Monday 3 September 2018

Pembelajaran Matematika SD

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang di sebagian orang menganggapnya susah. Maka tidak heran jika mata pelajaran matematika banyak yang tidak suka. Akan tetapi, matematika merupakan disiplin ilmu yang bersifat universal. Bidang ilmu lain banyak yang menggunakan matematika sebagai dasar ilmunya. Oleh karena itu, kita khususnya sebagai calon guru SD dimana SD merupakan pendidikan dasar yang menjadi pondasi generasi penerus bangsa sebaiknya berupaya untuk mengubah mindset anak didik kita khususnya dan masyarakat sekitar pada umumnya yang awalnya berpikiran bahwa 'matematika itu susah', 'saya tidak suka matematika' menjadi 'matematika itu mudah', 'saya suka matematika'.
Upaya-upaya apa sajakah yang akan Anda lakukan untuk mengubah mindset tersebut? 

178 comments:

Unknown said...

Assalamualaikum wr wb
Menanggapi tulisan Ibu Rintis Rizkia. Menurut pendapat saya dalam merubah mindset anak pada pelajaran matematika memerlukan usaha- usaha signifikan dari para guru. Guru perlu melakukan inovasi dalam pembelajarannya yaitu mengubah metode-teknik dan taktik mengajar matematika menjadi lebih kreatif dan menyenangkan, misalnya merangkai pelajaran matemtika dalam sebuh nyanyian atau permainan menyenangkan yang membuat anak tertarik dan senang belajar matematika. Guru juga perlu membuat media pembelajaran matematika yang berfungsi memperjelas materi sekaligus memberikan ketertarikan belajar pada anak. Selain inovasi dalam metode, teknik, dan media pembelajaran guru perlu memberikan spirit motivasi dan kedekatan pada anak jangan sungkan- sungkan memberikan sedikit humor di setiap pembelajaran agar tidak tercipta kesan galak pada guru.

Eka Ayu lestari (162180176)

Unknown said...

Assalamualaikum wr wb
Menanggapi tulisan Ibu Rintis Rizkia. Menurut saya dalam mengubah mindset para siswa tentang matematika memerlukan usaha- usaha signifikan dari guru.Guru perlu melakukan inovasi dalam pembelajaran yaitu mengubah metode, teknik dan taktik mengajar menjadi lebih kreatif dan menyenangkan sehingga para siswa tertarik dan senang terhadap matematika, misalnya merangkai materi pelajaran dalam sebuah permainan atau nyanyi- nyanyian, memberikan tugas menarik dan memberikan reward kepada anak ketika berhasil memecahkan soal matematika. Media pembelajaran juga seharusnya tak luput mendampingi guru dalam mengajar sebagai alat untuk memperjelas materi sekaligus memberikan ketertarikan belajar pada siswa. Selain itu guru juga perlu memberikan spirit motivasi dan kedekatan emosional pada siswa,perlu memberikan candaan dan humor sehingga tidak mencipta kesan galak pada guru.ketika kita membungkus pelajaran dgn menarik dan menyenangkan insyaallah siswa tidak berpikir bahwa matematika itu sulit.

Unknown said...

Assalamualaikum wr.wb
Menanggapi tulisan ibu Rintis Riskia. Menurut saya, salah satu kendala anak didik untuk tidak suka dengan pembelajaran matematika karena matematika adalah abstark dan keterbatasnya pada angka dan angka. Oleh karena itu guru perlu melakukan inovasi dalam pembelajaran yaitu dengan mengubah gaya dalam menerangkan materi dengan mengaitkan materi tersebut dalam dunia nyata selain itu guru harus membuat siswa lebih memahami materi dan juga siswa akan termotivasi (giat belajar ) secara tidak langsung.serta menggunakan strategi,media,dan metode yang relevan, misalkan cara atau rumus cepat, alat-alat peraga, dan beberapa metode-metode pembelajaran. Akan tetapi media dan metode harus sesuai dengan materi yang akan di sampaikan serta sesuai dengan kebutuhan siswa atau anak didik.

Wassalamualaikum wr. Wb

Inake R (162180033)

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
dhianasa said...
This comment has been removed by the author.
dhianasa said...

Menurut pendapat saya, upaya-upaya dalam mengubah mindset "matematika itu sulit" dapat digunakan pendekatan lingkungan yaitu pembelajaran dengan mengaitkan masalah sehari-hari sehingga siswa dapat berpikir menyelesaikan masalah dengan cara yang pernah mereka alami atau bahkan yang akan dialami karena sungguh matematika sangat bermanfaat untuk kehidupan jadi perlu adanya penyadaran akan hal ini. Selain itu, inovasi belajar matematika perlu dikembangkan seperti belajar diluar kelas atau belajar sambil bermain agar siswa tertarik mempelajari matematika, tentunya metode dan model harus disesuaikan dengan materi. Peran guru dan orang tua yang harus memberikan motivasi agar dapat meningkatkan minat anak untuk belajar matematika yang menyenangkan.

Nama Dhiana Safitri
NIM 162180114
Kelas 5D

Anonymous said...

Assalamu'alaikum wr. Wb.

Perkenalkan, nama saya Dewi Mariyah F, NIM 162080055

Setelah saya membaca artikel Anda di atas,saya mempunyai pandangan atau sudut pandang atau pendapat.
Memang sangat umum di masyarakat luas, matematika adah pelajaran yang di anggap sulit. Pola pikir semacam itu juga kelihatan sangat sulit di hilangkan, mayoritas pasti setuju dengan hal tersebut.
Untuk menghilangkan pastinya sulit, oleh karena itu, guru perlu melakukan sesuatu hal yang minimal mengurangi pikiran semacam itu. Guru bisa melakukan di sekolah tempat mengajar dengan cara memberlakukan pelajaran matematika yang menyenangkan, mudah dipahami dan tidak ribet. Misalnya melakukan gerakan membaca dan berhitung matematika sehari 30 menit. Diharapkan dengan gerakan tersebut, anak anak akan terbiasa dengan matematika yang simple dan menyenangkan. Kalau sudah terbiasa, maka akan senang dan gemar matematika.
Hal tersebut, bisa di usulkan di gunakan di semua sekolah lewat KKG, atau di sosialisasikan kepada guru guru satu Gugus, naik lagi satu kecamatan, dan seterusnya.

Guru seharusnya bukan hanya menekankan nilai akademis saja, namun harus juga menghargai usaha siswa untuk belajar dan memahami matematika. Guru sudah seharusnya juga memberikan motivasi agar siswa mau belajar lebih giat. Guru bisa memberikan kejutan kecil agar siswa tidak bosan dalam pembelajaran sehingga pembelajaran lebih menyenangkan. Saat anak bosan, mengantuk atau hal yang lain,guru bisa mengajak siswa melakukan senan sederhana agar siswa menjadi rileks.
Menggunakan sarana dan prasarana sekolah atau penggunaan media pembelajaran yang ada atau kalau belum ada media pembelajaran, guru bisa membuat media pembelajaran agar matematika bisa menarik dan tidak membosankan.
Guru juga bisa membuat permainan dengan membuat kelompok kelompok kecil dalam memecahkan soal matematika agar tidak membosankan siswa. Selanjutnya guru dapat menggunakan strategi, metode pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum dan bab yang ada. Atau guru bisa berbagi pengalaman sebagai cerita yang meng inspirasi untuk peserta didik yang ada.

Demikian pendapat atau pemikiran saya, banyak salah kata saya mohon maaf sebesar besarnya.

Terima kasih

Wassalamu'alaikum wr. Wb.

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Unknown said...

Assalamu'alaikum wr. wb
Saya Feranika nim 162180124 dari kelas 5D ingin mengungkapkan pendapat saya mengenai mindset peserta didik dan masyarakat sekitar pada umumnya yang awalnya berpikiran bahwa 'matematika itu susah', 'saya tidak suka matematika' menjadi 'matematika itu mudah', 'saya suka matematika'. Kita harus mengubah maindset seperti ini, karena pada dasarnya apabila kita tekun dan teliti dalam mengerjakan sesuatu maka pelajaran sesulit apapun dapat terselesaikan dengan baik ditambah dengan motivasi baik dari dalam maupun luar dari dirinya. Di dalam mengajarkan matematika, sebaiknya guru jangan menggunakan metode ceramah yang akan membuat siswa menjadi jenuh dan tidak bersemangat, gunakanlah metode belajar yang bervariasi yang akan membuat siswa berpartisifasi aktif dalam pembelajaran. Selain itu suasana belajar harus fun atau menyenangkan sehingga siswa tidak terbebani dengan soal – soal matematika yang dianggap sulit tersebut. Selain itu supaya pembelajaran matematika tertuju pada sasaran yang diinginkan maka ketika seorang guru membuat perencanaan untuk pelajaran matematika, perlu mewujudkannya dengan kreatif, membentuk pelajaran matematika interaktif yang melibatkan para siswa dalam proses pembelajaran. Jika memungkinkan, rencanakan aktifitas yang akan menjadikan siswa-siswa berdiri dan bergerak di dalam atau di sekitar kelas. Tentunya hal ini dapat merangsang keaktifan siswa di kelas sehingga belajar matematika itu menjadi menyenangkan.

Sekian yang dapat saya sampaikan, apabila terdapat kesalahan saya mohon maaf. Terimakasih.
Wassalamu'alaikum wr. wb.

Anonymous said...

Assalamu'alaikum wr wb
Khikmah Kurnia
162180128
Kelas 5D
Menurut saya upaya yang harus dilakukan agar anak SD tidak menganggap matematika itu susah yang pertama adalah mengubah dahulu pemikiran siswa bahwa matematika itu sulit. Yang kedua adalah anak sd cenderung suka dengan hal hal yang menarik sehingga guru perlu menggunakan metode pembelajaran yang manarik bagi siswa misalkan dengan cara outbond. Hal lain yang perlu dilakukan guru yaitu dengan menggunakan media pembelajaran sehingga siswa akan mudah memahami apa yang disampaikan oleh gurunya.
Terima kasih.

Ersa Novita Sari said...

Assalamualaikum Wr Wb

Saya Ersa Novita Sari (162180066)
Kelas 5B
Saya akan menjawab pertanyaan dari pendapat Ibu Rintis.

Menurut pendapat saya secara umum memang matematika itu sebenarnya sulit. Tetapi dengan menggunakan metode pembelajaran yang tepat dan cara mengajarkan matematika dengan benar dapat menjadikan peserta didik memahami dan menyukai materi khususnya matematika. Akan tetapi setelah mempelajari matematika secara mendalam sebenarnya matematika itu tidak terlalu sulit. Siswa seharusnya terus mencoba dan berlatih dengan giat, sehigga dapat mengerti dan memahami pelajaran matematika dengan mudah. Guru memberi pemahaman kepada orangtua siswa, tentang pelajaran matematika agar orang tua dapat membantu perserta didik belajar dirumah, dengan begitu perserta didik dapat menyukai pelajaran matematika.

Sebelum memulai pembelajaran sebaiknya guru mengajak siswa untuk bernyanyi agar siswa dapat termotivasi untuk belajar. Guru tidak mungkin langsung memaksakan peserta didik agar menyukai pelajaran matematika, jadi guru sekreatif mungkin dapat merubah suasana kelas yang menyenangkan dengan bernyanyi yang mengubah lirik lagu anak yang diganti dengan teori matematika, sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Guru juga seharusnya lebih kreatif dan inovatif dengan menggunakan media pembelajaran yang tepat, agar siswa menyukai pembelajaran matematika. Karena, matematika itu sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari.

Terima kasih
Wassalamualaikum Wr Wb

Unknown said...

Assalamualaikum Wr Wb

Ditya Ayu Lathifah_172180069_
Kelas 5B
Saya akan menjawab tulisan dari Ibu Rintis Rizkia
Menurut pendapat saya pembelajaran matematika Di SD secara umum sebenarnya sulit.Tetapi  dengan menggunakan metode pembelajaran matematika yang tepat siswa dapat lebih cepat memahami materinya dan dapat berlatih terus dari pembelajaran matematika yang didapatkannya itu. Akan tetapi, setelah mempelajari matematika secara mendalam sebenarnya matematika itu tidak terlalu sulit dan siswa menjadi lebih tertarik pada pelajaran matematika. Untuk membantu siswa di luar kelas, diharapkan guru memberikan pemahaman kepada orang tua siswa. Agar orang tua ikut serta memberi motivasi belajar anak dirumah.
Dan untuk guru diharapkan menggunakan alat peraga yang tepat agar dapat membantu siswa berfikir secara konkrit.
Sebelum dimulainya pembelajaran sebaiknya guru mengajak siswa untuk memberi apersepsi agar siswa dapat termotivasi untuk belajar. Selain dengan alat peraga guru dapat menggunakan lirik lagu yang berhubungan dengan materi Dan teori-teori pembelajaran matematika.

Wassalamualaikum Wr Wb

Ingke Pratiwi Kristianingsih said...

JAssalamualaikum wr.wb

Nama : Ingke Pratiwi K
Nim : 162180044
Kelas : PGSD 5B

Menurut pendapat saya, matematika merupakan bagian yang penting dari kehidupan manusia. Disadari maupun tidak sebenarnya seseorang tidak lepas dengan matematika. Meski banyak yang memahami tentang penting dan manfaat matematika, kenyataannya matematika masih dianggap pelajaran yang sangat sulit dan mengerikan. Matematika bukan lah sesuatu yang mudah tetapi dengan cara menyampaikan kepada peserta didik secara baik dan benar misalnya dengan cara-cara mengenalkan belajar yang menarik, pastinya akan mendorong anak menyukai dan tidak takut dengan kecantikan matematika. Interaksi dan aktifitasnya bekerja menggunakan matematika harus menantang, menarik, dan menjadi kebutuhannya, bukan karena dipaksa ataupun terpaksa.

Dengan demikian, perlu cara-cara dan strategi yang benar sesuai dengan karakteristik anak maupun pelajaran matematika itu sendiri. Jangan sampai belajar anak pada siswa sekolah dasar hanya meniru cara belajar matematika orang dewasa atau seperti kebutuhan anak yang memiliki tingkat kematangan berpikir yang tinggi. Mengajarkan peserta didik melalui pendekatan yang tepat untuk pelajaran matematika supaya menjadikan mempunyai karakter didik yang kritis dan berfikir logis.

Terimakasih

Wassamualaikum wr.wb

Anonymous said...

Nama : Nur Oknisih
NIM : 162180026
Kelas: 5A

Menurut saya dalam mengubah pola pembelajaran mindset para siswa tentang matematika memerlukan usaha yang signifikan dari guru.Guru perlu melakukan inovasi dalam pembelajaran yaitu mengubah metode, teknik dan taktik mengajar menjadi lebih kreatif dan menyenangkan sehingga para siswa tertarik dan senang terhadap matematika, misalnya merangkai materi pelajaran dalam sebuah nyanyi- nyanyian yang mengandung nilai matematika, memberikan tugas menarik dan memberikan reward kepada anak ketika berhasil menyelesaikan soal matematika. Media pembelajaran juga seharusnya selalu ada untuk mendampingi guru dalam mengajar sebagai alat untuk memperjelas materi sekaligus memberikan ketertarikan belajar pada siswa. Selain itu guru juga perlu memberikan spirit motivasi dan kedekatan emosional pada siswa,perlu memberikan candaan dan humor sehingga tidak mencipta kesan galak pada guru.ketika kita mengkemaa pelajaran matematika yang amat sangat ditakuti dan tidak disenangi oleh siswa SD dengan menarik dan menyenangkan insyaallah siswa tidak berpikir bahwa matematika itu sulit dan menyeramkan.
Terima kasih.

Anonymous said...

Assalamualaikum wr.wb
Saya, Yuli Wahyuningsih/162180002/PGSD 5A

Menurut saya, sebagian anak atau orang yang berfikir bahwa matematika itu susah atau matematika itu merupakan suatu mata pelajaran yang menjadi momok, hal tersebut dapat dikarenakan pada awalnya sudah ada sesorang yang menceritakan atau mengemukakan bahwa matematika susah. Hal itulah yg menjadikan anak berfikir negative dan salah dalam menanamkan mindset mereka tentang matematika. Menurut saya, upaya untuk mengubah mindset anak terhadap "matematika itu sulit" yaitu dengan memberikan pembelajaran pada anak di usia awal awal sekolah dengan lebih memodifikasinya menjadi sesuatu mata pelajaran yang menyenangkan. Anak jangan di buat tertekan dengan pelajaran tersebut. Banyak diberikan motivasi dan dorongan, misal dengan setiap kali pembelajaran atau pertama kali pembelajaran tanamkan kedalam pikiran anak-anak bahwa "matematika itu mudah", "matematika itu menyenangkan", "matematika itu menantang", "aku senang belajar matematika", sehingga anak akan lebih tertarik dan semangat dalam belajar matematika. Hal tersebut tentunya dilanjutkan dengan selalu memberikan warna baru dalam memberikan materi kepada anak agar tidak monoton. Nah, sekian tanggapan saya tentang upaya-upaya yg akan saya lakukan untuk mengubah mindset anak terhadap mata pelajaran matematika. Terimakasihh.

Waalaikumsalam wr.wb

Anonymous said...

Assalamu'alaikum wr wb
Dwi astuti
162180013
pgsd A
menurut pendapat saya, bagaimana seorang guru merubah mindset anak tentang pembelajaran matematika yang dianggap sulit, guru dalam memberikan pembelajaran matenatika didalam kelas harus memiliki inovasi inovasi baru contoh dengan menggunakan alat peraga yang mendukung sehingga kegiatan pembelajaran tidak monoton dan tidak membuat siswa menjadi jenuh karena ketika siswa merasa jenuh semua materi yang disampaikan serasa sulit maka dari itu guru garus melakukan perubahan agar pembelajaran dikelas menjadi menarik dan siswa mudah dalam pemahan materi yang diajarkan.
Terima kasih
wassalamu'alaikum wr wb

Anonymous said...

Assalmu'alaikum wr wb.

Nama : Ainun Mardhiyyah
Nim : 162180003
Kelas: 5A

Menurut pendapat saya, matematika merupakan pelajaran yang penting dan bagian hidup yang penting dalam kehidupan. Bahkan dalam kehidupan sehari hari menggunakan pembelajaran matematika tanpa di sadari maupun disadari. Contohnya ketika proses terjadinya jual beli di pasar, ketika pulang sekolah kita dapat menghitung jarak dan waktu tempuh dari sekolah ke rumah.

Namun dalam pembelajaran anak di SD, terkadang mindset atau pemikiran anak masih tidak suka dengan matematika karena dianggap pelajaran yang susah. Nah, disini guru harus melakukan upaya atau usaha agar anak menyukai matematika. Hal yang pertama harus dilakukan adalah memberi motivasi atau semangat kepada anak agar menyukai matematika. Dalam penyampaian materi guru harus menggunakan media atau metode yang lain dari bisanya, misalnya menggunakan rumus cepat dan tepat agar anak lebih mudah dalam penerimaan pembelajaran. Usahakan setiap selesai memberikan pembelajaran, guru harus memastikan siswa paham dengan materi yang disampaikan dan mengevaluasi hasil pembelajaran. Dan guru harus memacu dengan keaktifan anak dengan tanya jawab sebagai evaluasi.

Sekian. Terima Kasih.
Wassalamualaikum wr wb

Akhmad Akbar Harmila said...

Nama : Akhmad Akbar Harmila
NIM : 162180004
Kelas : 5A

Menurut pendapat saya pembelajaran matematika merupakan salah satu pelajaran yang dianggap sulit oleh kalagan siswa SD. Mengubah mindset merupakan hal yang sangat sulit oleh karena itu perlu ditanamkan sejak dini. Ini merupakan salah satu tugas dan tantangan buat calon guru atau guru untuk membuat pembelajaran matematika menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Hal sederhana yang dapat kita lakukan yaitu dengan menggunakan media pembelajaran supaya dapat memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran sehingga mengurangi kemungkinan kesalahan dalam menyampaikan materi pembelajaran. Selain itu guru mampu mengkombinasikan materi pembelajaran dengan permainan dan lagu-lagu dikarenakan siswa lebih mudah memahami. Sehingga diharapkan mampu mengatasi kesulitan-kesulitan siswa dalam mempelajari matematika dan secara perlahan mindset sulit dalam pembelajaran matematika akan berkurang dan hilang.

Anonymous said...

Assalamualaikum wr wb

Nama : Ika Rachmawati
NIM : 162180025
Kelas : 5A

Assalamualaikum wr wb..
Menanggapi tulisan bu Rintis mengenai upaya yang dapat dilakukan untuk mengubah mindset siswa bahwa matematika susah..
Menurut saya seorang guru harus dapat menciptakan suasana kelas yang menyenangkan bagi siswa sebelum memulai pembelajaran matematika.. guru juga dapat menggunakan model model pembelajaran yang menyenangkan seperti model pembelajaran TGT (Team Games Turnament), snowball trowing, dsb. Selain itu guru juga dapat menyelipkan icebreaking dalam pembelajaran matematika supaya siswa tidak jenuh atau takut dalam menghadapi pembelajaran matematika..

Demikian pendapat saya mengenai upaya untuk mengubah mindset siswa tentang matematika susah..
Wassalamualaikum wr wb

Anonymous said...

Assalamualaikum wr.wb
Nama : Dhea Ayu Widyaningrum
NIM : 162180011
KELAS: 5A (PGSD)
Menurut saya dalam pembelajaran matematika menjadi wadah pokok dalam kehidupan sehari-hari, jika dilihat di kehidupan semua perlu adanya perhitungan. Matematika sebenarnya cukup sulit jika seseorang tidak paham betul tentang rumus matematika. Sehingga banyak orang yang tidak suka dengan matematika. Jika dipikir secara logis rumus matematika sangat rumit, apalagi jaman sekarang rumus matematika sangat banyak macamnya, sehingga ketika seseorang ingin menyelesaikan suatu soal mereka bingung harus menggunakan cara yang mana? Guru harus benar-benar menerapkan matematika dengan cara melakukan pembelajaran yang menarik, kreatif dan inovatif agar anak dapat lebih gampang dalam memahami matematika lebih dalam. Dalam setiap pelajaran matematika sebaiknya gurunya memberikan point kepada siswa yang berani menjawab, merespon, diskusi dalam proses pembelajaran matematika. Anak harus di suruh mempraktikan mengerjakan suatu soal agar dalam pelaksanaan matematika anak lebih paham dan lebih mengasah pemikiran anak, dan pada setiap pembelajaran matematika harus di selipkan sebuah games matematika agar anak tidak merasa bosan. Setiap akhir pembelajaran matematika guru harus sering memberikan masukan agar anak lebih mendapatkan motivasi dan evaluasi pembelajaran matematika untuk kedepannya.
Selamat membaca, semoga bermanfaat..terima kasih..��
Wassalamualaikum wr.wb

Unknown said...

Assalamualaikum wr.wb
Nama : Ratnawati
Nim : 162180031
Kelas : Pgsd 5A

Menurut saya, pembelajaran matematika harus melakukan pembelajaran dengan menggunakan metode-metode yang menyenangkan dan juga bervariasi. Sehingga anak-anak akan merasa senang dan tidak beranggapan bahwa matematika itu sulit. Anak diajak untuk menemukan sendiri pemecahan masalah yang berkaitan dengan matematika. Misalnya, dengan menggunakan media yang konkret. Dengan menggunakan media konkret anak-anak dapat lebih memahami pembelajaran tersebut. Guru juga harus lebih inovatif dan lebih banyak memberikan motivasi kepada siswa agar siswa tersebut memiliki rada minat dan suka terhadap matematika. "Matematika itu menyenangkan".

Wassalamualaikum wr.wb

Yuli Indah Sari said...

Assalamualaikum wr.wb



Nama : Yuli Indah Sari

Nim    : 162180018

Kelas : PGSD 5-A



Saya akan menanggapi pendapat dari bu rintis. Menurut saya, pada umumnya memang benar matematika itu sulit, namun seiring dengan berjalannya waktu  semua bisa saja menjadi mudah dan lebih menyenangkan. Guru dalam menerapkan pembelajaran matematika bisa dengan berbagai model2 pembelajaran yang efisien dan menyenangkan, dapat juga materi pembelajaran matematika dikemas dengan berbagai permainan yang menarik dan juga menyenangkan. Diharapkan kita sebagai calon guru dapat belajar dan dapat juga mengikuti perkembangan zaman, agar disaat kita mengajarkan matematika di Sekolah Dasar dapat tersampaikan dengan jelas dan peserta didik tidak akan takut lagi dengan pelajaran matematika.
Dengan adanya materi pelajaran yang dikemas dengan berbagai permainan, anak akan lebih senang dan terampil dalam belajar matematika. Guru juga sebaiknya harus bisa lebih berpikir kreatif dan kritis dalam menyikapi perihal tentang pembelajaran matematika agar bisa menarik perhatian peserta didik.



Terimakasih, Wassalamualaikum wr.wb

Anonymous said...

Basirul Annas
162180009
PGSD
5A

Menurut saya agar matematika tidak di anggap momok yang menakutkan dalam mata pelajaran anak SD adalah dengan menanamkan dari awal siswa mengenal Matematika itu sendiri, jadi selain metode dan alat peraga yang menarik, juga kreatifitas penyampaian dari pendidik juga sangat berpengaruh besar pada mainset siswa dalam menangkap materi yang disampaikan, jika siswa nyaman dan rileks atau tidak merasa tertekan dalam proses pembelajaran, maka siswa akan lebih cepet menerima materi yang disampaikan dan lebih menguasai materi, dan proses pembelajaran lebih cepat dan mudah.

Terimakasih......

Anonymous said...

Nama :Rizaldi Nurmawan
Nim :162180028
Kelas:5A

Assalamualaikum Wr. Wb
menurut saya pribadi, yang pertama yakin kan dulu bahawa pelajaran matematika itu mudah pada siswa Sd dan masyarakat. yang kedua buatlah model pembelajaran matematika yg dikira sulit untuk siswa Sd dibuat menjadi mudah dan menyenangkan dalam penyelesaiannya. yang ketiga latihlah siswa untuk mengerti proses pengerjaan soal yang menggunakan lebih dari 1 langkah supaya nantinya siswa lebih paham kedepannya dalam menghadapi soal yang pengerjaannya lebih dari 1 langkah. terimakasih.
Wassalamualaikum Wr. Wb

Anonymous said...

Assalamualaikum Wr wb
Saya wuri amalia nim 162180037 kelas pgsd 5A
Menanggapi permasalahan yg sering terjadi di proses belajar anak mengenai matematika tentang mindset mereka bahwa matematika itu sulit maka perlu ditanamkan oleh guru sejak kelas rendah. Mindset anak dapat berubah dengan pembawaan guru yg menyampaikan materi matematika dengan metode bermain. Dengan metode bermain anak akan merasa senang ketika materi per materi disampaikan guru dapat dengan mudah di tangkap oleh ingatan anak. Karena anak akan lebih ceria jika proses belajar di kaitkan dengan bermain atau belajar esukasi. Dengan demikian anak akan lupa atau akan hilang mindset bahwa matematika itu sulit matematika itu ribet.
Demikiam terimakasih
Wassalamualaikum wr wb

Anonymous said...

Assalamaualaikum wr.wb
Saya Widiana Lestari (162180030) dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar kelas 5A. Saya akan menanggapi Artikel Ibu Rintis, Menurut saya mindset anak didik yang beranggapan bahwa "matematika itu susah", "saya tidak suka matematika", "menjadi "matematika itu mudah", "saya suka matematika". Hal ini memerlukan pola pemikiran dan usaha yang signifikan dari seorang guru. Peran guru di sini sangat penting dalam mengubah mindset peserta didik yang tidak suka dengan matematika. Guru sebaiknya mengetahui pola belajar peserta didik dan membuat suatu permainan dan media dalam pembelajarannya. Bermain dan belajar menurut saya merupakan media yang bagus dalam pembelajaran, siswa dapat belajar dan bermain namun dalam aturan pembelajaran yang pas. Hal ini sangat mendukung prestasi belajar anak dan siswa akan beranggapan bahwa matematika itu ternyata tidak menegangkan, melainkan menyenangkan.
Terimakasih
Wassalamualaikum wr.wb

Anonymous said...

Nama : Peni Febriyani
Nim : 162180012
Kelas : Pgsd A

Assalamualaikum wr.wb
Menurut pendapat saya mengenai mindhet atau pola pikir harus selalu diperhatikan karena matematika itu cenderung susah, bahkan ada yang tidak suka sama sekali dengan matematika.Guru dalam memberikan pembelajaran harus bersifat menyenangkan jangan membuat anak merasa bosan. Guru disini harus sebagai motovasi dan penyemangat pada setiap pembelajaran agar anak mudah menangkap materi yang diberikan.Guru perlu menggunakan metode dan tehnik yang menarik perhatian anak. Media yang digunakan dalam menyampaikan pembelajaran harus banyak kreatifitas yang membuat anak lebih aktif dalam mengerjakan setiap tugas yang diberikan oleh guru.
Matematika itu sebenarnya tidak sulit akan tetapi perlu belajar secara berulang ulang pada materi yang susah dipelari dan banyak banyaklah mencoba mengerjakan soal matematika.

Terimakasih
Wassalamualaikum wr.wb

Anonymous said...

Assalamualaikum wr.wb , saya Serly Ruki Putrimantari 162180024 (5A)

Menurut pendapat saya pembelajaran matematika adalah proses interaksi antara guru dan siswa yang melibatkan pola berpikir dan mengolah logika pada suatu lingkungan belajar yang sengaja diciptakan oleh guru dengan berbagai metode agar program belajar matematika tumbuh dan berkembang secara optimal dan siswa dapat melakukan kegiatan belajar secara efektif dan efisien. Selain guru dan siswa, bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran tersebut juga menentukan keberhasilan pembelajaran matematika. Pembelajaran matematika di SD merupakan salah satu kajian yang selalu menarik untuk dikemukakan karena adanya perbedaan karakteristik khususnya antara anak dengan matematika. Demi tercapainya tahap keterampilan dalam diri siswa dalam menggunakan konsep matematika pada kehidupan sehari-hari, maka pembelajaran matematika di sekolah dasar harus melalui langkah-langkah yang sesuai dengan kemampuan dan lingkungan siswa. Agar siswa bisa lebih mudah memahami matematika dengan menggunakan metode permainan yang lebih menyenangkan.
Terimakasih...
Wassalamu'alaikum wr.wb

Farkhiyati said...
This comment has been removed by the author.
Farkhiyati said...
This comment has been removed by the author.
Farkhiyati said...
This comment has been removed by the author.
Anonymous said...

Assalamu'alaikum wr wb.
Saya farkhiyati (162180038) kelas 5B.
Menanggapi tulisan ibu, menurut saya ada beberpa langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk mengunbah mindset anak dalam menghadapi matematika. Misalnya dengan pembiasaan berhitung bagi anak didik baik dalam kelas maupun luar kelas, bisa dengan memberikan permainan sederhana yang menarik anak didik, selain itu juga permasalahan berhitung dalam kehidupan sehari hari yang bisa kita berikan ke anak didik. Selain itu juga bisa memberikan hal hal inovasi baru dalam memberikan metode pembelajaran yang membuat anak didik nyaman. Karena sudah terbiasa berhitung anak bisa terlatih untuk menyukai matematika secara bertahap dan tidak akan kesulitan saat pelajaran matematika dalam kelas.
Sekian dan terima kasih.
Wassalamu'alaikum wr wb.

Adapajapokoknya said...
This comment has been removed by the author.
Anonymous said...

Assalamualikum wr.wb
Esty Utami
5A
162180001

Menanggapi tentang pembelajaran Matematika yang dihadapi dari dulu sampai sekarang menggap bahwa matematika pelajaran yang susah atau sulit bagi siswa dibandingkan pembelajaran yang lainnya. Namun matematika sangat penting untuk dipelajari karena ilmu matematika dapat memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari misalnya saja menyisihkan uang jajan sehari-hari untuk di tabung selama 1bulan atau masih banyak hal yang lainnya.
Upaya yang dilakukan untuk mengubah mjndset agar matematika tidak terlihat susah dan membosankan karena lebih cenderung ke angka. Maka kita sebagai calon guru SD yang tentunya perannya sangat penting sekali untuk ke jenjang selanjutnya. Oleh karena itu calon guru SD harus kreatif dan dapat beri motivasi bahwa pembelajaran Matematika itu tidak sulit tidak susah melainkan menyenangkan. Misalnya saja sebelum pembelajaran atau sebelum masuk materi dilakukan ice breaking supaya anak-anak bisa bergembira. Jika mulai masuk materi bisa menggunakan alat peraga agar siswa bisa berfikir lebih nyata dengan apa yang dilihat kemudian diselingi nyanyian dengan kreatif guru nyanyiannya sesuai dengan materinya. Agar tidak mudah lupa, karena matematika salah satu ilmu abstrak kalau tidak di buat nyanyian biasanya mereka susah untuk mengingat. Dan juga bisa menggunakan model-model pembelajaran yang lainnya seperti dibagi kelompok dengan permainan kartu warna yang didalamnya ada angkanya. Sehingga mereka bisa senang bisa bermain sambil berfikir.
Terima kasih
Wassalamualaikum wr.wb

Anonymous said...

Asalamualaikum wr.wb Ayu Puji Lestari 162180005 5 A menanggapi permasalahan yang sedang terjadi proses belajar anak khususnya pembelajaran matematika seharus nya kita sebagai calon guru harus kreatif dan membangkitkan semangat anak untuk belajar khususnya di sd kelas rendah masih suka bermain maka guru bisa mengajarkan permainan atau yang sedang anak sukai kita ajarkan bagaimana cara memahami nya jadi anak itu tertarik untuk belajar matematika, khusus anak sd kelas tinggi biasanya di kelas tinggi itu mudah bosan dan tidak suka dalam permainan terus menerus guru juga bisa membuat alat peraga yang membuat siswa itu paham dan sebagai guru jangan bosan dan tidak sabar dan membiarkan anak yang tidak faham matematika karena matematika sendiri sudah sering diterapkan dan akan terus menerus bertemu dengan ilmu hitung dalam kehidupan sehari- hari siswa.
Terimakasih.
Wassalamualaikum wr wb

Anonymous said...

assalamuallaikum

menerutut saya pembelajaran matematika itu terlihat sulit dan kadang juga membingungkan tapi kadang bisa menjadi menyenangkan. sebagian banyak orang menganggap matematika adalah pembelajaran yang paling sulit tapi adapula yang menganggap menyenangkan. terkait hal itu saya rasa mudah sulitnya matematika tergantung dari guru menyampaikan materi. terkadang guru menyampaikan materi matematika tidak sesederhana mungkin sehingga siswa beranggapan bahwa matematika itu sulit. tapi ada pula guru menyampaikan matematika dengan cara yang berbeda seperti dengan membuat game atau menggunakan alat untuk mempermudah pembelajaran dan menjadi menyenangkan. sebenarnya siswa akan menyukai pembelajaran apabila mereka suka dengan gurunya, maksudnya bila gurunya bisa membuat hati siswanya nyaman di kelas saya rasa apapun yang ia sampaikan akan diterima baik oleh siswa begitu sebaliknya. menurut saya agar siswa tidak takut dengan matematika yaitu dengan membuat mereka mau mengikuti pembelajaran dengan nyaman di kelas, rasa nyaman itu bisa dilakukan dengan memberi motivasi, bernyanyi, ataupu bermain game sesuai dengan materi yang terkait.

IRFAN RIVAI (162180022) Kelas 5A

Anonymous said...

Assalamualaikum wr.wb
Nama : Nur Azizah Isnaini
NIM. : 162180063
Kelas : 5B

Menurut saya upaya yang dilakukan untuk mengubah mindset tersebut antara lain memberikan pemikiran bahwa matematika itu mudah, hilangkan pemikiran negatif terhadap matematika dan mulailah berfikiran positif bahwa matematika itu menyenangkan matematika itu mudah. Selain itu pembelajaran disertai dengan medis, metode, model bahkan permainan yang membuat peserta didik lebih paham dan mengerti materi yang disampaikam dengan baik. Serta mengembangkan kepercayaan diri murid.
Terimakasih
Wassalamualaikum wr wb

Unknown said...

Nama : Anna shinta raharja
Kelas : 5A
Nim : 162180014

Menanggapi tentang pembelajaran Matematika yang dihadapi dari dulu sampai sekarang menggap bahwa matematika pelajaran yang susah atau sulit bagi siswa dibandingkan pembelajaran yang lainnya. Namun matematika sangat penting untuk dipelajari karena ilmu matematika dapat memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari misalnya saja menyisihkan uang jajan sehari-hari untuk di tabung selama 1bulan atau masih banyak hal yang lainnya.
Upaya yang dilakukan untuk mengubah mjndset agar matematika tidak terlihat susah dan membosankan karena lebih cenderung ke angka. Maka kita sebagai calon guru SD yang tentunya perannya sangat penting sekali untuk ke jenjang selanjutnya. Oleh karena itu calon guru SD harus kreatif dan dapat beri motivasi bahwa pembelajaran Matematika itu tidak sulit tidak susah melainkan menyenangkan. Misalnya saja sebelum pembelajaran atau sebelum masuk materi dilakukan ice breaking supaya anak-anak bisa bergembira. Jika mulai masuk materi bisa menggunakan alat peraga agar siswa bisa berfikir lebih nyata dengan apa yang dilihat kemudian diselingi nyanyian dengan kreatif guru nyanyiannya sesuai dengan materinya. Agar tidak mudah lupa, karena matematika salah satu ilmu abstrak kalau tidak di buat nyanyian.
Trimakasih
Wassalamualaikum wr wb

Anonymous said...

Nama: Asih Imroatus Solikhah
Nim: 162180072
Kelas: 5B

Assalamu'alaikum wr.wb
Menanggapi hal tersebut, menurut saya untuk mengubah mindset peserta didik bahwa "matematika itu sulit" sebagai calon guru SD kita dapat melakukan hal-hal sebagai berikut:
1. Berusaha menyampaikan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan pada saat guru pertama kali mengenalkan matematika kepada peserta didik, hal ini bertujuan agar peserta didik lebih tertarik dan rasa ingin tahunya tinggi terhadap matematika itu sendiri.
2. Menggunakan model, metode, dan media yang tepat pada tiap-tiap materi agar materi lebih mudah tersampaikan dan mudah dipahami peserta didik.
3. Menghubungkan setiap materi dengan keadaan konkret di sekitar peserta didik, sehingga pengetahuannya lebih bersifat pemahaman bukan sekedar hafalan, hal ini akan membuat pengetahuan peserta didik lebih bersifat jangka panjang atau peserta didik tidak mudah lupa akan materi yang telah dipelajarinya.
4. Berusaha menciptakan pembelajaran yang mengesankan baik berupa penyampaian materi dengan permainan maupun nyanyian atau lagu.
5. Memberikan peserta didik motivasi di sela-sela pembelajaran, agar mereka terpacu semangatnya dalam mempelajari matematika.
6. Berusaha membuka pemahaman siswa bahwa matematika adalah hal yang tak terpisahkan dalam kehidupan, hal ini dapat dilakukan dengan cara memvariasikan soal matematika dengan hal-hal atau kegiatan yang sering dilakukan oleh peserta didik.
Demikian pendapat saya, kurang lebihnya mohon maaf.

Terimakasih
Wassalamu' alaikum wr.wb

Anonymous said...

Nama : Ayu Revananda KN
NIM : 162180042
Menggunakan media,suasana pembelajarannya dibikin nyanyian supaya anak suka dengan pelajaran matematika sehingga pembelajaran matematika lebih menarik

Ma'mun said...

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Nama : Ma’mun Alvi Syaifulloh
Nim : 162180053
Kelas : 5B

Menurut saya, matematika merupakan salah satu ilmu yang banyak di manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Baik secara umum maupun secara khusus. Secara umum matematika di gunakan dalam transaksi perdagangan, pertukaran,dll. Hampir di setiap aspek kehidupan ilmu matematika yang di terapkan. Namun hampir seluruh pelajar Indonesia menganggap bahwa matematika adalah pelajaran yang sangat sulit, membosankan dan sangat membuat kepala pusing di buatnya di bandingkan pelajaran yang lainnya.
Hal ini bisa terjadi karena kesalahan pemahaman mengenai matematika sehingga merubah pola pikir atau mindset seseorang mengenai matematika, ketika seorang anak masih dalam tahap pendidikan dasar mereka telah memiliki pemikiran bahwa matematiak itu sulit, membosankan dan sangat memusingkan kepala, ini bisa terjadi kurangnya pemahaman siswa ketika di sampaika sebuah materi pembelajaran dan ketidak pedulian guru mengenai apakah siswa yang di ajarnya memehami materi yang telah di sampaikannya, bersikap cuek dan tak mau tau apa kesusahan yang di alami siswa.
Menurut saya, upaya untuk mengubah mindset anak terhadap “matematika sulit” yaitu dengan cara memberika pembelajaran di usia awal sekolah dengan lebih bervariasi dengan cara memodifikasi sehingga menjadikan matematika suatu mata pelajaran yang menyenangkan. Santai namun tetap dalam target ketika menerangkan materi, jangan terlalu cepat karena bisa membuat anak didik kurang faham. Jangan menuntut anak didik untuk menghafal rumus paduakan matematika dengan dunia nyata. Bisa menggunakan strategi, media, dan metode pembelajaran yang lebih relevan. Berikan kepada anak dorongan atau motivasi misal dengan menanamkan mindset bahwa “belajar matematika itu mudah”, “matematika itu menyenangkan”, “aku suka matematika” dengan hal seperti itu anak akan lebih tertarik lagi dan semangat dalam belajar matematika.
Sekian tanggapan dari saya tentang upaya-upaya tentang bagaimana merubah mindset anak terhadap mata pelajaran matematika.
Terimakasih.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Anonymous said...

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Nama : Ma’mun Alvi Syaifulloh
Nim : 162180053
Kelas : 5B

Menurut saya, matematika merupakan salah satu ilmu yang banyak di manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Baik secara umum maupun secara khusus. Secara umum matematika di gunakan dalam transaksi perdagangan, pertukaran,dll. Hampir di setiap aspek kehidupan ilmu matematika yang di terapkan. Namun hampir seluruh pelajar Indonesia menganggap bahwa matematika adalah pelajaran yang sangat sulit, membosankan dan sangat membuat kepala pusing di buatnya di bandingkan pelajaran yang lainnya.
Hal ini bisa terjadi karena kesalahan pemahaman mengenai matematika sehingga merubah pola pikir atau mindset seseorang mengenai matematika, ketika seorang anak masih dalam tahap pendidikan dasar mereka telah memiliki pemikiran bahwa matematiak itu sulit, membosankan dan sangat memusingkan kepala, ini bisa terjadi kurangnya pemahaman siswa ketika di sampaika sebuah materi pembelajaran dan ketidak pedulian guru mengenai apakah siswa yang di ajarnya memehami materi yang telah di sampaikannya, bersikap cuek dan tak mau tau apa kesusahan yang di alami siswa.
Menurut saya, upaya untuk mengubah mindset anak terhadap “matematika sulit” yaitu dengan cara memberika pembelajaran di usia awal sekolah dengan lebih bervariasi dengan cara memodifikasi sehingga menjadikan matematika suatu mata pelajaran yang menyenangkan. Santai namun tetap dalam target ketika menerangkan materi, jangan terlalu cepat karena bisa membuat anak didik kurang faham. Jangan menuntut anak didik untuk menghafal rumus paduakan matematika dengan dunia nyata. Bisa menggunakan strategi, media, dan metode pembelajaran yang lebih relevan. Berikan kepada anak dorongan atau motivasi misal dengan menanamkan mindset bahwa “belajar matematika itu mudah”, “matematika itu menyenangkan”, “aku suka matematika” dengan hal seperti itu anak akan lebih tertarik lagi dan semangat dalam belajar matematika.
Sekian tanggapan dari saya tentang upaya-upaya tentang bagaimana merubah mindset anak terhadap mata pelajaran matematika.
Terimakasih.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Anonymous said...

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Nama : Ma’mun Alvi Syaifulloh
Nim : 162180053
Kelas : 5B

Menurut saya, matematika merupakan salah satu ilmu yang banyak di manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Baik secara umum maupun secara khusus. Secara umum matematika di gunakan dalam transaksi perdagangan, pertukaran,dll. Hampir di setiap aspek kehidupan ilmu matematika yang di terapkan. Namun hampir seluruh pelajar Indonesia menganggap bahwa matematika adalah pelajaran yang sangat sulit, membosankan dan sangat membuat kepala pusing di buatnya di bandingkan pelajaran yang lainnya.
Hal ini bisa terjadi karena kesalahan pemahaman mengenai matematika sehingga merubah pola pikir atau mindset seseorang mengenai matematika, ketika seorang anak masih dalam tahap pendidikan dasar mereka telah memiliki pemikiran bahwa matematiak itu sulit, membosankan dan sangat memusingkan kepala, ini bisa terjadi kurangnya pemahaman siswa ketika di sampaika sebuah materi pembelajaran dan ketidak pedulian guru mengenai apakah siswa yang di ajarnya memehami materi yang telah di sampaikannya, bersikap cuek dan tak mau tau apa kesusahan yang di alami siswa.
Menurut saya, upaya untuk mengubah mindset anak terhadap “matematika sulit” yaitu dengan cara memberika pembelajaran di usia awal sekolah dengan lebih bervariasi dengan cara memodifikasi sehingga menjadikan matematika suatu mata pelajaran yang menyenangkan. Santai namun tetap dalam target ketika menerangkan materi, jangan terlalu cepat karena bisa membuat anak didik kurang faham. Jangan menuntut anak didik untuk menghafal rumus paduakan matematika dengan dunia nyata. Bisa menggunakan strategi, media, dan metode pembelajaran yang lebih relevan. Berikan kepada anak dorongan atau motivasi misal dengan menanamkan mindset bahwa “belajar matematika itu mudah”, “matematika itu menyenangkan”, “aku suka matematika” dengan hal seperti itu anak akan lebih tertarik lagi dan semangat dalam belajar matematika.
Sekian tanggapan dari saya tentang upaya-upaya tentang bagaimana merubah mindset anak terhadap mata pelajaran matematika.
Terimakasih.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Anonymous said...

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Nama : Ma’mun Alvi Syaifulloh
Nim : 162180053
Kelas : 5B

Menurut saya, matematika merupakan salah satu ilmu yang banyak di manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Baik secara umum maupun secara khusus. Secara umum matematika di gunakan dalam transaksi perdagangan, pertukaran,dll. Hampir di setiap aspek kehidupan ilmu matematika yang di terapkan. Namun hampir seluruh pelajar Indonesia menganggap bahwa matematika adalah pelajaran yang sangat sulit, membosankan dan sangat membuat kepala pusing di buatnya di bandingkan pelajaran yang lainnya.
Hal ini bisa terjadi karena kesalahan pemahaman mengenai matematika sehingga merubah pola pikir atau mindset seseorang mengenai matematika, ketika seorang anak masih dalam tahap pendidikan dasar mereka telah memiliki pemikiran bahwa matematiak itu sulit, membosankan dan sangat memusingkan kepala, ini bisa terjadi kurangnya pemahaman siswa ketika di sampaika sebuah materi pembelajaran dan ketidak pedulian guru mengenai apakah siswa yang di ajarnya memehami materi yang telah di sampaikannya, bersikap cuek dan tak mau tau apa kesusahan yang di alami siswa.
Menurut saya, upaya untuk mengubah mindset anak terhadap “matematika sulit” yaitu dengan cara memberika pembelajaran di usia awal sekolah dengan lebih bervariasi dengan cara memodifikasi sehingga menjadikan matematika suatu mata pelajaran yang menyenangkan. Santai namun tetap dalam target ketika menerangkan materi, jangan terlalu cepat karena bisa membuat anak didik kurang faham. Jangan menuntut anak didik untuk menghafal rumus paduakan matematika dengan dunia nyata. Bisa menggunakan strategi, media, dan metode pembelajaran yang lebih relevan. Berikan kepada anak dorongan atau motivasi misal dengan menanamkan mindset bahwa “belajar matematika itu mudah”, “matematika itu menyenangkan”, “aku suka matematika” dengan hal seperti itu anak akan lebih tertarik lagi dan semangat dalam belajar matematika.
Sekian tanggapan dari saya tentang upaya-upaya tentang bagaimana merubah mindset anak terhadap mata pelajaran matematika.
Terimakasih.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Ma'mun said...

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Nama : Ma’mun Alvi Syaifulloh
Nim : 162180053
Kelas : 5B

Menurut saya, matematika merupakan salah satu ilmu yang banyak di manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Baik secara umum maupun secara khusus. Secara umum matematika di gunakan dalam transaksi perdagangan, pertukaran,dll. Hampir di setiap aspek kehidupan ilmu matematika yang di terapkan. Namun hampir seluruh pelajar Indonesia menganggap bahwa matematika adalah pelajaran yang sangat sulit, membosankan dan sangat membuat kepala pusing di buatnya di bandingkan pelajaran yang lainnya.
Hal ini bisa terjadi karena kesalahan pemahaman mengenai matematika sehingga merubah pola pikir atau mindset seseorang mengenai matematika, ketika seorang anak masih dalam tahap pendidikan dasar mereka telah memiliki pemikiran bahwa matematiak itu sulit, membosankan dan sangat memusingkan kepala, ini bisa terjadi kurangnya pemahaman siswa ketika di sampaika sebuah materi pembelajaran dan ketidak pedulian guru mengenai apakah siswa yang di ajarnya memehami materi yang telah di sampaikannya, bersikap cuek dan tak mau tau apa kesusahan yang di alami siswa.
Menurut saya, upaya untuk mengubah mindset anak terhadap “matematika sulit” yaitu dengan cara memberika pembelajaran di usia awal sekolah dengan lebih bervariasi dengan cara memodifikasi sehingga menjadikan matematika suatu mata pelajaran yang menyenangkan. Santai namun tetap dalam target ketika menerangkan materi, jangan terlalu cepat karena bisa membuat anak didik kurang faham. Jangan menuntut anak didik untuk menghafal rumus paduakan matematika dengan dunia nyata. Bisa menggunakan strategi, media, dan metode pembelajaran yang lebih relevan. Berikan kepada anak dorongan atau motivasi misal dengan menanamkan mindset bahwa “belajar matematika itu mudah”, “matematika itu menyenangkan”, “aku suka matematika” dengan hal seperti itu anak akan lebih tertarik lagi dan semangat dalam belajar matematika.
Sekian tanggapan dari saya tentang upaya-upaya bagaimana merubah mindset anak terhadap mata pelajaran matematika.
Terimakasih.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Ma'mun said...

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Nama : Ma’mun Alvi Syaifulloh
Nim : 162180053
Kelas : 5B

Menurut saya, matematika merupakan salah satu ilmu yang banyak di manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Baik secara umum maupun secara khusus. Secara umum matematika di gunakan dalam transaksi perdagangan, pertukaran,dll. Hampir di setiap aspek kehidupan ilmu matematika yang di terapkan. Namun hampir seluruh pelajar Indonesia menganggap bahwa matematika adalah pelajaran yang sangat sulit, membosankan dan sangat membuat kepala pusing di buatnya di bandingkan pelajaran yang lainnya.
Hal ini bisa terjadi karena kesalahan pemahaman mengenai matematika sehingga merubah pola pikir atau mindset seseorang mengenai matematika, ketika seorang anak masih dalam tahap pendidikan dasar mereka telah memiliki pemikiran bahwa matematiak itu sulit, membosankan dan sangat memusingkan kepala, ini bisa terjadi kurangnya pemahaman siswa ketika di sampaika sebuah materi pembelajaran dan ketidak pedulian guru mengenai apakah siswa yang di ajarnya memehami materi yang telah di sampaikannya, bersikap cuek dan tak mau tau apa kesusahan yang di alami siswa.
Menurut saya, upaya untuk mengubah mindset anak terhadap “matematika sulit” yaitu dengan cara memberika pembelajaran di usia awal sekolah dengan lebih bervariasi dengan cara memodifikasi sehingga menjadikan matematika suatu mata pelajaran yang menyenangkan. Santai namun tetap dalam target ketika menerangkan materi, jangan terlalu cepat karena bisa membuat anak didik kurang faham. Jangan menuntut anak didik untuk menghafal rumus paduakan matematika dengan dunia nyata. Bisa menggunakan strategi, media, dan metode pembelajaran yang lebih relevan. Berikan kepada anak dorongan atau motivasi misal dengan menanamkan mindset bahwa “belajar matematika itu mudah”, “matematika itu menyenangkan”, “aku suka matematika” dengan hal seperti itu anak akan lebih tertarik lagi dan semangat dalam belajar matematika.
Sekian tanggapan dari saya tentang upaya-upaya bagaimana merubah mindset anak terhadap mata pelajaran matematika.
Terimakasih.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Naela Rosada said...

Nama : naela rosada
Kelas : PGSD V B
Cara yang dapat di lakukan oleh guru) untuk meengubah pola pikir (mindset) siswa agar memiliki rasa ingin tahu mengenai matematika.
- Pastikan Anak Didik Memahami Keterangan yang Sudah di sampaikan berbeda dengan pelajaran lain, matematika adalah pelajaran yang kompleks, di mana setiap materi yang satu berkaitan dengan materi lainnya, materi dasar yang juga menjadi dasar juga sangat mendukung untuk memahami materi yang lebih tinggi, untuk itu perlu di lakukan:
- Terangkan materi secara struktural
- Santai namun tetap dalam target ketika menerangkan materi, jangan terlalu cepat karena bisa membuat anak didik kurang faham
-ulang kembali keterangan jika banyak anak didik yang kurang faham
-jangan menuntut anak didik untuk menghafal rumus, sering-sering memberi soal dan tugas yang berguna untuk siswa mengingat materi yang telah disampaikan tanpa disadari pula rumus akan dengan sendirinya terhafal bagi siswa yang sering mengerjakan soal.
- Paduakan Matematika Dengan Dunia Nyata
- Libatkan semua siswa dalam proses belajar mengajar, Anda bisa melakukan dengan menanyakan secara lansung, mendekati siswa yang hendak bertanya, menyuruh salah satu anak didik menerjakan soal di papan tulis, membuat kelompok-kelompokbelajar dll
-jangan pusatkan perhatian Anda hanya untukn anak didik yang pandai matematika saja, ini akan membuat kecemburuan sosial dalam kelas, tetapi ratakan perhatian Anda untuk semua siswa
-Gunakan Strategi, Media, dan Metode Pembelajaran yang Relevan, Untuk membantu daya serap anak didk dalam memahami materi, Anda perlu menggunakan beberapa strategi, media, dan metode, misalkan cara atau rumus cepat,alat-alat peraga, dan beberapa metode-metode pembelajara. Tetapi pastikan media dan metode tersebur relevan dan sesuai, baik sesuai dengan materi maupun sesuai dengan kebutuhan anak didik.
-beri motivasi karena mateematika adalah pelajaran yang sulit dan membosankan bagi anak didik, untuk itulah jangan pernah menambah kebosanan mereka dengan ekspresi dan sikap kaku Anda. Lebarkan senyum dan bersikaplah lebih humoris, ini akan membantu meringankan beban pikiran anak didik saat belajar di kelas
- Jangan Pernah Paksa Siswa Untuk Menguasai Matematika ,meskipun guru sudah berusaha mengoptimalkan proses belajar mengajar secara maksimal, tetapi pasti ada beberapa anak didik yang memiliki bakat alami sulit memahami matematika. Jangan pernah memaksa mereka, justru beri mereka motivasi untuk mengasah pelajaran yang mereka bisa. Ingatlah bahwa setiap anak didik memiliki bakat dan keahlian yang berbeda-beda dalam pelajaran tertentu. Jika terlalu memaksa anak didik untuk memahami dan menguasai materi yang telah di berikan itu adalah kesalahan.

Naela Rosada said...

Nama : naela rosada
Kelas : PGSD V B
Nim : 162180046
Cara yang dapat di lakukan oleh guru) untuk meengubah pola pikir (mindset) siswa agar memiliki rasa ingin tahu mengenai matematika.
- Pastikan Anak Didik Memahami Keterangan yang Sudah di sampaikan berbeda dengan pelajaran lain, matematika adalah pelajaran yang kompleks, di mana setiap materi yang satu berkaitan dengan materi lainnya, materi dasar yang juga menjadi dasar juga sangat mendukung untuk memahami materi yang lebih tinggi, untuk itu perlu di lakukan:
- Terangkan materi secara struktural
- Santai namun tetap dalam target ketika menerangkan materi, jangan terlalu cepat karena bisa membuat anak didik kurang faham
-ulang kembali keterangan jika banyak anak didik yang kurang faham
-jangan menuntut anak didik untuk menghafal rumus, sering-sering memberi soal dan tugas yang berguna untuk siswa mengingat materi yang telah disampaikan tanpa disadari pula rumus akan dengan sendirinya terhafal bagi siswa yang sering mengerjakan soal.
- Paduakan Matematika Dengan Dunia Nyata
- Libatkan semua siswa dalam proses belajar mengajar, Anda bisa melakukan dengan menanyakan secara lansung, mendekati siswa yang hendak bertanya, menyuruh salah satu anak didik menerjakan soal di papan tulis, membuat kelompok-kelompokbelajar dll
-jangan pusatkan perhatian Anda hanya untukn anak didik yang pandai matematika saja, ini akan membuat kecemburuan sosial dalam kelas, tetapi ratakan perhatian Anda untuk semua siswa
-Gunakan Strategi, Media, dan Metode Pembelajaran yang Relevan, Untuk membantu daya serap anak didk dalam memahami materi, Anda perlu menggunakan beberapa strategi, media, dan metode, misalkan cara atau rumus cepat,alat-alat peraga, dan beberapa metode-metode pembelajara. Tetapi pastikan media dan metode tersebur relevan dan sesuai, baik sesuai dengan materi maupun sesuai dengan kebutuhan anak didik.
-beri motivasi karena mateematika adalah pelajaran yang sulit dan membosankan bagi anak didik, untuk itulah jangan pernah menambah kebosanan mereka dengan ekspresi dan sikap kaku Anda. Lebarkan senyum dan bersikaplah lebih humoris, ini akan membantu meringankan beban pikiran anak didik saat belajar di kelas
- Jangan Pernah Paksa Siswa Untuk Menguasai Matematika ,meskipun guru sudah berusaha mengoptimalkan proses belajar mengajar secara maksimal, tetapi pasti ada beberapa anak didik yang memiliki bakat alami sulit memahami matematika. Jangan pernah memaksa mereka, justru beri mereka motivasi untuk mengasah pelajaran yang mereka bisa. Ingatlah bahwa setiap anak didik memiliki bakat dan keahlian yang berbeda-beda dalam pelajaran tertentu. Jika terlalu memaksa anak didik untuk memahami dan menguasai materi yang telah di berikan itu adalah kesalahan.

Naela Rosada said...
This comment has been removed by the author.
Anonymous said...

Assalamu'alaikum Wr Wb.
Nama : Nur Khasanah
Nim : 162180007
Kelas : 5A

Menurut pendapat saya pembelajaran matematika merupakan salah satu pelajaran yang dianggap sulit dan menjadi momok menakutkan bagi anak-anak SD. untuk mengubah midset bahwa matematika itu susah menjadi mudah merupakan suatu tantangan baru bagi kita calon guru SD dan para guru SD. Hal yang dapat saya lakukan untuk mengubah midset tersebut yaitu dengan mengajak anak didik untuk mengubah pola pikir mereka bahwa matematika itu mudah dan menyenangkan, dengan cara memberikan motivasi dan dorongan untuk menyukai matematika. upaya lain yang dapat dilakukan yaitu kita sebagai guru dapat menciptakan suatu inovasi media pembelajaran matematika yang menarik dan menyenangkan, sehingga pada saat kita menjelaskan suatu materi dengan media tersebut anak didik tidak sadar bahwa mereka sedang belajar matematika dan juga diselipkan lagu yang mengenai materi tersebut. sehingga yang awalnya mereka merasa sulit dan tidak suka akan matematika, sekarang mereka lebih tertarik untuk belajar matematika. Nah,sekian tanggapan saya tentang upaya-upaya yang akan saya lakukan untuk mengubah midset anak terhadap mata pelajaran matematika. Terimakasih.

Wassalamu'alaikum Wr Wb

Anonymous said...

Assalamualaikum wr. Wb.
Nama : Dina Nur Ramadani
Nim : 162180006
Kelas : 5A
Saya akan menanggapi tulisan dari ibu rintis rizika mengenai mindset peserta didik dan masyarakat sekitar yang berfikir bahwa matematika itu sangat susah, saya tidak suka matematika, menjadi matematika itu mudah matematika itu menyenangkan. Kita harus mengubah mindset tersebut. Dengan melakukan sebuah permainan matematika. Tapi jangan samapai kita memaksakan jika anak tidak tertarik lakukan 10-30 menit untuk ssliswa. Dan dorongan orang tua itu juga penting untuk menumbuhkan mental pada anak agar siswa dapat menyelesaikan suatu permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Menanamkan kepada anak bahawa matematika itu tidak sulit dengan menunjukan. Bahwa matematika banyak dijumpai dalam setiap aspek kehidupan, misal penjumlahan, pengurangan dll. Dengan hal itu sebagai orang tua atau pendidik bisa memberikan suatu cara dalam menyelesaikan soal dengan cara yang menarik pembelajaran yang kreatif dan banyak inovasi dalam metode, teknik dan media yang digunakan sehingga dimudah dipahami dan mindset tersebut dapat dirubah melalui sebuah proses.
Walaikumsalam. Wr. Wb

Nurul Khusnaeni said...

Assalamualaikum Wr. Wb

Nama : Nurul Khusnaeni
NIM : 182180118
Kelas : 1D

Menurut saya upaya apa yang akan saya lakukan jika ada siswa yang tidak menyukai mata pelajaran matematika yang mengakibatkan nilai belajarnya rendah yaitu dengan cara pertama kita ubah mindset siswa agar siswa tidak berpikiran bahwa matematika itu sulit dan tidak menyenangkan. Kemudian, upaya lain yaitu dengan cara menggunakan strategi, media, dan metode pembelajaran yang relevan untuk membantu daya serap anak didik dalam memahami materi. Sedikit candaan dan humor dalam menyampaikan materi matematika juga perlu agar matematika tidak membosankan bagi peserta didik dan diberi motivasi agar lebih giat belajar lagi. Selain itu juga tidak lupa dengan mengevaluasi cara mengajar saya.

Terimakasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Nurul Khusnaeni said...

Assalamualaikum Wr. Wb

Nama : Nurul Khusnaeni
NIM : 182180118
Kelas : 1D

Menurut saya upaya apa yang akan saya lakukan jika ada siswa yang tidak menyukai mata pelajaran matematika yang mengakibatkan nilai belajarnya rendah yaitu dengan cara pertama kita ubah mindset siswa agar siswa tidak berpikiran bahwa matematika itu sulit dan tidak menyenangkan. Kemudian, upaya lain yaitu dengan cara menggunakan strategi, media, dan metode pembelajaran yang relevan untuk membantu daya serap anak didik dalam memahami materi. Sedikit candaan dan humor dalam menyampaikan materi matematika juga perlu agar matematika tidak membosankan bagi peserta didik dan diberi motivasi agar lebih giat belajar lagi. Selain itu juga tidak lupa dengan mengevaluasi cara mengajar saya.

Terimakasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb

Unknown said...

Menurut saya inivasi ini sangat tepat untuk anak anak. Dan inovasi ini sangat cocok untuk memperbaiki peserta didik di indonesia.
Karena mengajari anak belajar matematika itu sangat susah susah mudah . Jadi harus super telaten . Dengan cara memahami karakteristik siswa kita biasa mengetahua per individu apakah itu sesuai dengan karaakteristiknya . Makadari itu kita bisa menggunakan audii visual sebagai media pembelajaran agar siswa lebih mudah dalam memahami materi dan siswa mampu menangkap materi . Maka dari itu guru di tuntut harus bisa aktif dan kreatif dalam mengajar agar siswa bisa memahami materi yanh di berikan
NAMA:SRI SUMARTI
NIM:172180094
KELAS.PGSD3C

Unknown said...

Menurut saya inivasi ini sangat tepat untuk anak anak. Dan inovasi ini sangat cocok untuk memperbaiki peserta didik di indonesia.
Karena mengajari anak belajar matematika itu sangat susah susah mudah . Jadi harus super telaten . Dengan cara memahami karakteristik siswa kita biasa mengetahua per individu apakah itu sesuai dengan karaakteristiknya . Makadari itu kita bisa menggunakan audii visual sebagai media pembelajaran agar siswa lebih mudah dalam memahami materi dan siswa mampu menangkap materi . Maka dari itu guru di tuntut harus bisa aktif dan kreatif dalam mengajar agar siswa bisa memahami materi yanh di berikan
Nama sri sumarti
Nim:172180094
Kelas:pgsd 3c

Unknown said...

Menurut saya inivasi ini sangat tepat untuk anak anak. Dan inovasi ini sangat cocok untuk memperbaiki peserta didik di indonesia.
Karena mengajari anak belajar matematika itu sangat susah susah mudah . Jadi harus super telaten . Dengan cara memahami karakteristik siswa kita biasa mengetahua per individu apakah itu sesuai dengan karaakteristiknya . Makadari itu kita bisa menggunakan audii visual sebagai media pembelajaran agar siswa lebih mudah dalam memahami materi dan siswa mampu menangkap materi . Maka dari itu guru di tuntut harus bisa aktif dan kreatif dalam mengajar agar siswa bisa memahami materi yanh di berikan
Nama sri sumarti
Nim:172180094
Kelas:pgsd 3c

Unknown said...

Menurut saya inivasi ini sangat tepat untuk anak anak. Dan inovasi ini sangat cocok untuk memperbaiki peserta didik di indonesia.
Karena mengajari anak belajar matematika itu sangat susah susah mudah . Jadi harus super telaten . Dengan cara memahami karakteristik siswa kita biasa mengetahua per individu apakah itu sesuai dengan karaakteristiknya . Makadari itu kita bisa menggunakan audii visual sebagai media pembelajaran agar siswa lebih mudah dalam memahami materi dan siswa mampu menangkap materi . Maka dari itu guru di tuntut harus bisa aktif dan kreatif dalam mengajar agar siswa bisa memahami materi yanh di berikan
Nama sri sumarti
Nim:172180094
Kelas:pgsd 3c

Putriaulia said...

Assalamualaikum
Saya akan menyanggah dari tulisan Bu Rintis mengenai mengubah mindset anak SD tentang pembelajaran yang dianggap susah...Menurut pribadi ,kita sebagai calon guru SD harus mampu berinovasi dalam pembelajaran, disini sisi kreatifitas seorang guru harus ditampilkan bagaimana agar siswa tersebut bisa mencintai pelajaran Matematika mungkin dengan menggunakan media yang berhubungan dengan materi tersebut atau bahkan dikaitkan dengan kehidupan disekitarnya yang tentunya mengajarkannya harus dengan penuh keikhlasan dan hati yang tulus , bertahap agar siswa mampu benar-benar memahami materi yang disampaikan ...
Terimakas

Unknown said...

Menanggapi tulisan Bu Rintis mengenai mindset anak SD mengenai pelajaran Matematika yang dianggap sulit. Menurut saya, untuk mengubah pandangan tersebut, kita sebagai calon guru dan untuk para guru harus lebih kreatif dalam menyampaikan pembelajaran matematika. Tanamkan kepada siswa bahwa matematika itu mudah, gunakan media yang mampu meningkatkan semangat siswa. Gunakan juga model pembelajaran yang aktif, kreatif, dan inovatif sehingga siswa senang dalam mengikuti pembelajaran dan tidak menganggap matematika sulit. Gunakan juga metode yang menggugah keterampilan berfikir siswa sehingga siswa benar benar memahami materi disampaikan guru.
Terimakasih

Nama : Eka Afdholiyah
NIM : 162180135
Jelas : 5D

Dorojatun Maulannisa said...

Assalamualaikum wr wb.

Nama : Dorojatun Maulannisa
NIM : 162180073
Kelas : 5C

Menurut pendapat saya upaya yg dapat saya lakukan sebagai calon pendidik khususnya calon guru sekolah dasar dalam mengubah mindset bahwa matematika itu sulit dan membosankan yaitu ketika pembelajaran saya akan menggunakan metode yang dapat meningkatkan keaktifan dan partisipasi siswa dalam pembelajaran, kita juga bisa menggunakan metode belajar sambil bermain sehingga pembelajaran matematika akan terasa seperti bermain, serta kita sebagai guru harus menjadikan matematika itu dekat dengan kehidupan sehari-hari contoh dari segi soalnya kita bisa ambil soal2 yg sering ditemukan siswa dikehidupan nyata.
Sekian upaya yg dapat saya sampaikan.
Terimakasih :-)

Wassalamualaikum wr wb

Unknown said...

السلا م عليكم و رحمة الله وبركا ته
Menurut pendapat saya mengenai upaya upaya yang akan dilakukan untuk mengubah mindset bahwa matematika itu susah,saya tidak suka matematika menjadi matematika itu mudah, saya suka matematika yang pertama dan harus dilakukan yaitu menerangkan materi secara struktural,selanjutnya dalam pembelajaran yang berlangsung buatlah anak anak kita,siswa siswa kita santai namun tetap dalam target ketika menerangkan materi, jangan terlalu cepat saat menjelaskan materi yang disampaikan karena bisa membuat anak didik kurang faham dan tidak menarik lagi menangkap materi yang dijelaskan kita dan tidak mau mengikutinya lagi. Bila masih kurang paham dari penjelasan yang kita jelaskan sebaiknya kita banyak banyak bersabar karena kunci sukses seorang guru yaitu bersabar dan mengulangi kembali materi yang belum anak anak pahami dengan detailnya. Selanjutnya jangan menuntut anak didik untuk menghafal rumus, sering-sering saja kita memberikan soal dan tugas yang berguna untuk siswa mengingat materi yang telah disampaikan tanpa disadari pula rumus akan dengan sendirinya terhafal bagi siswa yang sering mengerjakan soal yang sudah kita berikan setiap saat
Dan yang paling akhir yaitu pintar pintar kita memadukan antara ilmu matematika yang sedang dipelajari dengan dunia nyata yang ada pada saat ini dan kita jumpai langsung pada kehidupan nyata
Terimakasih mungkin banyak kekurangannya dari diri pribadi meminta masukannya juga untuk menambkan langkah langkah yang belum tercantum kan diatas

والسلا م عليكم و رحمة الله وبركا ته
Nama : Akhmad Maksum
Nim : 162180122
Kelas : 5D

Rokhimatul Khotimah said...

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Menanggapi tulisan di atas bahwa untuk merubah mindset siswa terhadap matematika yang dianggap sulit oleh siswa dimulai dari guru, disini guru harus menjadi orang yang disukai oleh siswa terlebih dahulu maka pembelajaran yang diajarkan juga akan disukai oleh siswa, karena jika sudah tidak suka dengan gurunya maka siswa juga akan menjadi tidak suka dengan pelajarannya. Selanjutnya guru juga harus melakukan inovasi agar pembelajaran yang disampaikan tidak membosankan salah satunya yaitu dengan pembelajaran matematika dikemas dengan berorientasi pada lingkungan sekitar. Salah satu pendekatan yang dapat dilakukan adalah RME (Realistic Mathematic Education) yaitu dengan mengaitkan dan melibatkan lingkungan sekitar, pengalaman nyata peserta didik dalam kehidupan sehari-hari, serta menjadikan matematika sebagai aktivitas peserta didik. Peserta didik diajak berpikir cara menyelesaikan masalah yang pernah dialaminya, misalnya tentang uang jajannya, jadwal keberangkatan kereta api, dan lain-lain. Disisi lain belajar sambil bermain juga merupakan salah satu solusinya. Bagi kebanyakan peserta didik, belajar matematika merupakan beban berat dan membosankan, sehingga mereka kurang termotivasi, cepat bosan, dan lelah. Untuk mengatasi hal tersebut pendidik dapat melakukan berbagai inovasi pembelajaran, misalnya memberikan kuis atau teka-teki yang harus ditebak baik secara berkelompok ataupun individu, membuat puisi matematika dan peserta didik mendeklamasikannya di depan kelas secara bergantian, membuat syair lagu tentang materi matematika, memberikan permainan di kelas, dan sebagainya tergantung kreativitas pendidik. Disini guru dituntut lagi untuk kreatif dan inovatif untuk menyampaikan pembelajarannya di dalam kelas.

Rokhimatul Khotimah (162180089/5C)

Dika Fajar Saraswati said...

Menurut pendapat saya cara mengubah mindset bahwa matematika itu sulit adalah dengan cara menanamkan dan meyakinkan kepada peserta didik bahwa matematika itu menyenangkan, matematika itu mudah. Peserta didik juga dibuat suka terlebih dahulu atau dibuat tertarik dengan matematika. Dengan cara ini maka akan mudah mengajarkan matematika kepada peserta didik karena hal pertama sudah senang terlebih dahulu kepada matematika. Selain peserta didik, jyga harus dari kita sendiri sebagai calon guru yaitu dengan cara mengajarkan matematika yang dikaitkan dengan dunia nyata karena siswa sd dalam taham operasional konkrit jadi lebih mudah apabila kita mengajarkan matematika dengan mengaitkan dunia nyata. Cara lain yaitu dengan cara kita sebagai guru sd harus mempunyai kreatifitas yang tinggi agar saat pembelajaran matematika menggunakan media pembelajaran yang menarik. Dengan demikian siswa akan mudah memahami dan menganggap bahwa matematika itu mudah dan menyenangkan.


Nama : Dika Fajar Saraswati
NIM : 162180182
Kelas : 5C

Dea Rizky said...

Assalamualaikum wr wb
Dea Rizky Saputri
162180078
PGSD 5C
Menanggapi tulisan Ibu Rintis Rizkia. Menurut pendapat saya sebagai calon guru sebaiknya dari sekarang sudah mulai mengetahui metode,model, media yang tepat dan cepat di terapkan untuk anak SD baik kelas rendah atau kelas tinggi, dan sebagai guru harus pandai pandai memadukan antara model media dan pendekatan yang singkron dan baik sehingga pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik kepada peserta didik. Selain itu guru harus bisa menyajikan pembelajaran yang menarik inovatif dan menyenangkan agar siswa tidak bosan dan selalu tertarik serta di sisipkan unsur belajar sambil bermain.
Terimakasih
wassalamualaikum wr.wb

Unknown said...

Nama : Nurul Woro S
Nim : 162180076
Kelas : 5C

Assalamu'alaikum wr.wb
Saya ingin mencoba menanggapi, menurut saya untuk mengubah mindset siswa bahwa "matematika itu sulit" sebagai calon guru SD kita dapat melakukan hal-hal yang membuat pembelajaran matematika menarik dan menyenangkan, terutama pada saat guru pertama kali mengenalkan materi matematika kepada siswa, agar siswa lebih tertarik dan rasa ingin tahunya tinggi terhadap materi matematika.
Kita juga perlu menggunakan model, metode, dan media yang tepat pada tiap-tiap pembelajaran matematika agar materi lebih mudah tersampaikan dan mudah dipahami oleh siswa.
Serta menyakutkan setiap materi dengan keadaan nyata yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga siswa akan lebih paham akan materi tersebut bukan hanya hafalan,ini akan menyebabkan siswa lebih lama dalam mengingat materi yang telah dipelajarinya.
Pemberian motivasi kepada siswa itu penting, agar mereka terpacu semangatnya dalam mempelajari matematika.
Dalam menjelesakan materi matematika dapat juga disisipkan dengan bermain, bernyanyi bahkan bisa dilakukan pembelajaran diluar kelas agar siswa dalam kondisi yang siap menerima materi yang akan disampaikan, sehingga akan terbentuk mindset pada siswa bahwa belajar matematika itu menyenangkan.

Demikian tanggapan dari saya, banyak kurangnya mohon maaf.

Terima kasih ^^
Wassalamu' alaikum wr.wb

Unknown said...

Nama : Nurul Woro S
Nim : 162180076
Kelas : 5C

Assalamu'alaikum wr.wb
Saya ingin mencoba menanggapi, menurut saya untuk mengubah mindset siswa bahwa "matematika itu sulit" sebagai calon guru SD kita dapat melakukan hal-hal yang membuat pembelajaran matematika menarik dan menyenangkan, terutama pada saat guru pertama kali mengenalkan materi matematika kepada siswa, agar siswa lebih tertarik dan rasa ingin tahunya tinggi terhadap materi matematika.
Kita juga perlu menggunakan model, metode, dan media yang tepat pada tiap-tiap pembelajaran matematika agar materi lebih mudah tersampaikan dan mudah dipahami oleh siswa.
Serta menyakutkan setiap materi dengan keadaan nyata yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga siswa akan lebih paham akan materi tersebut bukan hanya hafalan,ini akan menyebabkan siswa lebih lama dalam mengingat materi yang telah dipelajarinya.
Pemberian motivasi kepada siswa itu penting, agar mereka terpacu semangatnya dalam mempelajari matematika.
Dalam menjelesakan materi matematika dapat juga disisipkan dengan bermain, bernyanyi bahkan bisa dilakukan pembelajaran diluar kelas agar siswa dalam kondisi yang siap menerima materi yang akan disampaikan, sehingga akan terbentuk mindset pada siswa bahwa belajar matematika itu menyenangkan.

Demikian tanggapan dari saya, banyak kurangnya mohon maaf.

Terima kasih ^^
Wassalamu' alaikum wr.wb

Anonymous said...

nama : fita fatimah
nim : 162180111
kelas : 5D
menanggapi tulisan ibu rintis mengenai mindset anak SD ynag menganggap matematika itu sulit, kita sebagai calon guru SD hendaknya mengubah pemikiran tentang hal tersebut (matematika itu sulit) dan kita dalam mengajarkan matematikapun untuk anak SD harus dengan berbagai metode yang menyenangkan dan berbeda dengan biasanya, hal tersebut dikarenakan anak SD suka dengan hal-hal yang baru dan menarik dan mereka juga cepat bosan dengan sesuatu yang monoton. selain itu guru SD juga harus kreatif dalam membuat media pembelajaran matematika.media tersebut nantinya dapat mendorong semangat dan keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran matematika. dalam penyampaian mateti pembelajaran matematika hendaknya guru menggunakan kata-kata yang mudah dipahami oleh siswa, sehingga antara guru dan siswa terdapat pemahaman yang sama dalam memahami suatu materi.

Unknown said...

Assalamualaikum wr wb.

Nama : Anggitya Puspaningrum
NIM : 162180088
Kelas: 5C
Menurut pendapat saya upaya yang harus dilakukan untuk mengubah mindset siswa terhadap pelajaran matematika yang sulit yaitu dengan guru menggunakan metode-metode pembelajaran yang bervariasi, misalnya dengan permainan matematika, belajar di luar kelas dan sebagainya. Dengan hal ini maka lama-kelamaan mindset siswa juga akan berubah menjadi matematika itu mudah untuk di pelajari. karena mereka merasakan pengalaman sendiri akan lebih paham dan mengerti materi yang disampaikan dengan baik. Terimakasih.
Wassalamualaikum wr wb

Unknown said...

nama : Arif Syaiful Hadi
nim : 162180118
kelas : 5 D

assalamu'alikum wr. wb
menurut saya untuk mengubah maindset anak terhadap matematika yang katanya sulit bagi meraka adalah dengan cara menyajikan pembelajaran yang aktif inovatif dan menyenangakna bagi anak. hal tersebut dilakukan agar anak tidak cepat bosan terhadap pembelajaran Matematika. di lain hal sang guru juga harus pandai2 dalam memilih metode, model dan media serta materi yang pas bagi anak.tidak lupa guru harus memberi motivasi dan penghargaa terhadap anak didiknya, agar timbul rasa percaya dan rasa nyaman terhadap pembelajran matematika.
sekian dan terimakasih wassalamu'alikum wr. wb.

Unknown said...

Nama : lia ayu novianti
Nim : 162180133
Kelas : 5D

Assalamualaikum wr wb
Menurut saya cara mengubah mind-set "matematika itu sulit" di sekolah dasar sebagai guru harus bisa memodifikasi pembelajaran misalnya dari Yang biasanya hanya menerapkan metode ceramah Guru bisa menggantinya dengan metode lain Yang lebih membangun dalam proses pembelajaran sehingga apa Yang dijelaskan Guru tersampaikan kepada anak Dan anak lebih mudah memahami materia tersebut sehingga anak mudah mengerjakan soal soal matematika. Yang berikutnya mungkin sebagai Guru harus bisa memanfaatkan media sebagai penunjang materia sehingga anak tidak hanya terpaku pada buku Yang mengakibatkan anak mudah jenuh, penggunaan media juga bisa membuat keaktifan anak dalam proses pembelajaran matematika menjadi lebih aktif Dan anak mampu berpikir kritis maka akibat dari penggunaan media tersebut anak tidak lagi menganggap matematika itu sulit. Selain itu guru harus bisa menyajikan pembelajaran yang menarik inovatif dan menyenangkan agar siswa tidak bosan dan selalu tertarik serta di sisipkan unsur belajar sambil bermain.
Terima kasih
Wassalamualaikum wr wb

Anjar Fita said...

Nama : Anjar Fita Lestari
NIM : 162180169
Kelas : 5E

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Saya akan menanggapi tentang bagaimana mengubah "mindset matematika yang susah" terutama untuk siswa SD. Untuk mengubah mindset tersebut kita membutuhkan sebuah metode sederhana yang perlu dijalankan yaitu bagaimana membuat matematika berjalan tanpa rumus dan hanya menggunakan logika otak sehingga sianak dapat menterjemahkan logika-logika tersebut menjadi sebuah rumus tersendiri yang bisa dipahami. Dalam siswa SD yang terpenting adalah penguasaan ilmu berhitung dulu dan dalam pembelajarannya lebih banyak menggunakan alat bantu peraga. untuk anak kelas 1-3, kita dapat memberika cara belajar matematika dengan alat bantu peraga menggunakan tangan dan alat bergerak untuk berhitung, yang penting aktif berhitung dan bergerak. Musik dan komputer juga bisa menjadi alat bantu untuk anak dalam belajar matematika, dengan nyanyian, dengan bantuan softwere matematika atau game matematika, misal game tembak menembak, permainan berhitung serta lain sebagainya sehingga anak tidak jenuh karena belajar matematika dengan diselingi permainan-permainan yang pada dasarnya memang anak lebih suka bermain dari pada belajar matematika.

Terima kasih...
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Anjar Fita said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Nama : lia ayu novianti
Nim : 162180133
Kelas : 5D

Assalamualaikum wr wb
Menurut saya cara mengubah mind-set "matematika itu sulit" di sekolah dasar sebagai guru harus bisa memodifikasi pembelajaran misalnya dari Yang biasanya hanya menerapkan metode ceramah Guru bisa menggantinya dengan metode lain Yang lebih membangun dalam proses pembelajaran sehingga apa Yang dijelaskan Guru tersampaikan kepada anak Dan anak lebih mudah memahami materia tersebut sehingga anak mudah mengerjakan soal soal matematika. Yang berikutnya mungkin sebagai Guru harus bisa memanfaatkan media sebagai penunjang materia sehingga anak tidak hanya terpaku pada buku Yang mengakibatkan anak mudah jenuh, penggunaan media juga bisa membuat keaktifan anak dalam proses pembelajaran matematika menjadi lebih aktif Dan anak mampu berpikir kritis maka akibat dari penggunaan media tersebut anak tidak lagi menganggap matematika itu sulit. Selain itu guru harus bisa menyajikan pembelajaran yang menarik inovatif dan menyenangkan agar siswa tidak bosan dan selalu tertarik serta di sisipkan unsur belajar sambil bermain.
Terima kasih
Wassalamualaikum wr wb

Fatma Ayu Prahastiwi said...

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Menanggapi dari tulisan ibu Rintis
Menurut saya upaya yang dapat dilakukan untuk mengubah mindset pada siswa SD bahwa matematika itu sulit yaitu yang pertama guru harus bisa mengubah dahulu pemikiran mereka bahwa sebenarnya matematika itu mudah. Kedua sebagai guru kita harus cerdas dan melakukan inovasi sehingga menjadikan pembelajrann matematika adalah pembelajaran yang menyenangkan misalnya melalui permainan atau nyanyi-nyanyian. Ketiga dalam pembelajaran matematika guru sebisa mungkin membuat kelas menjadi ceria dan santai sehingga pembelajaran lebih mudah tersalurkan ke siswa. Keempat, menerangkan materi dengan mengaitkan kejadian di kehidupan nyata sehingga siswa sd lebih mudah menangkap mater. Kelima guru menggunakan strategi, media, metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak didik. Keenam memberikan motivasi dan spirit pada siswa.
Sekian tanggapan yang dapat saya berikan. Terimakasih. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Fatma Ayu Prahastiwi (162180100/5C)

Dea Rizky said...

Jamaludin Al Haq
PGSD 5 C / 162180080
Assalamualaikum Wr. Wb
Menurut saya, pembelajaran matematika harus melakukan pembelajaran dengan menggunakan metode, model dan strategi pembelajaran yang menyenangkan dan juga bervariasi. Sehingga parapeserta didik merasa senang dan tidak beranggapan bahwa matematika itu sulit. Anak diajak untuk menemukan sendiri pemecahan masalah yang berkaitan dengan matematika. Misalnya, dengan menggunakan media yang konkret. Dengan menggunakan media konkret anak-anak dapat lebih memahami pembelajaran tersebut. Guru juga harus lebih inovatif dan lebih banyak memberikan motivasi kepada siswa agar siswa tersebut memiliki rada minat dan suka terhadap matematika serta guru juga harus lebih sabar dan mampu mengolah emosi anak didik supaya pembelajaran lebih bermakna.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Unknown said...

Nama :Bibit Amal Rizqi Utami
NIM :162180142
Kelas:5D

Assalamu'alaikum wr wb
Menanggapi tulisan ibu rintis mengenai mindset anak SD yang menganggap matematika itu sulit maka tugas guru mengubah mindset tersebut agar siswa menganggap matematika itu mudah dengan cara mengajarkan matematika dengan cara yang sederhana namun dapat tersampaikan dan dapat dipahami dengan baik oleh peserta didik misalnya dengan cara memadukan matematika dengan dunia nyata,salah satu kendala yang membuat peserta didik merasa kesulitan karena matematika dianggap abstrak dan terbatas dengan angka-angka.guru harus mengubah cara menerangkan materi dengan mengaitkan materi tersebut dalam dunia nyata karena dalam dunia nyata banyak terdapat contoh-contoh tentang materi matematika sehingga siswa dapat lebih mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru dan secara tidak langsung nantinya siswa akan termotivasi dalam belajar dan menganggap bahwa matematika mudah
Terima kasih
Wassalamu'alaikum wr wb

Intan Sukengsi said...

Menurut pendapat saya, cara yang dapat dilakukan untuk mengubah mindset matematika itu susah menjadi matematika itu mudah dengan cara mengenalkan cara menghitung yang menyenangkan. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan media yang disukai anak-anak seperti gambar kartun, media konkret ataupun tiruan yang dapat menarik perhatian anak terlebih dahulu. Kemudian anak diajak untuk menghitung ataupun melakukan operasi hitung lainnya sesuai dengan mater. Selain menggunakan media, juga menggunakan cara-cara yang mudah dalam menghitung matematika. Cara yang dimaksudkan adalah cara yang mudah dipahami dan siswa merasa cara tersebut sangat menarik perhatiannya, seperti mengalikan angka menggunakan jari tangan. Siswa yang belum tahu tentang cara tersebut akan sangat tertarik dengan cara tersebut. Dengan demikian siswa akan menganggap Matematika itu mudah dan perkataan orang lain tentang Matematika itu sulit akan terhapuslan sendiri dipikiran siswa.

Nama: Intan Sukengsi
NIM: 162180143
Kelas: 5D

Anonymous said...

Yeni putri p
PGSD 5E

Assalamu'alaikum wr wb
Menurut saya kita harus merubah mind set bahwa metematika itu sulit, sebelum memulai pembelajaran kita harus percaya dan yakin bahwa matematika itu sulit. Hilangkan anggapan bahwa matematika itu sulit, bahwa matematika itu rumit. Kita mulai dari diri sendiri bahwa matematika itu sesuatu yang menyenangkan. Sistem pembelajaran yg ada di sekolahan juga harus dirubah terutama cara penyampaian guru dalam menyampaikan pembelajaran matematika yang jangan hanya metode ceramah namun dg berbagai metode yang mampu membuat suasana pembelajaran lebih menyenangkan dan interaktif. Guru juga harus selalu aktif sebagai fasilitator ketika ada siswa yang kesulitan dalam pembelajaran. Cara tersebut dapat berupa permainan,dan model pembelajarab yang lain namun harus tetap mengacu pada tujuan pembelajaran tersebut.
Wassalamu'alaikum wr wb

Vira Oktaviani Havsari said...

Nama:Vira Oktaviani Havsari
NIM: 162180158
Kelas:5 E PGSD

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Sebelumnya, Indonesia merujuk pada kurikulum karena sistem pendidikan Indonesia yaitu kurikulum K13 saat ini. Kurikulum kita lebih menekankan pada hasil akhir. Kalau jawaban seorang siswa sama dengan kunci jawaban (answer key), maka siswa tersebut mendapat nilai bagus. Karena orientasinya adalah jawaban akhir, maka tidak mengherankan banyak siswa yang berburu kunci jawaban. Cara seperti ini merupakan pikiran yang instan/mindset/pola pikir yang sangat disayangkan sekali. Bagi mereka, paham atau tidak paham bukan masalah, yang penting jawaban soalnya benar. Akibatnya nilai matematika sering dijadikan tolak ukur. Bentuk soal dan materi ajarnya tidak membentuk pola pikir logis. Soal soal problem solving jarang dibahas. Alhasil siswa tidak mengerti kegunaan berbagai rumus dan hitungan matematika yang dihadapi sehingga memicu rasa bosan dan akhirnya tidak peduli. Beberapa cara untuk mengubah mindset tersebut diantaranya, guru bisa menambah soal yang berorientasi problem solving. Kalau dianggap perlu, sekolah bisa mendukung dengan menyediakan materi luar kurikulum. siswa diminta menemukan atau meriset sendiri kegunaan rumus matematika tertentu. Maksudnya, agar matematika terasa manfaatnya dan bahkan bisa menginspirasi siswa untuk mengarahkan cita citanya kelak. Guru mangajak siswa membuat aneka permainan yang merupakan aplikasi prinsip matematika tertentu. "Mathematic should be fun". Anak sekarang hidup dikelilingi games. Bahasa permainan lebih mereka pahami dari pada Bahasa formal dikelas. Semoga bermanfaat. Terimakasih. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh



Fatma Ayu Prahastiwi said...

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Menanggapi dari tulisan ibu Rintis
Menurut saya upaya yang dapat dilakukan untuk mengubah mindset pada siswa SD bahwa matematika itu sulit yaitu yang pertama guru harus bisa mengubah dahulu pemikiran mereka bahwa sebenarnya matematika itu mudah. Kedua sebagai guru kita harus cerdas dan melakukan inovasi sehingga menjadikan pembelajrann matematika adalah pembelajaran yang menyenangkan misalnya melalui permainan atau nyanyi-nyanyian. Ketiga dalam pembelajaran matematika guru sebisa mungkin membuat kelas menjadi ceria dan santai sehingga pembelajaran lebih mudah tersalurkan ke siswa. Keempat, menerangkan materi dengan mengaitkan kejadian di kehidupan nyata sehingga siswa sd lebih mudah menangkap mater. Kelima guru menggunakan strategi, media, metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak didik. Keenam memberikan motivasi dan spirit pada siswa.
Sekian tanggapan yang dapat saya berikan. Terimakasih. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Fatma Ayu Prahastiwi (162180100/5C)

Fatma Ayu Prahastiwi said...

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Menanggapi dari tulisan ibu Rintis
Menurut saya upaya yang dapat dilakukan untuk mengubah mindset pada siswa SD bahwa matematika itu sulit yaitu yang pertama guru harus bisa mengubah dahulu pemikiran mereka bahwa sebenarnya matematika itu mudah. Kedua sebagai guru kita harus cerdas dan melakukan inovasi sehingga menjadikan pembelajrann matematika adalah pembelajaran yang menyenangkan misalnya melalui permainan atau nyanyi-nyanyian. Ketiga dalam pembelajaran matematika guru sebisa mungkin membuat kelas menjadi ceria dan santai sehingga pembelajaran lebih mudah tersalurkan ke siswa. Keempat, menerangkan materi dengan mengaitkan kejadian di kehidupan nyata sehingga siswa sd lebih mudah menangkap mater. Kelima guru menggunakan strategi, media, metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak didik. Keenam memberikan motivasi dan spirit pada siswa.
Sekian tanggapan yang dapat saya berikan. Terimakasih. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Fatma Ayu Prahastiwi (162180100/5C)

Rahayu Ana Meilia said...

Nama: Rahayu Ana Meilia
NIM: 162180081
PGSD 5C

Assalamualaikum wr wb
Menurut saya upaya yang dilakukan untuk mengubah mindset para siswa terhadap mata pelajaran matematika yang katanya sulit yaitu guru dapat menggunakan berbagai metode-metode pembelajaran yang lebih bervariasi. Misalkan dengan menggunakan alat peraga ataupun lagu lagu sebagai media pembelajarannya sehingga siswa menjadi lebih tertarik dan menganggap pembelajaran matematika menjadi menyenangkan dan tidak sulit. Selain itu guru juga dapat memberikan pembelajaran dengan metode permainan ataupun mengajak siswa belajar diruang kelas, sehingga siswa tidak mudah bosan dengan pembelajaran matematika yang hanya dilakukan didalam ruang kelas dengan metode ceramah saja.
wassalamualaikum wr wb

Unknown said...

Anonymous said...
Nama : Nadea Rahma
NIM : 162180091
kelas : 5C

Menurut pendapat saya untuk mengubah mindset dari "matematika susah" menjadi "matematika mudah" yaitu melalui penerapan metode yang menarik seperti permainan, karena sesuai dengan dunia anak yaitu bermain. Siswa SD sendiri suka dengan bermain maka sebaiknya dalam permainan itu disisipkan pelajaran matematika jadi siswa akan terbiasa dengan matematika maka siswa tersendiri akan menganggapnya mudah. Selain dengan metode permainan bisa juga dengan metode media pembelajaran matematika yang menarik contohnya media gambar berupa kartun yang masih tranding dunia anak saat ini, siswa juga mudah memahami materi materi dan menyukainya. Maka secara tidak langsung mindset siswa yang menganggap matematika itu sulit menjadi matematika itu mudah.

Demikian pendapat saya, jika kurang lengkap saya mohon maaf. Terima kasih.

Tri heryawan said...

Nama : Tri Heryawan
Nim :162180104
Kelas:5C

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Menurut saya, pembelajaran matematika beberapa umum menurut siswa SD memang dikatakan sulit, maka dari itu menurut saya untuk mengubah mindset siswa SD dengan membuat pembelajaran dengan membuat permainan yang disukai siswa SD dengan dihubungkan materi pembelajaran matematika materi yang dianggap siswa SD sangat sulit, dengan begitu siswa SD dapat mengikuti pembelajaran matematika dengan mudah.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Aida Maulidina said...

Nama : Aida Maulidina
NIM : 162180075
Kelas : 5C

Assalamualaikum wr.wb
Menurut saya upaya yang dapat dilakukan untuk mengubah mindset pada siswa SD yg menurut siswa pembelajaran matematika itu sangat sulit yaitu selain dengan adanya belajar sambil bermain, guru juga harus merubah pikiran siswa bahwa matematika itu mudah dan menyenangkan. Memberikan motivasi agar siswa tetap semangat dalam mengikuti pembelajaran matematika. Guru harus menggunakan strategi, media, model,metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Guru harus bisa membuat suasana kelas menjadi santai dan ceria sehingga pembelajaran menjadi lebih mudah tersalurkan ke siswa.
Wassalamualaikum, wr.wb

Aida Maulidina said...

Nama : Aida Maulidina
NIM : 162180075
Kelas : 5C

Assalamualaikum wr.wb
Menurut saya upaya yang dapat dilakukan untuk mengubah mindset pada siswa SD yg menurut siswa pembelajaran matematika itu sangat sulit yaitu selain dengan adanya belajar sambil bermain, guru juga harus merubah pikiran siswa bahwa matematika itu mudah dan menyenangkan. Memberikan motivasi agar siswa tetap semangat dalam mengikuti pembelajaran matematika. Guru harus menggunakan strategi, media, model,metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Guru harus bisa membuat suasana kelas menjadi santai dan ceria sehingga pembelajaran menjadi lebih mudah tersalurkan ke siswa.
Wassalamualaikum, wr.wb

Aida Maulidina said...

Nama : Aida Maulidina
NIM : 162180075
Kelas : 5C

Assalamualaikum wr.wb
Menurut saya upaya yang dapat dilakukan untuk mengubah mindset pada siswa SD yg menurut siswa pembelajaran matematika itu sangat sulit yaitu selain dengan adanya belajar sambil bermain, guru juga harus merubah pikiran siswa bahwa matematika itu mudah dan menyenangkan. Memberikan motivasi agar siswa tetap semangat dalam mengikuti pembelajaran matematika. Guru harus menggunakan strategi, media, model,metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Guru harus bisa membuat suasana kelas menjadi santai dan ceria sehingga pembelajaran menjadi lebih mudah tersalurkan ke siswa.
Wassalamualaikum, wr.wb

Aida Maulidina said...

Nama : Aida Maulidina
NIM : 162180075
Kelas : 5C

Assalamualaikum wr.wb
Menurut saya upaya yang dapat dilakukan untuk mengubah mindset pada siswa SD yg menurut siswa pembelajaran matematika itu sangat sulit yaitu selain dengan adanya belajar sambil bermain, guru juga harus merubah pikiran siswa bahwa matematika itu mudah dan menyenangkan. Memberikan motivasi agar siswa tetap semangat dalam mengikuti pembelajaran matematika. Guru harus menggunakan strategi, media, model,metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Guru harus bisa membuat suasana kelas menjadi santai dan ceria sehingga pembelajaran menjadi lebih mudah tersalurkan ke siswa.
Wassalamualaikum, wr.wb

tseptika7@gmail.com said...

Nama = Septika Trisnowati
NIM = 162180099
Kelas = 5c

Assalammualaikum wr wb menurut pendapat saya untuk mengubah mindset siswa sd menganggap matematika mudah dengan cara memberikan arahan dan motivasi bahwa matematika mudah tidak sulit dan penting di dalam kehidupan kita sehari-hari, sebagai guru yang baik tentunya lebih tahu karakteristik dari setiap siswanya dan juga mengetahui kurikulum yang digunakan untuk mengrahkan pembelajaran sesuai tema dan subtema maka perlu diketahui model, metode, pendekatan dan juga media apa yang sesuai untuk siswanya sehingga dalkam pembelajaran memunculkan rasa keingintahuan siswa, kreativitas, dan inovatif dalam diri siswa saat pembelajaran pun diselingi nyanyian dan permainan sesuai materi dan juga bisa menerapkan beberapa keterampilan seperti keterampilan membaca, menulis, mendengarkan, dan keterampilan membaca. Sekian terima kasih. Wassalammualaikum wr wb

Unknown said...

Nama :Fery Arum Ayu Puspitasari
NIM : 162180070
Kelas : 5B


Assalamu'alaikum wr.wb
Saya ingin mencoba menanggapi, menurut saya untuk mengubah mindset siswa bahwa "matematika itu sulit" sebagai calon guru SD kita dapat melakukan hal-hal yang membuat pembelajaran matematika menarik dan menyenangkan, terutama pada saat guru pertama kali mengenalkan materi matematika kepada siswa, agar siswa lebih tertarik dan rasa ingin tahunya tinggi terhadap materi matematika.
Kita juga perlu menggunakan model, metode, dan media yang tepat pada tiap-tiap pembelajaran matematika agar materi lebih mudah tersampaikan dan mudah dipahami oleh siswa.
Serta menyakutkan setiap materi dengan keadaan nyata yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga siswa akan lebih paham akan materi tersebut bukan hanya hafalan,ini akan menyebabkan siswa lebih lama dalam mengingat materi yang telah dipelajarinya.
Pemberian motivasi kepada siswa itu penting, agar mereka terpacu semangatnya dalam mempelajari matematika.
Dalam menjelesakan materi matematika dapat juga disisipkan dengan bermain, bernyanyi bahkan bisa dilakukan pembelajaran diluar kelas agar siswa dalam kondisi yang siap menerima materi yang akan disampaikan, sehingga akan terbentuk mindset pada siswa bahwa belajar matematika itu menyenangkan.
Wassalamualaikum wr.wb

Unknown said...

Nama : Cipto Aji Darmawan
Nim : 162180071
Kelas: 5 B


Assalamu'alaikum wr.wb
Saya ingin mencoba menanggapi, menurut saya untuk mengubah mindset siswa bahwa "matematika itu sulit" sebagai calon guru SD kita dapat melakukan hal-hal yang membuat pembelajaran matematika menarik dan menyenangkan, terutama pada saat guru pertama kali mengenalkan materi matematika kepada siswa, agar siswa lebih tertarik dan rasa ingin tahunya tinggi terhadap materi matematika.
Kita juga perlu menggunakan model, metode, dan media yang tepat pada tiap-tiap pembelajaran matematika agar materi lebih mudah tersampaikan dan mudah dipahami oleh siswa.
Serta menyakutkan setiap materi dengan keadaan nyata yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga siswa akan lebih paham akan materi tersebut bukan hanya hafalan,ini akan menyebabkan siswa lebih lama dalam mengingat materi yang telah dipelajarinya.
Pemberian motivasi kepada siswa itu penting, agar mereka terpacu semangatnya dalam mempelajari matematika.
Dalam menjelesakan materi matematika dapat juga disisipkan dengan bermain, bernyanyi bahkan bisa dilakukan pembelajaran diluar kelas agar siswa dalam kondisi yang siap menerima materi yang akan disampaikan, sehingga akan terbentuk mindset pada siswa bahwa belajar matematika itu menyenangkan.
Wassalamualaikum wr.wb

Unknown said...

Cipto Aji Darmawan
162180071
5B

Assalamu'alaikum wr.wb
Saya ingin mencoba menanggapi, menurut saya untuk mengubah mindset siswa bahwa "matematika itu sulit" sebagai calon guru SD kita dapat melakukan hal-hal yang membuat pembelajaran matematika menarik dan menyenangkan, terutama pada saat guru pertama kali mengenalkan materi matematika kepada siswa, agar siswa lebih tertarik dan rasa ingin tahunya tinggi terhadap materi matematika.
Kita juga perlu menggunakan model, metode, dan media yang tepat pada tiap-tiap pembelajaran matematika agar materi lebih mudah tersampaikan dan mudah dipahami oleh siswa.
Serta menyakutkan setiap materi dengan keadaan nyata yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga siswa akan lebih paham akan materi tersebut bukan hanya hafalan,ini akan menyebabkan siswa lebih lama dalam mengingat materi yang telah dipelajarinya.
Pemberian motivasi kepada siswa itu penting, agar mereka terpacu semangatnya dalam mempelajari matematika.
Dalam menjelesakan materi matematika dapat juga disisipkan dengan bermain, bernyanyi bahkan bisa dilakukan pembelajaran diluar kelas agar siswa dalam kondisi yang siap menerima materi yang akan disampaikan, sehingga akan terbentuk mindset pada siswa bahwa belajar matematika itu menyenangkan.
Wassalamualaikum wr.wb

Anonymous said...

Assalamuallaikum wr wb. Saya Desi Resmiyati (162180023) kelas 5A
Menurut pendapat saya upaya yang harus dilakukan untuk mengubah mindset siswa terhadap pelajaran matematika yang sulit yaitu dengan guru menggunakan metode-metode pembelajaran yang bervariasi, misalnya dengan permainan matematika, belajar di luar kelas dan sebagainya. Guru juga harus bisa menanamkan rasa bahwa matematika itu tidak sulit, dan memotivasi siswa agar mereka menyukai matematika.guru juga bisa menggunakan media yang mampu meningkatkan semangat siswa belajar matematika agar siswa tidak merasa bosan. menggunakan model pembelajaran yang dapat membuat siswa menjadi aktif, kreatif, dan inovatif sehingga siswa senang dalam mengikuti pembelajaran dan tidak menganggap matematika itu sulit. memberikan reward kepada siswa agar mereka selalu bersemangat pada pembelajaran matematika.

RISKY SETIAWAN, S.Pd said...

Nama : Tri Hartanti
Nim : 162180131
Kelas : 5D

Assalamu'alaikum wr wb
Ijin menanggapi bu,menurut saya solusinya yaitu dengan cara menerapkan model dan metode pembelajaran yang tepat dan dibiasakan siswa untuk aktif dalam proses belajar tersebut dan yang terpenting yaitu menggunakan media dalam pembelajaran sehingga menarik minat belajar siswa agar tidak takut dan siswa merasa senang.

RISKY SETIAWAN, S.Pd said...

Nama : Tri Hartanti
Nim : 162180131
Kelas : 5D

Assalamu'alaikum wr wb
Ijin menanggapi bu,menurut saya solusinya yaitu dengan cara menerapkan model dan metode pembelajaran yang tepat dan dibiasakan siswa untuk aktif dalam proses belajar tersebut dan yang terpenting yaitu menggunakan media dalam pembelajaran sehingga menarik minat belajar siswa agar tidak takut dan siswa merasa senang.

RISKY SETIAWAN, S.Pd said...

Nama : Tri Hartanti
Nim : 162180131
Kelas : 5D

Assalamu'alaikum wr wb
Ijin menanggapi bu,menurut saya solusinya yaitu dengan cara menerapkan model dan metode pembelajaran yang tepat dan dibiasakan siswa untuk aktif dalam proses belajar tersebut dan yang terpenting yaitu menggunakan media dalam pembelajaran sehingga menarik minat belajar siswa agar tidak takut dan siswa merasa senang.

RISKY SETIAWAN, S.Pd said...

Nama : Tri Hartanti
Nim : 162180131
Kelas : 5D

Assalamu'alaikum wr wb
Ijin menanggapi bu,menurut saya solusinya yaitu dengan cara menerapkan model dan metode pembelajaran yang tepat dan dibiasakan siswa untuk aktif dalam proses belajar tersebut dan yang terpenting yaitu menggunakan media dalam pembelajaran sehingga menarik minat belajar siswa agar tidak takut dan siswa merasa senang.

Unknown said...

nama : Panggih Anugerah Prasetyo
NIM : 162180050
PGSD B

Assalamualaikum.wr.wb
menurut saya untuk mengubah mindset peserta didik dalam memandang bahwa matematika itu sulit adalah dengan cara memberikan sebuah motivasi belajar dan selalu bangun rasa penasaran untuk memecahkan suatu masalah. karena pada dasarnya banyak yang saya temui di lapangan ada 2 tipikal pemikiran seseorang. orang ke 1 dia menyukai matematika karena ilmu pasti dan dia selalu penasaran untuk memecahkan suatu masalah pada matematika (ketika ada soal dia salah mengerjakanya dia selalu ingin mencoba menemukan solusinya). orang ke 2 dia lebih menyukai ilmu lain yang jawabanya bisa di fikirkan secara spontan/logika (jika menemui soal matematika kadang dia merasa malas mengerjakan karena melalui berbagai cara dan jawabanya masih saja salah kemudian malas memecahkan masalah pada soal tersebut). jadi membangun rasa penasaran itu penting bagi saya �� terimakasih.....
wassalamualaikum.wr.wb

Wahibur said...


Assalamualaikum wr wb..
Saya M.WAHIBURROKHMAN PGSD 5C 162180096
akan menanggapi postingan bu Rintis mengenai upaya yang dapat dilakukan untuk mengubah mindset siswa bahwa matematika itu susah..
Menurut saya sendiri, upaya yang harus dilakukan agar anak SD tidak menganggap matematika itu susah itu dengan cara kita rubah dahulu pemikiran siswa yang mengatakan matematika itu sulit menjadi matematika itu mudah. Dan anak sd cenderung suka dengan hal hal yang menarik sehingga guru perlu menggunakan metode pembelajaran yang manarik bagi siswa misalkan dengan cara outbond. Hal lain yang perlu dilakukan guru yaitu dengan menggunakan media pembelajaran sehingga siswa akan mudah memahami apa yang disampaikan oleh gurunya. 
Terima kasih.
Wassalamu'alaikum wr.wb

Wahibur said...


Assalamualaikum wr wb..
Saya M.WAHIBURROKHMAN PGSD 5C 162180096
akan menanggapi postingan bu Rintis mengenai upaya yang dapat dilakukan untuk mengubah mindset siswa bahwa matematika itu susah..
Menurut saya sendiri, upaya yang harus dilakukan agar anak SD tidak menganggap matematika itu susah itu dengan cara kita rubah dahulu pemikiran siswa yang mengatakan matematika itu sulit menjadi matematika itu mudah. Dan anak sd cenderung suka dengan hal hal yang menarik sehingga guru perlu menggunakan metode pembelajaran yang manarik bagi siswa misalkan dengan cara outbond. Hal lain yang perlu dilakukan guru yaitu dengan menggunakan media pembelajaran sehingga siswa akan mudah memahami apa yang disampaikan oleh gurunya. 
Terima kasih.
Wassalamu'alaikum wr.wb

Anonymous said...

Assalamuallaikum wr wb. Saya Desi Resmiyati (162180023) kelas 5A
Menurut pendapat saya upaya yang harus dilakukan untuk mengubah mindset siswa terhadap pelajaran matematika yang sulit yaitu dengan guru menggunakan metode-metode pembelajaran yang bervariasi, misalnya dengan permainan matematika, belajar di luar kelas dan sebagainya. Guru juga harus bisa menanamkan rasa bahwa matematika itu tidak sulit, dan memotivasi siswa agar mereka menyukai matematika.guru juga bisa menggunakan media yang mampu meningkatkan semangat siswa belajar matematika agar siswa tidak merasa bosan. menggunakan model pembelajaran yang dapat membuat siswa menjadi aktif, kreatif, dan inovatif sehingga siswa senang dalam mengikuti pembelajaran dan tidak menganggap matematika itu sulit. memberikan reward kepada siswa agar mereka selalu bersemangat pada pembelajaran matematika.

Unknown said...

aa

Unknown said...

Nama : Panggih Anugerah Prasetyo
NIM : 162180050
PGSD B

assalamualaikum.wr.wb
menurut saya untuk mengubah mindset peserta didik dalam memandang bahwa matematika itu sulit adalah dengan cara memberikan sebuah motivasi belajar dan selalu bangun rasa penasaran untuk memecahkan suatu masalah. karena pada dasarnya banyak yang saya temui di lapangan ada 2 tipikal pemikiran seseorang. 1 dia menyukai matematika karena ilmu pasti dan dia suka memecahkan suatu masalah pada pembelajaran matematika (ketika ada soal dia salah mengerjakanya dia selalu ingin mencoba menemukan solusinya). orang ke 2 dia lebih suka dengan ilmu yang jawabanya dapat di fikir spontan/logika (tidak pasti). jadi menurut saya membangun rasa penasaran dan motivasi saat belajar itu penting. terimakasih
wasaalamualaikum.wr.wb

Unknown said...

Nama : Panggih Anugerah Prasetyo
NIM : 162180050
PGSD B

assalamualaikum.wr.wb
menurut saya untuk mengubah mindset peserta didik dalam memandang bahwa matematika itu sulit adalah dengan cara memberikan sebuah motivasi belajar dan selalu bangun rasa penasaran untuk memecahkan suatu masalah. karena pada dasarnya banyak yang saya temui di lapangan ada 2 tipikal pemikiran seseorang. 1 dia menyukai matematika karena ilmu pasti dan dia suka memecahkan suatu masalah pada pembelajaran matematika (ketika ada soal dia salah mengerjakanya dia selalu ingin mencoba menemukan solusinya). orang ke 2 dia lebih suka dengan ilmu yang jawabanya dapat di fikir spontan/logika (tidak pasti). jadi menurut saya membangun rasa penasaran dan motivasi saat belajar itu penting. terimakasih
wasaalamualaikum.wr.wb

Anjar Fita said...

Nama : Meliana Wulandari
Nim :162180174
kelas : 5E

Assalamualaikum Wr.Wb
Menurut pendapat saya matematika di SD tidak sulit karena guru harus menguasai pembelajaran dan siswa agar dapat menangkap pembelajaran yang disampaikan guru melalui permainan dan media yang dibuat guru agar siswa mudah menangkap pembelajaran dan fokus dalam pembelajaran. Setiap guru memiliki teknik dan taktik yang berbeda - beda sehingga siswa merasa senang dan mudah diserap pembelajarannya. Sebenarnya matematika di SD itu tidak sulit karena tergantung dari guru yang menerapkan pembelajarannya dan bagaimana menarik minat siswa agar menyukai matematika dan matematika di SD dimulai dari yang mudah menuju yang sulit. Tidak langsung menggunakan cara yang abstrak.
Wassalamualaikum Wr.Wb

Unknown said...

Nama : tri yuni lestari
Nim : 162180052
Kelas: 5B

Assalamu'alaikum
Ijin menanggapi bu. Menurut saya yaitu setiap pembelajaran sebaiknya menggunakan media dan permainan agar siswa tidak merasa jenuh dan mudah untuk di pahami. Dengan Media akan mempermudah dalam menyampaikan materi disertai permainan agar siswa merasa senang dan tidak bosan.

Pranisa Anindya F said...

Assalamualaikum wr.wb
Pranisa Anindya Febriansari
162180082
PGSD 5C
Setelah saya membaca tulisan di atas, saya akan menanggapi tulisan Ibu Rintis Rizkia. Menurut saya upaya yang harus dilakukan agar anak SD tidak menganggap matematika itu sulit yang pertama adalah mengubah dahulu pemikiran siswa bahwa matematika itu sebenarnya tidak lah sulit. Yang kedua adalah anak SD itu cenderung suka dengan hal-hal yang menarik sehingga saat melakukan pembelajaran saya akan menggunakan cara atau metode yang dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam melakukan pembelajaran dengan cara sebagai berikut :
1.Belajar di alam terbuka
Anak-anak bisa diajarkan cara berhitung dengan menyenangkan, misal dengan daun-daun atau bunga. Mereka bisa diajarkan pengurangan dengan melakukan transaksi pembelian di pasar atau kantin. Hal-hal semacam ini lebih mendekatkan anak-anak pada penerapan Matematika yang secara tidak langsung juga meningkatkan kemampuan matematisnya.
2. Menggunakan Permainan
Anak-anak bisa diajak bermain sesuai dengan tingkatan kemampuannya. Misal aplikasi belajar penjumlahan, perkalian, hingga soal-soal pemecahan masalah lainnya. Untuk alat peraga, anak bisa diajarkan untuk mencari luas, volume, dan belajar pecahan dengan bahan kertas karton yang digunting atau pun bisa juga menggunakan sempoa, congklak atau dakon, monopoli, dan ular tangga.
3.Menggunakan trik-trik matematika
Dengan trik, matematika biisa dipelajari dengan lebih menyenakan. Trik dalam matematika bisa berupa bagaimana menghitung dengan cepat, mencari nilai tertentu tanpa rumus rumit, hingga menggunakan jembatan keledai untuk menghafalkan rumus-rumus yang cukup panjang dan membingungkan
4.Membuat pelajaran matematika jadi menyenakan dengan lagu-lagu.

Dengan demikian siswa akan mudah memahami dan mengganggap bahwa matematika itu mudah dan menyenangkan. Terima kasih.
Wassalamualakum wr.wb

yanticassafa said...

Nama : Turyanti
Nim : 162180061
Kelas : 5/B
Assalamualalikum.wr.wb
menutur mendapat saya, tentang bagaimana mengubah mindset bahwa matematika itu sulit, yaitu dengan media pembelajaran dan guru yang asik, menurut saya media pembelajaran sangat membantu dalam menyampaikan pembelajaran dengan asik dan menyenangkan, dan tidak monoton, dimana media yang dibuat menarik siswa untuk mengikuti pembelajaran, sehingfa siswa tertatik untuk belajar, dan media pembelajaran juga dapat membuat suasana kelas lebih aktif dan menyenangkan, tetapi semua itu juga tergantung pada gurunya, bagaimana guru membuat pembelajaran itu semenyenangkan mungkin, sehingga siswa tidak bosan dan mengikuti pembelajaran sampai akhir dg kondusif, guru harus punya daya tarik tersendiri untuk membuat siswa tertarik dg pembelajaran yg akan diajarkan, guru harus aktif dan tau dimana ia harus menyisipkan kelucuan di sela2 pembelajaran dan guru juga harus tau dimana ia harus aktif menekankan pembelajaran, mungkin hanya itu pendapat saya, jika ada salah kata saya mohon maaf. terimakash wassalamualalikum.wr.wb

yanticassafa said...

Nama : Turyanti
Nim : 162180061
Kelas : 5/B
Assalamualalikum.wr.wb
menutur mendapat saya, tentang bagaimana mengubah mindset bahwa matematika itu sulit, yaitu dengan media pembelajaran dan guru yang asik, menurut saya media pembelajaran sangat membantu dalam menyampaikan pembelajaran dengan asik dan menyenangkan, dan tidak monoton, dimana media yang dibuat menarik siswa untuk mengikuti pembelajaran, sehingfa siswa tertatik untuk belajar, dan media pembelajaran juga dapat membuat suasana kelas lebih aktif dan menyenangkan, tetapi semua itu juga tergantung pada gurunya, bagaimana guru membuat pembelajaran itu semenyenangkan mungkin, sehingga siswa tidak bosan dan mengikuti pembelajaran sampai akhir dg kondusif, guru harus punya daya tarik tersendiri untuk membuat siswa tertarik dg pembelajaran yg akan diajarkan, guru harus aktif dan tau dimana ia harus menyisipkan kelucuan di sela2 pembelajaran dan guru juga harus tau dimana ia harus aktif menekankan pembelajaran, mungkin hanya itu pendapat saya, jika ada salah kata saya mohon maaf. terimakash wassalamualalikum.wr.wb

Unknown said...

Assalamu'alaikum wr.wb
Saya ingin mencoba menanggapi, menurut saya untuk mengubah mindset siswa bahwa "matematika itu sulit" sebagai calon guru SD kita dapat melakukan hal-hal yang membuat pembelajaran matematika menarik dan menyenangkan, terutama pada saat guru pertama kali mengenalkan materi matematika kepada siswa, agar siswa lebih tertarik dan rasa ingin tahunya tinggi terhadap materi matematika.
Kita juga perlu menggunakan model, metode, dan media yang tepat pada tiap-tiap pembelajaran matematika agar materi lebih mudah tersampaikan dan mudah dipahami oleh siswa.
Serta menyakutkan setiap materi dengan keadaan nyata yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga siswa akan lebih paham akan materi tersebut bukan hanya hafalan,ini akan menyebabkan siswa lebih lama dalam mengingat materi yang telah dipelajarinya.
Pemberian motivasi kepada siswa itu penting, agar mereka terpacu semangatnya dalam mempelajari matematika.
Dalam menjelesakan materi matematika dapat juga disisipkan dengan bermain, bernyanyi bahkan bisa dilakukan pembelajaran diluar kelas agar siswa dalam kondisi yang siap menerima materi yang akan disampaikan, sehingga akan terbentuk mindset pada siswa bahwa belajar matematika itu menyenangkan.
Wassalamualaikum wr.wb

Amalina Hanik said...

Nama : Amalina Hanik
Kelas : 5b
Menanggapi tulisan ibu, menurut pendapat saya cara merubah mindset siswa tentang matematika yang sulit bisa dimulai dari gurunya. Sebaiknya guru tidak melabeli matematika itu sulit dan menyampaikannya kepada siswa. Selain itu, menyampaian materi dengan cara yang sederhana dan mudah di terima serta menarik misalnya menggunakan media juga dapat mengubah mindset siswa. Guru juga bisa menggunakan media dan contoh yang nyata jika memungkinkan agar siswa mudah menerima materi yang disampaikan.
Terimakasih

Amalina Hanik said...
This comment has been removed by the author.
Education online said...

Nama : Nur khasanah
Nim : 162180021
Kelas : 5A

Assalamu'alaikum wr.wb
Menurut pendapat saya matematika sangatlah penting bagi kehidupan sehari hari. Matematika adalah ilmu pasti dari zaman dulu sampai era sekarang. Sebenarnya jika kita memahami konsep matematika dengan baik dan benar matematika itu tidak sulit jika di pahami melainkan menyenangkan. Nah bagaimana kita merubah maindset anak didik kita agar mudah dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar harus menggunakan berbagai metode agar siswa itu dapat memahami matematika dalam pembelajaran, banyak metode atau trik saat mengajarkan mametematika pada anak yaitu dengan bernyanyi dan bermain mengubah materi matematika yang mudah di ingat dipahami dengan mudah.

Education online said...

Nama : Nur khasanah
Nim : 162180021
Kelas : 5A

Assalamu'alaikum wr.wb
Menurut pendapat saya matematika sangatlah penting bagi kehidupan sehari hari. Matematika adalah ilmu pasti dari zaman dulu sampai era sekarang. Sebenarnya jika kita memahami konsep matematika dengan baik dan benar matematika itu tidak sulit jika di pahami melainkan menyenangkan. Nah bagaimana kita merubah maindset anak didik kita agar mudah dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar harus menggunakan berbagai metode agar siswa itu dapat memahami matematika dalam pembelajaran, banyak metode atau trik saat mengajarkan mametematika pada anak yaitu dengan bernyanyi dan bermain mengubah materi matematika yang mudah di ingat dipahami dengan mudah.

Broiler++ said...

Nama: Anwar
Nim : 162180184
Kelas: pgsd 5b
Assalamualaikum
Ijin berpendapat buk,, menurut saya untuk merubah mindset anak terhadap pembelajaran matematika, pengajaran matematika sebaiknya menempatkan anak sebagai subjek yang belajar aktif.jika didapati ada siawa yang kurang minat untuk mempelajari matematika, maka harus ada penanganan dari guru dan orang tua, para pengajar harus dapat menyusun sistem pembelajaran untuk materi matematika dengan setrategi yang bervariasi dan melibatkan siswa secara aktif. Pembelajaran yang dilakukan harus mengacu pada peningkatan aktivitas dan partisipasi siswa. Para pengajar harus berupaya mengubah cara mengajarkan matematika menjadi lebih menarik dan menyenangkan sehingga dapat menumbuhkan minat belajar matematika anak didik untuk belajar matematika tanpa paksaan tetapi berdasarkan kecintaan terhadap materi matematika, langkah yang perlu dilakukan antara lain, 1). Dari segi pendidik, guru yang menyenangkan,humoris, akan menumbuhkan rasa senang anak terhadap guru maka akan menumbuhkan juga rasa kecintaan terhadap materi dan akan terus mengikuti setiap materi yang di ajarkan oleh guru tersebut. 2). Penyajian materi yang berfariatif dan menarik, bisa dalam bentuk permainan,diskusi, atau kegiatan outdoor, hal ini untuk mencegah siswa merasa bosen dengan hitung-hitungan. 3). Menyampaikan materi dengan bercerita dan memberi contoh, memahami matematika bukan dengan menghafal rumus matematika semata, melainkan dengan berfikir logis dalam memecahkan masalah matematis. Daya pikir dan nalar anak akan berkembang saat soal matematis di rangkai dalam bentuk cerita. 4). Menerjemahkan soal matematika kedalam bentuk permainan dengan menggunakan media pembelajaran yang sesuai.
Terimakasih.

Unknown said...

Nama : Ayu Tiara Prasanti
Kelas: 5b
Nim : 162180056
Menanggapi tulisan ibu, menurut saya untuk mengubah mindset siswa bahwa matematika itu sulit adalah dengan cara berawal dari guru pada saat kegiatan pembelajaran guru perlu menggunakan beberapa strategi,media,dan metode misalkan alat-alat peraga dan beberapa metode pembelajaran agar siswa tertarik dan mudah memahami materi, akan tetapi pastikan media dan metode tersebut relevan dan sesuai, baik dengan materi maupun sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
Terimakasih.

Anonymous said...

Assalamualaikum wr.wb

Nama : Eva Viyana
NIM : 162180064
Kelas : 5B PGSD

Menurut pendapat saya, untuk mengubah mindset bahwa matematika itu sulit yaitu menyampaikan dengan pembelajaran matematika menggunakan metode, model dan strategi pembelajaran yang menyenangkan dan juga bervariasi. Sehingga peserta didik merasa senang dan tidak beranggapan bahwa matematika itu sulit. Anak diajak untuk menemukan sendiri pemecahan masalah yang berkaitan dengan matematika. Misalnya, dengan menggunakan media yang konkret. Dengan menggunakan media konkret anak-anak dapat lebih memahami pembelajaran yang dilakukan. Guru juga harus lebih inovatif dan lebih banyak memberikan motivasi kepada siswa agar siswa tersebut memiliki minat dan suka terhadap matematika serta guru juga harus lebih sabar dan mampu mengolah emosi agar anak didik tidak merasa takut pada pembelajaran matematika dan menjadi pembelajaran lebih bermakna.

Walaikumsalam wr.wb

Linda Gita Cahyani_PPG Prajab PGSD Kelas D said...

Nama : Linda Gita Cahyani
Nim : 162180179
5E
Assalamualaikum Wr. Wb.

Menurut saya, untuk mengubah mindset dari tidak suka matematika menjadi suka matematika dan dari anggapan matematika itu sulit menjadi matematika itu mudah, yaitu:
1. Dalam mempersiapkan pembelajaran, guru memilih teknik, taktik, strategi, model, metode, dan pendekatan yang memungkinkan siswa untuk aktif berpartisipasi selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Jadi, guru hanya sebagai fasilitator. Hal ini baik dilakukan, karena dengan siswa aktif maka mereka tidak akan bosan, materi akan mudah diserap, dan diingat.
2. Pembelajaran tidak hanya dilakukan di dalam kelas tetapi juga bisa dilakukan di luar kelas / outbound. Misalnya terutama kelas rendah pada materi operasi hitung bilangan, guru bisa mengajak siswa ke kolam ikan yang ada di sekolah dan mempraktekkan langsung menghitung banyaknya ikan yang ada di kolam tersebut. Contoh lain yakni menghitung banyaknya mangga di pohon mangga yang ada di halaman sekolah.
3. Dalam pembelajaran, guru tidak hanya menggunakan buku sebagai sumber belajar. Guru juga dianjurkan untuk membuat media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan materi matematika yang diajarkan. Media sangat penting untuk siswa SD karena mereka tidak bisa berfikir secara abstrak. Oleh karena itu, diperlukan media agar memudahkan mereka dalam memahami materi. Selain itu, dengan adanya media juga dapat memotivasi siswa untuk belajar.
4. Guru juga perlu memberikan permainan edukatif disela-sela pembelajaran untuk refreshing (menyenangkan siswa) dan agar siswa menjadi konsentrasi kembali.
5. Dalam pembelajaran, guru bisa mengkombinasikan materi dengan lagu. Guru membuat lagu dengan cara mengganti lirik dari lagu yang sudah familiar didengar anak. Lirik disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan. Dengan bernyanyi, siswa akan bergembira dan efeknya secara tidak langsung mereka sudah memahami dan menghafalkan materi matematika yang diajarkan.
Sekian dan terimakasih.

Wassalamuallaikum Wr. Wb.

Maulinda Iswara said...

Nama: Maulinda Iswara
Kelas: 5B
Nim:162180040

Menanggapi tulisan ibu, menurut pendapat saya cara merubah mindset siswa tentang matematika sulit yaitu dimulai dari gurunya. Sebagai calon guru SD kita harus membuat pembelajaran tidak membosankan, bisa menarik perhatian siswa lebih asik dan menyenangka. Misalnya dengan menggunakan alat peraga, media atau sebuah permainan agar siswa juga mampu menerima materi dengan menyenangkan dan juga mampu bekerjasama dengan antar teman.

Terimakasih

Unknown said...

Nama: Ilham arif santoso
Nim: 172180103
Kelas 3c

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Menanggapi dari tulisan ibu Rintis
Menurut saya upaya yang dapat dilakukan untuk mengubah mindset pada siswa SD bahwa matematika itu sulit yaitu yang pertama guru harus bisa mengubah dahulu pemikiran mereka bahwa sebenarnya matematika itu mudah. Kedua sebagai guru kita harus cerdas dan melakukan inovasi sehingga menjadikan pembelajrann matematika adalah pembelajaran yang menyenangkan misalnya melalui permainan atau nyanyi-nyanyian. Ketiga dalam pembelajaran matematika guru sebisa mungkin membuat kelas menjadi ceria dan santai sehingga pembelajaran lebih mudah tersalurkan ke siswa. Keempat, menerangkan materi dengan mengaitkan kejadian di kehidupan nyata sehingga siswa sd lebih mudah menangkap mater. Kelima guru menggunakan strategi, media, metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak didik. Keenam memberikan motivasi dan spirit pada siswa.
Sekian tanggapan yang dapat saya berikan. Terimakasih. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Unknown said...

Nama: Ilham arif santoso
Nim: 172180103
Kelas 3c

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Menanggapi dari tulisan ibu Rintis
Menurut saya upaya yang dapat dilakukan untuk mengubah mindset pada siswa SD bahwa matematika itu sulit yaitu yang pertama guru harus bisa mengubah dahulu pemikiran mereka bahwa sebenarnya matematika itu mudah. Kedua sebagai guru kita harus cerdas dan melakukan inovasi sehingga menjadikan pembelajrann matematika adalah pembelajaran yang menyenangkan misalnya melalui permainan atau nyanyi-nyanyian. Ketiga dalam pembelajaran matematika guru sebisa mungkin membuat kelas menjadi ceria dan santai sehingga pembelajaran lebih mudah tersalurkan ke siswa. Keempat, menerangkan materi dengan mengaitkan kejadian di kehidupan nyata sehingga siswa sd lebih mudah menangkap mater. Kelima guru menggunakan strategi, media, metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak didik. Keenam memberikan motivasi dan spirit pada siswa.
Sekian tanggapan yang dapat saya berikan. Terimakasih. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Anonymous said...

Assalamualaikum wr wb

Nama : Prisca Meyta Dewanti
NIM : 162180130
Kelas : 5D

Menanggapi apa yang dipaparkan diatas, menurut saya matematika sama dengan pelajaran yang lain jika dipelajari, dimengerti, dipahami, dan banyak berlatih akan mudah dikuasai. Matematika itu ada dimana-mana, dalam keseharian bahkan banyak sekali hal yang membutuhkan penguasaan ilmu ini. Oleh karena itu, guru sedapat mungkin mengajarkan Matematika dengan suasana yang fun namun tetap terarah. Anak dilibatkan dalam pembelajaran, disuruh mengamati, menghitung. Intinya learning by doing, learning together, bahkan learning by singing dan mencatat kreatif ala Mind Map yang unik. Matematika dapat dipelajari dengan konsep Mind Map ini sehingga anak-anak akan lebih senang dalam belajar matematika. Matematika itu tidak sulit, hanya bagaimana menciptakan mindset kepada anak untuk gigih beruasaha, menciptakan selera belajar, dan semagat anak untuk pantang menyerah memecahkan permasalahan/problem solving.

mia dwi said...

Assalamualaikum wr wb
nama : mia dwi septiani
kelas : 5b pgsd
nim : 162180048
Saya akan mencoba untuk berargumen, untuk mengubah mindset siswa sd tentang matematika itu sulit adalah dengan membuat pembelajaran matematika itu menjadi menyenangkan. UBuat suasana di kelas tidak menegangkan saat pembelajaran matematika. guru bisa mengajak siswa belajar sambil bermain dengan menggunakan alat peraga atau media pembelajaran sebagai permainan. Siswa akan antusias dan merasa penasaran dengan permainan permainan yang di berikan guru apalagi anak sd masih sangat suka bermain bersama teman temannya. Guru juga bisa menerangkan dengan mengkaitkan materi dengan kehidupan anak sehari hari jadi anak tidak berpikir abstrak dan bisa memahami dengan mudah.soal yang di berikan pada siswa juga bisa menggunakan soal cerita dengan bahasa sehari hari supaya siswa lebih tertarik dan mudah memahaminya.

Unknown said...

Nama : Maftukh Khoirudin
NIM : 162180034
Kelas: PGSD 5A

Assalamualaikum wr wb
Saya Maftukh akan menanggapi postingan dari bu Rintis,,, menurut saya untuk merubah mind set bahwa matematika itu sulit itu mungkin saja bisa dilakukan,,,, caranya dengan memanfaatkan segala sesuatu yang disukai anak, misalkan permaianan atau gambar gambar tertentu sebagai medianya, sehingga anak anak tidak akan merasa bahwa mereka belajar matematika. Selain itu penyampaian materi matematika juga sangat berpengaruh. Jika penyampaiannya bisa menyenangkan dan membangkitkan semangat belajar siswa maka siswa akan memiliki rasa ketertarikan tersendiri untuk belajar matematika. Jika itu sudah tercipta maka pandangan siswa terhadap matematika akan berubah, yang tadinya tidak suka menjadi suka dengan matematika.
Sekian dan terima kasih.
Wassalamu'alaikum wr wb

Unknown said...

Nama : Maftukh Khoirudin
NIM : 162180034
Kelas: PGSD 5A

Assalamualaikum wr wb
Saya Maftukh akan menanggapi postingan dari bu Rintis,,, menurut saya untuk merubah mind set bahwa matematika itu sulit itu mungkin saja bisa dilakukan,,,, caranya dengan memanfaatkan segala sesuatu yang disukai anak, misalkan permaianan atau gambar gambar tertentu sebagai medianya, sehingga anak anak tidak akan merasa bahwa mereka belajar matematika. Selain itu penyampaian materi matematika juga sangat berpengaruh. Jika penyampaiannya bisa menyenangkan dan membangkitkan semangat belajar siswa maka siswa akan memiliki rasa ketertarikan tersendiri untuk belajar matematika. Jika itu sudah tercipta maka pandangan siswa terhadap matematika akan berubah, yang tadinya tidak suka menjadi suka dengan matematika.
Sekian dan terima kasih.
Wassalamu'alaikum wr wb

mia dwi said...

Assalamualaikum wr. Wb
Nama : mia dwi septiani
Nim : 162180048
Kelas : B pgsd
Saya akan mencoba berargumen, untuk mengubah mindset anak bahwa matematika itu sulit adalah dengan membuat pembelajaran di kelas khususnya pada mata pelajaran matematika menjadi menyenangkan. Hilangkan ketegangan siswa saat akan memulai pembelajaran matematika dengan mengajak siswa belajar sambil bermain agar siswa tertarik dan penasaran dengan pembelajaran matematika, apalagi anak sd yang umumnya masih suka bermain bersama teman temannya. Guru bisa menggunakan media pembelajaran atau alat peraga sebagai perantara permainan. Guru juga bisa menerangkan materi dengan menggunakan bahasa sehari hari dan mengaitkan materi tersebut dengan kehidupan di sekitar lingkungan anak supaya anak tidak berpikir abstrak dan lebih mudah dipahami. Untuk soal cerita guru bisa menggunakan cerita dengan bahasa sehari hari supaya lebih menarik perhatian anak. Dengan pembelajaran seperti itu siswa jadi tidak merasa terbebani karena pembelajaran matematika menjadi asik dan lebih menarik.
Sekian dan terimakasih
Wasalamualaikum wr. Wb

Unknown said...

Sinta Rahmawati (162180155)
PGSD 5E
Assalamualaikum wr.wb.
Agar proses belajar matematika dapat berlangsung menyenangkan, ada beberapa pemikiran untuk mengurangi ketakutan atau persepsi negatif terhadap matematika yaitu:
1. Pembelajaran matematika dikemas dengan berorientasi pada lingkungan sekitar. Salah satu pendekatan yang dapat dilakukan adalah RME (Realistic Mathematic Education) yaitu dengan mengaitkan dan melibatkan lingkungan sekitar, pengalaman nyata peserta didik dalam kehidupan sehari-hari, serta menjadikan matematika sebagai aktivitas peserta didik. Peserta didik diajak berpikir cara menyelesaikan masalah yang pernah dialaminya, misalnya tentang uang jajannya, jadwal keberangkatan kereta api, dan lain-lain.
2. Pembelajaran di luar ruangan.
Pembelajaran di luar ruangan merupakan variasi strategi pembelajaran yang berhubungan dengan kehidupan dan lingkungan sekitar secara langsung, sekaligus menggunakannya sebagai sumber belajar. Pilihlah topik yang sesuai, misalnya mengukur tinggi pohon, diameter pohon, panjang daun, menghitung jumlah kendaraan yang lewat dan lain sebagainya.
3. Menuntaskan materi.
Ada keyakinan bahwa “peserta didik lebih baik mempelajari sedikit materi sampai tuntas daripada belajar banyak namun dangkal”. Jadi, pendidik harus berupaya menuntaskan peserta didik dalam belajar sebelum ke materi selanjutnya agar tidak terjadi miskonsepsi yang akan membelenggu peserta didik dalam belajar matematika.
4. Belajar sambil bermain.
Bagi kebanyakan peserta didik, belajar matematika merupakan beban berat dan membosankan, sehingga mereka kurang termotivasi, cepat bosan, dan lelah. Untuk mengatasi hal tersebut pendidik dapat melakukan berbagai inovasi pembelajaran, misalnya memberikan kuis atau teka-teki yang harus ditebak baik secara berkelompok ataupun individu, membuat puisi matematika dan peserta didik mendeklamasikannya di depan kelas secara bergantian, membuat syair lagu tentang materi matematika, memberikan permainan di kelas, dan sebagainya tergantung kreativitas pendidik.
Wassalamualaikum wr.wb.

Chuseri said...

Nama : Achmad Chuseri
NIM : 162180060
PGSD 5B

menurut pendapat saya cara mengubah mindset siswa bahwa matematika itu sulit memerlukan beberapa orang. salah satunya adalah guru, agar mindset itu hilang seorang guru harus kreatif dalam menyampaikan materi pelajaran dan juga harus lebih teliti terhadap siswa. Karena kebayakan siswa termasuk saya menganggap matematika sulit itu karena ada beberapa materi yang tertinggal dan tidka bisa mengerjakan sehingga akan terlihat sulit. Guru juga harus pandai memfokuskan perhatian siswa dengan menggunakan media pembelajaran, nyanyian, dan juga permainan. sehingga tidak terkesan matematika adalah mata pelajaran yang hanya mengolah angka angka. Selain guru, orang tua juga terlibat dalam proses ini, karena biasanya guru memberi PR dan saat orang tua ditanya anaknya orang tua kebanyakan menjawab tidak tau dan matematika itu susah. selain itu orang tua juga bisa mengajarkan ananya mengenai dasar dari matematika misalnya mentarget hafal perkalian 1 sampai 10.

dengan seperti itu saya rasa siswaakan lebih semangat dan dapat mengubah mindset tentang matematika sulit.

mia dwi said...

Assalamualaikum wr. Wb
Nama : mia dwi septiani
Nim : 162180048
Kelas : B pgsd
Saya akan mencoba berargumen, untuk mengubah mindset anak bahwa matematika itu sulit adalah dengan membuat pembelajaran di kelas khususnya pada mata pelajaran matematika menjadi menyenangkan. Hilangkan ketegangan siswa saat akan memulai pembelajaran matematika dengan mengajak siswa belajar sambil bermain agar siswa tertarik dan penasaran dengan pembelajaran matematika, apalagi anak sd yang umumnya masih suka bermain bersama teman temannya. Guru bisa menggunakan media pembelajaran atau alat peraga sebagai perantara permainan. Guru juga bisa menerangkan materi dengan menggunakan bahasa sehari hari dan mengaitkan materi tersebut dengan kehidupan di sekitar lingkungan anak supaya anak tidak berpikir abstrak dan lebih mudah dipahami. Untuk soal cerita guru bisa menggunakan cerita dengan bahasa sehari hari supaya lebih menarik perhatian anak. Dengan pembelajaran seperti itu siswa jadi tidak merasa terbebani karena pembelajaran matematika menjadi asik dan lebih menarik.
Sekian dan terimakasih
Wasalamualaikum wr. Wb

mia dwi said...

Assalamualaikum wr. Wb
Nama : mia dwi septiani
Nim : 162180048
Kelas : B pgsd
Saya akan mencoba berargumen, untuk mengubah mindset anak bahwa matematika itu sulit adalah dengan membuat pembelajaran di kelas khususnya pada mata pelajaran matematika menjadi menyenangkan. Hilangkan ketegangan siswa saat akan memulai pembelajaran matematika dengan mengajak siswa belajar sambil bermain agar siswa tertarik dan penasaran dengan pembelajaran matematika, apalagi anak sd yang umumnya masih suka bermain bersama teman temannya. Guru bisa menggunakan media pembelajaran atau alat peraga sebagai perantara permainan. Guru juga bisa menerangkan materi dengan menggunakan bahasa sehari hari dan mengaitkan materi tersebut dengan kehidupan di sekitar lingkungan anak supaya anak tidak berpikir abstrak dan lebih mudah dipahami. Untuk soal cerita guru bisa menggunakan cerita dengan bahasa sehari hari supaya lebih menarik perhatian anak. Dengan pembelajaran seperti itu siswa jadi tidak merasa terbebani karena pembelajaran matematika menjadi asik dan lebih menarik.
Sekian dan terimakasih
Wasalamualaikum wr. Wb

Unknown said...

Assalamualaikum wr.wb

Nama : Cipta Ridho Ratna Putri
NIM : 162180103
Kelas : 5 C

Menurut pendapat saya, untuk mengubah mindset bahwa matematika itu sulit yaitu menyampaikan dengan pembelajaran matematika menggunakan metode, model dan strategi pembelajaran yang menyenangkan dan juga bervariasi. Sehingga peserta didik merasa senang dan tidak beranggapan bahwa matematika itu sulit. Anak diajak untuk menemukan sendiri pemecahan masalah yang berkaitan dengan matematika. Misalnya, dengan menggunakan media yang konkret. Dengan menggunakan media konkret anak-anak dapat lebih memahami pembelajaran yang dilakukan. Guru juga harus lebih inovatif dan lebih banyak memberikan motivasi kepada siswa agar siswa tersebut memiliki minat dan suka terhadap matematika serta guru juga harus lebih sabar dan mampu mengolah emosi agar anak didik tidak merasa takut pada pembelajaran matematika dan menjadi pembelajaran lebih bermakna.cara lain yaitu dengan cara kita sebagai guru SD harus mempunyai kreativitas yang tinggi agar saat pembelajaran matematika menggunakan media pembelajaran yang menarik.dengan demikian siswa akan mudah memahami dan menganggap bahwa matematika itu mudah dan menyenangkan.

Walaikumsalam wr.wb

saiful annam said...

Assalamualaikum wr wb
Nama:saiful annam
162180084
Mencoba menanggapi tulisan dari ibu,menurut saya memang agar siswa yang diajarkan matematika ataupun pembelajaran lainnya harus suka dengan apa yg dipelajarinya agar ilmu tersebut dapat diserap oleh siswa. Sebagai calon guru harus pintar dalam mengubah mind set siswa tersebut agar siswa yang tadinya tidak menyukai pelajaran tersebut diharapkan menjadi suka. Cara mengubah mind set nya juga harus bertahap seperti halnya pada kurikulum k 13 yang pembelajarannya bersifat tematik yang memadukan beberapa mata pelajaran. Ketika anak tidak suka dengan matematika dia secara tidak sengaja bisa belajar matematika karena bisa di padukan dengan pelajaran lain dan secara tidak langsung anak itu mungkin menghitung. Jadi pengenalan matematika nya tersebut tidak secara langsung..yang penting anak mempelajarinya dulu..ketika anak sudah sering mempelajarinya dan di imbangi dengan pendekatan dan pembelajaran dari guru yg bisa menyenangkan maka anak tersebut secara pelan2 akan menyukai pelajaran matematika ketika fungsi dari guru ataupun pendekatannya berhasil diterapkan.kemudian guru selalu memberikan motivasi dan pengarahan pada siswa tersebut agar mind set nya bisa berubah. Atau guru juga harus mengetahui minat siswa tersebut dan secara perlahan bisa memadukan minat siswa tersebut dengan pembelajaran matematika tersebut.ketika siswa sudah asyik dengan pembelajarannya pasti siswa akan suka dengan pelajarannya. Terimakasih
Wassalamualaikum wr wb

NtF said...

Nama : Ninda Tri Fadilah
NIM : 162180129
Kelas : 5D

Menurut saya untuk merubah cara berpikir siswa kita sebagai calon guru harus mengetahui apa saja masalah yang dihadapi oleh siswa, tentang pembelajaran matematika yang dianggap siswa sulit guru dapat merubah cara dalam mengajarnya dengan metode dan model yang sesuai dengan materi yang disampaikan oleh guru. Pembuatan media pembelajaran yang menarik tetapi tetap disesuaikan dengan keadaan siswa dan materinya, atau dengan cara bermain akan membuat siswa senang dan dapat menyimpulkan isi pembelajaran matematika yang telah disampaikan oleh guru. Mungkin cara itu dapat membantu guru untuk merubah pikiran siswa tentang "pelajaran matematika sulit" dan siswa dapat mengikuti pembelajaran matematika dan mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru.

NtF said...

Assalamu'alaikum wr.wb
Nama. : Eka Nofita Sari
NIM : 162180109
Kelas : 5D

Menurut pendapat saya, memang kebanyakan siswa mengatakan bahwa pelajaran matematika itu susah dan kebanyakan juga mengakibatkan mereka tidak menyukai pelajaran tersebut. Sebagai guru hendaklah mencari solusi bagaimana siswa tersebut yang awalnya berfikiran bahwa matematika itu susah dan sulit menjadi mudah dan lebih menyukainya yaitu guru hendaklah menggunakan alat peraga atau media yang dapat menarik perhatian siswa, bisa juga guru menerapkan melalui permainan yang berhubungan dengan materi yang disampaikan dan guru juga bisa menghubungkan materi tersebut ke dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga siswa paham dan tidak hanya hafalan melalui rumus saja. Saat pembelajaran, guru juga bisa memberi selingan dengan mengajak siswa bernyanyi agar siswa tidak terlalu tegang atau takut.
Terimakasih
Wassalamu'alaiakum wr.wb

Maytha maharani said...

Nama : Maytha Maharani
NIM : 162180065
Kelas : 5B

Assalamu’alaikum wr wb
Menanggapi tulisan Ibu, menurut pendapat saya sebagai calon pendidik kita harus bisa menemukan akar masalah yang menyebabkan siswa malas mengikuti pelajaran dan tidak tertarik dengan matematika. Karena tidak mungkin jika tidak ada akar masalahnya tapi banyak muncul pendapat bahwa matematika itu sulit. Ada beberapa faktor yang membuat peserta didik beranggapan bahwa matematika itu terasa susah, dintaranya:
a. Faktor internal, misalnya: Minat dan bakat siswa, motivasi yang lemah, kesadaran yang kurang tentang pentingnya belajar matematika, dan lain-lain.
b. Faktor eksternal, misalnya: Guru yang kurang bersahabat, kurangnya motivasi, metode penyampaian kurang tepat, kurangnya pemberian penyadaran bahwa belajar matematika itu penting bagi kehidupan manusia.
Setelah mengetahui akar permasalahnya maka kita dapat menyimpulkan solusi apa yang harus diterapkan agar siswa memiliki minat terhadap matematika, mengingat kembali bahwa matematika itu merupakan ilmu yang sangat penting. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat di lakukan untuk merubah pola pikir agar siswa memiliki rasa ingin tahu terhadap matematika:
1. Pastikan peserta didik memahami materi yang telah disampaikan.
Matematika merupakan pelajaran yang kompleks, dimana setiap materi yang satu saling berkaitan dengan materi lainnya. Selain pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas, guru juga dapat mengajak siswa belajar di luar ruangan. Dalam menyampaikan materi pembelajaran sebaiknya guru:
a. Menerangkan materi secara structural dan menuntaskan materi.
b. Jangan terlalu cepat saat menerangkan materi, bila perlu ulangi kembali materi yang disampaikan bila banyak pederta didik yang kurang paham.
c. Memadukan materi dengan dunia nyata.
d. Jangan menuntut peserta didik untuk menghafal rumus.
e. Melakukan pembelajaran sambil permainan. Karena sejatinya belajar matematika melalui permainan dapat meningkatkan minat dan motivasi peserta didik serta menepis anggapan bahwa matematika itu sulit dan menyeramkan bahkan sebaliknya. Untuk itu, dituntut kreativitas kita dalam menyampaikan materi.
f. Menggunakan strategi, metode, model, dan pendekatan pembelajaran yang tepat.
g. Menggunakan media atau alat peraga yang tepat dan sebagainya.
2. Perhatian harus tertuju ke semua siswa.
Hal tersebut penting untuk mengetahui apa yang dilakukan siswa saat proses belajar mengajar.
3. Beri Motivasi
Banyak peserta didik yang menganggap bahwa matematika adalah pembelajaran yang sulit dan membosankan, untuk itu jangan pernah menambah kebosanan siswa dengan ekspresi yang kaku.
4. Evaluasi cara mengajar
Kita pasti kecewa dengan diri kita sendiri jika banyak peserta didik yang tidak memahami materi yang sudah disampaikan. Untuk itu coba kita mengevaluasi pengajaran kita sendiri sebelum mengevaluasi siswa.
5. Jangan pernah memaksa siswa untuk menguasai matematika
Jika ada beberapa anak didik yang sulit memahami matematika, jangan pernah paksa mereka, justru beri peserta didik motivasi untuk mengasah pelajaran yang mereka bisa. Ingatlah bahwa setiap anak memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, mungkin ia lemah dalam pelajaran matematika tapi ia pandai di mata pelajaran lain.
Terimakasih.
Wassalamu’alaikum wr wb

Maytha maharani said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Maytha maharani said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Maytha maharani said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Siti Choeriyah said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Siti Choeriyah said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Auriellya said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Auriellya said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Putri ana said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Auriellya said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Putri ana said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Putri ana said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
InasRafida said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Putri ana said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Sindy Lestari said...
This comment has been removed by a blog administrator.
NtF said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
nur septi arum s said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Vira Oktaviani Havsari said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Vira Oktaviani Havsari said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Hidayatul Farida said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Hidayatul Farida said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Sindy Lestari said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Sindy Lestari said...
This comment has been removed by a blog administrator.
wahyumeilestari05@gmail.com said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
LatoifitToharoh said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Riswandi said...

‎‎Terimakasih bu, dengan bantuan ibu saya dapat memahamk langkah demi langkah cara menyelesaikan soal nama Nama:Shinta Magdhalena Gusna gsd kelas 1 B nim 182180047

Riswandi said...

‎‎Terimakasih bu, dengan bantuan ibu saya dapat memahamk langkah demi langkah cara menyelesaikan soal nama Nama:Shinta Magdhalena Gusna gsd kelas 1 B nim 182180047

Anjar Fita said...

Nama : Rantamsih
Nim :162180168
Kelas : PGSD 5E
Menurut saya sabaiknya kita harus menemukan dahulu akar masalah yang menyebabkan siswa malas mengikuti pelajaran matematika dan tidak tertarik dengan matematika serta solusi apa yang seharusnya diterapkan agar siswa memiliki minat terhadap matematika mengingat matematika adalah ilmu yang sangat penting. Cara yang pertama dilakukan untuk mengubah pola pikir (mindset) siswa agar memiliki rasa ingin tahu mengenai matematika adalah menanamkan mindset pada siswa bahwa matematika itu mudah, selanjutnya memastikan siswa memahami bahwa pelajaran matematika adalah pelajaran yang kompleks, di mana setiap materi yang satu berkaitan dengan materi lainnya. Sebaiknya sebagai calon guru menggunakan metode yang dapat membuat siswa senang mengikuti pelajaran matematika dan dapat memotivasi belajar siswa. Adapun inovasi dalam membuat media pembelajaran matematika agar siswa tidak bosan dan jenuh saat mengikuti pelajaran. Selain itu, calon guru juga dapat menggunakan permainan dalam pembelajaran agar suasana pembelajaran lebih menyenangkan. Sehingga siswa akan lebih tertarik dalam mengikuti pembelajaran dan dapat mengubah mindset mereka.

Anonymous said...

Nama : Okti Mahendri
Nim : 182180129
Kelas : 1D/PGSD

Menurut saya perlu menggunakan beberapa strategi, media, metode misalnya cara atau rumus cepat, alat alat peraga dan beberapa metode pembelajaran, pastikan media dan metode tersebut sesuai dengan materi yang disampaikan.