Akhmad Faizin
NIM : 182180122
KELAS : 6D
Model pembelajaran terpadu, model webbed itu bisa tidak ya diterapkan di kelas rendah?

Anonymous said...

Ijin Bertanya
Nama : Nurena Lisa Nabilla
Nim : 182180140
Kelas : 6 D
Apakah ada standar baku untuk format penulisan RPP? Terimakasih

Rostika said...

Izin bertanya
Nama : Rostika Anggraeni
NIM. : 182180119
Apakah ada kemungkinan ketika menjadi seorang guru akan membuat sendiri tema yang akan diajarkar pada peserta didik?
Ketika bukan menjadi seorang penulis buku

Trii said...

Izin bertanya
Nama : Tri Astuti
NIM : 182180138
Bagaimana sesungguhnya pelaksanaan pembelajaran tematik yang baik itu ?

Feri Istikhomah said...

Nama : Feri Istikhomah
NIM. : 182180151
Izin bertanya,
Apakah semua mata pelajaran yang dipadukan dalam sebuah tema maupun subtema dalam buku guru/siswa selalu memiliki keterhubungan satu sama lain sesuai dengan tema yang ditetapkan?
Apa saja point penting untuk memadukan berdasarkan tiap KD dari mata pelajaran tersebut?

Luqyana Adhe said...

izin bertanya

nama : luqyana adhe fitrian syuba
nim : 182180141

apakah pembelajaran tematik sudah maksimal dalam pelaksanaanya?
apakah mungkin guru dapat membuat tema sendiri sedangkan dari pemerintah sudah menerbitkan buku guru sebagai panduan seorang guru dalam mengajar?

FaraYuni said...


Izin bertanya,
Fara Yuni S
182180132
6D
Untuk memaksimalkan pembelajaran haruslah seimbang antara pelajaran satu dengan yang lain, nah dalam pembelajaran tematik terdapat tema, bagaimana kita sebagai pendidik atau guru bisa menyeimbangKan mata pelajaran satu dengan yang lain, mungkin di dalam rpp sudah dibuat namun biasanya dalam praktek berbeda, agar tetap seimbang penyampaian antara satu dengan yang lain,lalu satu lagi bagaimana agar anak tetap bisa paham dan fokus antara pelajaran satu dengan yg lain karena dalam satu tema terdapat berbagai macam pelajaran terimakasih

Nurul Khusnaeni said...

Nama : Nurul Khusnaeni
NIM : 182180118
Kelas : 6D

Apakah dalam mengaitkan atau memadukan suatu mata pelajaran dengan satu tema yang tepat ada kiat-kiatnya? Kemudian untuk masalah mata pelajaran yang ada praktikumnya apakah juga harus dilaksanakan secara terpadu?

STAR said...

Nama: Nurul Oktaviani
Nim : 182180152
Kelas : 6D
Bagaimana cara memgaitkan antar Kd agar bisa menjadi sebuah tema? dan bagaimana bisa dibagi menjadi beberapa tema dan subtema?

Nurul Khusnaeni said...

Izin menjawab, tidak ada. Guru dapat dg bebas membuat, memilih, mengembangkan, dan menggunakan RPP sesuai dengan prinsip yaitu efisien, efektif, dan tentunya berorientasi pada murid

Endah dwi said...

Nama : endah dwi rahayu
Nim : 182180136
Mengapa pembelajaran di sekolah dasar diganti dengan pembelajaran tematik? dan dalam pelaksanaan pembelajaran lebih baik pembelajaran dengan pola jam atau dengan tematik?

Murni oktasari said...

Murni Oktasari
182180124
Apa hal yang mendasari pemetaan tema kedalam pembelajaran tematik?

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Rizki Anita Bella said...

Nama : Rizki Anita Bella
NIM : 182180133
Izin bertanya,
Bagaimana cara menerapkan media pembelajaran yang bervariasi dan tepat oleh guru dalam pembelajaran tematik terpadu? Lalu bagaimana cara mengajar pada materi tematik yang baik dan benar?

pujiingtiyas.blogspot.com said...

Nama : Puji Ingtiyasningsih
NIM : 182180135
Kelas : 6D
Bagaimana pelaksanaan pembelajaran tematik yang paling baik?

Savina Setiana said...

Nama : Savina Setiana
NIM : 182180131
Kelas : 6D
Bagaimana cara memadukan konsep dalam pembelajaran terpadu?

Anonymous said...

Nama : Tiara Wahyu Nuswantari
NIM : 182180126
Kelas: 6 D
ijin bertanya bu dalam mengembangkan pembelajaran tematik terpadu bagaimana cara mengolah KD yang sesuai dengan tema yang telah dibuat?
apakah kita harus mengelompokan KD terlebih dahulu baru membuat suatu tema dan sub tema atau bagaimana ya bu?
Terima kasih

Vina Damayanti said...

Nama : Vina Damayanti
Nim : 182180150
Kelas : 6D

Apakah ada ciri perumusan tujuan pembelajaran yang tepat?

Desty Arba'atun Fitri said...

Nama : Desty Arba'atun Fitri
Nim : 182180130
Bagaimana cara mengevaluasi atau menilai pembelajaran terpadu yang benar?

Wahyu Puspita Sari said...

Nama: Wahyu Puspita Sari
NIM: 182180117
Kelas : 6D
Hal apa yang harus diperhatikan saat memadukan berbagai mata pelajaran menjadi satu tema agar seluruh aspek dapat berkesinambungan dengan baik?

Nurul Faridah said...

Nama : Nurul Faridah
NIM : 182180128
Kelas : 6D
Bagaimana cara yang paling efektif agar beberapa mata pelajaran yang tedapat dalam tema dapat tersampaikan dengan baik dan seimbang sehingga tidak salah satu saja yang dominan

DYNA ADE RAWAN SAPUTRI said...

Nama : Dyna Ade Rawan Saputri
NIm : 182180147
kelas : 6D
Apakah sesungguhnya yang melandasi penerbitan buku tematik yang seperti LKS di mana sangat minim paparan materinya?

Zilfania Tamara said...

Zilfania Tamara
182180121
6d
Apakah seorang guru boleh membatasi atau menyeragamkan alokasi waktu disetiap tema?

Mellianitadps said...
This comment has been removed by the author.
Mellianitadps said...

Melli Anita Dewi Puspita Sari
182180154
6D
Bagaimana cara untuk menentukan kd yang dapat saling berhubungan serta bagaimana cara membuat indikator yang baik?

Ariyani Widiastuti said...

Ariyani widiastuti
182180125
6D
Intrumen penilaian yang baik dan benar itu seperti apa ?

Wahyu kartiko aji said...
This comment has been removed by the author.
Wahyu kartiko aji said...

Wahyu Kartiko Aji
182180143
6D
Apa kekuatan dan keuntungan tematik terpadu dalam pembelajaran

Unknown said...

Yogo Setyo Tabah Permono
182180146
Seberapa efektif penerapan tematik dalam pembelajaran dan penilaian?.

Unknown said...

Nama: Mahardhika Bagas Nugroho
Nim : 182180137

Bagaimana sebenarnya konsep tujuan pembelajaran yang baik dan benar?

Unknown said...

nama : Okti Mahendri
Nim: 182180129
bagaimana cara melakukan pendekatan pembelajaran tematik

Swesti Melani said...

Swesti Melani
182180142
Bagaimana cara mengaitkan mapel satu dengan yang lainnya dengan baik dan benar?