Menurut Anda, pada bagian materi mana dalam mata pelajaran Matematika SD yang dirasa sulit? Berikan Alasannya!
129 comments:
Anonymous
said...
Khikmah Kurnia (162180128) Menurut saya pembelajaran matematika yang sulit itu pada bagian bab perbandingan yang dibuat dalam bentuk soal cerita karena kita harus memahami soal yang disampaikan dengan baik sekaligus juga mengetahui rumus yang akan digunakan sehingga memerlukan pemahaman yang lebih agar dapat menyelesaikan soal tersebut.
Dyna Ade Rawan Saputri (182180147) Menurut saya materi matematika SD yang sulit bagi saya adalah materi soal cerita KPK dan FPB mengenai soal yang mencari waktu agar mereka bisa melakukan kegiatan itu bersama-sama dan materi netto,tara,bruto karena materi-materi itu membutuhkan pemahaman,ketelitian dan rumus yang sesuai agar bisa menjawab soal itu.
Dyna Ade Rawan Saputri (182180147) Menurut saya materi matematika SD yang sulit bagi saya adalah materi soal cerita KPK dan FPB mengenai soal yang mencari waktu agar mereka bisa melakukan kegiatan itu bersama-sama dan materi netto,tara,bruto karena materi-materi itu membutuhkan pemahaman,ketelitian dan rumus yang sesuai agar bisa menjawab soal itu.
Dyna Ade Rawan Saputri (182180147) Menurut saya materi matematika SD yang sulit bagi saya adalah materi soal cerita KPK dan FPB mengenai soal yang mencari waktu agar mereka bisa melakukan kegiatan itu bersama-sama dan materi netto,tara,bruto karena materi-materi itu membutuhkan pemahaman,ketelitian dan rumus yang sesuai agar bisa menjawab soal itu.
Zilfania Tamara 1D (182180121) Menurut saya model pembelajaran matematika yang sulit itu pada bagian pecahan karena memakai cara yang runtut sehingga sulit untuk di pahami
Zilfania Tamara 1D (182180121) Menurut saya model pembelajaran matematika yang sulit itu pada bagian pecahan karena memakai cara yang runtut sehingga sulit untuk di pahami
Zilfania Tamara 1D (182180121) Menurut saya model pembelajaran matematika yang sulit itu pada bagian pecahan karena memakai cara yang runtut sehingga sulit untuk di pahami
Dyna Ade Rawan Saputri (182180147) Menurut saya materi matematika SD yang sulit bagi saya adalah materi soal cerita KPK dan FPB mengenai soal yang mencari waktu agar mereka bisa melakukan kegiatan itu bersama-sama dan materi netto,tara,bruto karena materi-materi itu membutuhkan pemahaman,ketelitian dan rumus yang sesuai agar bisa menjawab soal itu.
Dyna Ade Rawan Saputri (182180147) Menurut saya materi matematika SD yang sulit bagi saya adalah materi soal cerita KPK dan FPB mengenai soal yang mencari waktu agar mereka bisa melakukan kegiatan itu bersama-sama dan materi netto,tara,bruto karena materi-materi itu membutuhkan pemahaman,ketelitian dan rumus yang sesuai agar bisa menjawab soal itu.
Menurut saya, pembelajaran matematika yang sulit pada bagian bab geometri bangun ruang dan volume bangun ruang yang dibuat ke dalam bentuk soal cerita karena kita harus memahami soal yang disampaikan dan mengembangkan pemikiran yang logis agar dapat menyelesaikan soal tersebut.
Rizki Anita Bella (182180133) Menurut saya materi pembelajaran matematika yang sulit yaitu mencari sistem koordinat. Karena kita harus memahami soal tersebut dan membutuhkan ketelitian yang tinggi.
Dyna Ade Rawan Saputri (182180147) Menurut saya materi matematika SD yang sulit bagi saya adalah materi soal cerita KPK dan FPB mengenai soal yang mencari waktu agar mereka bisa melakukan kegiatan itu bersama-sama dan materi netto,tara,bruto karena materi-materi itu membutuhkan pemahaman,ketelitian dan rumus yang sesuai agar bisa menjawab soal itu.
Menurut saya, pembelajaran matematika yang sulit pada bagian bab geometri bangun ruang dan volume bangun ruang yang dibuat ke dalam bentuk soal cerita karena kita harus memahami soal dan mengembangkan pemikiran yang logis agar dapat menyelesaikan soal tersebut.
Menurut saya, pembelajaran matematika yang sulit pada bagian bab geometri bangun ruang dan volume bangun ruang yang dibuat ke dalam bentuk soal cerita karena kita harus memahami soal dan mengembangkan pemikiran yang logis agar dapat menyelesaikan soal tersebut.
Tri astuti 1D (182180138) menurut saya materi matematika SD yang paling sulit adalah materi pecahan karena dalam menjelaskan soal pecahan kita harus memahami soal dengan teliti dan penjabaranya harus detail agar bisa menyelesaikan soal tersebut.
Tri astuti 1D (182180138) menurut saya materi matematika SD yang paling sulit adalah materi pecahan karena dalam menjelaskan soal pecahan kita harus memahami soal dengan teliti dan penjabaranya harus detail agar bisa menyelesaikan soal tersebut.
Akhmad Faizin (182180122) Menurut saya dalam pelajaran matematika SD bagian paling sulit adalah pada bagian pengolahan data yaitu menentukan rata-rata dan nilai tengah karena biasanya karena banyaknya data yang di paparkan biasanya memerlukan ketelitian dan apabila soal yang di pilih adalah soal cerita terkadang saya sulit untuk memahami pernyataan tersebut sehingga terkadang memerlukan waktu lama untuk menyelesaikan soal tersebut
Puji Ingtiyasningsih (182180135) Menurut saya pembelajaran matematika yang sulit itu bagian bab menghitung luas pada bangun datar dan volume pada bangun ruang karena pada materi itu kita harus mengetahui rumus yang akan kita gunakan sekaligus juga ketepatan dalam menggunakan rumus. selain itu dibutuhkan juga ketelitian dalam menghitung agar dapat menyelesaikan soal tersebut.
Luqyana Adhe Fitrian Syuba(182180141) Menurut saya pembelajaran matematika yang sulit itu pada bagian bab sifat-sifat bangun & hubungan antar bangun karena dalam bab ini harus memahami dan menghafalnya
Murni Oktasari 1D (182180124) Menurut saya pembelajaran matematika yang sulit itu pada bagian bab bilangan pecahan dan operasi bilangannya pada bab itu saya dari sd agak kurang paham.hanya sedikit materi yang saya pahami di bab pecahan.sehingga saya perlu pemahaman dan penjelasan yang lebih pada bagian bab pecahan dan operasi bilangannya.terima kasih
Luqyana Adhe Fitrian Syuba (182180141) Menurut saya pembelajaran matematika yang sulit itu pada bagian bab sifat-sifat bangun & hubungan antar bangun karena dalam bab ini harus memahami dan menghafalnya
Nama : Ariyani widiastuti Nim : 182180125 Kelas :1D Menurut saya pelajaran matematika yang sulit yaitu pada perkalian dan pembagian pecahan. Karena menurut saya materinya sulit di cerna dan perlu ketelitian.
Endah Dwi Rahayu (182180136) Menurut saya pembelajaran matematika yang sulit itu adalah pada bagian bab bangun datar yang dibuat dalam bentuk soal cerita karena kita harus memahami soal tersebut dengan baik dan membutuhkan waktu lama untuk memahaminya sekaligus untuk mengetahui rumusnya memerlukan pemahaman dan pengetahuan rumusnya.
Endah Dwi Rahayu (182180136) Menurut saya pembelajaran matematika yang sulit itu adalah pada bagian bab bangun datar yang dibuat dalam bentuk soal cerita karena kita harus memahami soal tersebut dengan baik dan membutuhkan waktu lama untuk memahaminya sekaligus untuk mengetahui rumusnya memerlukan pemahaman dan pengetahuan rumusnya.
Murni oktasari 1D (183181024) Menurut saya pembelajaran matematika yang sulit itu pada bagian bab bilangan pecahan dan operasi bilangannya pada bab itu saya dari sd agak kurang paham .hanya sedikit materi yang saya pahami di bab pecahan.sehingga saya perlu pemahaman dan penjelasan yang lebih pada bagian bab bilangan pecahan dan operasi bilanannya . terimakasih
Nurena Lisa Nabilla (182180140) Menurut saya materi yang saya rasa sulit yaitu tentang bab Koordinat Kartesius. Dikarenakan sulit memahami,banyaknya rumus rumus yang hampir samaa namun beda penggunaanya. Jadi ketika salah rumus jawabannya pun salah. Apalagi saat mengikuti tes dan belum bisa menerapkan dan memahami rumus rumus tersebut akan membuat sulit menjawabnya. Terima kasihh
Wahyu Puspita Sari (182180117) Menurut saya materi Matematika SD yang saya anggap sulit yaitu materi tentang Volume bangun ruang. Karena memerlukan ketelitian yang tinggi dan harus paham rumus.
Wahyu Puspita Sari (182180117) Menurut saya materi Matematika SD yang saya anggap sulit yaitu materi tentang Volume bangun ruang. Karena memerlukan ketelitian yang tinggi dan harus paham rumus.
Feri Istikhomah (182180151) Menurut saya pembelajaran matematika yang sulit ada pada bab kecepatan waktu (pukul berapa 2 kendaraan akan berpapasan) karena untuk menyelesaikan soal tersebut memerlukan pemahaman yang lebih dan waktu yang lama untuk mengerjakan. Terima kasih ☺
Nama : Nauval Daffa D.U (182180156) Kelas : 1 D Menurut saya pembelajaran matematika yang sulit itu pecahan desimal dan soal cerita karena harus memahami soal yang disampaikan dengan baik dan memerlukan pemahaman yang lebih
Nama : okti mahendri Nim :182180129 Kelas :1D Pelajaran matematika SD yang paling sulit paragaphit pada saat menghitung ada koma koma ,dan seperti menghitung ribuan, ratusan masih bingung
Yogo Setyo Tabah Permono 1D(182180146) Menurut saya pembelajaran matematika yang sulit adalah pada bagian FPB dan KPK karena siswa dituntut harus bisa membagi dan mengelompkan dalam menentukan(dalam arti mengalikan)hasil dari pengelompokan tersebut...Dan ditambah sebagian guru dalam menerangkanya kurang sabar sehingga siswa enggan untuk memperhatikan apalagi untuk bertanya.
Nurul Faridah (182180128) Untuk materi pembelajaran matematika sd yang sulit menurut saya adalah pada bangun datar dan bangun ruang selain banyak nya jenis jenis bangun juga adanya sifat sifat dan rumus yang berbeda pada setiap bangun nya sehingga perlu banyak nya pemahan dan hafalan untuk menghafal rumus pada setiap bangun nya.
Nama :Rostika Anggraeni NIM :182180119 Kelas:1D Menurut saya materi matematika yang sulit dipahami yaitu materi mencari akar dari suatu bilangan karena menghitung dengan cara menyusun dan harus menentukan angka tersebut termasuk dalam kuadrat berapa untuk mencari hasilnya. Juga apabila angka terakhirnya 1 atau 9,3 atau 7,4 atau 6,2 atau 8. Itu yang menurut saya membutuhka ketelitian lebih dan harus menghitung ulang secara manual karena terdapat dua pilihan angka.
Tiara Wahyu Nuswantari (182180126) Dalam mata pelajaran Matematika SD yang menurut saya sulit adalah materi Faktor dan Kelipatan yang terdapat dalam soal cerita yang cukup sulit untuk dikerjakan. Dikarenakan soal cerita dari materi tersebut mengharuskan untuk mencari KPK dan FPB dari soal tersebut dan saya cukup kesulitan untuk mencarinya. Terima Kasih☺
Nurul Oktaviani (182180152) pembelajaran matematika yang sulit saya bab pengukuran waktu dalam bentuk cerita karena melibatkan waktu lampau dan waktu masa datang.
Melli Anita D.P.S (182180154) Menurut saya hampir sebangian besar materi pelajaran matematika susah, apalagi pada materi bangun ruang, soal cerita, induksi matematika, dan bilangan desimal. Alasanya selain karena tidak mengetahui rumusnya, juga cara pengerjaannya serta materi yang belum dipahami
Menurut saya materi pelajaran Matematika SD yang saya rasa sulit adalah KPK dan FPB karena sulit dalam menentukan faktorisasi prima menggunakan pohon faktor.
Swesti Melani 1D(182180142) menurut saya pelajaran matematika yang sulit adalah pada pembagian pecahan desimal karena bagian tersebut menyulitkan dan membingungkan jika harus dibagi.
Shofi Nur Azizah 1C (182180089) Menurut saya pembelajaran matematika yang sulit itu bagian bab menghitung luas pada bangun datar dan volume pada bangun ruang karena pada materi itu kita harus mengetahui rumus yang akan kita gunakan sekaligus juga ketepatan dalam menggunakan rumus. selain itu dibutuhkan juga ketelitian dalam menghitung agar dapat menyelesaikan soal tersebut.Dan juga rumus pada setiap bangun dan volume juga berbeda sehingga perlu banyak menghafal rumus pada setiap bangun dan volume tersebut
Shofi Nur Azizah 1C(182180089) Menurut saya pembelajaran matematika yang sulit itu bagian bab menghitung luas pada bangun datar dan volume pada bangun ruang karena pada materi itu kita harus mengetahui rumus yang akan kita gunakan sekaligus juga ketepatan dalam menggunakan rumus dan kita juga harus menghafal rumus pada setiap bangun tersebut. selain itu dibutuhkan juga ketelitian dalam menghitung agar dapat menyelesaikan soal tersebut.
Shofi Nur Azizah 1C(182180089) Menurut saya pembelajaran matematika yang sulit itu bagian bab menghitung luas pada bangun datar dan volume pada bangun ruang karena pada materi itu kita harus mengetahui rumus yang akan kita gunakan sekaligus juga ketepatan dalam menggunakan rumusdan juga harus menghafal dengan tepat rumus-rumus bangun yerterse. selain itu dibutuhkan juga ketelitian dalam menghitung agar dapat menyelesaikan soal tersebut.
Shofi Nur Azizah 1C(182180089) Menurut saya pembelajaran matematika yang sulit itu bagian bab menghitung luas pada bangun datar dan volume pada bangun ruang karena pada materi itu kita harus mengetahui rumus yang akan kita gunakan sekaligus juga ketepatan dalam menggunakan rumusdan juga harus menghafal dengan tepat rumus-rumus bangun yerterse. selain itu dibutuhkan juga ketelitian dalam menghitung agar dapat menyelesaikan soal tersebut.
Shofi Nur Azizah 1C(182180089) Menurut saya pembelajaran matematika yang sulit itu bagian bab menghitung luas pada bangun datar dan volume pada bangun ruang karena pada materi itu kita harus mengetahui rumus yang akan kita gunakan sekaligus juga ketepatan dalam menggunakan rumusdan juga harus menghafal dengan tepat rumus-rumus bangun yerterse. selain itu dibutuhkan juga ketelitian dalam menghitung agar dapat menyelesaikan soal tersebut.
Shofi Nur Azizah 1C(182180089) Menurut saya pembelajaran matematika yang sulit itu bagian bab menghitung luas pada bangun datar dan volume pada bangun ruang karena pada materi itu kita harus mengetahui rumus yang akan kita gunakan sekaligus juga ketepatan dalam menggunakan rumusdan juga harus menghafal dengan tepat rumus-rumus bangun yerterse. selain itu dibutuhkan juga ketelitian dalam menghitung agar dapat menyelesaikan soal tersebut.
Shofi Nur Azizah 1C (182180089) Menurut saya pembelajaran matematika yang sulit itu bagian bab menghitung luas pada bangun datar dan volume pada bangun ruang karena pada materi itu kita harus mengetahui rumus yang akan kita gunakan sekaligus juga ketepatan dalam menggunakan rumusdan kita juga harus menghafal banyak rumus-rumus untuk mengerjakan soal tentang banhun datar dan volume tersebut. selain itu dibutuhkan juga ketelitian dalam menghitung agar dapat menyelesaikan soal tersebut.
SHOFI NUR AZIZAH 1C(182180089) Menurut saya, pembelajaran matematika yang sulit pada bagian bab geometri bangun ruang dan volume bangun ruang yang dibuat ke dalam bentuk soal cerita karena kita harus memahami soal yang disampaikan dan mengembangkan pemikiran yang logis agar dapat menyelesaikan soal tersebut.selain itu kita juga harus menghafal rumus- rumus bangun ruang dan volume tersebutuntuk meyelesaikan masalh tersebuT.
SHOFI NUR AZIZAH 1C(182180089) Menurut saya, pembelajaran matematika yang sulit pada bagian bab geometri bangun ruang dan volume bangun ruang yang dibuat ke dalam bentuk soal cerita karena kita harus memahami soal yang disampaikan dan mengembangkan pemikiran yang logis agar dapat menyelesaikan soal tersebut.selain itu kita juga harus menghafal rumus- rumus bangun ruang dan volume tersebutuntuk meyelesaikan masalh tersebuT.
Nama :Zauharatul Auliya Asrofah NIM : 182180105 Kelas : 1C Menurut saya, materi Matematika SD yang sulit adalah bangun datar dan bangun ruang. Karena, untuk mencari ukuranya harus hafal rumus hitung, seperti volume, luas, keliling bangun datar atau bangun ruang tersebut. Lebih rumitnya lagi, ketika menentukan ukuran dari gabungan bangun datar atau bangun ruang, maka membutuhkan logika saat dikerjakan.
Dewi Setya Ningrum (182180079) Pgsd 1C Assalamualaikum Wr. Wb, Menurut saya pembelajaran matematika SD yang sulit itu pada bagian KPK dan FPB dalam soal cerita, karena kita harus benar-benar memahami konsep dan operasi hitung bilangan tersebut dengan cermat dan teliti.
Dewi Setya Ningrum (182180079) Pgsd 1C Assalamu'alaikum Wr.Wb,Menurut saya pembelajaran matematika sd yang sulit itu pada bagian KPK dan FPB dalam soal ceita,karena kita harus benar-benar memahami konsep dan operasi hitung bilangan tersebut dengan cermat dan teliti.
savina setiana 182180131 1 D menurut saya pembeljaran matematika yang sulit itu pada bab operasi hitung bilangan pecahan, terutama bilangan desimal, karena saya belum terlalu memahami materi tersebut dan kesulitan untuk menghitung bilangan desimal.
Isty Khazizah (182180113) kelas 1C Menurut saya pembelajaran matematika sd yang sulit yaitu tentang KPK dan FPB, karena dalam menerapkan rumus untuk memecahkan soalnya diperlukan ketelitian dalam pemahaman soal,biasanya soal dalam bab ini berbentuk cerita, nah pengubahan bentuk cerita untuk menjadi soal angka di sini sering salah dan menyebabkan hasil yang diharapkan tidak benar walaupun sudah di kerjakan menggunakan rumus yang sesuai dan penghitungan yang tepat.
Ulfaturrokhmah (182180081) Menurut saya pembelajaran matematika yang sulit adalah pada bagian FPB, KPK dan pada soalsoal cerita. Kita sulit memahami soal dan menylesaikannya. Dalam memahami soal cerita membutuhkan kecermatan agar bisa maksud dengan soal tersebut. Bilangan desimal juga lumayan sulit dalam soal matematika.
Nama : Ika Yuniarti NIM : 182180092 Kelas : 1C Menurut saya materi pembelajaran SD yang dirasa sulit itu adalah operasi bilangan desimal dan bilangan berpangkat karena khususnya untuk bilangan berpangkat jika siswa tidak hafal ataupun sedikit hafalan bilangan berpangkat maka untuk menyelesaikannya juga dirasa sulit untuk mereka dan saya juga merasa sulit menyelesaikan soal cerita karena soal yang terlalu panjang sehingga sulit memahami seluruh soalnya.
Nama : Ika Yuniarti NIM : 182180092 Kelas : 1C Menurut saya materi pembelajaran SD yang dirasa sulit itu adalah operasi bilangan desimal dan bilangan berpangkat karena khususnya untuk bilangan berpangkat jika siswa tidak hafal ataupun sedikit hafalan bilangan berpangkat maka untuk menyelesaikannya juga dirasa sulit untuk mereka dan saya juga merasa sulit menyelesaikan soal cerita karena soal yang terlalu panjang sehingga sulit memahami seluruh soalnya.
Nama : Ika Yuniarti NIM : 182180092 Kelas : 1C Menurut saya materi pembelajaran SD yang dirasa sulit itu adalah operasi bilangan desimal dan bilangan berpangkat karena khususnya untuk bilangan berpangkat jika siswa tidak hafal ataupun sedikit hafalan bilangan berpangkat maka untuk menyelesaikannya juga dirasa sulit untuk mereka dan saya juga merasa sulit menyelesaikan soal cerita karena soal yang terlalu panjang sehingga sulit memahami seluruh soalnya.
Ulfaturrokhmah (182180081) Menurut saya pembelajaran matematika yang sulit adalah FPB, KPK dan dalam bentuk soal cerita. Dalam menyelesaikan soal matematika kita harus betul-betul mencermati dan memahami soal tersebut agar maksud.
Nama : Ika Yuniarti NIM : 182180092 Kelas : 1C Menurut saya materi pembelajaran matematika SD yang sulit pada operasi bilangan desimal, FPB dan KPK. Saya juga merasa sulit untuk mengerjakan soal cerita yang panjang dan tidak dapat memahami satu soal penuh padahal untuk bisa mengerjakan kita harus memahami soal sampai selesai.
Nama : Zauharatul Auliya Asrofah NIM : 182180105 Kelas : 1C Menurut saya, materi matematika SD yang sulit adalah materi bngun datar dan bangun ruang. Karena, untuk menemukan ukuranya harus menghafal rumus hitung volume/luas/keliling pada bangun tersebut. Pada pelajaran tersebut, untuk menentukan volume/luas/keliling dari gabungan bangun datar/bangun ruan. Sehingga membutuhkan logika yang mana saja panjang/lebar yang digunakan untuk menentukan.
Ika Yuniarti (182180092) (1C) Menurut saya materi pembelajaran SD yang dirasa sulit adalah pada operasi bilangan desimal dan pada soal cerita di dalam Matematika karena soal yang terlalu panjang sehingga untuk memahami seluruh soal kadang sulit padahal untuk menyelesaikan soal cerita tersebut harus memahami soal sampai selesai.
Ika Yuniarti (182180092) (1C) Menurut saya materi pembelajaran SD yang dirasa sulit adalah operasi bilangan desimal dan penyelesaian soal cerita karena soal yang dipahami kadang hanya sebagian saja padahal untuk menyelesaikan soal cerita harus memahami soal sampai selesai.
Shafira Hidayah (182180116) 1C Menurut saya pembelajaran matematika lumayan sulit apalagi jika di sertai dengan rumus-rumus yang sulit untuk di hafal anak SD
Menurut saya materi dalam pembelajaran Matematika SD yang sulit adalah pada materi menghitung dalam bentuk soal cerita. Karena kita tidak bisa langsung menghitungnya, tetapi kita harus bisa memahami terlebih dahulu apa yang di maksud dari soal tersebut, setelah itu baru bisa menentukan apakah penambahan, pengurangan, perkalian, ataupun pembagian yang digunakan untuk menyelesaikan soal. Maka dari itu kita harus memiliki kemampuan memahami yang baik.
Menurut saya materi dalam pembelajaran Matematika SD yang sulit adalah pada materi menghitung dalam bentuk soal cerita. Karena kita tidak bisa langsung menghitungnya, tetapi kita harus bisa memahami terlebih dahulu apa yang di maksud dari soal tersebut, setelah itu baru bisa menentukan apakah penambahan, pengurangan, perkalian, ataupun pembagian yang digunakan untuk menyelesaikan soal. Maka dari itu kita harus memiliki kemampuan memahami yang baik.
Nama:Silfiana Damayanti NIM:182180106 KELAS:C Menurut saya materi dalam pembelajaran Matematika SD yang sulit adalah pada materi bangun datar dan bangun ruang karena kita harus menghafal rumus dang menghitung tinggi,luas,lebar dan sebagainya yang menurut saya cukup sulit apa bila tidak hafal rumusnya.Lalu apalagi jika menemui soal yang menggunakan cerita itu sulit karena kita harus memahami terlebih dahulu dan tidak langsung untuk menghitungnya, terkadang dalam pemahaman itu cukup sulit untuk maksud dengan soal cerita tersebut,apabila kita salah dalam memahami soal cerita tersebut maka kita juga salah dalam menghitungnya atau mengerjakannya. Jadi kita harus pandai dan teliti dalam memahami sebuah soal yang berbentuk cerita.
Nama : Nanda Wahyu Dwi Ernawanti NIM : (182180108) Kelas : 1C Menurut saya materi dalam pembelajaran Matematika SD yang sulit adalah KPK dan FPB apalagi dalam bentuk soal cerita yang membuat saya bingung membedakan mana yang KPK dan mana yang FPB.
Nama : Puji Rahayu NIM : 182180091 Kelas: 1C Menurut saya materi dalam pembelajaran matematika SD yang sulit yaitu bangun ruang dan bangun datar. Pada soal campuran keduanya.
Nama Anggota: 1.Rahayu Ana Meilia (162180081) 2.Pranisa Anindya F (162180082) 3.Vinika Al Ramadhanti (162180087) 4.Mu'afiatun Nayyiroh (162180101)
MATERI BANGUN RUANG : -Balok adalah bangun ruang yang memiliki tiga pasang sisi yang ukuran dan bentuknya sama. Sisi-sisi tersebut adalah sisi muka dan belakang, serta sisi samping kiri dan kanan. -Kubus adalah bangun ruang yang mempunyai enam sisi dengan bentuk dan ukuran yang sama. -Bola berbentuk bulat, tanpa sisi. Banyak benda di sekitar kita yang berbentuk bola, contohnya : bola sepak, bola voli, bola kasti, bola pimpong, dan lain-lain. -Tabung adalah bentuk bangun ruang yang memiliki tutup dan alas. Banyak benda di sekitar kita yang berbentyk tabung. Contohnya : gelas, botolminum, drumb, kaleng kue,gulungan karton, dan lain-lain.
Ria Safitri 1C (182180103) Menurut saya pembelajaran matematika yang sulit itu pada bagian bab bangun ruang karena kita harus mengahafal rumus seperti volume,luas, dan keliling bangun tersebut dan yang membuat saya bingung membedakan antara yang mana bidang diagonal dan mana diagonal ruang.
Lutfi Qurrotul 'Aini 1C (182180098) Menurut saya materi dalam Matematika SD yang sulit dipahami yaitu materi pecahan karena siswa belum bisa menyamakan penyebut.
Aidha Norma Liana (182180082) 1C Menurut saya materi Matematika SD yang sulit untuk dipahami yaitu soal cerita dimana siswa siswi masih belum terlalu bisa memahami soal yang tersaji.
Nama :Surya Dandi Pratama NIM : 182180109 Kelas : PGSD c Menurut saya materi dalam matematika SD yang sulit dipahami yaitu materi menghitung luas segi banyak karena siswa harus menggabungkan beberapa luas bangun datar.
Dian Meilatifah 1C (182180084) Menurut saya materi matematika SD yang sulit yaitu pecahan desimal,bangun ruang dan soal cerita karena soal cerita butuh pemahaman dan ketelitian,oleh karena itu kita harus memiliki pemahaman yg baik
Dian Meilatifah 1C (182180084) Menurut saya materi matematika SD yang sulit yaitu pecahan desimal,bangun ruang dan soal cerita karena soal cerita butuh pemahaman dan ketelitian,oleh karena itu kita harus memiliki pemahaman yg baik
Rismatul Amaliyah 1C (182180085) Menurut saya materi dalam pelajaran Matematika SD yang sulit dipahami yaitu materi bangun ruang karena terlalu banyak rumus sehingga sulit dipahami.
Laviola Safriyaningsih (1C)(182180111) Menurut saya materi matematika sd yang sulit dipahami yaitu FPB dan KPK karena kita harus menentukan faktorisasi terlebih dahulu.
Astuti Tri Utami (1C)(182180083) Menurut saya materi pembelajaran Matematika SD yg sulit adalah bangun ruang karena menghafal rumus-rumus dan disertai soal cerita.
Nama : Fita Endah Pratiwi NIM : 182180087 Kelas: 1C
Menurut saya materi pembelajaran Matematika di SD yang dianggap sulit yaitu pecahan karena untuk menentukan mana pecahan yang lebih kecil atau lebih besar nilainya dibutuhkan ketelitian yang tinggi.
Nama:Yuliana Nurul Hikmah Nim:182180094 Kelas:1c Menurut saya materi matematika yang saya rasa sulit yaitu persenan karena sulit untuk di pahami. Juga memerlukan waktu yang cukup lama kalo soalnya berbentuk cerita.
Nama:Yuliana Nurul Hikmah Nim:182180094 Kelas:1c Menurut saya materi matematika SD yang saya rasa sulit yaitu konsep persen dan desimal karena sulit dan membutuhkan banyak waktu dalam menentukan konsep yang harus di gunakan dalam mengerjakan soal tersebut.
Nama :Akhsan Nur Trihantoro NIM :182180114 Kelas :pgsd C Menurut saya materi SD yang sulit dipahami yaitu bangun ruang karena harus menghafal rumus-rumus bangun tertentu
Nama:Febrianti Arum Puspita Sari NIM:182180097 Kelas: 1C Menurut saya materi matematika sd yang saya rasa sulit yaitu soal cerita karena kunci untuk dapat mengerjakan soal tersebut harus memahami dan ketelitian
Nama:Yuliana nurul Hikmah NIM:182180094 Kelas:1C Menurut saya materi matematika SD yang saya rasa sulit yaitu konsep persen dan desimal karena untuk memahami soal tersebut membutuhkan waktu dan ketelitian yang cukup serius.
Nama: Elinda Tri Suryani Nim: 0153 Kelas: 1A Prodi: PGSD
Menurut saya pembelajaran matematika yang cukup sulit dibagian bab menghitung luas pada bangun datar dan volum bangun ruang karena materi itu kita harus menguasai rumus yang akan digunakan dan ketetapan dalam mengunakan rumus harus hafal tepat rumus bangun yeterte
Nama:Elinda Tri Suryani Nim: 0153 Kelas:1A Prodi:PGSD
Menurut saya pembelajaran mamtematika yang cukup sulit dibagian bab menghitung luas pada bangunan datar dan volum bangun ruang karena materi itu kita harus menguasai rumus yang akan digunakan dan ketetapan dalan mengunakan rumus harus hafal tepat rumus bangun yeterle
Nama :Siti Sa'ria NIM :182180029 Kelas:1a Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh Saya selaku mahasiswa dari ibu Rintis Rizkia P, M.Pd. ingin mengomentari apa yang sudah menjadi kewajiban saya guna memenuhi tugas konsep dasar matematika. Menurut pendapat saya, memang selayaknya para pelajar SD sering mengeluh dengan adanya mapel MTK. Mengapa demikian?Karena pada dasarnya seumuran mereka itu belum dapat berfikir hanya dengan dilogika atau yang tidak dapat ditangkap oleh panca indra. Oleh sebab itu nilai mereka terkadang melemah dikarenakan mapel MTK yang anjlok ketimbang mapel lain. Kita sebagai calon guru SD insyaAllah dapat menenrjang semua pernyataan diatas apabila kita dapat mengenali masing-masing pribadi anak. Kita dapat melakukan pembelajaran dengan alat peraga yang dapat ditangkap secara langsung oleh panca indra, maka anak pun insyaAllah mudah memahaminya. Sesekali juga agar pelajar SD tidak jenuh dengan mapel MTK, kita sebagai guru juga perlu melakukan hiburan mungkin dengan permainan atau malah lebih asyiknya belajar diluar kelas. Selain yang ada diatas, kita juga tidak lupa untuk selalu memberikan hadiah atas apa yang mereka raih sebagai apresiasi agar tidak mudah berpuas diri dan terus giat belajar hingga menjadi pribadi yang cinta terhadap belajar berhitung. Sekian dari saya, terimakasih kepada bu rintis karena telah memberikan kesempatan kepada mahasiswanya untuk berfikir kedepannya dan mohon maaf jika kurang berkenan dihati. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Fajar Pambudi(172180004/PGSD 3A) Menurut saya materi Matematika SD yang sulit itu, Bab Pengolahan Data seperti mean median modus. Karena tidak semua siswa paham apa itu pengolahan data, dan apa itu data. Harus di bagaimanakan angka" itu. Untuk mean(nilai rata-rata) siswa terkadang juga kalau kurang teliti bisa salah hitung. Dan untuk median dan modus saya rasa siswa bisa memahami. Dikarenakan tidak terlalu banyak berhitung untuk data tunggal..
Fajar Pambudi(172180004/PGSD 3A) Menurut saya materi Matematika SD yang sulit itu, Bab Pengolahan Data seperti mean median modus. Karena tidak semua siswa paham apa itu pengolahan data, dan apa itu data. Harus di bagaimanakan angka" itu. Untuk mean(nilai rata-rata) siswa terkadang juga kalau kurang teliti bisa salah hitung. Dan untuk median dan modus saya rasa siswa bisa memahami. Dikarenakan tidak terlalu banyak berhitung untuk data tunggal..
Fajar Pambudi(172180004/PGSD 3A) Menurut saya materi Matematika SD yang sulit itu, Bab Pengolahan Data seperti mean median modus. Karena tidak semua siswa paham apa itu pengolahan data, dan apa itu data. Harus di bagaimanakan angka" itu. Untuk mean(nilai rata-rata) siswa terkadang juga kalau kurang teliti bisa salah hitung. Dan untuk median dan modus saya rasa siswa bisa memahami. Dikarenakan tidak terlalu banyak berhitung untuk data tunggal..
Hanifah (182180069/PGSD 1B) Menurut saya materi pembelajaran matematika di SD yang sulit pada bagian operasi hitung campuran bilangan bulat dan perkalian dan pembagian pecahan karena setiap siswa mempunyai kemampuan kepahaman yang berbeda-beda.Terkadang ada siswa yang membutuhkan konsentrasi penuh untuk memahami materi pembelajaran tersebut dan kadang temannya tidak memotivasinya sehingga siswa tersebut malas untuk mempelajarinya kembali.Apabial ada koordinasi antara siswa dan guru maka para siswa akan menguasai materi tersebut dan yang paling penting jangan biarkan mainsheet mereka kalo matematika itu sulit sehingga para guru mempunyai pr untuk membuat pembelajaran matematika menyenangkan.
Nita Dwi Ayuningrum PGSD 1A (182180012) Menurut saya,pelajaran matematika pada Sekolah Dasar yg paling sulit adalah menghitung bangun ruang,karena mengitung bangun ruang harus menentukan sisi sisinya terlebih dahulu,baik panjang,lebar maupun tingginya dan kita harus menghapal rumusnya masing-masing,apalagi jika bangun ruangnya berupa limas,kita harus paham betul apa rumus limas tersebut dan tidak boleh sampe lupa,karena bagi anak SD mengingat rumus merupakan salah satu hal yg sulit apalagi jika rumusnya tidak mudah di aplikasian pada kehidupan sehari hari.
Nita Dwi Ayuningrum Kelas PGSD 1A NIM : 182180012 Menurut saya,pelajaran matematika pada Sekolah Dasar yg paling sulit adalah menghitung bangun ruang,karena mengitung bangun ruang harus menentukan sisi sisinya terlebih dahulu,baik panjang,lebar maupun tingginya dan kita harus menghapal rumusnya masing-masing,apalagi jika bangun ruangnya berupa limas,kita harus paham betul apa rumus limas tersebut dan tidak boleh sampe lupa,karena bagi anak SD mengingat rumus merupakan salah satu hal yg sulit apalagi jika rumusnya tidak mudah di aplikasian pada kehidupan sehari hari
Menurut saya,pelajaran matematika pada Sekolah Dasar yg paling sulit adalah menghitung bangun ruang,karena mengitung bangun ruang harus menentukan sisi sisinya terlebih dahulu,baik panjang,lebar maupun tingginya dan kita harus menghapal rumusnya masing-masing,apalagi jika bangun ruangnya berupa limas,kita harus paham betul apa rumus limas tersebut dan tidak boleh sampe lupa,karena bagi anak SD mengingat rumus merupakan salah satu hal yg sulit apalagi jika rumusnya tidak mudah di aplikasikan pada kehidupan sehari hari
Nama : Nunung Surahmi Kelas : 3A Nim : 172180020 Menurut saya materi matematika SD yang sulit itu bab geometri bangun ruang dan soal cerita karena dalam bab ini siswa harus lebih banyak mengingat tentang rumus" bangun ruang dan lebih teliti dalam membaca soal cerita, karena biasanya dalam soal cerita banyak yang masih bingung mana dulu yang ingin dikerjakan.
Nama : Nunung surahmi Kelas :3a Nim : 172180020 Menurut saya materi matematika SD yang sulit itu,bab geometri bangun ruang dan soal cerita,karena dalam bab ini siswa akan banyak menjumpai rumus" bangun ruang dan jika tidak memahami siswa akan sulit mengerjakan soal tentang bangun ruang,sedangkan dalam soal cerita siswa harus lebih teliti dalam membaca dan tau apa yang diinginkan oleh soal tersebut. Dalam hal ini, biasanya siswa akan mengalami kesulitan karena masih bingung mana dahulu yang ingin dikerjakan.
Nama : Nunung surahmi Kelas :3a Nim : 172180020 Menurut saya materi matematika SD yang sulit itu,bab geometri bangun ruang dan soal cerita,karena dalam bab ini siswa akan banyak menjumpai rumus" bangun ruang dan jika tidak memahami siswa akan sulit mengerjakan soal tentang bangun ruang,sedangkan dalam soal cerita siswa harus lebih teliti dalam membaca dan tau apa yang diinginkan oleh soal tersebut. Dalam hal ini, biasanya siswa akan mengalami kesulitan karena masih bingung mana dahulu yang ingin dikerjakan.
Nama : Nunung surahmi Kelas :3a Nim : 172180020 Menurut saya materi matematika SD yang sulit itu,bab geometri bangun ruang dan soal cerita,karena dalam bab ini siswa akan banyak menjumpai rumus" bangun ruang dan jika tidak memahami siswa akan sulit mengerjakan soal tentang bangun ruang,sedangkan dalam soal cerita siswa harus lebih teliti dalam membaca dan tau apa yang diinginkan oleh soal tersebut. Dalam hal ini, biasanya siswa akan mengalami kesulitan karena masih bingung mana dahulu yang ingin dikerjakan.
Rizky Fadjar Choirrul Linda (172180108) Materi FPB dan KPK merupakan salah satu materi yang dianggap sulit dipahami oleh peserta didik. Hal tersebut disebabkan karena peserta didik dituntut menguasai operasi hitung perkalian, pembagian, serta perhitungan sebagai dasar pengerjaannya. Selain bersifat hitungan, materi ini juga bersifat pemecahan masalah yang berkaitan dengan aktivitas sehari-hari.
Rizky Fadjar Choirrul Linda (172180108/3D) Materi FPB dan KPK merupakan salah satu materi yang dianggap sulit dipahami oleh peserta didik. Hal tersebut disebabkan karena peserta didik dituntut menguasai operasi hitung perkalian, pembagian, serta perhitungan sebagai dasar pengerjaannya. Selain bersifat hitungan, materi ini juga bersifat pemecahan masalah yang berkaitan dengan aktivitas sehari-hari.
Nama : Nunung surahmi Kelas :3a Nim : 172180020 Menurut saya materi matematika SD yang sulit itu,bab geometri bangun ruang dan soal cerita,karena dalam bab ini siswa akan banyak menjumpai rumus" bangun ruang dan jika tidak memahami siswa akan sulit mengerjakan soal tentang bangun ruang,sedangkan dalam soal cerita siswa harus lebih teliti dalam membaca dan tau apa yang diinginkan oleh soal tersebut.
Shallu Andini (172180082/PGSD 3C) Menurut saya, materi matematika sd yang sulit yaitu tentang bangun ruang. Terutama menghitung luas permukaan bangun ruang. Karena terkadang disajikan gambar gabungan dari beberapa bangun ruang, kadang dua sampai tiga bangun. Kemudian kita disuruh untuk menghitung luas permukaannya. Dari itu ada sisi dari bangun satu dengan yang lainnya yang berhimpitan. Nah dari itulah kita harus cermat dalam mengamati dan menghitung luas permukaannya. Karena ada sisi yang tidak dihitung. Untuk mengeceknya apakah yang kita kerjakan itu benar juga perlu menghitung dari awal lagi
Shallu Andini (172180082/PGSD 3C) Menurut saya, materi matematika sd yang sulit yaitu tentang bangun ruang. Terutama menghitung luas permukaan bangun ruang. Karena terkadang disajikan gambar gabungan dari beberapa bangun ruang, kadang dua sampai tiga bangun. Kemudian kita disuruh untuk menghitung luas permukaannya. Dari itu ada sisi dari bangun satu dengan yang lainnya yang berhimpitan. Nah dari itulah kita harus cermat dalam mengamati dan menghitung luas permukaannya. Karena ada sisi yang tidak dihitung. Untuk mengeceknya apakah yang kita kerjakan itu benar juga perlu menghitung dari awal lagi
Shallu Andini (172180082/PGSD 3C) Menurut saya, materi matematika sd yang sulit yaitu tentang bangun ruang. Terutama menghitung luas permukaan bangun ruang. Karena terkadang disajikan gambar gabungan dari beberapa bangun ruang, kadang dua sampai tiga bangun. Kemudian kita disuruh untuk menghitung luas permukaannya. Dari itu ada sisi dari bangun satu dengan yang lainnya yang berhimpitan. Nah dari itulah kita harus cermat dalam mengamati dan menghitung luas permukaannya. Karena ada sisi yang tidak dihitung. Untuk mengeceknya apakah yang kita kerjakan itu benar juga perlu menghitung dari awal lagi
Slamet Widodo (172180027) Menurut saya materi matematika sd yang sulit itu pada soal bangun ruang dalam bentuk cerita. Di karenakan selain harus memahami rumusnya siswa harus cermat dan teliti dalam mencerna soal2 cerita tersebut karena bisa terjebak dalam kata-kata
Nama :Sholika Mega Puspita Nim :182180031 Kelas:1A PGSD Menurut saya materi matematika SD yang sulit itu tentang bangun ruang dan geometri.Di karenakan harus memahami rumus dan mengerjakannya harus sangat teliti dalam memahami soal itu.
Nama :Sholika Mega puspita NIM :182180031 Kelas:PGSD 1A Menurut saya materi matematika SD yang sulit yaitu tentang geometri dan bangun ruang. Di karenakan harus menghafalkan rumus-rumus kita juga harus sangat teliti dalam membaca soalnya.
Nama :Sholika Mega Puspita NIM :182180031 Kelas:1A PDSD Menurut saya materi matematika SD yang sulit itu bagian geometri dan bangun ruang.Di karenakan kita harus menghafalkan rumus-rumus dan juga harus teliti dalam memahami soal.khususnya soal cerita kita harus betul-betul memahami soalnya.
Menurut saya, materi matematika sd yang sulit yaitu tentang bangun ruang. Terutama untuk menghitung luas permukaan bangun ruang tersebut. Karena terkadang ada soal yang menyajikan gambar gabungan dari beberapa bangun ruang tersebut . Untuk mengitung luasnya tersebut perlu menghitung berkali-kali
Nama: Hanifah Kelas: 1B Nim : 182180069 Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Upaya yang akan saya lakukan pertama- tama mengubah pola pikir para siswa bahwa matematika itu mudah dengan cara menggunakan media pembelajaran yang menarik,menyenangkan dan kreatif sehingga dapat menarik perhatian siswa dan membuat rasa keingintahuan tentang matematika bertambah.Dan juga para siswa di beri motivasi bahwa mereka itu bisa mengerjakan matematika asalkan giat berusaha oleh guru maupun orang tua. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama: shella fitri wahyu Nim :182180107 Kelas 1C Menurut saya materi matematika sekolah dasar yang paling sulit adalah materi pecahan. Alasannya karena pada materi ini peserta didik sulit untuk menerima, misalnya dalam hal penyamaan penyebutan, perkalian antar desimal dan sebagainya.
Nama: Ibnu Mubarok Nim : 172180031 Kelas: PGSD 3A menurut saya materi sd yang sulit tentang Bangun Ruang karena pengerjaanya langkah 1 harus selalu benar, jika salah sedikit pun selanjutnya juga akan salah langkah ke 2 dan seterusnya juga akan salah Waktu mengerjakan satu soal matematika tentu lebih lama dibandingkan mengerjakan soal bahasa atau sejarah. Ini karena jawaban memang harus kompleks dengan langkah yang sistematis bahkan untuk soal sederhana
Nama Ibnu mubarok Nim 172780031 Klas pgsd 3a Menurut saya materi SD yang sulit tentang Materi bangun ruang karena pengerjaan langkah pertama itu harus benar dan teliti, jika ada kesalahan maka langkah 2 dan selanjutnya akan salah juga.
Waktu mengerjakan satu soal matematika tentu lebih lama dibandingkan mengerjakan soal bahasa atau sejarah. Ini karena jawaban memang harus kompleks dengan langkah yang sistematis bahkan untuk soal sederhana.
Nama: Ulfa Mubarokah NIM: 182180155 KELAS: PGSD 1A Menurut saya materi SD yang sulit adalah pada materi bangun ruang, pertidakasamaan dan persamaan karena rumusnya banyak dan semua siswa kadang ada yang memiliki daya fikir yang lambat, dan itu menyebabkan siswa tersebut merasa kesulitan.
Nama: Ulfa Mubarokah NIM: 182180155 KELAS: PGSD 1A Menurut saya materi SD yang sulit adalah pada materi bangun ruang, pertidakasamaan dan persamaan karena rumusnya banyak dan semua siswa kadang ada yang memiliki daya fikir yang lambat, dan itu menyebabkan siswa tersebut merasa kesulitan.
Nama: Ulfa Mubarokah NIM: 182180155 KELAS: PGSD 1A Menurut saya materi SD yang sulit adalah pada materi bangun ruang, pertidakasamaan dan persamaan karena rumusnya banyak dan semua siswa kadang ada yang memiliki daya fikir yang lambat, dan itu menyebabkan siswa tersebut merasa kesulitan.
Menurut saya upaya yang akan saya lakukan ketika menerangkan kepada anak didik agar anak didik tersebut paham dengan apa yang sedang di terangkan kita sebagai pendidik harus memperagakan apa yang kita ajarkan. Misal nya penjumlahan sebuah kelereng kita harus mempunyai alat peraga sebuah kelereng tersebut supaya anak didik lebih mudah menerimanya,dan dalam menghadapi peserta didik pada masa sekarang kita harus bersabar.Sekian komentar dari saya bila ada salah kata saya mohon maaf.
129 comments:
Khikmah Kurnia (162180128)
Menurut saya pembelajaran matematika yang sulit itu pada bagian bab perbandingan yang dibuat dalam bentuk soal cerita karena kita harus memahami soal yang disampaikan dengan baik sekaligus juga mengetahui rumus yang akan digunakan sehingga memerlukan pemahaman yang lebih agar dapat menyelesaikan soal tersebut.
Dyna Ade Rawan Saputri (182180147)
Menurut saya materi matematika SD yang sulit bagi saya adalah materi soal cerita KPK dan FPB mengenai soal yang mencari waktu agar mereka bisa melakukan kegiatan itu bersama-sama dan materi netto,tara,bruto karena materi-materi itu membutuhkan pemahaman,ketelitian dan rumus yang sesuai agar bisa menjawab soal itu.
Dyna Ade Rawan Saputri (182180147)
Menurut saya materi matematika SD yang sulit bagi saya adalah materi soal cerita KPK dan FPB mengenai soal yang mencari waktu agar mereka bisa melakukan kegiatan itu bersama-sama dan materi netto,tara,bruto karena materi-materi itu membutuhkan pemahaman,ketelitian dan rumus yang sesuai agar bisa menjawab soal itu.
Dyna Ade Rawan Saputri (182180147)
Menurut saya materi matematika SD yang sulit bagi saya adalah materi soal cerita KPK dan FPB mengenai soal yang mencari waktu agar mereka bisa melakukan kegiatan itu bersama-sama dan materi netto,tara,bruto karena materi-materi itu membutuhkan pemahaman,ketelitian dan rumus yang sesuai agar bisa menjawab soal itu.
Zilfania Tamara 1D (182180121)
Menurut saya model pembelajaran matematika yang sulit itu pada bagian pecahan karena memakai cara yang runtut sehingga sulit untuk di pahami
Zilfania Tamara 1D (182180121)
Menurut saya model pembelajaran matematika yang sulit itu pada bagian pecahan karena memakai cara yang runtut sehingga sulit untuk di pahami
Zilfania Tamara 1D (182180121)
Menurut saya model pembelajaran matematika yang sulit itu pada bagian pecahan karena memakai cara yang runtut sehingga sulit untuk di pahami
Dyna Ade Rawan Saputri (182180147)
Menurut saya materi matematika SD yang sulit bagi saya adalah materi soal cerita KPK dan FPB mengenai soal yang mencari waktu agar mereka bisa melakukan kegiatan itu bersama-sama dan materi netto,tara,bruto karena materi-materi itu membutuhkan pemahaman,ketelitian dan rumus yang sesuai agar bisa menjawab soal itu.
Dyna Ade Rawan Saputri (182180147)
Menurut saya materi matematika SD yang sulit bagi saya adalah materi soal cerita KPK dan FPB mengenai soal yang mencari waktu agar mereka bisa melakukan kegiatan itu bersama-sama dan materi netto,tara,bruto karena materi-materi itu membutuhkan pemahaman,ketelitian dan rumus yang sesuai agar bisa menjawab soal itu.
Nurul Khusnaeni (182180118)
Menurut saya, pembelajaran matematika yang sulit pada bagian bab geometri bangun ruang dan volume bangun ruang yang dibuat ke dalam bentuk soal cerita karena kita harus memahami soal yang disampaikan dan mengembangkan pemikiran yang logis agar dapat menyelesaikan soal tersebut.
Rizki Anita Bella (182180133)
Menurut saya materi pembelajaran matematika yang sulit yaitu mencari sistem koordinat. Karena kita harus memahami soal tersebut dan membutuhkan ketelitian yang tinggi.
Dyna Ade Rawan Saputri (182180147)
Menurut saya materi matematika SD yang sulit bagi saya adalah materi soal cerita KPK dan FPB mengenai soal yang mencari waktu agar mereka bisa melakukan kegiatan itu bersama-sama dan materi netto,tara,bruto karena materi-materi itu membutuhkan pemahaman,ketelitian dan rumus yang sesuai agar bisa menjawab soal itu.
Nurul Khusnaeni (182180118)
Menurut saya, pembelajaran matematika yang sulit pada bagian bab geometri bangun ruang dan volume bangun ruang yang dibuat ke dalam bentuk soal cerita karena kita harus memahami soal dan mengembangkan pemikiran yang logis agar dapat menyelesaikan soal tersebut.
Nurul Khusnaeni (182180118)
Menurut saya, pembelajaran matematika yang sulit pada bagian bab geometri bangun ruang dan volume bangun ruang yang dibuat ke dalam bentuk soal cerita karena kita harus memahami soal dan mengembangkan pemikiran yang logis agar dapat menyelesaikan soal tersebut.
Tri astuti 1D (182180138) menurut saya materi matematika SD yang paling sulit adalah materi pecahan karena dalam menjelaskan soal pecahan kita harus memahami soal dengan teliti dan penjabaranya harus detail agar bisa menyelesaikan soal tersebut.
Tri astuti 1D (182180138) menurut saya materi matematika SD yang paling sulit adalah materi pecahan karena dalam menjelaskan soal pecahan kita harus memahami soal dengan teliti dan penjabaranya harus detail agar bisa menyelesaikan soal tersebut.
Akhmad Faizin (182180122)
Menurut saya dalam pelajaran matematika SD bagian paling sulit adalah pada bagian pengolahan data yaitu menentukan rata-rata dan nilai tengah karena biasanya karena banyaknya data yang di paparkan biasanya memerlukan ketelitian dan apabila soal yang di pilih adalah soal cerita terkadang saya sulit untuk memahami pernyataan tersebut sehingga terkadang memerlukan waktu lama untuk menyelesaikan soal tersebut
Puji Ingtiyasningsih (182180135)
Menurut saya pembelajaran matematika yang sulit itu bagian bab menghitung luas pada bangun datar dan volume pada bangun ruang karena pada materi itu kita harus mengetahui rumus yang akan kita gunakan sekaligus juga ketepatan dalam menggunakan rumus. selain itu dibutuhkan juga ketelitian dalam menghitung agar dapat menyelesaikan soal tersebut.
Luqyana Adhe Fitrian Syuba(182180141)
Menurut saya pembelajaran matematika yang sulit itu pada bagian bab sifat-sifat bangun & hubungan antar bangun karena dalam bab ini harus memahami dan menghafalnya
Murni Oktasari 1D (182180124)
Menurut saya pembelajaran matematika yang sulit itu pada bagian bab bilangan pecahan dan operasi bilangannya pada bab itu saya dari sd agak kurang paham.hanya sedikit materi yang saya pahami di bab pecahan.sehingga saya perlu pemahaman dan penjelasan yang lebih pada bagian bab pecahan dan operasi bilangannya.terima kasih
Luqyana Adhe Fitrian Syuba (182180141)
Menurut saya pembelajaran matematika yang sulit itu pada bagian bab sifat-sifat bangun & hubungan antar bangun karena dalam bab ini harus memahami dan menghafalnya
Nama : Ariyani widiastuti
Nim : 182180125
Kelas :1D
Menurut saya pelajaran matematika yang sulit yaitu pada perkalian dan pembagian pecahan. Karena menurut saya materinya sulit di cerna dan perlu ketelitian.
Endah Dwi Rahayu (182180136)
Menurut saya pembelajaran matematika yang sulit itu adalah pada bagian bab bangun datar yang dibuat dalam bentuk soal cerita karena kita harus memahami soal tersebut dengan baik dan membutuhkan waktu lama untuk memahaminya sekaligus untuk mengetahui rumusnya memerlukan pemahaman dan pengetahuan rumusnya.
Endah Dwi Rahayu (182180136)
Menurut saya pembelajaran matematika yang sulit itu adalah pada bagian bab bangun datar yang dibuat dalam bentuk soal cerita karena kita harus memahami soal tersebut dengan baik dan membutuhkan waktu lama untuk memahaminya sekaligus untuk mengetahui rumusnya memerlukan pemahaman dan pengetahuan rumusnya.
Murni oktasari 1D (183181024)
Menurut saya pembelajaran matematika yang sulit itu pada bagian bab bilangan pecahan dan operasi bilangannya pada bab itu saya dari sd agak kurang paham .hanya sedikit materi yang saya pahami di bab pecahan.sehingga saya perlu pemahaman dan penjelasan yang lebih pada bagian bab bilangan pecahan dan operasi bilanannya . terimakasih
Nurena Lisa Nabilla (182180140)
Menurut saya materi yang saya rasa sulit yaitu tentang bab Koordinat Kartesius. Dikarenakan sulit memahami,banyaknya rumus rumus yang hampir samaa namun beda penggunaanya. Jadi ketika salah rumus jawabannya pun salah. Apalagi saat mengikuti tes dan belum bisa menerapkan dan memahami rumus rumus tersebut akan membuat sulit menjawabnya. Terima kasihh
Nama : Okti Mahendri
Nim : 182180129
Kelas : 1D
Menurut saya pelajaran matematika SD yang paling sulit paragaphit alasannya cara menyusun
Wahyu Puspita Sari (182180117)
Menurut saya materi Matematika SD yang saya anggap sulit yaitu materi tentang Volume bangun ruang. Karena memerlukan ketelitian yang tinggi dan harus paham rumus.
Wahyu Puspita Sari (182180117)
Menurut saya materi Matematika SD yang saya anggap sulit yaitu materi tentang Volume bangun ruang. Karena memerlukan ketelitian yang tinggi dan harus paham rumus.
Feri Istikhomah (182180151)
Menurut saya pembelajaran matematika yang sulit ada pada bab kecepatan waktu (pukul berapa 2 kendaraan akan berpapasan) karena untuk menyelesaikan soal tersebut memerlukan pemahaman yang lebih dan waktu yang lama untuk mengerjakan. Terima kasih ☺
Nama : Nauval Daffa D.U (182180156)
Kelas : 1 D
Menurut saya pembelajaran matematika yang sulit itu pecahan desimal dan soal cerita karena harus memahami soal yang disampaikan dengan baik dan memerlukan pemahaman yang lebih
Nama : okti mahendri
Nim :182180129
Kelas :1D
Pelajaran matematika SD yang paling sulit paragaphit pada saat menghitung ada koma koma ,dan seperti menghitung ribuan, ratusan masih bingung
Yogo Setyo Tabah Permono 1D(182180146)
Menurut saya pembelajaran matematika yang sulit adalah pada bagian FPB dan KPK karena siswa dituntut harus bisa membagi dan mengelompkan dalam menentukan(dalam arti mengalikan)hasil dari pengelompokan tersebut...Dan ditambah sebagian guru dalam menerangkanya kurang sabar sehingga siswa enggan untuk memperhatikan apalagi untuk bertanya.
Nurul Faridah (182180128)
Untuk materi pembelajaran matematika sd yang sulit menurut saya adalah pada bangun datar dan bangun ruang selain banyak nya jenis jenis bangun juga adanya sifat sifat dan rumus yang berbeda pada setiap bangun nya sehingga perlu banyak nya pemahan dan hafalan untuk menghafal rumus pada setiap bangun nya.
Nama : okti mahendri
Nim : 182180129
Kelas : 1D
Saya mengambil prodi PGSD karena ingin memajukan pendidikan di Indonesia
Nama :Rostika Anggraeni
NIM :182180119
Kelas:1D
Menurut saya materi matematika yang sulit dipahami yaitu materi mencari akar dari suatu bilangan karena menghitung dengan cara menyusun dan harus menentukan angka tersebut termasuk dalam kuadrat berapa untuk mencari hasilnya. Juga apabila angka terakhirnya 1 atau 9,3 atau 7,4 atau 6,2 atau 8. Itu yang menurut saya membutuhka ketelitian lebih dan harus menghitung ulang secara manual karena terdapat dua pilihan angka.
Tiara Wahyu Nuswantari (182180126)
Dalam mata pelajaran Matematika SD yang menurut saya sulit adalah materi Faktor dan Kelipatan yang terdapat dalam soal cerita yang cukup sulit untuk dikerjakan. Dikarenakan soal cerita dari materi tersebut mengharuskan untuk mencari KPK dan FPB dari soal tersebut dan saya cukup kesulitan untuk mencarinya.
Terima Kasih☺
Nurul Oktaviani (182180152)
pembelajaran matematika yang sulit saya bab pengukuran waktu dalam bentuk cerita karena melibatkan waktu lampau dan waktu masa datang.
Melli Anita D.P.S (182180154)
Menurut saya hampir sebangian besar materi pelajaran matematika susah, apalagi pada materi bangun ruang, soal cerita, induksi matematika, dan bilangan desimal. Alasanya selain karena tidak mengetahui rumusnya, juga cara pengerjaannya serta materi yang belum dipahami
Nama : Wulandari
NIM : 182180144
Kelas : 1D
Menurut saya materi pelajaran Matematika SD yang saya rasa sulit adalah KPK dan FPB karena sulit dalam menentukan faktorisasi prima menggunakan pohon faktor.
Swesti Melani 1D(182180142)
menurut saya pelajaran matematika yang sulit adalah pada pembagian pecahan desimal karena bagian tersebut menyulitkan dan membingungkan jika harus dibagi.
Menurut saya pembelajaran matematika yang sulit itu di bentuk soal cerita, dalam soal cerita kita harus memahami soal tersebut untuk menyelesaikan.
Menurut saya pembelajaran matematika yang sulit itu di bentuk soal cerita, dalam soal cerita kita harus memahami soal tersebut untuk menyelesaikan.
Menurut saya pembelajaran matematika yang sulit itu di bentuk soal cerita, dalam soal cerita kita harus memahami soal tersebut untuk menyelesaikan.
Menurut saya pembelajaran matematika yang sulit itu di bentuk soal cerita, dalam soal cerita kita harus memahami soal tersebut untuk menyelesaikan.
Shofi Nur Azizah 1C (182180089)
Menurut saya pembelajaran matematika yang sulit itu bagian bab menghitung luas pada bangun datar dan volume pada bangun ruang karena pada materi itu kita harus mengetahui rumus yang akan kita gunakan sekaligus juga ketepatan dalam menggunakan rumus. selain itu dibutuhkan juga ketelitian dalam menghitung agar dapat menyelesaikan soal tersebut.Dan juga rumus pada setiap bangun dan volume juga berbeda sehingga perlu banyak menghafal rumus pada setiap bangun dan volume tersebut
Shofi Nur Azizah 1C(182180089)
Menurut saya pembelajaran matematika yang sulit itu bagian bab menghitung luas pada bangun datar dan volume pada bangun ruang karena pada materi itu kita harus mengetahui rumus yang akan kita gunakan sekaligus juga ketepatan dalam menggunakan rumus dan kita juga harus menghafal rumus pada setiap bangun tersebut. selain itu dibutuhkan juga ketelitian dalam menghitung agar dapat menyelesaikan soal tersebut.
Shofi Nur Azizah 1C(182180089)
Menurut saya pembelajaran matematika yang sulit itu bagian bab menghitung luas pada bangun datar dan volume pada bangun ruang karena pada materi itu kita harus mengetahui rumus yang akan kita gunakan sekaligus juga ketepatan dalam menggunakan rumusdan juga harus menghafal dengan tepat rumus-rumus bangun yerterse. selain itu dibutuhkan juga ketelitian dalam menghitung agar dapat menyelesaikan soal tersebut.
Shofi Nur Azizah 1C(182180089)
Menurut saya pembelajaran matematika yang sulit itu bagian bab menghitung luas pada bangun datar dan volume pada bangun ruang karena pada materi itu kita harus mengetahui rumus yang akan kita gunakan sekaligus juga ketepatan dalam menggunakan rumusdan juga harus menghafal dengan tepat rumus-rumus bangun yerterse. selain itu dibutuhkan juga ketelitian dalam menghitung agar dapat menyelesaikan soal tersebut.
Shofi Nur Azizah 1C(182180089)
Menurut saya pembelajaran matematika yang sulit itu bagian bab menghitung luas pada bangun datar dan volume pada bangun ruang karena pada materi itu kita harus mengetahui rumus yang akan kita gunakan sekaligus juga ketepatan dalam menggunakan rumusdan juga harus menghafal dengan tepat rumus-rumus bangun yerterse. selain itu dibutuhkan juga ketelitian dalam menghitung agar dapat menyelesaikan soal tersebut.
Shofi Nur Azizah 1C(182180089)
Menurut saya pembelajaran matematika yang sulit itu bagian bab menghitung luas pada bangun datar dan volume pada bangun ruang karena pada materi itu kita harus mengetahui rumus yang akan kita gunakan sekaligus juga ketepatan dalam menggunakan rumusdan juga harus menghafal dengan tepat rumus-rumus bangun yerterse. selain itu dibutuhkan juga ketelitian dalam menghitung agar dapat menyelesaikan soal tersebut.
Shofi Nur Azizah 1C (182180089)
Menurut saya pembelajaran matematika yang sulit itu bagian bab menghitung luas pada bangun datar dan volume pada bangun ruang karena pada materi itu kita harus mengetahui rumus yang akan kita gunakan sekaligus juga ketepatan dalam menggunakan rumusdan kita juga harus menghafal banyak rumus-rumus untuk mengerjakan soal tentang banhun datar dan volume tersebut. selain itu dibutuhkan juga ketelitian dalam menghitung agar dapat menyelesaikan soal tersebut.
SHOFI NUR AZIZAH 1C(182180089)
Menurut saya, pembelajaran matematika yang sulit pada bagian bab geometri bangun ruang dan volume bangun ruang yang dibuat ke dalam bentuk soal cerita karena kita harus memahami soal yang disampaikan dan mengembangkan pemikiran yang logis agar dapat menyelesaikan soal tersebut.selain itu kita juga harus menghafal rumus- rumus bangun ruang dan volume tersebutuntuk meyelesaikan masalh tersebuT.
SHOFI NUR AZIZAH 1C(182180089)
Menurut saya, pembelajaran matematika yang sulit pada bagian bab geometri bangun ruang dan volume bangun ruang yang dibuat ke dalam bentuk soal cerita karena kita harus memahami soal yang disampaikan dan mengembangkan pemikiran yang logis agar dapat menyelesaikan soal tersebut.selain itu kita juga harus menghafal rumus- rumus bangun ruang dan volume tersebutuntuk meyelesaikan masalh tersebuT.
Nama :Zauharatul Auliya Asrofah
NIM : 182180105
Kelas : 1C
Menurut saya, materi Matematika SD yang sulit adalah bangun datar dan bangun ruang. Karena, untuk mencari ukuranya harus hafal rumus hitung, seperti volume, luas, keliling bangun datar atau bangun ruang tersebut. Lebih rumitnya lagi, ketika menentukan ukuran dari gabungan bangun datar atau bangun ruang, maka membutuhkan logika saat dikerjakan.
Dewi Setya Ningrum (182180079) Pgsd 1C
Assalamualaikum Wr. Wb, Menurut saya pembelajaran matematika SD yang sulit itu pada bagian KPK dan FPB dalam soal cerita, karena kita harus benar-benar memahami konsep dan operasi hitung bilangan tersebut dengan cermat dan teliti.
Dewi Setya Ningrum (182180079) Pgsd 1C
Assalamu'alaikum Wr.Wb,Menurut saya pembelajaran matematika sd yang sulit itu pada bagian KPK dan FPB dalam soal ceita,karena kita harus benar-benar memahami konsep dan operasi hitung bilangan tersebut dengan cermat dan teliti.
savina setiana
182180131
1 D
menurut saya pembeljaran matematika yang sulit itu pada bab operasi hitung bilangan pecahan, terutama bilangan desimal, karena saya belum terlalu memahami materi tersebut dan kesulitan untuk menghitung bilangan desimal.
Isty Khazizah (182180113) kelas 1C
Menurut saya pembelajaran matematika sd yang sulit yaitu tentang KPK dan FPB, karena dalam menerapkan rumus untuk memecahkan soalnya diperlukan ketelitian dalam pemahaman soal,biasanya soal dalam bab ini berbentuk cerita, nah pengubahan bentuk cerita untuk menjadi soal angka di sini sering salah dan menyebabkan hasil yang diharapkan tidak benar walaupun sudah di kerjakan menggunakan rumus yang sesuai dan penghitungan yang tepat.
Ulfaturrokhmah (182180081)
Menurut saya pembelajaran matematika yang sulit adalah pada bagian FPB, KPK dan pada soalsoal cerita. Kita sulit memahami soal dan menylesaikannya. Dalam memahami soal cerita membutuhkan kecermatan agar bisa maksud dengan soal tersebut. Bilangan desimal juga lumayan sulit dalam soal matematika.
Nama : Ika Yuniarti
NIM : 182180092
Kelas : 1C
Menurut saya materi pembelajaran SD yang dirasa sulit itu adalah operasi bilangan desimal dan bilangan berpangkat karena khususnya untuk bilangan berpangkat jika siswa tidak hafal ataupun sedikit hafalan bilangan berpangkat maka untuk menyelesaikannya juga dirasa sulit untuk mereka dan saya juga merasa sulit menyelesaikan soal cerita karena soal yang terlalu panjang sehingga sulit memahami seluruh soalnya.
Nama : Ika Yuniarti
NIM : 182180092
Kelas : 1C
Menurut saya materi pembelajaran SD yang dirasa sulit itu adalah operasi bilangan desimal dan bilangan berpangkat karena khususnya untuk bilangan berpangkat jika siswa tidak hafal ataupun sedikit hafalan bilangan berpangkat maka untuk menyelesaikannya juga dirasa sulit untuk mereka dan saya juga merasa sulit menyelesaikan soal cerita karena soal yang terlalu panjang sehingga sulit memahami seluruh soalnya.
Nama : Ika Yuniarti
NIM : 182180092
Kelas : 1C
Menurut saya materi pembelajaran SD yang dirasa sulit itu adalah operasi bilangan desimal dan bilangan berpangkat karena khususnya untuk bilangan berpangkat jika siswa tidak hafal ataupun sedikit hafalan bilangan berpangkat maka untuk menyelesaikannya juga dirasa sulit untuk mereka dan saya juga merasa sulit menyelesaikan soal cerita karena soal yang terlalu panjang sehingga sulit memahami seluruh soalnya.
Ulfaturrokhmah (182180081)
Menurut saya pembelajaran matematika yang sulit adalah FPB, KPK dan dalam bentuk soal cerita. Dalam menyelesaikan soal matematika kita harus betul-betul mencermati dan memahami soal tersebut agar maksud.
Nama : Ika Yuniarti
NIM : 182180092
Kelas : 1C
Menurut saya materi pembelajaran matematika SD yang sulit pada operasi bilangan desimal, FPB dan KPK. Saya juga merasa sulit untuk mengerjakan soal cerita yang panjang dan tidak dapat memahami satu soal penuh padahal untuk bisa mengerjakan kita harus memahami soal sampai selesai.
Nama : Zauharatul Auliya Asrofah
NIM : 182180105
Kelas : 1C
Menurut saya, materi matematika SD yang sulit adalah materi bngun datar dan bangun ruang. Karena, untuk menemukan ukuranya harus menghafal rumus hitung volume/luas/keliling pada bangun tersebut. Pada pelajaran tersebut, untuk menentukan volume/luas/keliling dari gabungan bangun datar/bangun ruan. Sehingga membutuhkan logika yang mana saja panjang/lebar yang digunakan untuk menentukan.
Ika Yuniarti (182180092) (1C)
Menurut saya materi pembelajaran SD yang dirasa sulit adalah pada operasi bilangan desimal dan pada soal cerita di dalam Matematika karena soal yang terlalu panjang sehingga untuk memahami seluruh soal kadang sulit padahal untuk menyelesaikan soal cerita tersebut harus memahami soal sampai selesai.
Ika Yuniarti (182180092) (1C)
Menurut saya materi pembelajaran SD yang dirasa sulit adalah operasi bilangan desimal dan penyelesaian soal cerita karena soal yang dipahami kadang hanya sebagian saja padahal untuk menyelesaikan soal cerita harus memahami soal sampai selesai.
Shafira Hidayah (182180116) 1C
Menurut saya pembelajaran matematika lumayan sulit apalagi jika di sertai dengan rumus-rumus yang sulit untuk di hafal anak SD
Nama : Dwi Nur Aisyah
NIM : 182180095
Kelas: 1C
Menurut saya materi dalam pembelajaran Matematika SD yang sulit adalah pada materi menghitung dalam bentuk soal cerita. Karena kita tidak bisa langsung menghitungnya, tetapi kita harus bisa memahami terlebih dahulu apa yang di maksud dari soal tersebut, setelah itu baru bisa menentukan apakah penambahan, pengurangan, perkalian, ataupun pembagian yang digunakan untuk menyelesaikan soal. Maka dari itu kita harus memiliki kemampuan memahami yang baik.
Nama : Dwi Nur Aisyah
NIM : 182180095
Kelas: 1C
Menurut saya materi dalam pembelajaran Matematika SD yang sulit adalah pada materi menghitung dalam bentuk soal cerita. Karena kita tidak bisa langsung menghitungnya, tetapi kita harus bisa memahami terlebih dahulu apa yang di maksud dari soal tersebut, setelah itu baru bisa menentukan apakah penambahan, pengurangan, perkalian, ataupun pembagian yang digunakan untuk menyelesaikan soal. Maka dari itu kita harus memiliki kemampuan memahami yang baik.
Nama:Silfiana Damayanti
NIM:182180106
KELAS:C
Menurut saya materi dalam pembelajaran Matematika SD yang sulit adalah pada materi bangun datar dan bangun ruang karena kita harus menghafal rumus dang menghitung tinggi,luas,lebar dan sebagainya yang menurut saya cukup sulit apa bila tidak hafal rumusnya.Lalu apalagi jika menemui soal yang menggunakan cerita itu sulit karena kita harus memahami terlebih dahulu dan tidak langsung untuk menghitungnya, terkadang dalam pemahaman itu cukup sulit untuk maksud dengan soal cerita tersebut,apabila kita salah dalam memahami soal cerita tersebut maka kita juga salah dalam menghitungnya atau mengerjakannya. Jadi kita harus pandai dan teliti dalam memahami sebuah soal yang berbentuk cerita.
Nama : Nanda Wahyu Dwi Ernawanti
NIM : (182180108)
Kelas : 1C
Menurut saya materi dalam pembelajaran Matematika SD yang sulit adalah KPK dan FPB apalagi dalam bentuk soal cerita yang membuat saya bingung membedakan mana yang KPK dan mana yang FPB.
Nama : Puji Rahayu
NIM : 182180091
Kelas: 1C
Menurut saya materi dalam pembelajaran matematika SD yang sulit yaitu bangun ruang dan bangun datar. Pada soal campuran keduanya.
Nama Anggota:
1.Rahayu Ana Meilia (162180081)
2.Pranisa Anindya F (162180082)
3.Vinika Al Ramadhanti (162180087)
4.Mu'afiatun Nayyiroh (162180101)
MATERI BANGUN RUANG :
-Balok adalah bangun ruang yang memiliki tiga pasang sisi yang ukuran dan bentuknya sama. Sisi-sisi tersebut adalah sisi muka dan belakang, serta sisi samping kiri dan kanan.
-Kubus adalah bangun ruang yang mempunyai enam sisi dengan bentuk dan ukuran yang sama.
-Bola berbentuk bulat, tanpa sisi. Banyak benda di sekitar kita yang berbentuk bola, contohnya : bola sepak, bola voli, bola kasti, bola pimpong, dan lain-lain.
-Tabung adalah bentuk bangun ruang yang memiliki tutup dan alas. Banyak benda di sekitar kita yang berbentyk tabung. Contohnya : gelas, botolminum, drumb, kaleng kue,gulungan karton, dan lain-lain.
Ria Safitri 1C (182180103)
Menurut saya pembelajaran matematika yang sulit itu pada bagian bab bangun ruang karena kita harus mengahafal rumus seperti volume,luas, dan keliling bangun tersebut dan yang membuat saya bingung membedakan antara yang mana bidang diagonal dan mana diagonal ruang.
Lutfi Qurrotul 'Aini 1C (182180098)
Menurut saya materi dalam Matematika SD yang sulit dipahami yaitu materi pecahan karena siswa belum bisa menyamakan penyebut.
Aidha Norma Liana (182180082) 1C
Menurut saya materi Matematika SD yang sulit untuk dipahami yaitu soal cerita dimana siswa siswi masih belum terlalu bisa memahami soal yang tersaji.
Nama :Surya Dandi Pratama
NIM : 182180109
Kelas : PGSD c
Menurut saya materi dalam matematika SD yang sulit dipahami yaitu materi menghitung luas segi banyak karena siswa harus menggabungkan beberapa luas bangun datar.
Dian Meilatifah 1C (182180084)
Menurut saya materi matematika SD yang sulit yaitu pecahan desimal,bangun ruang dan soal cerita karena soal cerita butuh pemahaman dan ketelitian,oleh karena itu kita harus memiliki pemahaman yg baik
Dian Meilatifah 1C (182180084)
Menurut saya materi matematika SD yang sulit yaitu pecahan desimal,bangun ruang dan soal cerita karena soal cerita butuh pemahaman dan ketelitian,oleh karena itu kita harus memiliki pemahaman yg baik
Hanif Setiadi 1C (182180096)
Menurut saya mata pelajaran Matematika yang susah yaitu pembagian porogapet dan pembagian bilangan pecahan.
Rismatul Amaliyah 1C (182180085)
Menurut saya materi dalam pelajaran Matematika SD yang sulit dipahami yaitu materi bangun ruang karena terlalu banyak rumus sehingga sulit dipahami.
Laviola Safriyaningsih (1C)(182180111)
Menurut saya materi matematika sd yang sulit dipahami yaitu FPB dan KPK karena kita harus menentukan faktorisasi terlebih dahulu.
Astuti Tri Utami (1C)(182180083)
Menurut saya materi pembelajaran Matematika SD yg sulit adalah bangun ruang karena menghafal rumus-rumus dan disertai soal cerita.
Nama : Fita Endah Pratiwi
NIM : 182180087
Kelas: 1C
Menurut saya materi pembelajaran Matematika di SD yang dianggap sulit yaitu pecahan karena untuk menentukan mana pecahan yang lebih kecil atau lebih besar nilainya dibutuhkan ketelitian yang tinggi.
Nama:Yuliana Nurul Hikmah
Nim:182180094
Kelas:1c
Menurut saya materi matematika yang saya rasa sulit yaitu persenan karena sulit untuk di pahami. Juga memerlukan waktu yang cukup lama kalo soalnya berbentuk cerita.
Nama:Yuliana Nurul Hikmah
Nim:182180094
Kelas:1c
Menurut saya materi matematika SD yang saya rasa sulit yaitu konsep persen dan desimal karena sulit dan membutuhkan banyak waktu dalam menentukan konsep yang harus di gunakan dalam mengerjakan soal tersebut.
Nama :Akhsan Nur Trihantoro
NIM :182180114
Kelas :pgsd C
Menurut saya materi SD yang sulit dipahami yaitu bangun ruang karena harus menghafal rumus-rumus bangun tertentu
Nama:Febrianti Arum Puspita Sari
NIM:182180097
Kelas: 1C
Menurut saya materi matematika sd yang saya rasa sulit yaitu soal cerita karena kunci untuk dapat mengerjakan soal tersebut harus memahami dan ketelitian
Nama:Yuliana nurul Hikmah
NIM:182180094
Kelas:1C
Menurut saya materi matematika SD yang saya rasa sulit yaitu konsep persen dan desimal karena untuk memahami soal tersebut membutuhkan waktu dan ketelitian yang cukup serius.
Nama: Elinda Tri Suryani
Nim: 0153
Kelas: 1A
Prodi: PGSD
Menurut saya pembelajaran matematika yang cukup sulit dibagian bab menghitung luas pada bangun datar dan volum bangun ruang karena materi itu kita harus menguasai rumus yang akan digunakan dan ketetapan dalam mengunakan rumus harus hafal tepat rumus bangun yeterte
Nama:Elinda Tri Suryani
Nim: 0153
Kelas:1A
Prodi:PGSD
Menurut saya pembelajaran mamtematika yang cukup sulit dibagian bab menghitung luas pada bangunan datar dan volum bangun ruang karena materi itu kita harus menguasai rumus yang akan digunakan dan ketetapan dalan mengunakan rumus harus hafal tepat rumus bangun yeterle
Nama :Dimas Bayu Aji
Nim :182180023
Kelas :1 C
Progdi:PGSD
Menurut saya materi matematika SD yang saya rasa sulit yaitu dibagian bab geometri bangun ruang dan volume bangun ruan dan soal cerita
Nama :Dimas Bayu Aji
Nim :182180023
Kelas :1 A
Progdi:PGSD
Menurut saya materi matematika SD yang saya rasa sulit yaitu bab geometri bangun ruang dan volume bangun ruang serta soal cerita
Nama :Siti Sa'ria
NIM :182180029
Kelas:1a
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Saya selaku mahasiswa dari ibu Rintis Rizkia P, M.Pd. ingin mengomentari apa yang sudah menjadi kewajiban saya guna memenuhi tugas konsep dasar matematika.
Menurut pendapat saya, memang selayaknya para pelajar SD sering mengeluh dengan adanya mapel MTK. Mengapa demikian?Karena pada dasarnya seumuran mereka itu belum dapat berfikir hanya dengan dilogika atau yang tidak dapat ditangkap oleh panca indra. Oleh sebab itu nilai mereka terkadang melemah dikarenakan mapel MTK yang anjlok ketimbang mapel lain.
Kita sebagai calon guru SD insyaAllah dapat menenrjang semua pernyataan diatas apabila kita dapat mengenali masing-masing pribadi anak. Kita dapat melakukan pembelajaran dengan alat peraga yang dapat ditangkap secara langsung oleh panca indra, maka anak pun insyaAllah mudah memahaminya. Sesekali juga agar pelajar SD tidak jenuh dengan mapel MTK, kita sebagai guru juga perlu melakukan hiburan mungkin dengan permainan atau malah lebih asyiknya belajar diluar kelas.
Selain yang ada diatas, kita juga tidak lupa untuk selalu memberikan hadiah atas apa yang mereka raih sebagai apresiasi agar tidak mudah berpuas diri dan terus giat belajar hingga menjadi pribadi yang cinta terhadap belajar berhitung.
Sekian dari saya, terimakasih kepada bu rintis karena telah memberikan kesempatan kepada mahasiswanya untuk berfikir kedepannya dan mohon maaf jika kurang berkenan dihati. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Fajar Pambudi(172180004/PGSD 3A)
Menurut saya materi Matematika SD yang sulit itu, Bab Pengolahan Data seperti mean median modus. Karena tidak semua siswa paham apa itu pengolahan data, dan apa itu data. Harus di bagaimanakan angka" itu. Untuk mean(nilai rata-rata) siswa terkadang juga kalau kurang teliti bisa salah hitung. Dan untuk median dan modus saya rasa siswa bisa memahami. Dikarenakan tidak terlalu banyak berhitung untuk data tunggal..
Fajar Pambudi(172180004/PGSD 3A)
Menurut saya materi Matematika SD yang sulit itu, Bab Pengolahan Data seperti mean median modus. Karena tidak semua siswa paham apa itu pengolahan data, dan apa itu data. Harus di bagaimanakan angka" itu. Untuk mean(nilai rata-rata) siswa terkadang juga kalau kurang teliti bisa salah hitung. Dan untuk median dan modus saya rasa siswa bisa memahami. Dikarenakan tidak terlalu banyak berhitung untuk data tunggal..
Fajar Pambudi(172180004/PGSD 3A)
Menurut saya materi Matematika SD yang sulit itu, Bab Pengolahan Data seperti mean median modus. Karena tidak semua siswa paham apa itu pengolahan data, dan apa itu data. Harus di bagaimanakan angka" itu. Untuk mean(nilai rata-rata) siswa terkadang juga kalau kurang teliti bisa salah hitung. Dan untuk median dan modus saya rasa siswa bisa memahami. Dikarenakan tidak terlalu banyak berhitung untuk data tunggal..
Hanifah (182180069/PGSD 1B)
Menurut saya materi pembelajaran matematika di SD yang sulit pada bagian operasi hitung campuran bilangan bulat dan perkalian dan pembagian pecahan karena setiap siswa mempunyai kemampuan kepahaman yang berbeda-beda.Terkadang ada siswa yang membutuhkan konsentrasi penuh untuk memahami materi pembelajaran tersebut dan kadang temannya tidak memotivasinya sehingga siswa tersebut malas untuk mempelajarinya kembali.Apabial ada koordinasi antara siswa dan guru maka para siswa akan menguasai materi tersebut dan yang paling penting jangan biarkan mainsheet mereka kalo matematika itu sulit sehingga para guru mempunyai pr untuk membuat pembelajaran matematika menyenangkan.
Nita Dwi Ayuningrum
PGSD 1A (182180012)
Menurut saya,pelajaran matematika pada Sekolah Dasar yg paling sulit adalah menghitung bangun ruang,karena mengitung bangun ruang harus menentukan sisi sisinya terlebih dahulu,baik panjang,lebar maupun tingginya dan kita harus menghapal rumusnya masing-masing,apalagi jika bangun ruangnya berupa limas,kita harus paham betul apa rumus limas tersebut dan tidak boleh sampe lupa,karena bagi anak SD mengingat rumus merupakan salah satu hal yg sulit apalagi jika rumusnya tidak mudah di aplikasian pada kehidupan sehari hari.
Nita Dwi Ayuningrum
Kelas PGSD 1A
NIM : 182180012
Menurut saya,pelajaran matematika pada Sekolah Dasar yg paling sulit adalah menghitung bangun ruang,karena mengitung bangun ruang harus menentukan sisi sisinya terlebih dahulu,baik panjang,lebar maupun tingginya dan kita harus menghapal rumusnya masing-masing,apalagi jika bangun ruangnya berupa limas,kita harus paham betul apa rumus limas tersebut dan tidak boleh sampe lupa,karena bagi anak SD mengingat rumus merupakan salah satu hal yg sulit apalagi jika rumusnya tidak mudah di aplikasian pada kehidupan sehari hari
Nita Dwi Ayuningrum
Kelas PGSD 1A
NIM : 182180012
Menurut saya,pelajaran matematika pada Sekolah Dasar yg paling sulit adalah menghitung bangun ruang,karena mengitung bangun ruang harus menentukan sisi sisinya terlebih dahulu,baik panjang,lebar maupun tingginya dan kita harus menghapal rumusnya masing-masing,apalagi jika bangun ruangnya berupa limas,kita harus paham betul apa rumus limas tersebut dan tidak boleh sampe lupa,karena bagi anak SD mengingat rumus merupakan salah satu hal yg sulit apalagi jika rumusnya tidak mudah di aplikasikan pada kehidupan sehari hari
Nama : Nunung Surahmi
Kelas : 3A
Nim : 172180020
Menurut saya materi matematika SD yang sulit itu bab geometri bangun ruang dan soal cerita karena dalam bab ini siswa harus lebih banyak mengingat tentang rumus" bangun ruang dan lebih teliti dalam membaca soal cerita, karena biasanya dalam soal cerita banyak yang masih bingung mana dulu yang ingin dikerjakan.
Nama : Nunung surahmi
Kelas :3a
Nim : 172180020
Menurut saya materi matematika SD yang sulit itu,bab geometri bangun ruang dan soal cerita,karena dalam bab ini siswa akan banyak menjumpai rumus" bangun ruang dan jika tidak memahami siswa akan sulit mengerjakan soal tentang bangun ruang,sedangkan dalam soal cerita siswa harus lebih teliti dalam membaca dan tau apa yang diinginkan oleh soal tersebut. Dalam hal ini, biasanya siswa akan mengalami kesulitan karena masih bingung mana dahulu yang ingin dikerjakan.
Nama : Nunung surahmi
Kelas :3a
Nim : 172180020
Menurut saya materi matematika SD yang sulit itu,bab geometri bangun ruang dan soal cerita,karena dalam bab ini siswa akan banyak menjumpai rumus" bangun ruang dan jika tidak memahami siswa akan sulit mengerjakan soal tentang bangun ruang,sedangkan dalam soal cerita siswa harus lebih teliti dalam membaca dan tau apa yang diinginkan oleh soal tersebut. Dalam hal ini, biasanya siswa akan mengalami kesulitan karena masih bingung mana dahulu yang ingin dikerjakan.
Nama : Nunung surahmi
Kelas :3a
Nim : 172180020
Menurut saya materi matematika SD yang sulit itu,bab geometri bangun ruang dan soal cerita,karena dalam bab ini siswa akan banyak menjumpai rumus" bangun ruang dan jika tidak memahami siswa akan sulit mengerjakan soal tentang bangun ruang,sedangkan dalam soal cerita siswa harus lebih teliti dalam membaca dan tau apa yang diinginkan oleh soal tersebut. Dalam hal ini, biasanya siswa akan mengalami kesulitan karena masih bingung mana dahulu yang ingin dikerjakan.
Rizky Fadjar Choirrul Linda (172180108) Materi FPB dan KPK merupakan salah satu materi yang
dianggap sulit dipahami oleh peserta didik. Hal tersebut
disebabkan karena peserta didik dituntut menguasai operasi
hitung perkalian, pembagian, serta perhitungan sebagai dasar
pengerjaannya. Selain bersifat hitungan, materi ini juga bersifat
pemecahan masalah yang berkaitan dengan aktivitas sehari-hari.
Rizky Fadjar Choirrul Linda (172180108/3D) Materi FPB dan KPK merupakan salah satu materi yang
dianggap sulit dipahami oleh peserta didik. Hal tersebut
disebabkan karena peserta didik dituntut menguasai operasi
hitung perkalian, pembagian, serta perhitungan sebagai dasar
pengerjaannya. Selain bersifat hitungan, materi ini juga bersifat
pemecahan masalah yang berkaitan dengan aktivitas sehari-hari.
P
Nama : Nunung surahmi
Kelas :3a
Nim : 172180020
Menurut saya materi matematika SD yang sulit itu,bab geometri bangun ruang dan soal cerita,karena dalam bab ini siswa akan banyak menjumpai rumus" bangun ruang dan jika tidak memahami siswa akan sulit mengerjakan soal tentang bangun ruang,sedangkan dalam soal cerita siswa harus lebih teliti dalam membaca dan tau apa yang diinginkan oleh soal tersebut.
Shallu Andini (172180082/PGSD 3C)
Menurut saya, materi matematika sd yang sulit yaitu tentang bangun ruang. Terutama menghitung luas permukaan bangun ruang. Karena terkadang disajikan gambar gabungan dari beberapa bangun ruang, kadang dua sampai tiga bangun. Kemudian kita disuruh untuk menghitung luas permukaannya. Dari itu ada sisi dari bangun satu dengan yang lainnya yang berhimpitan. Nah dari itulah kita harus cermat dalam mengamati dan menghitung luas permukaannya. Karena ada sisi yang tidak dihitung. Untuk mengeceknya apakah yang kita kerjakan itu benar juga perlu menghitung dari awal lagi
Shallu Andini (172180082/PGSD 3C)
Menurut saya, materi matematika sd yang sulit yaitu tentang bangun ruang. Terutama menghitung luas permukaan bangun ruang. Karena terkadang disajikan gambar gabungan dari beberapa bangun ruang, kadang dua sampai tiga bangun. Kemudian kita disuruh untuk menghitung luas permukaannya. Dari itu ada sisi dari bangun satu dengan yang lainnya yang berhimpitan. Nah dari itulah kita harus cermat dalam mengamati dan menghitung luas permukaannya. Karena ada sisi yang tidak dihitung. Untuk mengeceknya apakah yang kita kerjakan itu benar juga perlu menghitung dari awal lagi
Shallu Andini (172180082/PGSD 3C)
Menurut saya, materi matematika sd yang sulit yaitu tentang bangun ruang. Terutama menghitung luas permukaan bangun ruang. Karena terkadang disajikan gambar gabungan dari beberapa bangun ruang, kadang dua sampai tiga bangun. Kemudian kita disuruh untuk menghitung luas permukaannya. Dari itu ada sisi dari bangun satu dengan yang lainnya yang berhimpitan. Nah dari itulah kita harus cermat dalam mengamati dan menghitung luas permukaannya. Karena ada sisi yang tidak dihitung. Untuk mengeceknya apakah yang kita kerjakan itu benar juga perlu menghitung dari awal lagi
Slamet Widodo (172180027)
Menurut saya materi matematika sd yang sulit itu pada soal bangun ruang dalam bentuk cerita. Di karenakan selain harus memahami rumusnya siswa harus cermat dan teliti dalam mencerna soal2 cerita tersebut karena bisa terjebak dalam kata-kata
Nama :Sholika Mega Puspita
Nim :182180031
Kelas:1A PGSD
Menurut saya materi matematika SD yang sulit itu tentang bangun ruang dan geometri.Di karenakan harus memahami rumus dan mengerjakannya harus sangat teliti dalam memahami soal itu.
Nama :Sholika Mega puspita
NIM :182180031
Kelas:PGSD 1A
Menurut saya materi matematika SD yang sulit yaitu tentang geometri dan bangun ruang. Di karenakan harus menghafalkan rumus-rumus kita juga harus sangat teliti dalam membaca soalnya.
Nama :Sholika Mega Puspita
NIM :182180031
Kelas:1A PDSD
Menurut saya materi matematika SD yang sulit itu bagian geometri dan bangun ruang.Di karenakan kita harus menghafalkan rumus-rumus dan juga harus teliti dalam memahami soal.khususnya soal cerita kita harus betul-betul memahami soalnya.
Nama: ananda cahya trisna putri
Nim :182180102
Kelas : pgsd 1c
Menurut saya materi matematika sd yang sulit adalah trigonometri
Shallu Andini (172180082/PGSD 3C)
Menurut saya, materi matematika sd yang sulit yaitu tentang bangun ruang. Terutama untuk menghitung luas permukaan bangun ruang tersebut. Karena terkadang ada soal yang menyajikan gambar gabungan dari beberapa bangun ruang tersebut . Untuk mengitung luasnya tersebut perlu menghitung berkali-kali
Nama: Hanifah
Kelas: 1B
Nim : 182180069
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Upaya yang akan saya lakukan pertama- tama mengubah pola pikir para siswa bahwa matematika itu mudah dengan cara menggunakan media pembelajaran yang menarik,menyenangkan dan kreatif sehingga dapat menarik perhatian siswa dan membuat rasa keingintahuan tentang matematika bertambah.Dan juga para siswa di beri motivasi bahwa mereka itu bisa mengerjakan matematika asalkan giat berusaha oleh guru maupun orang tua.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama: shella fitri wahyu
Nim :182180107
Kelas 1C
Menurut saya materi matematika sekolah dasar yang paling sulit adalah materi pecahan. Alasannya karena pada materi ini peserta didik sulit untuk menerima, misalnya dalam hal penyamaan penyebutan, perkalian antar desimal dan sebagainya.
Nama: Ibnu Mubarok
Nim : 172180031
Kelas: PGSD 3A
menurut saya materi sd yang sulit tentang Bangun Ruang karena pengerjaanya langkah 1 harus selalu benar, jika salah sedikit pun selanjutnya juga akan salah langkah ke 2 dan seterusnya juga akan salah
Waktu mengerjakan satu soal matematika tentu lebih lama dibandingkan mengerjakan soal bahasa atau sejarah. Ini karena jawaban memang harus kompleks dengan langkah yang sistematis bahkan untuk soal sederhana
Nama Ibnu mubarok
Nim 172780031
Klas pgsd 3a
Menurut saya materi SD yang sulit tentang Materi bangun ruang karena pengerjaan langkah pertama itu harus benar dan teliti, jika ada kesalahan maka langkah 2 dan selanjutnya akan salah juga.
Waktu mengerjakan satu soal matematika tentu lebih lama dibandingkan mengerjakan soal bahasa atau sejarah. Ini karena jawaban memang harus kompleks dengan langkah yang sistematis bahkan untuk soal sederhana.
Nama: Ulfa Mubarokah
NIM: 182180155
KELAS: PGSD 1A
Menurut saya materi SD yang sulit adalah pada materi bangun ruang, pertidakasamaan dan persamaan karena rumusnya banyak dan semua siswa kadang ada yang memiliki daya fikir yang lambat, dan itu menyebabkan siswa tersebut merasa kesulitan.
Nama: Ulfa Mubarokah
NIM: 182180155
KELAS: PGSD 1A
Menurut saya materi SD yang sulit adalah pada materi bangun ruang, pertidakasamaan dan persamaan karena rumusnya banyak dan semua siswa kadang ada yang memiliki daya fikir yang lambat, dan itu menyebabkan siswa tersebut merasa kesulitan.
Nama: Ulfa Mubarokah
NIM: 182180155
KELAS: PGSD 1A
Menurut saya materi SD yang sulit adalah pada materi bangun ruang, pertidakasamaan dan persamaan karena rumusnya banyak dan semua siswa kadang ada yang memiliki daya fikir yang lambat, dan itu menyebabkan siswa tersebut merasa kesulitan.
Nama:FEBRILA VERNANDA
NIM :182180016
Kelas:1A
Menurut saya upaya yang akan saya lakukan ketika menerangkan kepada anak didik agar anak didik tersebut paham dengan apa yang sedang di terangkan kita sebagai pendidik harus memperagakan apa yang kita ajarkan. Misal nya penjumlahan sebuah kelereng kita harus mempunyai alat peraga sebuah kelereng tersebut supaya anak didik lebih mudah menerimanya,dan dalam menghadapi peserta didik pada masa sekarang kita harus bersabar.Sekian komentar dari saya bila ada salah kata saya mohon maaf.
Post a Comment