Thursday 10 March 2022

Penugasan MK Psikologi Pendidikan Pertemuan 4

Assalamu'alaikumwrwb.

Selamat pagi teman-teman mahasiswa semester VI kelas A, semoga kalian dalam keadaan sehat wa'afiat.

Pada pertemuan 4 ini kita akan mempelajari Perkembangan Kognitif dan Bahasa, kalian dapat belajar secara mandiri melalui video yang saya sudah sediakan di bawah ini. Kemudian berilah tanggapan mengenai materi yang sudah kalian simak pada video tersebut pada kolom komentar di Youtube dan/atau Blog ini paling lambar pukul 15.00 WIB hari ini.

Jangan lupa sertakan NAMA, NIM, dan KELAS.

Jangan lupa presensi pada link Presensi yang biasanya. 

Berikut video materi Perkembangan Kognitif dan Bahasa


Kemudian untuk minggu depan ada tugas kelompok yang perlukalian persiapkan dari sekarang.

Tugas sudah dijelaskan di video, silahkan dicermati.

Untuk anggota kelompok, silahkan menentukan sendiri.

Batas pengumpulan makalah yaitu: hari Kamis 18 Maret 2022.

Jumat, 19 Maret 2022 sudah mulai presentasi 2 kelompok (1 pertemuan 2 kelompok). Jangan lupa persiapkan PPTnya.

Terimakasih.

Wassalamu'alaikumwrwb.

25 comments:

Recika Ranna said...

Assalamulaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama: Recika Ranna Harayo
Nim: 202180003
Kelas: 4A PGSD

Dari video yang saya simak tadi, menjelaskan tentang aspek-aspek perkembangan yang terdiri dari perkembangan kognitif dan bahasa, perkembangan sosioemosional, perkembangan moral dan perilaku prososial, dan aspek perkembangan diri. Kemudian didalam perkembangan kognitif dan bahasa terdiri dari
a. Otak dan perkembangan kognitif
b. Perkembangan kognitif terdiri dari pieget dan vygotski
c. Perkembangan bahasa terdiri dari kemampuan berbicara dan berbahasa

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Unknown said...

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Risma Yulianty
Nim. : 202180026
Kelas: 4A

Izin memberikan tanggapan terkait materi yang telah di sampaikan oleh Bu rintis yaitu mengenai PERKEMBANGAN KOGNITIF dan Bahasa.
Saya setuju dengan isi dari materi tersebut karena sangat penting untuk di pahami karena berkaitan dengan perkembangan kognitif. Perkembangan kognitif ini berkaitan dengan otak. Fungsi dari otak kanan dan otak kiri manusia itu ternyata berbeda, otak kanan itu logis, dan otak kiri itu kreatif. Dan saya pun setuju dengan materi tadi bahwa kognisi adalah kemampuan mental untuk mencapai tujuan yang ingin di dapatkan (proses untuk menalar, memahami, ingatan, dan presepsi).
Tahapan kognitif pada manusia berbeda dari bayi sampai dewasa, yaitu
1. Usia 0-1,5 tahun disebut sensori motorik. Disini anak blm memiliki konsep permanen si objek, jadi blm paham akan hal hal sekitar
2. Usia 1,5-7 di sebut dengan pra-Oprasional
3. 7-11 tahun di sebut dengan operasional kongkrit
4. 11 tahun di sebut dengan operasional-formal.
Teori perkembangan kognitif menurut Vygotsky.
#kognitif anak dapat di pahami apabila di analisi dan di interpretasikan dalam konteks perkembangan.

Sekian tanggapan saya, jika ada kekurangan saya mohon maaf.
Terimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Unknown said...

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu
Nama : Dwi Nugraini
Nim : 202180030
Kelas : 4A PGSD
Izin memberikan tanggapan dari Vidio yang saya simak.
Aspek aspek perkembangan

Aspek aspek perkembangan terdiri dari
1. Perkembangan Kognitif dan Bahasa
Terdiri dari
a) Otak dan Perkembangan Kognitif,
b) Perkembangan Kognitif (Piaget dan Vgotsky),
c) Perkembangan Bahsa (kemampuan berbicara dan Berbahasa)
2. Perkembangan Sosio Emosional
3. Perkembangan Moral dan perilaku Proposal
4. Aspek Perkembangan Diri
Terima kasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu

faizah512000@gmail.com said...

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Izin memberi tanggapan terhadap vidio terkait aspek-aspek perkembangan kognitif
Nama : Nur Faizah
Kelas : 4A PGSD
Nim : 202180023
Jadi perkembangan itu ada 4 yaitu perkembangan kognitif dan bahasa, perkembangan sosio emosional, perkembangan moral dan perilaku personal, dan juga aspek perkembangan diri
Merupakan sudah mendadi p erhatian yang di teliti melakui fakta.
Adapun fungsi otak untuk ucapan dan bahasa,sedangkan kqnan seperti presepsi ruang.
Penelitian otak otak bertumbuh di tahun awal-awal, saat kritis dan lingkungan juga memadai maka proses perkembangan berjalan normal.
Generalisasi pemikiran yang logis dan kreatif melibqtkan komunikasi antara dua belah otak.
Perkembangan kognitif sarana yang digunakan manusia. Supaya mendapatkan pengetahuan tentang dunia.
Manusia mempunyai kebutuhan dalam diri untuk mengetahui bagaimana cara mendapatkan jawaban.
Dalam otak manusia mempunyai tahapan-tahapan tahapan sensori motorik, praoprasional, oprasional kongkrit, oprasional formal.
Kognitif dapay di pahami apa bila di analisis.

Anonymous said...

Nama : Dheliana Suwardi
NIM : 202180037
Kelas : PGSD 4A

Dari video penjelasan materi yang saya simak tadi, menjelaskan tentang aspek-aspek perkembangan yang terdiri dari :
1. perkembangan kognitif dan bahasa,
2. perkembangan sosioemosional,
3. perkembangan moral dan perilaku prososial,
4. aspek perkembangan diri. 

Perkembangan kognitif dan bahasa terdiri dari
a. Otak dan perkembangan kognitif
b. Perkembangan kognitif (Piaget dan Vygotski)
c. Perkembangan bahasa terdiri dari kemampuan berbicara dan berbahasa

Terima kasih.

Dinny said...

Nama : Zahdinny Mucharina Fadhillah
NIM : 202180019
Kelas : 4A PGSD

Saya menanggapi dari video tersebut
Perkembangan kognitif dan bahasa . Kemampuan otak manusia terbagi 2 yaitu kanan dan kiri, untuk otak kanan yang berpikir kreatif seperti melukis menggambar dll. Otak kiri untuk berpikir yang logis. Otak yang masih masa pertumbuhan awal-awal itu sangat cepat menerima di otak. Jadi orang tua harus melatih otak sedari masa pertumbuhan supaya tidak terlambat namun jika stimulus anak tidak baik akan mempengaruhi pertumbuhan otak ana. Proses belajar, berpikir itu termasuk kemampuan kognitif.
Menurut piaget perkembangan kognitif dimulai dari usia 0-1,5 tahun terkait sensor motorik masih belum memahami konsep, kemudian usia 1,5 - 7 tahun terkait pra operasional perkembangan kemampuan anak menggunakan simbol-simbol, kemudian 7-11 tahun terkait operasional kongkrit mampu berpikir logis, kemudian umur 11-dewasa terkait Operasional formal mampu berpikir abstrak. Teori vygotski bahwa kognitif ana dapat dipahami jika di aplikasikan dalam konteks perkembangan, Kognitif berasal dari sosial, Kognitif di prediksi dengan kata, bahasa , dan aktivitas lain.
Perkembangan ana terkait bahasa itu tahap dari satu kata, dua Kata kemudian hingga lebih dari satu kata.

Atikah Riswandani said...

Nama : ATIKAH RISWANDANI
NIM : 202180015
Kelas : PGSD 4A

Berdasarkan video yang sama simak berisi tentang aspek-aspek perkembangan terdiri yang dari :
a. Perkembangan kognitif dan bahasa,
• Otak dan perkembangan kognitif
• Perkembangan kognitif terdiri dari pieget dan vygotski
• Perkembangan bahasa terdiri dari kemampuan berbicara dan berbahasa
b. Perkembangan sosioemosional,
c. Perkembangan moral dan perilaku prososial,
d. dan aspek perkembangan diri.

Unknown said...

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nama : Andi Pratama
Nim : 202180125
Kelas : 4A PGSD

Izin memberi tanggapan mengenai video yang telah disampaikan.
Terdapat 4 Aspek Perkembangan, yaitu :
1. Perkembangan kognitif dan bahasa
2. Perkembangan Sosial-emosional
3. Perkembangan moral dan perilaku prososial
4. Aspek perkembangan diri
Fungsi otak :
1. Pemrosesan verbal
Ucapan dan bahasa berapa pada otak kiri
2. Pemrosesan nonverbal
Melibatkan otak kanan
Piaget :
Manusia mempunyai kebutuhan dalam dirinya untuk mengetahui bagaimana mendapatkan jawaban atas struktur dan prediksinya
Tahap perkembangan kognitif Piaget :
1. Tahap sensorik motorik usia 0-1.5 tahun
2. Tahap praoperasional usia 1.5-7 tahun
3. Tahap Operasional kongkrit usia 7-11 tahun
4. Tahapa operasional formal usia 11 tahun dewasa
Teori perkembangan kognitif vygotski :
Kognitif anak dapat dipahami apabila dianalisis dan diinterpretasikan dalam konteks perkembangan

Terimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Fenny Nurlaelasari said...

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nama : Fenny Nurlaelasari
Nim : 202180010
Kelas : PGSD 4A

Berdasarkan video yang telah saya simak tadi menjelaskan tentang aspek-aspek perkembangan yang terdiri dari perkembangan kognitif dan bahasa,perkembangan sosioemosional, perkembangan moral dan perilaku prososial,aspek perkembangan diri.

Dari fungsi otak yaitu ucapan dan bahasa,sedangkan akan seperti presepsi ruang.
Denagn penelitian otak, otak bertumbuh di tahun awal-awal saja, saat kritis dan lingkungan juga memadai maka proses perkembangan berjalan normal.
Generalisasi pemikiran yang logis dan kreatif melibatkan komunikasi antara dua belah otak.
Dan dari perkembangan kognitif sarana yang digunakan manusia. Supaya mendapatkan pengetahuan tentang dunia.

Terimakasih
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dwi Septiana said...
This comment has been removed by the author.
Amanda Anggi Pramaishella said...

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Amanda Anggi Pramaishella
NIM : 202180032
Kelas: PGSD 4A

Izin menanggapi video yang saya simak yaitu menjelaskan tentang aspek-aspek perkembangan yang terdiri : perkembangan kognitif dan bahasa, perkembangan sosioemosional, perkembangan moral dan perilaku prososial, dan aspek perkembangan diri.
Menurut piaget perkembangan kognitif dimulai dari usia 0-1,5 tahun terkait sensor motorik masih belum memahami konsep,usia 1,5 - 7 tahun terkait pra operasional perkembangan kemampuan anak menggunakan simbol-simbol,7-11 tahun terkait operasional kongkrit mampu berpikir logis,umur 11-dewasa terkait operasional formal mampu berpikir abstrak.

Perkembangan kognitif dan bahasa terdiri dari : Otak dan perkembangan kognitif,Perkembangan kognitif (Piaget dan Vygotski),Perkembangan bahasa terdiri dari kemampuan berbicara dan berbahasa.

Terimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dwi Septiana said...

Nama : Dwi Septiana
Nim : 202180024
Kelas : 4A

Dari video yang saya simak yaitu,

Tahapan kognitif pada manusia berbeda dari bayi sampai dewasa, yaitu :
1. Usia 0-1,5 tahun disebut sensori motorik. Disini anak blm memiliki konsep permanen si objek, jadi blm paham akan hal hal sekitar
2. Usia 1,5-7 di sebut dengan pra-Oprasional
3. 7-11 tahun di sebut dengan operasional kongkrit
4. 11 tahun di sebut dengan operasional-formal.

Aspek aspek perkembangan terdiri dari :
1. Perkembangan Kognitif dan Bahasa Terdiri dari
a) Otak dan Perkembangan Kognitif,
b) Perkembangan Kognitif (Piaget dan Vgotsky),
c) Perkembangan Bahsa (kemampuan berbicara dan Berbahasa)
2. Perkembangan Sosio Emosional
3. Perkembangan Moral dan perilaku Proposal
4. Aspek Perkembangan Diri

Dwi Nuril Hidayati said...

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama: Dwi Nuril Hidayati
NIM: 202180017
Kelas: 4A PGSD

Dari video yang telah saya simak, Kemampuan otak pada manusia terbagi menjadi 2 yaitu otak kanan yang digunakan untuk berfikir kreatif dan otak kiri digunakan untuk berfikir logis. Biasanya anak usia 1-5 tahun, anak lebih mudah memahami dan menyerap apa yang diajarkan orang tuanya. Tetapi hal tersebut juga dipengaruhi oleh kondisi lingkungannya, jika kondisi lingkungannya baik maka perkembangan otaknya baik, tetapi jika kondisi lingkungan yang buruk maka perkembangan otaknya juga tidak baik.
Perkembangan kognitif merupakan semua pengetahuan yang berkaitan dengan dunia, misalnya proses belajar, ingatan, dan berfikir.
Menurut Piaget anak memegang peranan aktif dalam mengontruksikan pengetahuan. Teori Vygotsky mengatakan bahwa kognitif berasal dari sosial, dan kognitif di prediksi dengan kata, bahasa, dan aktifitas lain.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Unknown said...

Nama : Gita Kumalasari
Nim : 202180016
Kelas : PGSD 4A

Izin memberikan tanggapan dari video ini, jadi menurut yang saya pahami dari video ini adalah
Piaget:
Manusia mempunyai kebutuhan dalam dirinya untuk mengetahui bagaimana mendapatkan jawaban atas struktur dan prediksinya.
Kemudian Terdapat 4 Aspek Perkembangan, yaitu :

1. Perkembangan kognitif dan bahasa
2. Perkembangan Sosial-emosional
3. Perkembangan moral dan perilaku prososial
4. Aspek perkembangan diri

Fungsi otak:
1. Pemrosesan verbal
Ucapan dan bahasa berapa pada otak kiri
2. Pemrosesan nonverbal
Melibatkan otak kanan

Unknown said...

Assalamualaikum warahmatulloh...
Nama : Mar'atus Sholihah
NIM    : 202180039
Kelas  : PGSD 4A

Dari video yang telah saya simak tadi, bahwa perkembangan pada masia ada 4 yaitu :
1. Perkembangan kognitif dan bahasa
2. Perkembangan sosial dan emosional
3. Perkembangan moral dan perilaku proposional
4. Aspek perkembangan diri

Dari 4 perkembangan tadi juga mempunyai plot-plot khusus setiap perkembangannya. Perkembangan kognitif dan bahasa :
1. Otak dan perkembangan kognitif
2. Perkembangan kognitif : teori dari piaget dan vygotsky
3. Perkembangan bahasa : kemampuan berbicara dan berbahasa.

Fungsi otak manusia :
1. Pemrosesan verbal
2. Pemrosesan nonverbal

Terimakasih,
Wassalamualaikum warahmatulloh...

Latifah Rahmah Avinda said...

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama :Latifah Rahmah Avinda
Nim : 2021800004
Kelas : 4 A
D vidio tersebut membahas mengenai" Aspek Aspek Perkembangan Manusia" beserta fungsi fungsi otak manusia nah sebelumnya saya akan menguraikan pembahasan yang telah di sampaikan disini

Aspek aspek perkembangam mencakup
a.perkembangan kognitif dan bahasa
Kognitif mempunyai arti perkembangan pengetahuan (misal proses belajar , berfikir , dan mengingat.)
Maksudnya perkembangan kognitif dan bahasa itu berkaitan dengan otak nah otak sendiri mempunyai fungsi ada verbal dan non verbal . Biasanya anak yang kreatif itu mendominasi otak kanan sedangkan yang berkaitan dengan ucapan dan bahasa berada pada otak kiri( tidak semua)
b. Perkembangan sosial dan emosional
c. Perkembangan moral dan perilaku prososial
d. Perkembangan diri

Jadi kognitif lebih mengarah ke otak, afektif lebih mengarah kesikap dan psikomotorik mengarah ke keterampilan.

Selain itu ada tahapan perkembangan anak menurut Piaget

1. sensorik motorik dimulai dari usia (0-1,5 thn)
2.pra oprasional dimulai dari usia ( 1,5-7 thn)
3 Tahap Operasional kongkrit dimulai dari usia( 7-11) tahun
4. Tahapa operasional formal dimulai usia (11 thn) dewasa
Vidio ini sangat mengunspirasi serta mengedukasi dari itu kita menjadi lebih paham mengenai Aspek"perkembangan manusia.

Sekian dan terkmakasih

Unknown said...

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama: Anindyajati Dharmesti
Nim.: 202180036
Kelas:4A

Dari video tersebut dapat dijelaskan bahwa perkembangan kognitif dan bahasa
Kognitif mempunyai arti perkembangan pengetahuan (misal proses belajar , berfikir , dan mengingat.)
Maksudnya perkembangan kognitif dan bahasa itu berkaitan dengan otak nah otak sendiri mempunyai fungsi ada verbal dan non verbal . Biasanya anak yang kreatif itu mendominasi otak kanan sedangkan yang berkaitan dengan ucapan dan bahasa berada pada otak kiri( tidak semua)
b. Perkembangan sosial dan emosional
c. Perkembangan moral dan perilaku prososial
d. Perkembangan diri

Jadi kognitif lebih mengarah ke otak, afektif lebih mengarah kesikap dan psikomotorik mengarah ke keterampilan.

Unknown said...

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Alfirra Riznia Gisalsani
Nim : 202180116
Kelas : 4A

Dari video diatas saya bisa menyimpulkan bahwa Aspek-aspek Perkembangan Kognitif dan Bahasa, Perkembangan Sosio- Emosional, Perkembangan Moral dan Perilaku Prososial, Aspek Perkembangan Diri. Kemudian didalam Aspek Perkembangan Kognitif dan Bahasa terdapat Otak Perkembangan Kognitif, Fungsi otak manusia ada 2 yaitu pemrosesan verbal dan nonverbal, generalisasi didalamnya terdiri dari otak kanan : kognitif , dan otak kiri logis, ada pula hasil penelitian tentang otak ada 3 yaitu
1. Pertumbuhan otak yang cepat terjadi di tahun tahun awal.
2. Pada periode kritis
3. Lingkungan kaya stimulus dapat meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan kognitif. Dalam Piaget Tahap perkembangan kognitif Piaget :
1. Tahap sensorik motorik usia 0-1.5 tahun
2. Tahap praoperasional usia 1.5-7 tahun
3. Tahap Operasional kongkrit usia 7-11 tahun
4. Tahapan operasional formal usia 11 tahun dewasa
Teori Vygotsky mengatakan bahwa kognitif berasal dari sosial, dan kognitif di prediksi dengan kata, bahasa, dan aktifitas lain.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Unknown said...

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Desy Permata Hati
NIM : 202180115
Kelas : PGSD 4A

Izin memberikan tanggapan dari video tersebut mengenai aspek-aspek perkembangan yang terdiri dari 4 aspek yaitu :
1. Perkembangan kognitif dan bahasa
2. Perkembangan Sosio-emosional
3. Perkembangan moral dan perilaku prososial
4. Aspek perkembangan diri.

Perkembangan kognitif dan bahasa terdiri dari :
1. Otak dan perkembangan kognitif
2. Perkembangan kognitif (teridiri atas piaget dan vygotsky)
3. Perkembangan bahasa (terdiri atas kemampuan berbicara dan berbahasa)

Piaget
Manusia mempunyai kebutuhan dalam dirinya untuk mengetahui bagaimana mendapatkan jawaban atas struktur dan prediksinya yang disebut equilibrium merupakan kondisi keseimbangan kognitif antara pemahaman baru dan penjelasan mereka. Adaptasi menyangkut 2 proses yaitu asimilasi (menggunkan skema yang sudah ada) dan akomodasi ( proses penunjang asimilasi, menyangkut penyesuaian diri pada lingkungan).
Tahap perkembangan kognitif piaget :
1. Tahap sensori motorik = usia 0-1,5 tahun
2. Tahap pra-operasional = usia 1,5-7 tahun
3. Tahap operasional kongkrit = usia 7-11 tahun
4. Tahap Operasional formal = usia 11 tahun dewasa


Terimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Umat Rasulullah SAW said...

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarokaatuh
Nama : Intan Rahmawati
NIM : 202180033
Kelas : 4A PGSD

Ilmu yang saya dapat dari video ini yaitu tentang perkembangan Kognitif dan Bahasa.

Yang pertama Otak dan perkembangan Kognitif
Sekarang sendiri para peneliti dan pendidik sudah mulai memberikan perhatian terhadap perkembangan kognitif.
Menurut Santrock fungsi otak manusia yaitu:
1. Pemrosesan Verbal
2. Pemrosesan Nonverbal

Penelitian tentang otak:
1. Pertumbuhan otak yang cepat pada tahun-tahun awal
2. Pada periode kritis, jika stimulus dari lingkungan baik maka perkembangan akan normal
3. Lingkungan yang kaya stimulus dapat meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan Kognitif


Kedua yaitu Perkembangan Kognitif
Perkembangan Kognitif yaitu aktivitas untuk memperoleh dan memprotes segala pengetahuan.

Teori Perkembangan Kognitif Piaget:
1. Manusia mempunyai kebutuhan dalam dirinya untuk mengetahui bagaimana mendapatkan jawaban atas struktur dan prediksinya. ( equilibrium)
2. Kemampuan mencari informasi dan menginterpretasikan informasi tersebut dari pengalaman yang diadaptasikan dalam pengetahuan. ( schemate)
3. Mengorganisasikan struktur fisik dan psikologis menjadi sistem yang kompleks (organisasi)

Tahapan perkembangan Kognitif Anak menurut Piaget:
1. Tahap sensorik motorik usia 0-1.5 tahun
2. Tahap praoperasional usia 1.5-7 tahun
3. Tahap Operasional kongkrit usia 7-11 tahun
4. Tahapa operasional formal usia 11 tahun dewasa

Teori Perkembangan Kognitif Vygotsky
Yaitu Kognitif anak dipahami apabila dianalisis dan diinterpretasikan dalam konteks perkembangan.

Yang memengaruhi perkembangan Kognitif anak:
1. Sosial budaya
2. Bantuan orang dewasa
3. ZPD

Ketiga yaitu Perkembangan Bahasa
Tahapan:
1. Satu kata
2. Dua kata
3. Lebih dari dua kata

Hal yang memengaruhi:
1. Pengaruh orang dewasa

Terima kasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Fariski Julianti said...

Nama : Fariski Julianti
NIM : 202180034
Kelas : 4A
Dari video penjelasan materi yang saya simak tadi, menjelaskan tentang aspek-aspek perkembangan yang terdiri dari :
• perkembangan kognitif dan bahasa,
• perkembangan sosioemosional,
• perkembangan moral dan perilaku prososial,
• aspek perkembangan diri.

Perkembangan kognitif dan bahasa terdiri dari
1.Otak dan perkembangan kognitif
2.Perkembangan kognitif (Piaget dan Vygotski)
3. Perkembangan bahasa terdiri dari kemampuan berbicara dan berbahasa

Tahapan perkembangan Kognitif Anak menurut Piaget:
1. Tahap sensorik motorik usia 0-1.5 tahun
2. Tahap praoperasional usia 1.5-7 tahun
3. Tahap Operasional kongkrit usia 7-11 tahun
4. Tahapa operasional formal usia 11 tahun dewasa

Kana Rosida said...

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nama : Kana Rosida
NIM : 202180014
Kelas: PGSD 4A

Izin menanggapi video yang saya simak yaitu menjelaskan tentang aspek-aspek perkembangan yang terdiri : perkembangan kognitif dan bahasa, perkembangan sosioemosional, perkembangan moral dan perilaku prososial, dan aspek perkembangan diri.

Perkembangan kognitif dan bahasa terdiri dari
1.Otak dan perkembangan kognitif
2.Perkembangan kognitif (Piaget dan Vygotski)
3. Perkembangan bahasa terdiri dari kemampuan berbicara dan berbahasa

Naili Ulya said...

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

Nama: Naili Ulya
Nim : 202180011
Kelas: 4A

Dari video yang sudah saya simak
Izin menanggapi video diatas mengenai aspek-aspek yang terdiri dari 4 aspek yaitu:
1. Perkembangan kognitif dan bahasa
2. Perkembangan sosio-emosional
3. Perkembangan moral dan Perilaku
4. Aspek perkembangan diri

teori Piaget menunjukkan bahwa kecerdasan berubah seiring dengan pertumbuhan anak. Perkembangan kognitif seorang anak bukan hanya tentang memperoleh pengetahuan, anak juga harus mengembangkan atau membangun mental.

Tahapan Perkembangan Kognitif Anak dalam Teori Piaget
Tahap Sensorimotor (Usia 18 - 24 bulan) ...
2. Tahap Praoperasional (Usia 2 - 7 Tahun) ...
3. Tahap Operasional Konkret (Usia 7 - 11 Tahun) ...
4. Tahap Operasional Formal (Usia 12 tahun ke atas)

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh

Unknown said...

assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama:Mabda Arqomah
NIM:202180021
Kelas:4A PGSD
berdasarkan video yang saya amati bahwa di video tersebut ada 4 aspek terpenting yang sangat mendukung perkembangan anak yaitu:
1.perkembangan kognitif dan bahasa
2.perkembangan sosio( emosional)
3.perkembangan moral dan perilaku
4.aspek perkembangan diri
terdapat juga para ahli yaitu menurut piaget menunjukan bahwa kecerdasan berubah dengan seiringnya waktu .
perkembangan kognitif salah satunya yang akan mempengaruhi perkembangan anak ,salah satunya anak juga harus mendapatkan pengetahuan lebih dan harus di latih fisik dan mentalnya sejak dini.
ada pula tahapan perkembangan koginif pada anak menurut Piaget:
1.tahap sensorimotor (usia 18-24 bulan)..
2.tahap praoperasional (usia 2-7 tahun)..
3.tahap opoperasional konkret (usia 7-11 tahun)..
4.tahap operasional formal (usia 12 tahun ke atas)

baik mungkin cukup yang bisa saya tanggapi mengenai video tersebut ...

waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh

Fitria Amanah Widasari said...

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Fitria Amanah Widasari
Nim : 202180009
Kelas : 4A

Terdapat empat aspek-aspek perkembangan, yaitu :
1. Perkembangan kognitif dan bahasa
2. Perkembangan sosial emosional
3. Perkembangan Moran dan perilaku prososial
4. Aspek perkembangan diri.
Dalam perkembangan kognitif dan bahasa di bagi lagi menjadi 3, yaitu :
1. Otak dan perkembangan kognitif
2. Perkembangan kognitif, dalam perkembangan kognitif terdapat teori Piaget dan Vigotsky
3. Perkembangan bahasa, dalam perkembangan bahasa juga terdapat kemampuan berbicara dan berbahasa.
Fungsi otak manusia :
1. Pemrosesan verbal
2. Pemrosesan nonverbal
Tahap perkembangan kognitif Piaget :
1. Sensori motorik usia 0-1,5 tahun
2. Pra operasional 1,5-7 tahun
3. Operasional konkrit 7-11 tahun
4. Operasional formal 11 tahun-dewasa
Teori perkembangan kognitif menurut vigotsky:
1. Kognitif anak dapat dipahami apabila di analisis dan diinterpretasikan dalam konteks pengembangan
2. Kognitif berasal dari relasi sosial dan di pengaruhi oleh layar belakang sosiokultural
3. Kognitif dimediasi dengan kata, bahasa, dan bentuk lain yang berfungsi sebagai alat untuk membantu dan mentransformasi kan aktivitas.
Hal yang perlu diingat dalam teori vigotsky:
1. Sosial budaya
2. Bantuan orang dewasa
3. ZPD

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh