Tuesday 16 March 2021

Forum Diksusi MK Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas VI C

 Silahkan mengajukan pertanyaan terkait materi dan tugas yang Anda pelajari/pahami sampai saat ini. Terimakasih. 

Ket: Setiap mahasiswa wajib minimal mengajukan pertanyaan 1x, diperbolehkan menjawab/menanggapi pertanyaan teman.

31 comments:

ZAUHARATUL AULIYA ASROFAH said...

Assalamualaikum warahmatullahi wa barokatuh... Saya Zauharatul Auliya Asrofah. Izin bertanya Bu..mengenai format RPP yang fleksibel bisa jadi daring atau luring itu yang bagaimana ya Bu? Terimakasih...

Belajar Yuk! said...

Assalamu'alaikum saya Shella Fitri Wahyuni izin bertanya bu. Waktu pengisian tabel yang terdapat kolom KD, hasil belajar, dan indikator masih ada kebingungan Bu. Apakah hasil belajar itu diambil dari indikator yang ada di silabus dan kolom indiktor mengambil dari kegiatan belajar Bu? Pemahaman saya tentang pengisian seperti itu bu, salah atau tidak ya bu? terima kasih bu..

Shafira Hidayah said...

Assalamualaikum warahmatullahi wabbarakatuh
Saya Shafira Hidayah NIM 1821810116
Izin bertanya bu untuk RPP itu menyesuaikan KD yang diambil atau bagaimana ya bu ?
Terima kasih

Unknown said...

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh Saya Hanif Setiadi 182180096,izin bertanya mengenai RPP 1 lembar apakah itu efektif untuk pembelajaran bu?
Terima kasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Ulfaturrokhmah said...

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Saya Ulfaturrokhmah 182180081 6C izin bertanya untuk penyusunan buku tematik kan ada bagian penyusunan hasil belajar itu sumbernya berdasarkan apa ya bu? Kemarin masih bingung. Terimakasih 🙏🏻
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

fitaendahpratiwi said...

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, saya Fita Endah Pratiwi 182180087 izin bertanya bu, bagaimana cara membuat indikator pencapaian supaya ketika diimplementasikan pada pembelajaran, pembelajaran tersebut akan maksimal. Terimakasih. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Isty Khazizah said...

Assalamu'alaikum saya Isty Khazizah izin bertanya bu. Waktu mengerjakan tugas pengembangan perangkat pembelajaran masih bingung dalam pengisian dan pembuatan RPP fleksibel. Apakah hasil belajar dan indikator itu sama bu? Kemudian hasil belajar itu didapat dari mana bu? Terimakasih bu

Shofi Nur Azizah said...

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,Saya Shofi Nur Azizah 182180089 ,izin bertanya Bu cara menentukan hasil belajar itu bagaimana ya Bu, apakah sesuai KD yang diambil? Terimakasih

Unknown said...

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarrakatuh, Saya Silfiana Damayanti izin bertanya mengenai hubungan KD dan Tema pada tabel terdapat hasil belajar dan juga indikator, saya bingung menentukan indikatornya karena sepaham saya hasil belajar itu di ambil dari indikator, apakah seperti itu atau bukan Bu? Menurut ibu bagaimana? Terimakasih

Ria Safitri said...

Assalamu'alaikum saya Ria Safitri izin bertanya bu. Untuk pengisian penetapan tema itu cara menentukannya bagaimana bu?terima kasih bu..

ngestiwardani@gmail.com said...

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, saya Ngesti Wardani izin bertanya bu. Saya masih bingung mengenai hasil belajar bu. Itu diambil dari mana bu? Terimakasih

khofifatun rohmah77 said...

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Saya Khofifatun Rohmah 182180104 izin bertanya untuk silabus yang dibuat dalam tugas kemarin itu, untuk mapel yang dicantumkan pada silabus apakah hanya yang diajarkan dalam pembelajaran tersebut atau mencantumkan mapel yang lainnya juga bu? Terima kasih

Unknown said...

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh Bu saya Astuti Tri Utami 182180083 izin bertanya. Masih bingung untuk format RPP yg fleksibel itu seperti apa ya Bu? Untuk indikator itu maksimal berapa Bu? Kemudian Apakah hasil belajar itu di ambi dari silabus pada kolom kegiatan pembelajaran atau bukan ya Bu? Terimakasih wassalamu'alaikum wr wb.

Andi said...

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Bu, saya Andi Aprilianto 182180115. Izin bertanya Bu, apakah indikator sama hasil belajar itu sama atau beda ya bu?. Saya juga masih bingung dengan RPP fleksibel bu.

Dewi Setya Ningrum said...

Assalamualaikum warrohmatullohi wabarakatuh, saya Dewi Setya Ningrum 182180079 izin bertanya bu : RPP yg fleksibel itu yg seperti apa ya bu ? Dan untuk hasil belajar itu apakah sama dengan ayang disilabus bu ? Terimakasih bu.
Wassalamu’alaikum warrohmatullohi wabarakatuh

Unknown said...

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, saya Laviola Safriyaningsih izin bertanya Bu, untuk pengisian hasil belajar itu diambil dari mana ya Bu? Apakah hasil belajar itu sama seperti indikator Bu?
Terimakasih

Unknown said...

Assalamualikum wr wb saya surya Dandi Pratama, NIM 182180109, izin bertanya bagaimana cara membuat Rpp yang flexibel untuk daring dan luring,terimakasih
Wassalamualaikum wr wb

Febrianti Arum Puspita Sari said...

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh saya Febrianti Arum Puspita Sari 182180097 izin bertanya mengenai materi pokok diambil dari mana ya bu? Terimakasih

Unknown said...

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, saya Dian Meilatifah izin bertanya untuk penetapan hasil belajar siswa itu bagaimana ya Bu,dan untuk menetapkan pelajaran agar terpadu itu seperti apa ya Bu? Terimakasih

Unknown said...

Assaalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Saya Yuliana Nurul Hikmah 182180094 izin bertanya, mengenai penugasan kemaren tentang menggambarkan keterhubungan antara tema dan mata pelajaran beserta kompetemsi dasarnya itu bagaimana? Terimakasih

Unknown said...

Assalamualaiku warahmatullahi wabarakatuh, saya Rismatul Amaliyah 182180085 izin bertanya bagaimana cara menetapkan keterhubungan KD dengan tema bu?

Dwi Nur Aisyah said...

Assalamualaiku warahmatullahi wabarakatuh, saya Dwi Nur Aisyah 182180095 izin bertanya. Bagaimana cara mengetahui atau kriteria dalam menggabungkan materi/KD setiap mata pelajaran dalam pembuatan rpp tematik, atau hanya sekedar menggabungkan saja? Terimakasih Bu..

Lutfi Qurrotul'Aini said...

assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, saya Lutfi Qurrotul 'Aini 182180098 izin bertanya, dalam penyusunan indikator itu didapatkan dari indikator didalam silabus atau dari kegiatan pembelajaran bu, terima kasih wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nanda said...

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, saya ananda cahya trisna 182180102 izin bertanya. Di Rpp selembar ada kekurangan dan kelebihannya, untuk menetralisirkan kekurangan nya bagaiman ya bu?
Terimakasih bu

Unknown said...

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh, saya Puji Rahayu 182180091 izin bertanya untuk RPP yang fleksibel itu yang seperti apa Bu? Dan untuk hasil belajar apakah diambil dari Indikator pencapaian kompetensi atau bukan Bu? Terimakasih...

rintisrizkiapangestika said...

Jawaban untuk yang menanyakan rpp yang bisa digunakan untuk daring dan luring.
1. dilihat dari kegiatan awal masih sama antara luring dan daring yaitu salam, berdoa, presensi, menyampaikan tujuan, apersepsi. (mau daring ataupun luring kan tetap menyampaikan hal2 tsb)
2. Jika dilihat dari kegiatan ini berarti materi dijelaskan menggunakan video, kerja kelompok untuk daring dan luring sampaikan ptunjuk kerjanya. jadi petunjuk kerja bisa diterapkan ketika luring maupun daring. kalo daring berarti siswa melakukan di rumah. (jadi diberi keterangan saja hal2 yg mana daring mana luring) mana bisa daring dan luring.
3. Jika dilihat dari kegiatan akhirnya juga sama konfirmasi, kesimpulan, dan evaluasi bisa menggunakan aplikasi atau pekerjaan rumah. Jadi diberi keterangan apakah jadi PR atau dikerjakan via apa..

rintisrizkiapangestika said...

Menjawab pertanyaan mba shella :
Waktu pengisian tabel yang terdapat kolom KD, hasil belajar, dan indikator masih ada kebingungan Bu. Apakah hasil belajar itu diambil dari indikator yang ada di silabus dan kolom indiktor mengambil dari kegiatan belajar Bu?

untukpengisian hasil belajar dan indikator memang hampir mirip mba. Kalo indikator itu kan ada di silabus jadi tinggal mengutip boleh dikembangkan lgi sesuai dengan kegiatan belajarntya.. kemudian kalo hasil belajar di isi dengan garis besar dari kegiatan yg dilaksanakan itu untuk apa mencapai apa?

rintisrizkiapangestika said...

Menjawab pertanyaan mba safira :

Izin bertanya bu untuk RPP itu menyesuaikan KD yang diambil atau bagaimana ya bu ?
ya iya mba... masa ambil kd B buat rppnya kd c??

rintisrizkiapangestika said...

Menjawab pertanyaan mas hanif

bertanya mengenai RPP 1 lembar apakah itu efektif untuk pembelajaran bu?

: efektif tdknya sebetulnya bukan dilihat dri rpp. namun pelaksanaanya dan hasilnya. RPP hanya rencana /pedoman yg digunakan guru. dan sebetulnya antara rpp 1 lembar dan yg bukan 1 lembar itu tdk jauh beda karena 1 lembar itu hanya diringkas dan aslinya lampirannya ya banyak seperti halnya rpp biasa

rintisrizkiapangestika said...

Fita Endah Pratiwi 182180087 izin bertanya bu, bagaimana cara membuat indikator pencapaian supaya ketika diimplementasikan pada pembelajaran, pembelajaran tersebut akan maksimal

Jawaban : indikator pencapaian itu harus sesuai dengan KD, dan tentunya disesuaikan juga dengan siswanya.. pilih kata operasional yg sesuai dengan tingkat kognitif siswa.. mulai dari c1 c 2 c 3 c4 c5 c6..

Belajar Yuk! said...

Baik bu.. Terima kasih atas penjelasannya bu..