Wednesday 5 September 2018

Kunci Sukses Pendidikan di Finlandia

  1. Anak-anak di Finlandia tak diperkenankan masuk sekolah dasar kalau umur mereka belum genap 7 tahun.
  2. Guru-guru Finlandia punya sistem lain untuk menilai siswa, bukan dari ujian dan pekerjaan rumah.
  3. Tak seperti di Indonesia, di Finlandia anak tak diukur dari 6 tahun pertama mereka mengenyam bangku pendidikan.
  4. Hanya ada satu tes standar wajib di Finlandia, yakni ketika mereka berusia 16 tahun.
  5. Semua anak, pintar atau tidak, belajar di kelas yang sama
  6. 30 persen anak-anak di Finlandia memperoleh beasiswa selama 9 tahun untuk sekolah
  7. 66 persen anak di Finlandia mengenyam pendidikan hingga perguruan tinggi
  8. Tak ada jurang yang terlalu lebar yang membedakan siswa yang terpandai dan paling tertinggal di kelas
  9. Kelas sains di Finlandia diisi maksimal 16 siswa sehingga mereka dapat praktik dan melakukan penelitian
  10. 93 persen orang Finlandia adalah lulusan sekolah tinggi
  11. 43 persen siswa SMA Finlandia memilih sekolah kejuruan
  12. Siswa SD memiliki waktu istirahat 75 menit sehari
  13. Guru hanya menghabiskan 4 jam di kelas. Sementara itu, 2 jam seminggu guru memperoleh pendidikan pengembangan profesi
  14. Di Finlandia, jumlah guru dan murid sepadan
  15. Biaya sekolah 100 persen didanai negara
  16. Semua guru di Finlandia harus bergelar master dan sepenuhnya disubsidi pemerintah
  17. Kurikulum nasional hanya sebagai pedoman, sisanya fleksibel
  18. 10 persen guru dipilih dari 10 perguruan tinggi ternama dan dipilih yang merupakan lulusan terbaik di universitas mereka
  19. Pada 2010, 6.600 orang bersaing merebut 660 kursi pelatihan guru SD
  20. Gaji awal rata-rata untuk guru di Finlandia 29 ribu dolar AS pada 2008
  21. Di Finlandia, tidak ada gaji yang tak pantas untuk guru
  22. Guru sama prestisiusnya dengan dokter dan pengacara
  23. Dalam perhitungan standar internasional pada 2001, anak-anak Finlandia tertarik dengan ilmu pengetahuan, suka membaca, dan suka matematika.
Sumber : https://www.idntimes.com/

Berdasarkan fakta yang tertertulis di atas mengenai kesuksesan pendidikan di Finlandia. Hal apa yang dapat kita usahakan supaya kualitas pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik lagi? Berikan Alasannya! (dilihat dari segi Pemerintah, Masyarakat, dan Pendidik)






102 comments:

Unknown said...

Nama : Eka Afdholiyah
NIM : 162180135
Kelas : 5D

Menurut pendapat saya pendidikan di Indonesia masih kurang diperhatikan, dan kurang efektif. Pemerintah perlu memperhatikan sarana dan prasarana untuk membantu proses belajar mengajar. Karena sering kita jumpai bahwa sarana prasarana disetiap sekolah masih banyak yang belum terpenuhi. Pemerintah perlu memberikan penghargaan yang setimpal kepada pihak pengajar. Dalam menentukan pengajar pun harus diperhatikan, pilihlah guru yang profesional di bidangnya. Agar pembelajaran yang disampaikan oleh pengajar sesuai dengan standar kompetensi serta pembelajaran lebih bervariatif, sehingga dapat mudah diterima oleh peserta didiknya.
Peningkatan materi perlu diperhatikan, karena dengan lengkapnya materi dapat memperluas pengetahuan. Peningkatan metode pembelajaran juga perlu diperhatikan, gunakan metode yang bervariatif dengan cara penerapan atau penggunaan yang sesuai dengan materi. Sebagai guru, perlu mengikuti pengembangan atau kursus-kursus pendidikan,mengadakan kunjungan ke sekolah lain, serta mengadakan hubungan dengan wali siswa, agar mengetahui karakter siswa.
Pembelajaran dipusatkan kepada siswa, sehingga siswa aktif dalam proses pembelajaran.Lingkungan masyarakat dan keluarga sangat berperan dalam dunia pendidikan, yaitu dengan memberikan pendidikan berupa bimbingan dan didikan. Hal ini dikarenakan lingkungan masyarakat dan keluarga merupakan lingkungan terdekat bagi anak.

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Menurut saya kunci sukses pendidikan di finlandia yang dapat diterapkan di negara NKRI ini menjadi lebih baik pertama yaitu untuk gurunya terlebih dahulu,seorang guru harus lebih diprioritaskan terlebih dahulu dan dihargai dengan yang sepantasnya karena dibandingkan di negara finlandia seorang guru dengan dokter dan pengacara itu sama,,tetapi jika dibandingkan di negara tercinta ini berbanding begitu jauh.
.

Selanjutnya disisi yang lain yaitu tentang sistim penilaian untuk siswa di indonesia yang mementingkan hasil akhir yaitu dengan pelaksanaan ujian nasional di kelas akhir suatu jenjang pendidikan. Dibandingkan dengan di Finlandia tidak mementingkan hasil akhir. Di negara finlandia lebih mementingkan proses mereka mencari ilmu dari pada hanya mementingkan hasil akhir saja. Suatu proses lebih penting jika dibandingkan dengan hasil akhir saja. Suatu proses akan teringat selalu dan akan dikenang dan mudah diingat oleh siswa siswa yang sedang mencari ilmu dan pengalaman di sekolah.

Di segi yang lain yaitu dari segi jumlah guru yang ada di negara indonesia. Di Indonesia seorang guru bisa memegang kelas yang berjumlah besar yaitu lebih dari 30 sehingga parabguru juga bisa kebingungan dengan sebanyak itu jumlah muridnya. Dibandingkan di negara finlandia seorang guru hanya memegang satu siswa saja sehingga mereka disana bisa termonitoring dengan sempurna dan bisa memerhatikan perkembangan dari setiap pribadi siswa yang diajarkannya. Mungkin di indonesia ini bisa mencontoh dari hal ini supaya bisa meningkat kan kualitas pendidikan dinegara ini.... terimakasih


Nama : Akhmad Maksum
NIM : 162180122
Kelas : 5D

Unknown said...

Nama : Mifda Rosida Qurotul Aini
Nim : 162180141
Kelas: 5 D


Kemajuan pendidikan di Indonesia perlu adanya peningkatan. Banyak komponen yang berkontribusi untuk kemajuan tersebut diantaranya adalah pemerintah, masyarakat dan juga tebaga pendidiknya. Bagaimana ke3 komponen tersebut dalam mendukung kemajuan pendidikan diIndonesia, yakni :
A. Segi Pemerintahan
Seharusnya pendidikan di Indonesia harus ada pemerataan, pemerintah harus benar-benar memperhatikan masyarakat miskin yang tidak mampu menempuh jenjang demi jenjang pendidikan.
Pemerintah seharusnya bukan hanya menetapkan wajib nelajar selama 12 tahun, tapi juga harus ada bantuan untuk siswa agar mampu menempuh pendidikan selama 12 tahun.
Sarana dan prasarana dalam pendidikan perlu ditingkatkan untuk menunjang kemajuan pendidikan di Indonesia.

B. Segi Masyarakat
Kesadaran akan pendidikan dimata masyarakat harus ditingkatkan salah satunya melalui acara penataran dibalai desa atau rumah rt/rw, hal ini sangat penting karena untuk menyadarkan orang tua bahwa pendidikan sangat dibutuhkan oleh anak untuk masa yang akan datang.

C. Segi Pendidik
Penataran rutin bagi pendidikan perlu diadakan karena pendidikan itu sifatnya fleksibel atau berubah mengikuti perkembangan zaman, oleh karena itu pendidik dituntut untuk dapat memenuhi kebutuhan peserta didik sesuai zamannya.

immumpwr.blospot.com said...

Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh
Khikmah Kurnia (5D) 162180128
Menurut pendapat saya mengenai artikel di atas untuk meningkatkan kualitas pendidikan diIndonesia yaitu terbagi menjadi 3 segi :
1. Dari segi pemerintahan untuk meningkatkan kualitas pendidikan yaitu dengan meningkatkan sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan pembelajaran sehingga pembelajaran yang dilakukan dapat berjalan dengan baik. Hal ini juga dapat membuat peserta didik lebih nyaman dalam mengikuti pembelajaran sehingga materi yang disampaikan oleh guru dapat tersampaikan dengan baik.
Pemerintah juga perlu mengadakan sertifikasi guru setiap tahun untuk meningkatkan kelayakan guru sehingga tujuan pembelajaran tercapai dengan maksimal.
2. Dari segi masyarakat untuk meningkatkan kualitas pendidikan yaitu dengan mengadakan pertemuan dengan wali siswa karena untuk dapat mengetahui kemajuan peserta didik dan memberikan bimbingan kepada anaknya. Hal lain yang dilakukan masyarakat yaitu bisa dilakukan dengan memwberikan bantuan dana, wakaf, dan lain - lain untuk meningkatkan kualitas sekolah.
3. Dari segi pendidik untuk meningkatkan kualitas pendidikan yaitu dengan mengikuti penataran untuk meningkatkan keahlian guru menyelarasikan pengetahuan dan keterampilan guru. Pendidik juga mengikuti kursus - kursus pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Pendidik juga diharuskan memperbanyak membaca berita berita ter update agar menambah bahan materi yang akan disampaikan. Untuk meningkatkan kualitas pendidik juga diperlukan kunjungan antar guru ke sekolah lain untuk bertukar informasi dan menambah pengetahuan serta memberikan solusi mengenai masalah - masalah yang terjadi dalam pembelajaran.

Auriellya said...

Menurut saya, agar kualitas pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik, dari segi pemerintah seharusnya memberikan guru yang benar benar berkualitas dan menyejahterakan guru seperti di negara Finlandia yang memposisikan guru sepadan dengan dokter dan pengacara. Pemerintah sebaiknya membiayai semua biaya pendidikan agar anak Indonesia bisa mengenyam pendidikan hingga tinggi. Dari segi masyarakat, harus mendukung semua program pemerintah karena pada dasarnya pemerintah juga menginginkan yang terbaik bagi anak bangsanya. Dari segi pendidik, sebaiknya guru guru mengikuti pelatihan pelatihan PPG yang telah diberikan oleh pemerintah untuk menjadi guru yang profesional. Menurut saya hal hal itulah yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.
(Auriellya Destya Maharani, 162180115, 5D)

Unknown said...

Assalamu'alaikum wr. wb.
Saya Feranika Oftaviani (162180124) dari kelas 5 D ingin mengungkapkan pendapat saya mengenai hal yang dapat kita usahakan supaya kualitas pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik lagi. Hal pertama yang dapat dilakukan yaitu peningkatan kualitas guru sehingga mampu mendidik peserta didik dalam kreativitas dan kehidupan sehari-harinya. Hal kedua yang dapat dilakukan yaitu meningkatkan meteri. Dalam rangka peningkatan pendidikan maka peningkatan materi perlu sekali mendapat perhatian karena dengan lengkapnya meteri yang diberikan tentu akan menambah lebih luas akan pengetahuan. Hal ini akan memungkinkan peserta didik dalam menjalankan dan mengamalkan pengetahuan yang telah diperoleh dengan baik dan benar. Materi yang disampaikan pendidik harus mampu menjabarkan sesuai yang tercantum dalam kurikulum. Pendidik harus menguasai materi dengan ditambah bahan atau sumber lain yang berkaitan dan lebih actual dan hangat. Sehingga peserta didik tertarik dan termotivasi mempelajari pelajaran. Hal ketiga yang mungkin dilakukan yaitu peningkatan dalam pemakaian metode. Metode merupakan alat yang dipakai untuk mencapai tujuan, maka sebagai salah satu indikator dalam peningkatan kualitas pendidikan perlu adanya peningkatan dalam pemakaian metode. Yang dimakud dengan peningkatan metode disini, bukanlah menciptakan atau membuat metode baru, akan tetapi bagaimana caranya penerapannya atau penggunaanya yang sesuai dengan materi yang disajikan, sehingga mmperoleh hasil yang memuaskan dalam proses belajar mengajar. Hal keempat yang dapat dilakukan adalah meningkatkan sarana. Sarana adalah alat atau metode dan teknik yang dipergunakan dalam rangka meningkatkan efektivitas komunikasi dan interaksi edukatif antara pendidik dan peserta didik dalam proses pendidikan dan pengajaran di sekolah. Selanjutnya kita dapat meningkatkan peningkatan kualitas belajar dengan merangsang minat belajar peserta didik dan menotivasi peserta didik. Upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan motivasi siswa agar prestasi mereka meningkat, pemerintah setiap tahunnya selalu meningkatkan standar kelulusan minimal yang harus dicapai siswa. Hal ini dimaksudkan agar dengan naiknya standar kelulusan minimal siswa dapat lebih rajin dan lebih giat lagi belajar untuk mencapai standar tersebut. Pemerintah setiap tahunnya telah berusaha meningkatkan anggaran untuk pendidikan dan tentu saja sasarannya adalah agar seluruh masyarakat Indonesia bisa menikmati pendidikan yang bermutu dengan kondisi yang mendukung. Untuk masalah ini, pemerintah telah mencanangkan program BOS (Bantuan Operasinal Siswa), dengan BOS, pendidikan di Indonesia dapat dinikmati oleh semua kalangan (walaupun masih sampai jenjang SMP). Pemerintah mulai aktif dalam pemberian bekal, penyuluhan, lokakarya, dan sebagainya untuk meningkatkan kualitas pendidik di Indonesia. Pemerintah sendiri telah menjalankan program Sertifikasi Guru yang sasarannya adalah semua Pegawai Negeri Sipil lebih khususnya adalah guru. Untuk mengatasi masalah kurikulum yang ada, pemerintah telah berusaha untuk mengganti kurikulum yang dianggap kurang tepat dan kurang efisien dengan kurikulum baru yang dianggap lebih efisien.
Sekian yang dapat saya sampaikan, apabila terdapat kesalahan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Terimakasih.
Wassalamu'alaikum wr. wb

NtF said...

Menurut saya pendidikan di Finlandia dapat mejadi tolak ukur agar pendidikan di Indonesia sukses. Melihat dari segi pemerintah, pemerinta Indonesia harus lebih selektif lagi dalam memberikan dana beasiswa, tidak ada lagi yang salah sasaran ataupun KKN, dan guru honorer harus diberi upah yang pantas, karna upah yang pantas juga akan berperan penting dalam pengembangan tenaga pendidik. Dalam segi masyarakat seharusnya memasukkan anaknya ke sekolah dasar umur 7 tahun karna diumur itu anak sudah dirasa siap mengikuti kegiatan belajar mengajar, dan gurupun sudah siap dalam memberi pembelajaran. Dalam segi pendidik, guru harus mengikuti program pelatihan keprofesian agar pendidik bisa mengembangkan profesinya dalam bidang mengajar ke SDannya.
Nama : Ninda Tri Fadilah
Kelas : 5D
NIM : 162180139

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Anonymous said...

Nama : Dwi Oktavia Sandi
Kelas : PGSD 5D
NIM : 162180117

Menurut saya sistem pendidikan difinlandia memang bagus dibandingkan di negara indonesia. Dikarenakan anak-anak di usia dini justru didorong untuk lebih banyak bermain dan bersosialisasi dengan teman sebaya. Bahkan penilaian tugas tidak diberikan hingga mereka kelas 4 SD. Hingga jenjang SMA pun, permainan interaktif masih mendominasi metode pembelajaran. Pelajar di Finlandia sudah terbiasa menemukan sendiri cara pembelajaran yang paling efektif bagi mereka, jadi nantinya mereka tidak harus merasa terpaksa untuk belajar. Maka dari itu meskipun mulai telat, tapi pelajar umur 15 di Finlandia justru berhasil mengungguli pelajar lain dari seluruh dunia dalam tes internasional Programme for International Student Assessment (PISA).

Unknown said...

Menurut saya, pendidikan di finlandia sangat bagus.agar pendidikan di indonesia juga menyerupai finlandia maka dari segi pemerintah seharusnya mengalokasikan anggaran pendidikan yaitu beasiswa yang diberikan pada siswa sejak sekolah dasar hingga mereka s3. dan juga seharusnya di indonesia kedudukan guru perlu di sejajarkan dengan kedudukan doktor dan pengacara seperti halnya di finlandia. dari segi masyarakat seharusnya mereka tidak menyalahkan guru apabila anaknya kurang pandai. seperti halnya di finlandia masyarakat juga ikut membantu dalam urusan pembelajaran di sekolah. sedangkan dari segi pendidik seharusnya guru tidak hanya memperhatikan hasilnya tetapi yang paling utama adalah prosesnya, seperti halnya di finlandia. guru juga harus menghargai anak-anak bermain bebas dan melakukan hal-hal lain daripada hanya duduk di kelas saja. dan juga untuk guru jangan memberikan PR yang di anggap susah. seperti halnya di finlandia guru memberikan PR yang di anggap mudah dan bisa di kerjakan kurang lebih 30 menit.

Anonymous said...

Nama : Heru Setiawan
NIM : 162180139
Kelas : PGSD 5D

Menurut saya, kualitas pendidikan di Finlandia sangat baik. Terbukti dari jumlah lulusan sekolah tinggi yang mencapai 93%. Dan pemberdayaan guru yang diberi pengembangan profesi setiap minggunya yang akan meningkatkan kualitas dari guru yang ada. Tidak hanya diberi pengembangan profesi seleksi untuk masuk sebagai guru sangat ketat dan diprioritaskan diambil dari perguruan tinggi yang ternama. Dari semua semua hal tersebut membuktikan guru sangat diperhatikan, sehingga menjadikan kualitas siswa pun pasti akan baik.
Tak hanya pemberdayaan guru yang baik, sistem dalam sekolahan pun diatur dengan baik. Dimana tidak ada sekat yang memisahkan antara siswa pintar ataupun siswa yang tidak pintar.


Kualitas pendidikan di indonesia harus dikembangkan lagi. Terutama dalam pengembangan kualitas guru yang ada. Sehingga menjadikan kualitas pendidikan juga membaik. Serta peraturan yang mengatur pendidikan harus di perbaiki lagi. Seperti mencontoh pada pengembangan yang ada di finlandia harus ada pengembangan profesi kepada guru sehingga menjadikan guru memiliki pengembangan profesi yang baik.

NtF said...

Menurut pemerintah, pemerinta Indonesia harus lebih selektif lagi dalam memberikan dana beasiswa, tidak ada lagi yang salah sasaran ataupun KKN, dan guru honorer harus diberi upah yang pantas, karna upah yang pantas juga akan berperan penting dalam pengembangan tenaga pendidik. Dalam segi masyarakat seharusnya memasukkan anaknya ke sekolah dasar umur 7 tahun karna diumur itu anak sudah dirasa siap mengikuti kegiatan belajar mengajar, dan gurupun sudah siap dalam memberi pembelajaran. Dalam segi pendidik, guru harus mengikuti program pelatihan keprofesian agar pendidik bisa mengembangkan profesinya dalam bidang mengajar ke SDannya.
Nama : Ninda Tri Fadilah
Kelas : 5D
NIM : 162180139

NtF said...

Menurut pendapat saya hal yang dapat di usahakan supaya kualitas pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik lagi yaitu pemerintah harus bisa lebih memperhatikan keuangan bagi pendidikan di Indonesia seperti di Finlandia yang pendidikannya di tanggung oleh negara. Pemerintah juga harus mengutamakan gaji para PNS yang sudah berjuang mendapatkan gelar sarjana. Melihat berita yang sedang beredar yaitu para atlet Asian Games yang langsung dijadikan PNS tanpa mempunyai gelar sarjana. Seharusnya pemerintah lebih mementingkan guru yang berjuang sekolah bertahun-tahun untuk mendapatkan gelar sarjana dan menjadi PNS. Mengenai gaji guru honorer juga harus diperhatikan, kalo bisa ya dinaikkan lagi. Bagi masyarakat di Indonesia sebaiknya mengikuti program pemerintah untuk KB (Keluarga Berencana) supaya penduduk di Indonesia tidak terlalu banyak anak dan pemerintah mampu memberikan dana untuk pendidikan anak di Indonesia. Masyarakat juga harus sadar bahwa jika mereka ingin memiliki banyak anak, mereka harus bekerja keras untuk membiayai anak mereka sendiri dan tidak memberatkan pemerintah. Orang tua juga harus memikirkan usia anak untuk masuk ke sekolah dasar pada waktu yang tepat. Jika anak dimasukkan pada usia 7 tahun, maka orang tua harus yakin bahwa anaknya mampu untuk menerima pelajaran di sekolah. Bagi para pendidik, diusahakan mengikuti pelatihan khusus agar menjadi pendidik yang profesional dan tidak membosankan pada saat memberikan ilmu ke anak-anak. Jika pendidik nya cerdas maka anak-anak nya juga bisa lebih cerdas dari pendidiknya dan membuat Indonesia bangga dan mengalami kemajuan dalam pendidikan. (Adelia Zagita Limbong 1621800112 Kelas 5D)

Intan Sukengsi said...

Menurut pendapat saya, usaha yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia adalah
•Dari pihak pemerintah harus memberikan lebih banyak beasiswa kepada siswa. Walaupun tidak 100% dibiayai oleh pemerintah setidaknya biaya pendidikan dapat dijangkau oleh masyarakat. Guru juga harus diberikan haknya dengan pantas agar kesejahteraan guru dapat terjamin. Memberikan pelatihan secara rutin juga perlu dilakukan agar dapat meningkatkan kualitas guru.
•Dari pihak masyarakat sendiri terutama wali murid siswa sebaiknya selalu memantau perkembangan siswa disekolah misalnya dengan mengecek buku siswa setelah pulang sekolah dan menanyakan perkembangannya melalui wali kelas siswa.
•Dari pihak pendidik sebaiknya melakukan pelatihan agar meningkatkan kualitas pendidikan dan menggunakan metode belajar yang menyenangkan saat mengajar didalam kelas.
Untuk itu dapat diambil kesimpulan bahwa antara pihak pemerintah, masyarakat, dan pendidik harus saling membantu sesuai dengan porsi masing-masing agar tercipta pendidikan yang lebih baik.

Nama: Intan Sukengsi
Kelas: 5D
NIM: 162180143

Auriellya said...

Menurut saya hal yang perlu diperhatikan agar kualitas pendidikan di Indonesia lebih baik yaitu dengan cara menerapkan pendidikan masuk sekolah genap berusia 7 tahun, karena diusia 7 tahun siswa sudah siap dalam menerima materi pembelajaran. Kemudian saya juga sangat setuju apabila di Indonesia menyamakan semua anak, termasuk anak yg pintar dan anak yg kurang pintar seperti di firlandia, dengan cara seperti itu siswa tidak akan merasa minder dengan siswa yang lain. Untuk para pendidik atau guru di Indonesia sebaiknya memberikan pelajaran tambahan bagi siswa yang belum mengerti atau belum memahami dalam pelajaran, agar siswa yang tertinggal dapat menyusul dengan yang lain. Para pendidik juga bisa mengikuti pelatihan keprofesian, agar memiliki kepribadian dan sosial masyarakat yang baik. Bagi pemerintah sendiri sebaiknya memberikan kesejahteraan bagi para pendidik, seperti gaji yang sesuai dengan apa yang seharusnya mereka dapatkan. Dari segi masyarakat, masyarakat di Indonesia lebih mendukung adanya pendidikan di Indonesia, karena menurut saya para orang tua di Indonesia lebih mementingkan pekerjaan dibandingkan dengan pendidikan anak. Anak diserahkan kepada sekolah tanpa mengetahui pelajaran apa yang sudah di dapatkan di sekolah. Hal itu lah yang membuat pendidikan di Indonesia lebih rendah (Dwi Nofitasari kelas 5D nim 162180137)

Auriellya said...

Menurut saya, pendidikan di finlandia sangat bagus.agar pendidikan di indonesia juga menyerupai finlandia maka dari segi pemerintah seharusnya mengalokasikan anggaran pendidikan yaitu beasiswa yang diberikan pada siswa sejak sekolah dasar hingga mereka s3. dan juga seharusnya di indonesia kedudukan guru perlu di sejajarkan dengan kedudukan doktor dan pengacara seperti halnya di finlandia. dari segi masyarakat seharusnya mereka tidak menyalahkan guru apabila anaknya kurang pandai. seperti halnya di finlandia masyarakat juga ikut membantu dalam urusan pembelajaran di sekolah. sedangkan dari segi pendidik seharusnya guru tidak hanya memperhatikan hasilnya tetapi yang paling utama adalah prosesnya, seperti halnya di finlandia. guru juga harus menghargai anak-anak bermain bebas dan melakukan hal-hal lain daripada hanya duduk di kelas saja. dan juga untuk guru jangan memberikan PR yang di anggap susah. seperti halnya di finlandia guru memberikan PR yang di anggap mudah dan bisa di kerjakan kurang lebih 30 menit.
(Titik Sri Utami, 162180116, 5D)

dhianasa said...

Upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dari segi pemerintah yaitu pemerintah dapat membebaskan biaya sekolah bagi anak yang akan menempuh jenjang pendidikan wajib belajar karena dengan begitu masyarakat tidak dibebani oleh biaya sehingga anak-anak apat memperoleh haknya untuk belajar.Selain itu masyarakat terutama orang tua harus memantau anaknya dalam belajar di luar sekolah, sosialisasi terhadap masyarakat perlu dilakukan terkait pentingnya pendidikan. Bagi pendidik sendiri dalam meningkatkan kualitas pendidikan perlu di adakan pelatihan atau penataran serta evaluasi pendidikan supaya pendidikan lebih baik. Bagi pendidik yang tidak berkompeten seharusnya diberhentikan agar kualitas pendidikan lebih baik.
Nama Dhiana Safitri
NIM 162180114
Kelas 5D

Auriellya said...

Nama : lia ayu novianti
NIM : 162180133
KELAS : 5 D
Menurut saya usaha dalam meningkatkan kualitas pendidikan ialah :
Kualitas pendidikan sekolah sangatlah penting sebagai tolak ukur negara. Jika kualitas pendidikan baik maka akan berdampak baik juga untuk seluruh warga pendidik termasuk siswa. Dilihat dari segi pemerintah, Indonesia sangatlah kurang banyak hal yang harus dibenahi seperti pergantian kurikulum yang harus sesuai dengan sarana dan prasarana yang tersedia, serta kualitas pendidik yang baik untuk meningkatkan mutu pendidikan. Pemerintah juga harus menyediakan sarana prasarana sebagai penunjang serta penyediaan dana beasiswa untuk siswa yang kurang mampu sehingga tidak ada anak yang tidak bersekolah tinggi. Selain itu pemerintah juga harus siap dalam menunjang guru untuk menjadikan guru profesional seperti pemerintah harus siap memberikan pelatihan serta workshop pendidikan sehingga dapat mememberikn pengetahuan baru bagi guru untuk memaksimalkan pengajaran sehingga dapat terlahir nya guru yang profesional.
Di segi pendidikan guru sangatlah penting. Kualitas pendidikan sekolah juga dipengaruhi oleh guru sebagai pengajar. Pendidik harus profesional serta terampil dalam menggunakan media serta metode belajar sehingga siswa mampu menangkap dengan baik dan tidak mudah bosan. Selain itu pendidik juga harus memotivasi siswa agar siswa lebih bersemangat dalam mengenyam pendidikan.
Sedangkan dari segi masyarakat juga penting terutama dalam lingkungan keluarga. Keluarga adalah pendidik pertama siswa sehingga kemauan siswa adalah apa yang telah diajarkan di keluarga sehingga peran orang tia sangat penting untuk meningkatkan mutu pendidikan . Sedangkan dalam masyarakat juga mempengaruhi pendidikan anak terutama moral sehingga orang tua juga harus mengawasi pergaulan anak di masyarakat. Serta dalam masyarakat harus mengikuti program pemerintah 2 anak lebih baik sehingga mudah terjangkau nya mutu pendidikan.

NtF said...

Menurut pendapat saya hal yang dapat di usahakan supaya kualitas pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik lagi yaitu pemerintah harus bisa lebih memperhatikan keuangan bagi pendidikan di Indonesia seperti di Finlandia yang pendidikannya di tanggung oleh negara. Pemerintah juga harus mengutamakan gaji para PNS yang sudah berjuang mendapatkan gelar sarjana. Melihat berita yang sedang beredar yaitu para atlet Asian Games yang langsung dijadikan PNS tanpa mempunyai gelar sarjana. Seharusnya pemerintah lebih mementingkan guru yang berjuang sekolah bertahun-tahun untuk mendapatkan gelar sarjana dan menjadi PNS. Mengenai gaji guru honorer juga harus diperhatikan, kalo bisa ya dinaikkan lagi. Bagi masyarakat di Indonesia sebaiknya mengikuti program pemerintah untuk KB (Keluarga Berencana) supaya penduduk di Indonesia tidak terlalu banyak anak dan pemerintah mampu memberikan dana untuk pendidikan anak di Indonesia. Masyarakat juga harus sadar bahwa jika mereka ingin memiliki banyak anak, mereka harus bekerja keras untuk membiayai anak mereka sendiri dan tidak memberatkan pemerintah. Orang tua juga harus memikirkan usia anak untuk masuk ke sekolah dasar pada waktu yang tepat. Jika anak dimasukkan pada usia 7 tahun, maka orang tua harus yakin bahwa anaknya mampu untuk menerima pelajaran di sekolah. Bagi para pendidik, diusahakan mengikuti pelatihan khusus agar menjadi pendidik yang profesional dan tidak membosankan pada saat memberikan ilmu ke anak-anak. Jika pendidik nya cerdas maka anak-anak nya juga bisa lebih cerdas dari pendidiknya dan membuat Indonesia bangga dan mengalami kemajuan dalam pendidikan. (Adelia Zagita Limbong 1621800112 Kelas 5D)

NtF said...

Menurut saya dari segi pemerintah, pemerintah sebaiknya memberikan dana yang lebih untuk sekolah.Supaya dapat memberikan beasiswa kepada anak yang kurang mampu dan anak yang mendapat nilai yang tinggi dan bagus dalam pendidikan. Dari segi masyarakat sebaiknya mereka memasukkan anak pada waktu anak sudah mampu dan cukup untuk memasuki sekolah dasar. Meskipun mereka belum genap berumur 7 tahun. Dan terakhir dari segi pendidik sebaiknya pendidik/ guru harus bisa menguasai apa yang dibutuhkan dalam segi pendidikan baik dari segi keterampilan dan kecerdasan. Mereka juga sebaiknya mengikuti pelatihan PPG agar dapat meningkatkan keterampilan agar lebih baik.

Nama : Putriana
Nim: 162180113
Kelas: 5D

Anonymous said...

Nama : Prisca Meyta Dewanti
NIM : 162180130
Kelas : 5D

Menurut pendapat Saya, kualitas pendidikan di Indonesia masih sangat rendah jika dibandingkan dengan kualitas pendidikan di negara-negara lain. Berikut merupakan solusi yang dapat mengatasi masalah tersebut, yaitu :
1. Solusi teknis, yaitu untuk menyelesaikan masalah kualitas guru dan prestasi siswa. Rendahnya kualitas guru, selain diberi solusi peningkatan kesejahteraan juga diberi solusi dengan membiayai guru untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi serta memberikan berbagai pelatihan untuk meningkatkan kualitas guru. Rendahnya prestasi siswa misalnya dineri solusi dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas materi pelajaran, meningkatkan alat peraga dan sarana pendidikan.
2. Solusi sistemik, yaitu mengubah sistem sosial yang berkaitam dengan sistem pendidikan. Sistem pendidikan di Indonesia saat ini diterapkan dalam konteks sistem ekonomi kapitalisme yang berprinsip meminimalkan peran dan tanggung jawab negara dalam urusan publik, termasuk pendanaan pendidikan.

Unknown said...

menurut saya, terkait dengan Kunci Sukses Pendidikan di Finlandia. Hal yang dapat kita usahakan supaya kualitas pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik lagi, yaitu perlu mengubah sistem penilaian siswa yang hanya terfokus pada penilaian ujian nasional atau nilai akhir saja, sedangkan penilaian siswa dari segi perkembangannya masih kurang diperhatikan atau kurang fleksibel. Kualitas tenaga pendidik di Indonesia juga masih kurang, sehingga skill atau kemampuan mengajar dari seorang pendidik masih kurang. Perlu adanya peningkatan mutu atau kualitas pendidik di Indonesia. Selain itu, guru di Indonesia perlu memperoleh pendidikan pengembangan profesi atau pendidikan profesi guru. Kesejahteraan guru di Indonesia yang kurang diperhatikan oleh pemerintah, masalah kesejahteraan guru sampai saat ini masih terus menjadi persoalan yang sangat krusial. Masalah kesejahteraan yang belum terjamin membuat banyak orang enggan untuk menjadi guru. Padahal semua orang tahu, kualitas dan masa depan bangsa-negara itu dipengaruhi oleh kualitas guru.

Nama : Bayu Pambudi
Nim : 162180138
Kelas : 5D

Anonymous said...

Nama : Deny Hari Wibowo
NIM : 162180107
Hal yang harus diperhatikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan yang ada di Indonesia menurut pendapat saya dari segi pemerintah yaitu harus mendukung penuh adanya pendidikan yang akan diterapkan di Indonesia dengan memperhatikan kesejahteraan bagi guru dengan memberi gaji yang pantas, kemudian pemerintah bisa mengurangi jumlah biaya yang dibutuhkan untuk menempuh pendidikan yang setinggi tingginya, selanjutnya dari segi masyarakat harus bisa menjalin kerjasama dan komunikasi yang baik terhadap guru yang berada di sekolah dan guru bisa terbuka untuk menerima kritik yang akan disampaikan masyarakat, dari segi pendidiknya sebisa mungkin harus dipilih yang memiliki dedikasi tinggi untuk menjadi guru dengan melewati seleksi yang ketat sehingga kualitas pendidikan itu bisa meningkat dan tujuan pendidikan dapat tercapai.

Auriellya said...

Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokaatuh..
Nama: Eka Nofita Sari
NIM: 162180109
Kelas: D
Menurut saya, kualitas pendidikan dari segi:
Pemerintahan, pemerintah harus lebih menggalangkan lagi kesadran wajib belajar dan juga harus memberikan gaji yang pantas kepada guru. Karena di Indonesia banyak sekali guru yang gajinya sedikit. Bahkan ada cerita dosen asli Indonesia yang tadinya mengajar di luar negeri dan sudah mendapat fasilitas layak, namun saat diminta untuk menetap dan mengajar malah gajinya hanya 6jt. Selain itu, pemerintah juga seharusnya tidak merubah-rubah kurikulum terus. Mereka harus benar-benar mengkaji sebelum merevisi dan melaksanakan. Jadi, kurikulum harus diperbaiki secara perlahan dengan melihat kondisi Indoneaia sendiri. Pemerintah juga harus menyediakan sarana dan prasarana, seperti halnya yang ada di negara maju, mereka mengutamakan praktik dahulu baru merumuskan teorinya, tidak seperti di Indonesia mengutamakan teori dahulu baru praktiknya. Oleh karena itu, sarana prasarana harus lebih lengkap.
Masyarakat, masyarakat harus mengetahui pentingnya pendidikan untuk generasi mendatang. Dan masyarakat harus mendukung anak-anak yang hendak melanjutkan sekolah, bukannya malah memojokkan mereka, apalagi soal biaya.
Pengajar, pengajar harus memiliki soft skill yang matang dan harus memiliki penyampaian yang mudah diterima. Selain itu, dalam pembelajaran seharusnya seorang pengajar tidak hanya menuntut siswanya untuk menghafal, menghafal, dan menghafal. Seharusnya seorang pengajar mampu membuat siswanya mengerti dan tidak menjadikan siswanya sebagai seorang mesin penghafal.

Anonymous said...

Nama : Anwar Abdurrahman
NIM : 162180108
Kelas : 5D

Assalamualaikum Wr.Wb.
Menurut saya hal yang harus di perhatikan dalam meningkatkan segi pendidikan di Indonesia ada berbeberapa hal yaitu seperti yang sudah di jelaskan yaitu pemerintah, masyarakat dan pendidik.
- Pemerintah
Dari segi pemerintah sudah cukup memperhatikan dari segi pendidikan dari tahun ke tahun dari perubahan kurikulum sehingga menjadi lebih baik lagi. Bukan hanya dari segi kognitif siswa yang dinilai namun juga nilai-nilai yang lainnya seperti sikap, kreatifitas, dan lainnya. Namun yang perlu kita ketahui bahwa penerapan kurikulum itu sendiri. Mata pelajaran juga ada yang lebih ditonjolkan dan juga ada yang agak kurang ditonjolkan padahal itu adalah salah satu perbaikan sikap moral anak yang salah satu akan di perbaiki di kurikulum ini.
- Masyarakat
Dari segi masyarakat sudah banyak yang mengerti bahwa betapa pentingnya pendidikan. Namun juga tak jarang masih kita temui bahwa ada yang belum mengetahui betapa pentingnya pendidikan ini untuk masa depan anak karena persaingan baik lapangan kerja dan lainnya juga memerlukan pendidikan yang cukup sehingga bisa memenuhi syarat pekerjaan. Ilmu juga sangat penting yang akan di dapatkan oleh siswa sehingga bisa di dapat bergaul dengan banyak orang.
- Pendidik
Pendidik di Indonesia masih kurang faham apa yang harus di dapat ketika sekolah, yaitu bukan hanya nilai dan nilai dan juga peringkat yang di dapat namun selain itu juga kepahaman tentang ilmu yang di dapat kemudian penerapannya juga sehingga pendidik bisa serius sekolah, karena memimemikirkan ilmu yang sangat istimewa yang didapat bukan hanya sekedar nilai dan nilai.

Anonymous said...

Nama : fita fatimah
Kelas :5D
Nim : 162180111
Menurut saya cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di indonesia yaitu dari segi pemerintah yang harus lebih memperhatikan kesejahteraan guru. Kesenjangan kesejahteraan guru honorer dan pns sangatlah jauh hal ini menyebabkan banyak lulusan guru yang tidak mengajar atau berprofesi menjadi guru sesuai kelulusannya. Dengan begitu banyak daerah terpencil yang masih kekurangan guru. Selain itu pemerintah juga harus memperhatikan sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan pemebelajaran. Diindonesia masih banyak guru yang mengajar dengan metode ceramah dan monoton, sehingga pembelajaran tersebut membosankan dan kurang menggairahkan semangat para siswa untuk mengikuti pembelajaran dikelas, sebaiknya pembelajaran diindonesia harus lebih mengoptimalkan sarana dan prasaran yang ada di sekolah serta menggunakan media pembelajaran untuk membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Guru juga dituntut harus lebih kreatif dalam membuat media pembelajaran yang dapat digunakan untuk mrnunjang pembelajaran.Dari segi masyarakat harus mendukung kebijakan yang dibuat oleh pemerintah untuk memajukan pendidikan di indonesia, tak hanya itu masyarakat atau orang tua juga harus membantu proses pembelajaran dirumah, serta memberikan dukungan kepada anak-anaknya.

Unknown said...

Assalamu'alaikum wr.wb
Intan Nauran Fiidami (5D) 162180132
Menurut saya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, yaitu sebaiknya pemerintah meningkatkan gaji guru. Sudah saatnya, guru di Indonesia diberdayakan semaksimal mungkin. Selain menambah kuota guru, pemerintah juga berkewajiban untuk memperhatikan nasib guru. Hal yang terjadi di indonesia gaji seorang guru tidak lebih besar dari seorang dokter atau pengacara. Dengan gaji yang setara dokter atau pengacara, guru memiliki peranan lebih besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan di indonesia, serta memperoleh status dan penghormatan yang layak. Kebanyakan yang terjadi di indonesia seorang guru selain sebagai pendidik juga bekerja sebagai petani atau mencari peruntungan lain di luar sekolah, karena gaji yang mereka peroleh tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Padahal, seharusnya guru dipantaskan agar mereka fokus untuk menjalankan amanah sebagai guru. Sehingga hal ini dapat meningkat kan kualitas pendidikan di indonesia.

Anonymous said...

NAMA : TRI HARTANTI
NIM : 162180131
KELAS: 5D

Menurut saya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia,pemerintah harus memperhatikan apa yang dibutuhkan guna menunjang kesuksesan kegiatan belajar mengajar seperti sarana prasarana disekolahan,bahan ajar,media pembelajaran dan yang terpenting adalah kurikulum yang diterapkan karena kurikulum tersebut akan berpengaruh pada proses pembelajaran. Kurikulum juga akan berpengaruh pada pihak guru dan siswa. Dari pihak guru akan menerapkan kegiatan mengajar yang telah ditetapkan oleh pemerintah dan akan menyiapkan segala bahan yang diperlukan,seperti yang sedang terjadi saat ini diterapkan yaitu kurikulum 2013 siswa harus lebih giat untuk belajar karena dikurikulum 2013 siswa dituntut untuk lebih aktif dan tidak hanya mengandalkan belajar disekolah saja. Selanjutnya dari pihak guru mereka kerepotan dalam proses pembelajaran yang membutuhkan media guna menunjang pembelajaran. Pemerintah masih kurang memperhatikan hal itu,apa harus semua itu disediakan oleh guru? Padahal gaji seorang guru hanya mampu digunakan untuk keperluan pribadi bahkan gaji seorang guru honorer tidak mecukupi,karena pemerintah tidak memperhatikan peran guru dalam pendidikan.Padahal untuk menjadi seorang guru juga tidak mudah,apalagi mereka yang belum beruntung mendapatkan kesempatan biaya pendidikan yang gratis. Mereka mengeluarkan banyak biaya demi menjadi seorang guru.Untuk itu,mohon muliakankan jasa seorang guru walaupun hanya guru honorer.

Anonymous said...

Assalamu'alaikum wr.wb
Intan Nauran Fiidami (5D) 162180132
Menurut saya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, yaitu sebaiknya pemerintah meningkatkan gaji guru. Sudah saatnya, guru di Indonesia diberdayakan semaksimal mungkin. Selain menambah kuota guru, pemerintah juga berkewajiban untuk memperhatikan nasib guru. Hal yang terjadi di indonesia gaji seorang guru tidak lebih besar dari seorang dokter atau pengacara. Dengan gaji yang setara dokter atau pengacara, guru memiliki peranan lebih besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan di indonesia, serta memperoleh status dan penghormatan yang layak. Kebanyakan yang terjadi di indonesia seorang guru selain sebagai pendidik juga bekerja sebagai petani atau mencari peruntungan lain di luar sekolah, karena gaji yang mereka peroleh tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Padahal, seharusnya guru dipantaskan agar mereka fokus untuk menjalankan amanah sebagai guru. Sehingga hal ini dapat meningkat kan kualitas pendidikan di indonesia.

Anonymous said...

Nama : Bibit Amal Rizqi Utami
NIM : 162180142
Kelas : 5D

Menurut pendapat saya hal yang harus diusahakan supaya kualitas Pendidikan di Indonesia agar menjadi lebih baik dilihat dari segi pemerintah, pemerintah harus memperhatikan sarana dan prasarana di sekolahan untuk menunjang terjadinya pembelajaran yang nyaman agar siswa semangat untuk belajar. sarana dan prasarana yang diperhatikan tidak hanya sekolahan yang diperkotaan saja tetapi sekolahan di pelosok juga harus diperhatikan karena semua warga negara berhak mendapatkan Pendidikan yang layak. selain itu dari segi masyarakat,orang tua siswa harus memberikan motivasi belajar agar anaknya semangat dalam belajar. dari segi pendidik, pendidik harus kreatif dalam mengajar, selalu memeberikan motivasi kepada siswa, dan melakukan inovasi-inovasi dalam melakukan kegiatan belajar mengajar.

Unknown said...

NAMA : TRI HARTANTI
NIM : 162180131
KELAS: 5D

Menurut saya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia,pemerintah harus memperhatikan apa yang dibutuhkan guna menunjang kesuksesan kegiatan belajar mengajar seperti sarana prasarana disekolahan,bahan ajar,media pembelajaran dan yang terpenting adalah kurikulum yang diterapkan karena kurikulum tersebut akan berpengaruh pada proses pembelajaran. Kurikulum juga akan berpengaruh pada pihak guru dan siswa. Dari pihak guru akan menerapkan kegiatan mengajar yang telah ditetapkan oleh pemerintah dan akan menyiapkan segala bahan yang diperlukan,seperti yang sedang terjadi saat ini diterapkan yaitu kurikulum 2013 siswa harus lebih giat untuk belajar karena dikurikulum 2013 siswa dituntut untuk lebih aktif dan tidak hanya mengandalkan belajar disekolah saja. Selanjutnya dari pihak guru mereka kerepotan dalam proses pembelajaran yang membutuhkan media guna menunjang pembelajaran. Pemerintah masih kurang memperhatikan hal itu,apa harus semua itu disediakan oleh guru? Padahal gaji seorang guru hanya mampu digunakan untuk keperluan pribadi bahkan gaji seorang guru honorer tidak mecukupi,karena pemerintah tidak memperhatikan peran guru dalam pendidikan.Padahal untuk menjadi seorang guru juga tidak mudah,apalagi mereka yang belum beruntung mendapatkan kesempatan biaya pendidikan yang gratis. Mereka mengeluarkan banyak biaya demi menjadi seorang guru.Untuk itu,mohon muliakankan jasa seorang guru walaupun hanya guru honorer.

Unknown said...

Assalamualaikum wr.wb

Mohon maaf mengganggu bu.

Saya Riza Bahtiar Efendi dari 5 D PGSD NIM : 162180110.

Menurut saya kalo berbicara mengenai pendidikan, saya selalu teringat masa muda, saya dari kecil, merasakan sekolah itu tidak jauh dari tekanan harus menjadi pintar, dan itu ditambah sistem kompetisi antar murid yang membuat tekanan jadi lebih berat. Kalo sudah tidak dapet rangking, rasanya itu sedih banget. Belum lagi tekanan ujian nasional yang bikin anak-anak Indonesia stres karena kerja kerasnya selama bertahun-tahun harus dinilai dari ujian yang cuma berlangsung tiga hari.

Hal yang dapat kita usahakan Pemerintah harus memperhatikan kurikulum pembelajaran tidak ada lagi sistem pembeda mana yang pintar dan bodoh. Sistem ranking menjadi andalan untuk membedakan mana yang pintar dan bodoh. Di indonesia terlihat jelas perbedaan antara si pintar dan bodoh. PR dan tugas yang diberikan banyak beban kepada sisiwa harusnya semua murid dianggap sama berharap semua muridnya jadi pintar. Hasilnya jarak antara yang pintar dan yang bodoh hampir tidak terlihat. PR dan tugas yang diberikan sesuai kebutuhan dan tidak harus sempurna hasilnya. di Indonesia yang terus bertahan pada sistem pendidikan konvensional, harus mencontoh Finlandia punya sistem pendidikan modern yang sampai saat ini masih dianggap sebagai salah satu sistem pendidikan terbaik di dunia.

Perhatian pemerintah ke guru harus ditingkatkan. Mulai dari kesejahteraan, hingga ke jenjang pendidikan gurunya sendiri perbanyak pelatihan untuk meningkatkan kulitas mutu guru tersebut. Agar guru tidak mengajar seadanya dan gaya mengajarnya monoton.

Masyarakat harus mendukung perkembangan pendidikan di indonesia, dan juga ikut serta dalam membentuk karakter anak anak bangsa.

Terimakasih

Anonymous said...

Hal yang dapat kita usahakan untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan di Indonesia
1. Pemerataan pendidikan di seluruh daerah (baik di perkotaan maupun di daerah terpencil)
2. Penyediaan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai
3. Pemberian dana bantuan sekolah (BOS)
4. Peningkatan kualitas mutu guru dan kualitas mutu pendidikan
Dari segi pemerintah : pemerintah harus menyusun dan mengembangkan kurikulum yang tepat, membangun sarana dan prasarana sekolah yang memadai demi kemajuan kualitas pendidikan, mengadakan diklat bagi guru dan memperhatikan kesejahterahaan guru agar guru-guru yang ada bisa bekerja secara maksimal.
Dari segi guru : guru harus mengoptimalkan sarana dan prasarana pendidikan yang telah disediakan pemerintah, guru harus membangun komunikasi yang baik dengan warga masyarakat sekitar agar terjalin komunikasi yang baik, peningkatan kualitas dan kinerja guru.
Dari segi masyarakat : masyarakat harus mendukung dan memajukan progam pendidikan yang ada saat ini, masyarakat juga harus diberi sosialisasi pendidikan agar kualitas SDM yang ada dapat di tingkatkan.
Nama : Arif Syaiful Hadi
Nim : 162180118
Kelas : 5 D

Anonymous said...

Nama : Deny Hari Wibowo
NIM : 162180107
Kelas : PGSD 5D
Hal yang harus diperhatikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan yang ada di Indonesia menurut pendapat saya dari segi pemerintah yaitu harus mendukung penuh adanya pendidikan yang akan diterapkan di Indonesia dengan memperhatikan kesejahteraan bagi guru dengan memberi gaji yang pantas, kemudian pemerintah bisa mengurangi jumlah biaya yang dibutuhkan untuk menempuh pendidikan yang setinggi tingginya, dan pemerintah harus mendukung pemerintah untuk melakukan pemerataan pendidikan sampai pulau-pulau terkecil dan terluar, selanjutnya dari segi masyarakat harus bisa menjalin kerjasama dan komunikasi yang baik terhadap guru yang berada di sekolah dan guru bisa terbuka untuk menerima kritik yang akan disampaikan masyarakat, dari segi pendidiknya sebisa mungkin harus dipilih yang memiliki dedikasi tinggi untuk menjadi guru dengan melewati seleksi yang ketat, guru juga harus memiliki kreativitas serta pembelajaran yang inovatif agar siswa tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran yang diberikan sehingga kualitas pendidikan itu bisa meningkat dan tujuan pendidikan dapat tercapai.

Unknown said...

NAMA : TRI HARTANTI
NIM : 162180131
KELAS: 5D

Menurut saya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia,pemerintah harus memperhatikan apa yang dibutuhkan guna menunjang kesuksesan kegiatan belajar mengajar seperti sarana prasarana disekolahan,bahan ajar,media pembelajaran dan yang terpenting adalah kurikulum yang diterapkan karena kurikulum tersebut akan berpengaruh pada proses pembelajaran. Kurikulum juga akan berpengaruh pada pihak guru dan siswa. Dari pihak guru akan menerapkan kegiatan mengajar yang telah ditetapkan oleh pemerintah dan akan menyiapkan segala bahan yang diperlukan,seperti yang sedang terjadi saat ini diterapkan yaitu kurikulum 2013 siswa harus lebih giat untuk belajar karena dikurikulum 2013 siswa dituntut untuk lebih aktif dan tidak hanya mengandalkan belajar disekolah saja. Selanjutnya dari pihak guru mereka kerepotan dalam proses pembelajaran yang membutuhkan media guna menunjang pembelajaran. Pemerintah masih kurang memperhatikan hal itu,apa harus semua itu disediakan oleh guru? Padahal gaji seorang guru hanya mampu digunakan untuk keperluan pribadi bahkan gaji seorang guru honorer tidak mecukupi,karena pemerintah tidak memperhatikan peran guru dalam pendidikan.Padahal untuk menjadi seorang guru juga tidak mudah,apalagi mereka yang belum beruntung mendapatkan kesempatan biaya pendidikan yang gratis. Mereka mengeluarkan banyak biaya demi menjadi seorang guru.Untuk itu,mohon muliakankan jasa seorang guru walaupun hanya guru honorer.

Anonymous said...

NAMA : TRI HARTANTI
NIM : 162180131
KELAS: 5D

Menurut saya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia,pemerintah harus memperhatikan apa yang dibutuhkan guna menunjang kesuksesan kegiatan belajar mengajar seperti sarana prasarana disekolahan,bahan ajar,media pembelajaran dan yang terpenting adalah kurikulum yang diterapkan karena kurikulum tersebut akan berpengaruh pada proses pembelajaran. Kurikulum juga akan berpengaruh pada pihak guru dan siswa. Dari pihak guru akan menerapkan kegiatan mengajar yang telah ditetapkan oleh pemerintah dan akan menyiapkan segala bahan yang diperlukan,seperti yang sedang terjadi saat ini diterapkan yaitu kurikulum 2013 siswa harus lebih giat untuk belajar karena dikurikulum 2013 siswa dituntut untuk lebih aktif dan tidak hanya mengandalkan belajar disekolah saja. Selanjutnya dari pihak guru mereka kerepotan dalam proses pembelajaran yang membutuhkan media guna menunjang pembelajaran. Pemerintah masih kurang memperhatikan hal itu,apa harus semua itu disediakan oleh guru? Padahal gaji seorang guru hanya mampu digunakan untuk keperluan pribadi bahkan gaji seorang guru honorer tidak mecukupi,karena pemerintah tidak memperhatikan peran guru dalam pendidikan.Padahal untuk menjadi seorang guru juga tidak mudah,apalagi mereka yang belum beruntung mendapatkan kesempatan biaya pendidikan yang gratis. Mereka mengeluarkan banyak biaya demi menjadi seorang guru.Untuk itu,mohon muliakankan jasa seorang guru walaupun hanya guru honorer.

RISKY SETIAWAN, S.Pd said...

NAMA : TRI HARTANTI
NIM : 162180131
KELAS: 5D

Menurut saya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia,pemerintah harus memperhatikan apa yang dibutuhkan guna menunjang kesuksesan kegiatan belajar mengajar seperti sarana prasarana disekolahan,bahan ajar,media pembelajaran dan yang terpenting adalah kurikulum yang diterapkan karena kurikulum tersebut akan berpengaruh pada proses pembelajaran. Kurikulum juga akan berpengaruh pada pihak guru dan siswa. Dari pihak guru akan menerapkan kegiatan mengajar yang telah ditetapkan oleh pemerintah dan akan menyiapkan segala bahan yang diperlukan,seperti yang sedang terjadi saat ini diterapkan yaitu kurikulum 2013 siswa harus lebih giat untuk belajar karena dikurikulum 2013 siswa dituntut untuk lebih aktif dan tidak hanya mengandalkan belajar disekolah saja. Selanjutnya dari pihak guru mereka kerepotan dalam proses pembelajaran yang membutuhkan media guna menunjang pembelajaran. Pemerintah masih kurang memperhatikan hal itu,apa harus semua itu disediakan oleh guru? Padahal gaji seorang guru hanya mampu digunakan untuk keperluan pribadi bahkan gaji seorang guru honorer tidak mecukupi,karena pemerintah tidak memperhatikan peran guru dalam pendidikan.Padahal untuk menjadi seorang guru juga tidak mudah,apalagi mereka yang belum beruntung mendapatkan kesempatan biaya pendidikan yang gratis. Mereka mengeluarkan banyak biaya demi menjadi seorang guru.Untuk itu,mohon muliakankan jasa seorang guru walaupun hanya guru honorer.

Unknown said...

Nama : Yeni putri prastiwi
Nim : 162180157
Kelas :5E

Peningkata kualitas pendidikan di INdonesia dapat dilalukan dengan berbagai cara salah satunya yaitu tentang sistim penilaian untuk siswa di indonesia yang mementingkan hasil akhir yaitu dengan pelaksanaan ujian nasional di kelas akhir suatu jenjang pendidikan. Sistem pendidikan di Indonesia terlalu terfokus pada hasil dan kuranh memperhatikan proses yang di alami siswa tersebut. Di negara finlandia lebih mementingkan proses pembelajaran yang dialami siswa dari pada hanya mementingkan hasil akhir saja. Suatu proses dimana siswa itu lebih memahami letak salah dan benar dalam proses belajar yang membuat mereka merrkam ingatan tersebut di memori mereka dan membuat ingatan tentang hal itu lebih mudah diingat.

Di segi pendidik di Indonesia seorang guru bisa mengajar anak dalam jumlah yang cukup banyak yang dapat mengakibatkan ketidak efektifan proses belajar mengajar. Dibandingkan di negara finlandia seorang guru hanya mengajar beberapa siswa saja sehingga waktu yg ada dapat digunakan dengan efektif dan pemahaman siswa dalam proses pembelajaran dapat lebih ditingkatkan.

Segi pemerintahan harus lebih memperhatikan kebutuhan sarana dan prasaran yg dibutuhkan dalam bidang pendidikan, agar proses belajar mengajar juga dapat lebih ditingkatkan. Program pemerintah yang telah di jalankan seperti BOS, kartu indonesia pintar di prioritaskan untuk menjadi sasaran program tersebut.

Segi masyarakat yaitu pemahaman kembali pentingngnya kualitan pendidikan pada anak untuk bekal masa depan sebagai penerus bangsa. Masyarakat juga harus mendukung program-program pemerintahan yang telah dilaksanakan dan membantu pemerintah dan lembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia.

Terimakasih

Unknown said...

Assalamualaikum wr wb
Menurut saya dalam meningkatkan pendidikan di indonesia, dilihat dari segi pendidik ketika kita memposisikan sebgai guru kita harus selalu termotivasi dalam memberikan pendidikan yang terbaik untuk siswa dan meniatkan segala usaha kita karena Alloh SWT sehingga pendidik akan melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara maksimal. Selalu memperbarui metode, model, teknik dan taktik mengajar. Selalu berusaha meningkatkan kreatifitas dan ilmu pengetahuan.

Dilihat dari segi pemerintah
Pemerintah seharusnya memberikan subsidi- subsidi dana yang lebih mensejahterakan. Seperti memberikan beasiswa penuh pada siswa kurang mampu dan berprestasi. Pemerintah juga perlu memberikan beasiswa untuk tenaga pendidik berprestasi juga meningkatkan gaji- gaji tenaga pendidik, memberikan kesejahteraan dan prestise pada guru sehingga dengan adanya berbagai kesejahteraan tersebut para guru lebih termotivasi dalam meningkatkan kualitas mengajar. Pemerintah juga perlu memberikan fasilitas layak dan bantuan bantuan untuk sekolah guna meningkatkan segala keperluan peningkatan kegiatan pembelajaran.

Dilihat dari segi masyarakat dalam meningkatkan pendidikan di Indonesia yaitu masyarakat harus berpartisipasi mendukung segala peningkatan mutu pendidikan. Masyarakat perlu membantu perkembangan yang sehat pada sekolah sekolah dgn memberikan sumbangan baik sumber dana ataupun sumber daya dan informasi,mendukung dan melindungi sekolah pada saat mengalami kesulitan dan krisis, meningkatkan keterlibatan, kepedulian, kepemilikan, dan dukungan terutama dukungan moral dan finansial.

Unknown said...

Nama : Yeni putri prastiwi
Nim : 162180157
Kelas :5E

Peningkata kualitas pendidikan di INdonesia dapat dilalukan dengan berbagai cara salah satunya yaitu tentang sistim penilaian untuk siswa di indonesia yang mementingkan hasil akhir yaitu dengan pelaksanaan ujian nasional di kelas akhir suatu jenjang pendidikan. Sistem pendidikan di Indonesia terlalu terfokus pada hasil dan kuranh memperhatikan proses yang di alami siswa tersebut. Di negara finlandia lebih mementingkan proses pembelajaran yang dialami siswa dari pada hanya mementingkan hasil akhir saja. Suatu proses dimana siswa itu lebih memahami letak salah dan benar dalam proses belajar yang membuat mereka merrkam ingatan tersebut di memori mereka dan membuat ingatan tentang hal itu lebih mudah diingat.

Di segi pendidik di Indonesia seorang guru bisa mengajar anak dalam jumlah yang cukup banyak yang dapat mengakibatkan ketidak efektifan proses belajar mengajar. Dibandingkan di negara finlandia seorang guru hanya mengajar beberapa siswa saja sehingga waktu yg ada dapat digunakan dengan efektif dan pemahaman siswa dalam proses pembelajaran dapat lebih ditingkatkan.

Segi pemerintahan harus lebih memperhatikan kebutuhan sarana dan prasaran yg dibutuhkan dalam bidang pendidikan, agar proses belajar mengajar juga dapat lebih ditingkatkan. Program pemerintah yang telah di jalankan seperti BOS, kartu indonesia pintar di prioritaskan untuk menjadi sasaran program tersebut.

Segi masyarakat yaitu pemahaman kembali pentingngnya kualitan pendidikan pada anak untuk bekal masa depan sebagai penerus bangsa. Masyarakat juga harus mendukung program-program pemerintahan yang telah dilaksanakan dan membantu pemerintah dan lembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia.

Terimakasih

Indra Anjasmara said...

Nama : Indra Anjasmara
Kelas : 5E
NIM : 162180167

Pemerintah, Masyarakat & Tenaga Pendidik dalam kaitannya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, menurut saya haruslah lebih memiliki rasa Nasionalisme yang tinggi terhadap bangsa ini, supaya dalam tugasnya masing-masing kaitannya proses pendidikan di Indonesia, bisa saling bersinergi dengan kerja nyata, kerja cerdas, kerja ikhlas & memiliki jiwa proffesionalisme yang tinggi untuk pendidikan di Indonesia lebih baik lagi.

Terimakasih 🙏

Unknown said...

Nama : Yeni putri prastiwi
Nim : 162180157
Kelas :5E

Peningkata kualitas pendidikan di INdonesia dapat dilalukan dengan berbagai cara salah satunya yaitu tentang sistim penilaian untuk siswa di indonesia yang mementingkan hasil akhir yaitu dengan pelaksanaan ujian nasional di kelas akhir suatu jenjang pendidikan. Sistem pendidikan di Indonesia terlalu terfokus pada hasil dan kuranh memperhatikan proses yang di alami siswa tersebut. Di negara finlandia lebih mementingkan proses pembelajaran yang dialami siswa dari pada hanya mementingkan hasil akhir saja. Suatu proses dimana siswa itu lebih memahami letak salah dan benar dalam proses belajar yang membuat mereka merrkam ingatan tersebut di memori mereka dan membuat ingatan tentang hal itu lebih mudah diingat.

Di segi pendidik di Indonesia seorang guru bisa mengajar anak dalam jumlah yang cukup banyak yang dapat mengakibatkan ketidak efektifan proses belajar mengajar. Dibandingkan di negara finlandia seorang guru hanya mengajar beberapa siswa saja sehingga waktu yg ada dapat digunakan dengan efektif dan pemahaman siswa dalam proses pembelajaran dapat lebih ditingkatkan.

Segi pemerintahan harus lebih memperhatikan kebutuhan sarana dan prasaran yg dibutuhkan dalam bidang pendidikan, agar proses belajar mengajar juga dapat lebih ditingkatkan. Program pemerintah yang telah di jalankan seperti BOS, kartu indonesia pintar di prioritaskan untuk menjadi sasaran program tersebut.

Segi masyarakat yaitu pemahaman kembali pentingngnya kualitan pendidikan pada anak untuk bekal masa depan sebagai penerus bangsa. Masyarakat juga harus mendukung program-program pemerintahan yang telah dilaksanakan dan membantu pemerintah dan lembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia.

Terimakasih

Anjar Fita said...

Nama : Anjar Fita Lestari
NIM : 162180169
Kelas : 5E

Menurut pendapat saya solusi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia diperlukan adanya peningkatan kualitas guru dengan cara mengadakan berbagai pelatihan, mengadakan evaluasi berkala dan memberikan gaji yang layak sebaga reward. Memperbaiki kualitas metode dan materi pengajaran dengan selalu mengadakan evaluasi agar metode dan materi yang diajarkan relevan. Perlu adanya peningkatan kualitas sarana dan prasarana di sekolah. Perlu adanya pemerataan pendidikan di sekolah untuk mengatasi ketidakmerataan pendidikan di Indonesia. Untuk mengatasi mahalnya biaya pendidikan di Indonesia, diperlukan adanya beasiswa bagi siswa yang berprestasi di berbagai bidang dan di berbagai sekolah yang ada di Indonesia. Peningkatan kesejahteraan guru juga diperlukan karena untuk menjadi guru tidak mudah apalagi bagi guru yang belum mendapatkan tunjangan. Maka dari itu guru perlu mendapatkan tunjangan yang manusiawi untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya mengingat peranan dari seorang guru yang begitu besar dalam upaya mencerdaskan peserta didik.

Anonymous said...

Nama : khadik fatchur rohman
Nim : 162180152
Kelas: 5E

Menurut saya,untuk meningkatkan kualitas pendidikan di indonesia.terdapat 3 segi:

1. Segi Pemerintah
Menurut saya,Pemerintah Perlu menata dan memperbaiki sarana dan prasarana penunjang pendidikan,Pemerataan Kurikulum pendidikan,dan pemerataan tunjangan gaji guru Honorer yang belum sesuai. Sehinhha pembelajaran Dapat berjalan dengan baik dari materi yang disampaikan dan cara guru menyampaikan kepada peserta didik.

2. Segi Pendidik
Guru yang memiliki posisi yang sangat penting dan strategi dalam pengembangan potensi yang dimiliki peserta didik.
Untuk meningkatkan Profesionalisme dan kualitas pendidik dalam pembelajaran,Perlu ditingkatkan melalui cara-cara sebagai berikut : mengikuti penataran, mengikuti kursus-kursus pendidikan, memperbanyak membaca, mengadakan studi komperatif,mengadakan hubungan dengan wali siswa dan peningkatan materi.

3.Segi masyarakat
Menurut saya, dari lingkungan keluarga atau masyarakat jadi komponen paling utama dalam pendidikan. Karena keluarga yang mengetahui perkembangan peserta didik dalam hal pendidikan dan memberikan efektivitas komunikasi dan interaksi edukatif antara masyarakat dan peserta didik.

InasRafida said...

Menurut pendapat saya usaha yang dapat dilakukan yaitu dengan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesi, dengan cara :
Dari pihak pemerintah : pemerintah dapat membebaskan biaya sekolah, seperti di Finlandia yang biaya pendidikannya ditanggung oleh negara. Pemerintah juga dapat memberikan beasiswa kepada anak yang kurang mampu dan anak yang berprestasi. Pemerintah juga harus menyediakan sarana dan prasarana sebagai penunjang dalam kegiatan pembelajaran. Di negara Finlandia guru disejajarkan dengan dokter dan pengacara, tetapi berbeda dengan di Indonesia. Guru dipandang hanya sebagai pendidi padahal seharusnya pemerintah mensejahterakan guru seperti di Finlandia.
Dari pihak masyarakat, masyarakat juga seharusnya tidak terpaku pada guru dalam memberikan pendidikan. Masyarakat juga ikut membantu dalam urusan memberikan pengetahuan atau pendidikan. Karena pendidikan tidak hanya didapat disekolah tetapi juga dapat didapatkan dari lingkungan keluarga atau lingkungan masyarakat.
Dari pihak pendidik, sebaiknya melakukan pelatihan agar dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Penataran juga perlu diadakan rutin karena pendidikan berubah mengikuti perkembangan zamannya. Oleh karena itu, pendidik dituntut memenuhi kebutuhan pendidikan.
Nama : Inas Rafida
NIM : 162180163
Kelas : E

Unknown said...

Nama :Eka Ayu Lestari
Kelas: E
Nim : 162180176

Assalamualaikum wr wb
Menurut saya untuk mengatasi masalah pendidikan yang terjadi di Indonesia dilihat dari segi pendidik yaitu guru, kita perlu meniatkan segala usaha kita karena Alloh SWT, sehingga kita senantiasa memberikan yang terbaik dalam segala usaha kita khususnya usaha dalam pengajaran. Kita perlu memperbarui dan meningkatkan kualitas mengajar kita yaitu mengubah dan memberikan sentuhan kreativitas mengajar dengan memberikan metode, model, teknik dan taktik mengajar kita menjadi lebih baik lagi.selalu berusaha meningkatkan pengetahuan kita dan mengikuti segala pelatihan dalam meningkatkan keprofesionalitasan kita.

Dilihat dari segi pemerintah. Pemerintah perlu memberikan berbagai subsidi penunjang kegiatan belajar mengajar, baik subsidi dana seperti memberikan beasiswa yang memadai untuk siswa miskin dan berprestasi, selain siswa, guru juga perlu di berikan subsidi beasiswa pendidikan agar melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, memberikan beasiswa pada guru berprestasi. Selain subsidi dana pemerintah juga diharapkan memberikan subsidi berupa fasilitas fasilitas dan properti untuk penunjang kegiatan belajar mengajar. Pemerintah juga perlu memberikan pelatihan- pelatihan sebagai upaya peningkatan kualitas profesional guru.

Dari segi masyarakat dalam usaha meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia yaitu masyarakat harus menyumbangkan berbagai partisipasi pada pendidikan di Indonesia. Masyarakat perlu memberikan sumbangan sumber daya, informasi maupun sumber dana. Mendukung dan melindungi sekolah yang mengalami kesulitan dan krisis.meningkatkan keterlibatan, kepedulian , kepemilikan dan dukungan moral.

InasRafida said...

Menurut pendapat saya usaha yang dapat dilakukan yaitu dengan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesi, dengan cara :
Dari pihak pemerintah : pemerintah dapat membebaskan biaya sekolah, seperti di Finlandia yang biaya pendidikannya ditanggung oleh negara. Pemerintah juga dapat memberikan beasiswa kepada anak yang kurang mampu dan anak yang berprestasi. Pemerintah juga harus menyediakan sarana dan prasarana sebagai penunjang dalam kegiatan pembelajaran. Di negara Finlandia guru disejajarkan dengan dokter dan pengacara, tetapi berbeda dengan di Indonesia. Guru dipandang hanya sebagai pendidi padahal seharusnya pemerintah mensejahterakan guru seperti di Finlandia.
Dari pihak masyarakat, masyarakat juga seharusnya tidak terpaku pada guru dalam memberikan pendidikan. Masyarakat juga ikut membantu dalam urusan memberikan pengetahuan atau pendidikan. Karena pendidikan tidak hanya didapat disekolah tetapi juga dapat didapatkan dari lingkungan keluarga atau lingkungan masyarakat.
Dari pihak pendidik, sebaiknya melakukan pelatihan agar dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Penataran juga perlu diadakan rutin karena pendidikan berubah mengikuti perkembangan zamannya. Oleh karena itu, pendidik dituntut memenuhi kebutuhan pendidikan.
Nama : Inas Rafida
NIM : 162180163
Kelas : E

Anonymous said...

Sinta Rahmawati
162180155
Kelas E
Menurut saya, pendidikan Indonesia memang belum bisa bersaing dengan negara maju. Saat ini pendidikan di Indonesia secara keseluruhan masih belum sempurna atau masih kurang. Hal ini perlu adanya upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik. Dilihat segi pemerintah :
a. Membangun sekolah sekolah di daerah terpencil untuk pemerataan pendidikan.
b. Wajib sekolah 12 taun dengan adanya dana BOS dari pemerintah (berupa buku, pakaian, kompiter, dll.) Untuk menunjang sarana dan prasarana disekolah.
c. Adanya bantuan beasiswa untuk siswa berprestasi dan siswa kurang mampu, dan adanya pertukaran pelajar.
d. Pemerataan penyelenggaraan K 13, dengan mengadakan penataran dan pelatihan untuk pendidik diseluruh negeri.
Dari segi pendidik :
a. Pendidik mengikuti penataran dan pelatihan Kurikulum terbaru yang dianjurkan pemerintah untuk meningkatkan dan menyelaraskan keterampilan pendidik sesuai dengan kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan.
b. Mengikuti kursus-kursus pendidikan seperti bahasa asing (bahasa inggris, bahasa arab) dan komputer karena tidak semua pendidik bisa berbahasa inggris dan mengoperasikan komputer.
c. Memperbanyak membacaca buku. Pendidik tidak boleh berpaku pada 1 atau 2 buku pelajaran, pendidik harus membaca bermacan macam buku untuk menambah bahan materi yang akan disampaikan sehingga sebagai pendidik tidak akan kekuranga pengetahuan-pengetahuan dan informasi-informasi yang muncul dan berkembang di dalam mayarakat.
d. Mengadakan kunjungan kesekolah lain. Hal ini akan menambah wawasan pengetahuan, bertukar pikiran dan informasi tentang kemajuan sekolah. Ini akan menambah dan melengkapi pengetahuaan , sehingga peningkatan pendidikan akan bisa tercapai.
e. Mengadakan hubungan dengan wali siswa
Mengadakan pertemuan dengan wali siswa sangatlah penting sekali, karena dengan ini pendidk dengan orang tua akan dapat saling berkomunikasi, mengetahui dan menjaga peserta didik serta bisa mengarahkan pada perbuatan yang positif. Karena jam pendidikan yang diberikan di sekolah lebih sedikit apabila dibandingkan jam pendidikan di dalam keluarga.
Dari segi masyarakat :
Masyarakat ikut serta juga dalam meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat disini yaitu :
- orang tua siswa, komiter sekolah, pelatih ekstrakulikuler selain guru disekolah.
a.Menggunakan jasa sekolah dengan memasukan anaknya belajar disekolah.
b.Memberikan kontribusi dana, bahan, dan tenaga
c. Melaksanakan kegiatan yang telah didelegasikan atau dilimpahkan sekolah. Sekolah, misalnya, meminta komite sekolah dan orang tua murid tertentu untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat umum tentang pentingnya pendidikan atau hal-hal penting lainnya untuk kemajuan bersama.
d. Memberikan pelayanan tertentu. Misalnya, sekolah bekerja sama dengan mitra tertentu seperti Komite Sekolah dan orang tua murid mewakili sekolah bekerjasama dengan Puskesmas untuk memberikan penyuluhan tentang perlunya sarapan pagi sebelum sekolah, atau makanan yang bergizi bagi anak-anak.
e.Berkonsultasi masalah pendidikan anak dan membantu mengulang pembelajaran anak dirumah.
f.Terlibat dalam kegiatan ekstra kurikuler dalam pelatihan ekstrakulikuler.

Anonymous said...

Menurut saya, pendidikan di Indonesia masih perlu diperbaiki agar nantinya bisa lebih baik lagi. Perbaikan mutu pendidikan di Indonesia dapat dilakukan dari segi pemerintah, masyarakat, dan pendidik.
Dari segi pemerintah, misalnya dengan menyediakan sarana dan prasarana dan fasilitas pendukung lainnya. Dalam menyediakan sarana dan prasarana haruslah merata dan menjagkau seluruh wilayah di alindonesia. Pemerintah juga telah memberikan dana BOS dan program-program beasiswa bagi murid yang berprestasi yang kekurangan dalam keuangan. Akan tetapi, saat ini masih sering terjadi salah sasaran terhadap pemberian beasiswa kepada murid, maka dari itu pemerintah harus lebih selektif lagi agar beasiswa dapat jatuh tepat sasaran dan dapat membantu mereka yang membutuhkan. Pemerintah juga perlu memperhatikan gaji guru honorer
Dari segi masyarakat dapat dilakukan dengan cara memberikan penyuluhan atau sosialisasi kepada orang tua dan anak akan pentingnya sebuah pendidikan bagi anak. Dengan begitu, orang tua akan berusaha untuk menyekolahkan anaknya, dan anak akan memiliki motivasi untuk sekolah. Sosialisasi ini lebih ditekankan di masyarakat yang masih kurang akan kesadaran sebuah pendidikan bagi anak.
Dari segi pendidik yaitu dengan cara melakukan penataran untuk meningkatkan kualitas pendidik dan meningkatkan keahlian guru. Pendidik juga perlu mengikuti kursus-kursus yang menunjang keterampilan seorang guru. Pendidik juga harus memiliki wawasan yang luas dengan cara membaca berbagai literatur yang mendukung.

Nama : Herlina Fibriani
NIM : 162180177
Kelas: 5E

Unknown said...

Menurut saya, pendidikan di Indonesia masih perlu diperbaiki agar nantinya bisa lebih baik lagi. Perbaikan mutu pendidikan di Indonesia dapat dilakukan dari segi pemerintah, masyarakat, dan pendidik.
Dari segi pemerintah, misalnya dengan menyediakan sarana dan prasarana dan fasilitas pendukung lainnya. Dalam menyediakan sarana dan prasarana haruslah merata dan menjagkau seluruh wilayah di alindonesia. Pemerintah juga telah memberikan dana BOS dan program-program beasiswa bagi murid yang berprestasi yang kekurangan dalam keuangan. Akan tetapi, saat ini masih sering terjadi salah sasaran terhadap pemberian beasiswa kepada murid, maka dari itu pemerintah harus lebih selektif lagi agar beasiswa dapat jatuh tepat sasaran dan dapat membantu mereka yang membutuhkan. Pemerintah juga perlu memperhatikan gaji guru honorer
Dari segi masyarakat dapat dilakukan dengan cara memberikan penyuluhan atau sosialisasi kepada orang tua dan anak akan pentingnya sebuah pendidikan bagi anak. Dengan begitu, orang tua akan berusaha untuk menyekolahkan anaknya, dan anak akan memiliki motivasi untuk sekolah. Sosialisasi ini lebih ditekankan di masyarakat yang masih kurang akan kesadaran sebuah pendidikan bagi anak.
Dari segi pendidik yaitu dengan cara melakukan penataran untuk meningkatkan kualitas pendidik dan meningkatkan keahlian guru. Pendidik juga perlu mengikuti kursus-kursus yang menunjang keterampilan seorang guru. Pendidik juga harus memiliki wawasan yang luas dengan cara membaca berbagai literatur yang mendukung.

Nama : Herlina Fibriani
NIM : 162180177
Kelas: 5E

Anonymous said...

Nama : Meliana Wulandari
NIM : 162180174
Kelas : PGSD 5E
Menurut pendapat saya pendidikan di indonesia masih perlu diperhatikan dandiperbaiki. Pemerintah di Indonesia perlu memperhatikan sarana dan pra sarana yang sekolah yang ada di Indonesia untuk lebih di tingkatkan lagi untuk mempersiapkan proses pembelajaran yang lebih baik lagi. Pemerintah harus memberikan penghargaan kepada guru atau pendidik yang memiliki prestasi dan memberikan penghargaan kepada siswa yang memiliki prestasi bukan malah mengabaikan seperti itu. Pemerataan tujangan gaji guru honorer masih belum sesuai dan tidak merata.
Dari segi pendidik
Dalam pembelajaran pendidik atau guru di Indonesia masih menggunakan metode atau strategi pembelajaran yang masih sederhana dan tidak dapat membangkitkan motivasi belajar anak. Agar pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik dan mudah maka guru dapat menyesuaikan kebutuhan sesuai karakter dari masing- masing anak atau peserta didik dan pembelajaran di buat secara bervariasi dan dapat di terima dengan mudah. Pembelajaran di Indonesia dipusatkan kepada peserta didik,sehingga siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran.
Dari segi masyarakat
Masyarakat dan keluarga merupakan pembelajaran yang sangat penting dan dapat meningkatakan mutu pendidikan. Lingkungan keluarga harus lebih tahu pendidkan yang sesuai yaitu mulai berusaha 7 tahun agar dapat mengikuti pembelajaran dengan baik.
Menurut pendapat saya pendidikan di Finlandia itu sudah sangat baik karena Indonesia mencontoh kurikulum yang ada di Finlandia. Melihat dari segi pemerintah, pemerintah di Indonesia masih perlu diperbaiki lagi dalam memberikan dana dan beasiswa yang ada di Indonesia, dan guru honorer harus diberikan upah yang lebih pantas karena sangat berperan penting dalam mengembangkan tenaga pendidik yanglebih baik.
Dari segi masyarakat anak SD wajib belajar di bangku SD mulai berusia 7 tahun, karena di usia itu anak sudah siap mengikuti pembelajaran.
Dari segi pendidik
guru harus memiliki pengalaman yang lebih banyak agar dapat di tularkan kepada anak didik dan guru wajib mengikuti program pelatihan profesi guru agar bisa mengembangkan profesinya sesuai bidang pendidikan.

Unknown said...

Menurut saya, pendidikan di Indonesia masih perlu diperbaiki agar nantinya bisa lebih baik lagi. Perbaikan mutu pendidikan di Indonesia dapat dilakukan dari segi pemerintah, masyarakat, dan pendidik.
Dari segi pemerintah, misalnya dengan menyediakan sarana dan prasarana dan fasilitas pendukung lainnya. Dalam menyediakan sarana dan prasarana haruslah merata dan menjagkau seluruh wilayah di alindonesia. Pemerintah juga telah memberikan dana BOS dan program-program beasiswa bagi murid yang berprestasi yang kekurangan dalam keuangan. Akan tetapi, saat ini masih sering terjadi salah sasaran terhadap pemberian beasiswa kepada murid, maka dari itu pemerintah harus lebih selektif lagi agar beasiswa dapat jatuh tepat sasaran dan dapat membantu mereka yang membutuhkan. Pemerintah juga perlu memperhatikan gaji guru honorer
Dari segi masyarakat dapat dilakukan dengan cara memberikan penyuluhan atau sosialisasi kepada orang tua dan anak akan pentingnya sebuah pendidikan bagi anak. Dengan begitu, orang tua akan berusaha untuk menyekolahkan anaknya, dan anak akan memiliki motivasi untuk sekolah. Sosialisasi ini lebih ditekankan di masyarakat yang masih kurang akan kesadaran sebuah pendidikan bagi anak.
Dari segi pendidik yaitu dengan cara melakukan penataran untuk meningkatkan kualitas pendidik dan meningkatkan keahlian guru. Pendidik juga perlu mengikuti kursus-kursus yang menunjang keterampilan seorang guru. Pendidik juga harus memiliki wawasan yang luas dengan cara membaca berbagai literatur yang mendukung.

Nama : Herlina Fibriani
NIM : 162180177
Kelas : 5E

InasRafida said...

SINTA RAHMAWATI
162180155
KELAS E
Menurut saya, pendidikan Indonesia memang belum bisa bersaing dengan negara maju. Saat ini pendidikan di Indonesia secara keseluruhan masih belum sempurna atau masih kurang. Hal ini perlu adanya upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik. Dilihat segi pemerintah :
a. Membangun sekolah sekolah di daerah terpencil untuk pemerataan pendidikan.
b. Wajib sekolah 12 taun dengan adanya dana BOS dari pemerintah (berupa buku, pakaian, kompiter, dll.) Untuk menunjang sarana dan prasarana disekolah.
c. Adanya bantuan beasiswa untuk siswa berprestasi dan siswa kurang mampu, dan adanya pertukaran pelajar.
d. Pemerataan penyelenggaraan K 13, dengan mengadakan penataran dan pelatihan untuk pendidik diseluruh negeri.
Dari segi pendidik :
a. Pendidik mengikuti penataran dan pelatihan Kurikulum terbaru yang dianjurkan pemerintah untuk meningkatkan dan menyelaraskan keterampilan pendidik sesuai dengan kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan.
b. Mengikuti kursus-kursus pendidikan seperti bahasa asing (bahasa inggris, bahasa arab) dan komputer karena tidak semua pendidik bisa berbahasa inggris dan mengoperasikan komputer.
c. Memperbanyak membacaca buku. Pendidik tidak boleh berpaku pada 1 atau 2 buku pelajaran, pendidik harus membaca bermacan macam buku untuk menambah bahan materi yang akan disampaikan sehingga sebagai pendidik tidak akan kekuranga pengetahuan-pengetahuan dan informasi-informasi yang muncul dan berkembang di dalam mayarakat.
d. Mengadakan kunjungan kesekolah lain. Hal ini akan menambah wawasan pengetahuan, bertukar pikiran dan informasi tentang kemajuan sekolah. Ini akan menambah dan melengkapi pengetahuaan , sehingga peningkatan pendidikan akan bisa tercapai.
e. Mengadakan hubungan dengan wali siswa
Mengadakan pertemuan dengan wali siswa sangatlah penting sekali, karena dengan ini pendidk dengan orang tua akan dapat saling berkomunikasi, mengetahui dan menjaga peserta didik serta bisa mengarahkan pada perbuatan yang positif. Karena jam pendidikan yang diberikan di sekolah lebih sedikit apabila dibandingkan jam pendidikan di dalam keluarga.
Dari segi masyarakat :
Masyarakat ikut serta juga dalam meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat disini yaitu :
- orang tua siswa, komiter sekolah, pelatih ekstrakulikuler selain guru disekolah.
a.Menggunakan jasa sekolah dengan memasukan anaknya belajar disekolah.
b.Memberikan kontribusi dana, bahan, dan tenaga
c. Melaksanakan kegiatan yang telah didelegasikan atau dilimpahkan sekolah. Sekolah, misalnya, meminta komite sekolah dan orang tua murid tertentu untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat umum tentang pentingnya pendidikan atau hal-hal penting lainnya untuk kemajuan bersama.
d. Memberikan pelayanan tertentu. Misalnya, sekolah bekerja sama dengan mitra tertentu seperti Komite Sekolah dan orang tua murid mewakili sekolah bekerjasama dengan Puskesmas untuk memberikan penyuluhan tentang perlunya sarapan pagi sebelum sekolah, atau makanan yang bergizi bagi anak-anak.
e.Berkonsultasi masalah pendidikan anak dan membantu mengulang pembelajaran anak dirumah.
f.Terlibat dalam kegiatan ekstra kurikuler dalam pelatihan ekstrakulikuler.

Unknown said...

Nama : Fitriana Kurnia Dewi
NIM : 162180160
Kelas : 5E
Pendapat saya mengenai pendidikan di Indonesia yakni :
A. Dari segi Pemerintah
Pedidikan merupakan suatu hal yang penting bagi suatu negara. Upaya pemerintah dalam membangun pendidikan sangatlah banyak. Salah satunya dapat dilihat dengan adanya program kebijakan pemerintah yang mencanangkan bahwa wajib belajar selama 9 tahun itu merupakan bukti bahwa Indonesia mengalami perubahan yang lebih baik. Selain itu, pemerintah juga sudah berupaya memberikan bntuan dana BOS ( Bantuan Operasional Sekolah ) dan program beasiswa lainnya.Menurut saya, dalam hal ini pemerintah sudah berupaya dengan berbagai cara untuk mningkatkan pendidikan di Indonesia.
B. Dari segi Masyarakat
Peran serta masyarakat dalam pengelolaan pendidikan masih kurang. Partisipasi masyarakat dalam pendidikan hanya bersifat dukungan dana, padahal yang lebih penting adalah partisipasi dalam hal proses pendidikan secara langsung. Masyarakat dan lingkungan tempat tinggal merupakan bagian yang terintegrasi dengan siswa sebagai peserta didik. Proses pendidikan yang sebenarnya tentu melibatkan peranan keluarga, lingkungan, masyarakat dan sekolah, sehingga jika salah satunya tidak berjalan dengan baik maka dapat mempengaruhi keberlangsungan pendidikan itu sendiri.
C. Dari seg Pendidik
Pendidikan dari segi pendidik dalam hal ini dikatakan sebagai guru atau pengajar. Keadaan pendidik di Indonesia juga memprihatinkan. Kebanyakan guru di Indonesia belum memiliki profesionalisme yang memadai. Walaupun guru dan pengajar bukan satu - satunya faktor penentu keberhasilan pendidikan, tetapi merupakan cerminan kualitas pendidikan dalam belajar mengajar. Usaha yang perlu dilakukan adalah meningkatkan kedisiplinan pendidikan dalam mengajar, kesesuaian materi, profesionalisme dalam mengajar, dan sebaiknya pendidik diberkan arahan dan simulasi bagaimana cara mendidik dengan baik dan benar, efektif, dan sesuai dengan materi agar tujuan pendidikan dapat tercapai.

InasRafida said...

Menurut pendapat saya, agar pendidikan di Indonesia mendapatkan kualitas pendidikan yang lebih baik lagi salah satunya yaitu dengan cara meningkatkan sarana dan prasarana disekolah karena di Indonesia itu sangat perlu diperhatikan, untuk menunjang kegiatan belajar mengajar pun dapat berjalan dengan baik lagi. Selain itu sarana adalah alat atau metode dan tekhnik yang dipergunakan dalam rangka meningkatkan efektivitas komunikasi dan interaksi edukatif antara pendidik dan peserta didik dalam proses pendidikan dan pengajaran disekolah.
Dari segi masyarakat, agar pendidikan di Indonesia dapat meningkat dengan kualitas yang lebih baik lagi, perlu adanya komunikasi dengan mengadakan pertemuan dengan wali siswa ini sangatlah penting sekali, karena dengan ini guru dan orangtua akan dapat saling berkomunikasi, mengetahui, dan menjaga peserta didik serta bisa mengarahkan perbuatan yang positif.
Dari segi pendidik, agar pendidikan di Indonesia dapat meningkat dengan kualitas yang lebih baik lagi, yaitu dengan cara mengikuti penataran, dan adapun kegiatan penataran tersebut ditujukan untuk mempertinggi mutu petugas sebagai profesinya masing-masing, meningkatkan efisiensi kerja menuju arah tercapainya hasil yang optimal, serta perkembangan kegairahan kerja dan peningkatan kesejahtaraan.
NAMA : SETIANINGSIH
NIM : 162180153
KELAS : 5E

Anonymous said...

Nama : Meliana Wulandari
NIM : 162180174
Kelas : PGSD 5E
Menurut pendapat saya pendidikan di indonesia masih perlu diperhatikan dandiperbaiki. Pemerintah di Indonesia perlu memperhatikan sarana dan pra sarana yang sekolah yang ada di Indonesia untuk lebih di tingkatkan lagi untuk mempersiapkan proses pembelajaran yang lebih baik lagi. Pemerintah harus memberikan penghargaan kepada guru atau pendidik yang memiliki prestasi dan memberikan penghargaan kepada siswa yang memiliki prestasi bukan malah mengabaikan seperti itu. Pemerataan tujangan gaji guru honorer masih belum sesuai dan tidak merata.
Dari segi pendidik
Dalam pembelajaran pendidik atau guru di Indonesia masih menggunakan metode atau strategi pembelajaran yang masih sederhana dan tidak dapat membangkitkan motivasi belajar anak. Agar pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik dan mudah maka guru dapat menyesuaikan kebutuhan sesuai karakter dari masing- masing anak atau peserta didik dan pembelajaran di buat secara bervariasi dan dapat di terima dengan mudah. Pembelajaran di Indonesia dipusatkan kepada peserta didik,sehingga siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran.
Dari segi masyarakat
Masyarakat dan keluarga merupakan pembelajaran yang sangat penting dan dapat meningkatakan mutu pendidikan. Lingkungan keluarga harus lebih tahu pendidkan yang sesuai yaitu mulai berusaha 7 tahun agar dapat mengikuti pembelajaran dengan baik.
Menurut pendapat saya pendidikan di Finlandia itu sudah sangat baik karena Indonesia mencontoh kurikulum yang ada di Finlandia. Melihat dari segi pemerintah, pemerintah di Indonesia masih perlu diperbaiki lagi dalam memberikan dana dan beasiswa yang ada di Indonesia, dan guru honorer harus diberikan upah yang lebih pantas karena sangat berperan penting dalam mengembangkan tenaga pendidik yanglebih baik.
Dari segi masyarakat anak SD wajib belajar di bangku SD mulai berusia 7 tahun, karena di usia itu anak sudah siap mengikuti pembelajaran.
Dari segi pendidik
guru harus memiliki pengalaman yang lebih banyak agar dapat di tularkan kepada anak didik dan guru wajib mengikuti program pelatihan profesi guru agar bisa mengembangkan profesinya sesuai bidang pendidkan.

Unknown said...

Nama : Nur Septi Arum S
Nim. : 162180159
Kelas: E
Menurut saya pendidikan di Indonesia masih perlu ditingkatkan lagi.Dari segi pemerintahan yaitu pemerintah jangan hanya mewajibkan pendidikan 9th,apabil perlu sampai jenjang perkuliahan dengan demikian pemerintah juga tidak hanya mewajibkan saja namun perlu adanya dana untuk pendidikan sampai jenjang perkuliahan. Karena masih banyak masyarakat menengah bawah yang tidak mampu membiayai sekolah, kebanyak dari mereka hanya mampu mengenyam pendidikan sampai SMP. Bahkan masih banyak masyarakat menengah bawah yang tidak bersekah walaupun biaya di tanggung pemerintah namun mereka tidak bisa membeli seragam, peralatan sekah dan biaya lainnya oleh karena itu pemerintah perlu memberikan dana untuk keperluan sekolah bagi mereka yang tidak mampu. Selain dana pemerintah juga harus memperhatikan sarana dan prasarana di setiap sekolah,masih banyak sekolah yang belum terpenuhi dengan baik.
Dari segi masyarakat, perlu adanya sosialisasi ke daerah-daerah tertentu untuk mengajak mereka melaksanakan pendidikan sampai jenjang perguruan tinggi dan keluarga juga harus berperan aktif karena pendidikan paling utama yaitu keluarga
Dari segi pendidikan, guru perannya sangatlah penting,sehingga kita harus memperhatikan kualitas pendidik. Untuk mendapatkan kualitas pendidikan yang baik maka perlu adanya pendidikan pengembangan profesi. Kurikulum yang diterapkan juga harus fleksibel. Kita juga harus memperhatikan jam belajar siswa dengan jam bermain dan beristirahat dengan cukup agar mereka bisa melanjutkan aktifitas sekolah selanjutnya dengan kondisi baik. Pemerintah juga harus memperhatikan gaji guru karena guru memiliki peran sangat penting untuk mencerdaskan anak bangsa.

Unknown said...

Upaya dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dari segi:
A. Pemerintah
Pemerintah dapat meningkatkan kualitas pendidikan melalui perbaikan sarana dan prasarana untuk mendukung keberlangsungan proses pendidikan. Selain itu, pemerintah juga dapat melaksanakan sertifikasi guru. Sertifikasi guru adalah proses pemberian sertifikat pendidik kepada guru. Guru professional merupakan syarat mutlak untuk menciptakan sistem dan praktik pendidikan yang berkualitas. Sertifikasi merupakan sarana atau instrumen untuk mencapai suatu tujuan. Perlu ada kesadaran dan pemahaman dari semua pihak bahwa sertifikasi adalah sarana untuk menuju kualitas. Kesadaran dan pemahaman akan melahirkan aktivitas yang benar bahwa apapun yang dilakukan adalah untuk mencapai kualitas
B. Masyarakat
Masyarakat dapat melakukan partisipasi upaya-upayameningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia melalui manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah. Masyarakat juga dapat terlibat dalam memberikan bantuan dana, pembuatan gedung, area pendidikan, teknis edukatif seperti proses belajar mengajar, menyediakan diri menjadi tenaga pengajar, mendiskusikan pelaksanaan kurikulum, membicarakan kemajuan belajar dan lain-lain. Banyak hal yang bisa disumbangkan dan dilakukan oleh masyarakat untuk membantu terlaksananya pendidikan yang bermutu, mulai dari menggunakan jasa pelayanan yang tersedia sampai keikutsertaannya dalam pengambilan keputusan. Peran serta masyarakat dalam peningkatan mutu sekolah mencakup seluruh stake holder (orang tua, masyarakat dan komite sekolah). Masyarakat dan keterbukaan pengelolaan pendidikan di sekolah akan menimbulkan semangat yang tinggi bagi seluruh pengelolaan pendidikan di sekolah, kemudian mendorong pada penciptaan pembelajaraan aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) yang pada akhirnya akan mampu meningkatkan mutu pendidikan pada satuan pendidikan.
C. Pendidik
Peningkatkan sarana belajar mengajar juga menjadi faktor penting dalam peningkatan kompetensi guru. Pada era globalisaguru menggunakan multimedia dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar. Hal ini akan meningkatkan k ompetensi profesional guru yang akan berimbas positif terhadap peningkatakan kualitas siswa didik. Kegiatan-kegiatan seperti pelatihan, pembekalan, dan pemberdayaan guru tentu sangat penting untuk meningkatkan kualitas mereka. Dengan meningkatkan standar kualitas guru di Indonesia, kualitas pendidikan pun akan meningkat secara signifikan. Bagaimana pun, pendidikan adalah sesuatu yang sangat penting.
(Della Ersalina/5E/162180162)

Unknown said...

Nama : Heriyanto Saputra
NIM : 162180151
Kelas: 5E
sistem pendidikan Indonesia tidak dapat meniru layaknya negara Finlandia. Banyaknya perbedaan-perbedaan tersebut tentunya akan menjadi bahan pertimbangan yang harus dipikirkan secara matang. sebagai anak muda tidak banyak mengeluh. Karena salah satu cara untuk memajukan pendidikan di Indonesia itu dapat dimulai dari diri kita sendiri. Tidak perlu kita mengeluh kesana sini, terus menerus mengkritik pemerintah tanpa melakukan tindakan, karena yang diperlukan hanya satu, bagaimana langkah selanjutnya yang kita lakukan. Karena orang menilai kita cerdas tidak perlu dari beribu-ribu kata yang kita ucapkan, cukup dengan satu tindakan kita maka orang disekitar kita dapat melihat bagaimana diri kita. Terlebih lagi kehadiran orang tua sebagai penyemangat, memonitor perkembangan anaknya agar tidak melenceng kejalan yang tidak baik.

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Nurrohim said...

Nama : Nurrohim
Nim : 162180150
Kelas : 5 E

Usaha yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan bangsa indonesia sebagai berikut :
1. Melaksanakan program wajib belajar 9 tahun yang gratis bagi seluruh warga Negara Indonesia.

2. Memperbaiki kualitas metode dan materi pengajaran dengan selalu mengadakan evaluasi agar metode dan materi yang diajarkan relevan.

3. Memperbaiki kualitas pengajar dengan cara mengadakan berbagai pelatihan, mengadakan evaluasi berkala dan memberikan gaji yang layak sebaga reward.

4. Giat mengadakan pelatihan berbasis keterampilan di luar lembaga pendidikan resmi seperti sekolah dan kampus.

5. Menggiatkan program beasiswa, pertukaran pelajar atau program terobosan lainnya seperti student-loan misalnya.

6. Pemerintah perlu berperan aktif dalam pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Anonymous said...

Nama:Vira Oktaviani Havsari
NIM :162180158
Kelas :5 E PGSD

Menurut pendapat saya, pendidikan di Indonesia harus lebih di tingkatkan lagi dari segi guru. Guru harus mengikuti penataran untuk mendapatkan pengalaman dan menyelaraskan pengetahuan dan keterampilan mereka,mengikuti kursus kursus pendidikan,memperbanyak membaca,dan mengadakan kunjungan ke sekolah lain.Bagi pemerintah harus lebih peduli lagi terlebih soal dana supaya memudahkan proses pendidikan,memberikan beasiswa sekolah gratis, meningkatkan gaji guru, dan tentunya mengurangi angka korupsi di Indonesia.Sebaiknya tidak harus terpaku pada kurikulum,sebaiknya melihat situasi dan kondisi karena konteks mungkin tidak sesuai dengan yang di lapangan.Kurikulum hanya sebagai formalisasi supaya memiliki pegangan yabg akurat. Dari segi masyarakat dan keluarga turut membantu dan menyukseskan pendidikan di rumah dan lingkungan sekitar karena pendidikan pertama itu lahir dari keluarga. Keluarga seharusnya mengajarkan pendidikan utama seperti agama dan tata krama, keluarga harus sepenuhnya mendukung anak anak untuk meyakinkan bahwa mereka bisa dan menyemangati serta memotivasi. Alasan semua itu dilakukan untuk menjadikan penerus bangsa yang berbakti dan bertanggung jawab serta membela negara.Karena manusia dilahirkan untuk wajib menuntut ilmu dan berakhlak mulia dan beradab.OST Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo)

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Nama : Lathifatul Adibah
Nim : 162180164
Kelas : E

Menurut pendapat saya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan memperhatikan kurikulum yang dipakai . Mengingat sering adanya perubahan kurikulum pendidikan akan membuat proses belajar mengajar terganggu. Karena fokus pembelajaran yang dilakukan oleh guru akan berganti mengikuti adanya kurikulum yang baru.
Menurut saya usaha kita untuk meningkatkan pendidikan indonesia dari segi :
A. Pendidik
Dari segi ini, guru memiliki peran yang sangat penting dalam pengembangan potensi peserta didik. Guru lebih kreatif dalam pembelajaran dan lebih memperhatikan kurikulum yang telah ditetapkan.
B. Masyarakat
Dalam lingkup masyarakat perlu diperhatikan dalam penerapan sistem pendidikan, bagaimanapun sistem pendidikan tidak bisa tiba-tiba berubah. Semua ada proses, dan proses akan berjalan dengan lancar dan cepat itu juga berkat bantuan dari luar termasuk masyarakat.
C. Pemerintah
Lebih baik lagi ditingkatkan dalam sarana dan prasarana disekolah. Terlebih dalam pembangunan sekolah, meski sudah ada wajib belajar 12 tahun akan tetapi belum ditetapkan sepenuhnya. Masih ada beberapa yang putus sekolah dengan alasan salah satunya adalah dengan adanya biaya tambahan.

Unknown said...

Nama : Lathifatul Adibah
Nim : 162180164
Kelas : E

Menurut pendapat saya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan memperhatikan kurikulum yang dipakai . Mengingat sering adanya perubahan kurikulum pendidikan akan membuat proses belajar mengajar terganggu. Karena fokus pembelajaran yang dilakukan oleh guru akan berganti mengikuti adanya kurikulum yang baru.
Menurut saya usaha kita untuk meningkatkan pendidikan indonesia dari segi :
A. Pendidik
Dari segi ini, guru memiliki peran yang sangat penting dalam pengembangan potensi peserta didik. Guru lebih kreatif dalam pembelajaran dan lebih memperhatikan kurikulum yang telah ditetapkan.
B. Masyarakat
Dalam lingkup masyarakat perlu diperhatikan dalam penerapan sistem pendidikan, bagaimanapun sistem pendidikan tidak bisa tiba-tiba berubah. Semua ada proses, dan proses akan berjalan dengan lancar dan cepat itu juga berkat bantuan dari luar termasuk masyarakat.
C. Pemerintah
Lebih baik lagi ditingkatkan dalam sarana dan prasarana disekolah. Terlebih dalam pembangunan sekolah, meski sudah ada wajib belajar 12 tahun akan tetapi belum ditetapkan sepenuhnya. Masih ada beberapa yang putus sekolah dengan alasan salah satunya adalah dengan adanya biaya tambahan.

Unknown said...

Nama : Lathifatul Adibah
Nim : 162180164
Kelas : E

Menurut pendapat saya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan memperhatikan kurikulum yang dipakai . Mengingat sering adanya perubahan kurikulum pendidikan akan membuat proses belajar mengajar terganggu. Karena fokus pembelajaran yang dilakukan oleh guru akan berganti mengikuti adanya kurikulum yang baru.
Menurut saya usaha kita untuk meningkatkan pendidikan indonesia dari segi :
A. Pendidik
Dari segi ini, guru memiliki peran yang sangat penting dalam pengembangan potensi peserta didik. Guru lebih kreatif dalam pembelajaran dan lebih memperhatikan kurikulum yang telah ditetapkan.
B. Masyarakat
Dalam lingkup masyarakat perlu diperhatikan dalam penerapan sistem pendidikan, bagaimanapun sistem pendidikan tidak bisa tiba-tiba berubah. Semua ada proses, dan proses akan berjalan dengan lancar dan cepat itu juga berkat bantuan dari luar termasuk masyarakat.
C. Pemerintah
Lebih baik lagi ditingkatkan dalam sarana dan prasarana disekolah. Terlebih dalam pembangunan sekolah, meski sudah ada wajib belajar 12 tahun akan tetapi belum ditetapkan sepenuhnya. Masih ada beberapa yang putus sekolah dengan alasan salah satunya adalah dengan adanya biaya tambahan.

Anonymous said...

NAMA : SOFIANA HIKMAH
NIM : 162180146
KELAS 5E
Menurut Saya, pendidikan adalah hal pokok yang akan menopang kemajuan suatu bangsa. Kemajuan suatu bangsa dapat diukur dari kualitas dan sistem pendidikan yang ada. Tanpa pendidikan, suatu negara akan jauh tertinggal dari negara lain. Kualitas pendidikan di Indonesia pada dewasa ini sangat memprihatinkan. Usaha yang dilakukan pemerintah sebaiknya memperbaiki sarana dan prasarana pendidikan di Indonesia, misalnya: gedung sekolah, alat-alat laboratorium, buku-buku di perpustakaan, dan sarana prasarana pendukung lain. Salah satu bukti lain dari pemerintah sekarang sedang menggalakkan pendidikan tingkat satuan pendidikan menengah atas berbasis kerja, yaitu sekolah menengah kejuruan (SMK). Pemerintah berencana akan mengubah pola pendidikan Indonesia dengan perbandingan 70% untuk SMK dan 30% untuk sekolah menengah atas (SMA). Lulusan SMA dalam pandangan pemerintah hanya menghasilkan lulusan yang tidak siap kerja kalau tidak mau disebut pengangguran. Meskipun sekolah sudah menerapkan beberapa tipe atau kelas dalam program di antaranya: kelas akselerasi, bilingual, RSBI atau SBI, atau sekolah yang hanya berstandar SSN. Namun, dampak yang didapatkan dengan program ataupun kelas-kelas dalam sekolah tersebut bukan jawaban yang pas untuk mengarahkan pendidikan terhadap tujuan pendidikan nasional bahwa dengan pendidikan diharapkan seseorang bisa menjadi manusia yang seutuhnya. Pergantian kurikulum maupun pergantian menteri bisa dikatakan progresif, namun juga bukan suatu pemecahan masalah karena implementasi dan kualitas sumber daya manusia khususnya pendidik di Indonesia yang terlalu beragam. Dalam hal ini, masyarakat dapat membatu mensukseskan program pendidikan di Indonesia dengan melek ilmu pengetahuan sejak dari keluarganya. Mengatur kembali sistem pendidikan dasar di keluarga mulai dari sadar akan petingnya membaca buku bacaan, taat beribadah, tata karma atau aturan kemanusiaan yang menumbuhkan jiwa nasionalisme dalam keluarga dan tak lupa ikut kegiatan positif supaya dapat mengasah kemampuan diri dari masing-masing keluarga. Bagi seorang pendidik dapat meningkatkan kualitas kompetensinya dan memperkaya diri dalam hal pengetahuan yang bermanfaat untuk mensukseskan pendidikan Indonesia setidaknya memiliki daya saing yang layak untuk dikatakan guru yang cerdas.

Unknown said...

Nama : Baeti Rakhmah
Nim : 162180156
Kelas : 5E

Menurut saya, usaha agar kualitas pendidikan di indonesia lebih lagi yaitu :
Dari segi pemerintah :
Pemerintah harus meningkatkan anggaran pendidikan di Indonesia. Anggaran tersebut nantinya akan di alokasikan kepada beasiswa, BOS, gaji guru, dan lain-lain. Hal ini di lakukan agar kualitas pendidikan di Indonesia lebih baik lagi daripada sebelumnya. Pemerintah seharusnya memberikan beasiswa full kepada siswa yang kurang mampu dan berprestasi dari semua kalangan. Selain itu, pemerintah sebaiknya memberikan layanan pendidikan yang maksimal dari segi sarana maupun prasarana.
Dari segi pendidik :
Dengan meningkatkan kualitas guru. Guru yang memiliki posisi yang sangat penting dan strategi dalam pengembangan potensi yang dimiliki peerta didik. Pada diri gurulah kejayaan dan keselamatan masa depan bangsa dengan penanaman nilai-nilai dasar yang luhur sebagai cita-cita pendidikan nasional dengan membentuk kepribadian sejahtera lahir dan bathin, yang ditempuh melalui pendidikan agama dan pendidikan umum. Oleh karena itu harus mampu mendidik diperbagai hal, agar ia menjadi seorang pendidik yang proposional. Sehingga mampu mendidik peserta didik dalam kreativitas dan kehidupan sehari-harinya. Untuk meningkatkan profesionalisme pendidik dalam pembelajaran, perlu ditingkatkan melalui cara-cara sebagai berikut:
1. Mengikuti penataran.
2. Mengikuti kursus-kursus pendidikan.
3. Memperbanyak membaca.
4. Mengadakan Kunjungan Kesekolah Lain (studi komperatif).
5. Mengadakan Hubungan Dengan Wali Siswa.
Dari segi masyarakat :
Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang unik. Mereka memiliki cara tersendiri tentang bagaimana mendidik anak tanpa sekolah, bagaimana mengajari keturunannya untuk bisa hidup dengan memanfaatkan alam. Faktor sosial budaya merupakan salah satu alasan pokok mengapa Indonesia tidak bisa sebaik Finlandia dalam hal pendidikan, sebab betapapun pemerintah memberikan keleluasaan untuk bersekolah melalui Kartu Indonesia Pintar, BOS, beasiswa siswa berpretasi dan lain-lain. Jika masyarakat menomorduakan kepentingan pendidikan, maka potensi anak yang sebenarnya bisa dikembangkan melalui pendidikan tak bisa tereksplorasi dan berkembang.

Unknown said...

Nama : Baeti Rakhmah
Nim : 162180156
Kelas : 5E

Menurut saya, usaha agar kualitas pendidikan di indonesia lebih lagi yaitu :
Dari segi pemerintah :
Pemerintah harus meningkatkan anggaran pendidikan di Indonesia. Anggaran tersebut nantinya akan di alokasikan kepada beasiswa, BOS, gaji guru, dan lain-lain. Hal ini di lakukan agar kualitas pendidikan di Indonesia lebih baik lagi daripada sebelumnya. Pemerintah seharusnya memberikan beasiswa full kepada siswa yang kurang mampu dan berprestasi dari semua kalangan. Selain itu, pemerintah sebaiknya memberikan layanan pendidikan yang maksimal dari segi sarana maupun prasarana.
Dari segi pendidik :
Dengan meningkatkan kualitas guru. Guru yang memiliki posisi yang sangat penting dan strategi dalam pengembangan potensi yang dimiliki peerta didik. Pada diri gurulah kejayaan dan keselamatan masa depan bangsa dengan penanaman nilai-nilai dasar yang luhur sebagai cita-cita pendidikan nasional dengan membentuk kepribadian sejahtera lahir dan bathin, yang ditempuh melalui pendidikan agama dan pendidikan umum. Oleh karena itu harus mampu mendidik diperbagai hal, agar ia menjadi seorang pendidik yang proposional. Sehingga mampu mendidik peserta didik dalam kreativitas dan kehidupan sehari-harinya. Untuk meningkatkan profesionalisme pendidik dalam pembelajaran, perlu ditingkatkan melalui cara-cara sebagai berikut:
1. Mengikuti penataran.
2. Mengikuti kursus-kursus pendidikan.
3. Memperbanyak membaca.
4. Mengadakan Kunjungan Kesekolah Lain (studi komperatif).
5. Mengadakan Hubungan Dengan Wali Siswa.
Dari segi masyarakat :
Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang unik. Mereka memiliki cara tersendiri tentang bagaimana mendidik anak tanpa sekolah, bagaimana mengajari keturunannya untuk bisa hidup dengan memanfaatkan alam. Faktor sosial budaya merupakan salah satu alasan pokok mengapa Indonesia tidak bisa sebaik Finlandia dalam hal pendidikan, sebab betapapun pemerintah memberikan keleluasaan untuk bersekolah melalui Kartu Indonesia Pintar, BOS, beasiswa siswa berpretasi dan lain-lain. Jika masyarakat menomorduakan kepentingan pendidikan, maka potensi anak yang sebenarnya bisa dikembangkan melalui pendidikan tak bisa tereksplorasi dan berkembang.

InasRafida said...

Nama : Novi Ariyanti
NIM : 162180144
Kelas : 5/E
Menurut saya pendidikan adalah salah satu aspek yang menjadi penyebab terjadinya pengangguran. SDM dengan pendidikan serta keterampilan yang rendah cenderung sulit untuk mendapat pekerjaan. Menyadari hal tersebut, pemerintah banyak melakukan kebijakan atau terobosan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Adapun sejumlah cara atau kebijakan yang dimaksud adalah sebagai berikut:
1. Melaksanakan program wajib belajar 9 tahun yang gratis bagi seluruh warga Negara Indonesia.
2. Memperbaiki kualitas metode dan materi pengajaran dengan selalu mengadakan evaluasi agar metode dan materi yang diajarkan relevan.
3. Memperbaiki kualitas pengajar dengan cara mengadakan berbagai pelatihan, mengadakan evaluasi berkala dan memberikan gaji yang layak sebaga reward.
4. Giat mengadakan pelatihan berbasis keterampilan di luar lembaga pendidikan resmi seperti sekolah dan kampus.
5. Menggiatkan program beasiswa, pertukaran pelajar atau program terobosan lainnya seperti student-loan misalnya.

Dari segi pendidik untuk meningkatkan profesional pendidikan dalam pembelajaran perlu ditingkatkan melalui cara - cara seperti mengikuti penataran, mengikuti kursus pendidikan, mengadakan kunjungan ke sekolah lain dan lain untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Dari segi masyarakat untuk meningkatkan kualitas pendidikan yaitu dengan mengadakan pertemuan dengan wali siswa karena untuk dapat mengetahui kemajuan peserta didik dan memberikan bimbingan kepada anaknya. Hal lain yang dilakukan masyarakat yaitu bisa dilakukan dengan memberikan bantuan dana, dan lain - lain untuk meningkatkan kualitas sekolah.

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Anonymous said...

Nama : Meliana Wulandari
NIM : 162180174
Kelas : PGSD 5E
Menurut pendapat saya pendidikan di indonesia masih perlu diperhatikan dandiperbaiki. Pemerintah di Indonesia perlu memperhatikan sarana dan pra sarana yang sekolah yang ada di Indonesia untuk lebih di tingkatkan lagi untuk mempersiapkan proses pembelajaran yang lebih baik lagi. Pemerintah harus memberikan penghargaan kepada guru atau pendidik yang memiliki prestasi dan memberikan penghargaan kepada siswa yang memiliki prestasi bukan malah mengabaikan seperti itu. Pemerataan tujangan gaji guru honorer masih belum sesuai dan tidak merata.
Dari segi pendidik
Dalam pembelajaran pendidik atau guru di Indonesia masih menggunakan metode atau strategi pembelajaran yang masih sederhana dan tidak dapat membangkitkan motivasi belajar anak. Agar pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik dan mudah maka guru dapat menyesuaikan kebutuhan sesuai karakter dari masing- masing anak atau peserta didik dan pembelajaran di buat secara bervariasi dan dapat di terima dengan mudah. Pembelajaran di Indonesia dipusatkan kepada peserta didik,sehingga siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran.
Dari segi masyarakat
Masyarakat dan keluarga merupakan pembelajaran yang sangat penting dan dapat meningkatakan mutu pendidikan. Lingkungan keluarga harus lebih tahu pendidkan yang sesuai yaitu mulai berusaha 7 tahun agar dapat mengikuti pembelajaran dengan baik.
Menurut pendapat saya pendidikan di Finlandia itu sudah sangat baik karena Indonesia mencontoh kurikulum yang ada di Finlandia. Melihat dari segi pemerintah, pemerintah di Indonesia masih perlu diperbaiki lagi dalam memberikan dana dan beasiswa yang ada di Indonesia, dan guru honorer harus diberikan upah yang lebih pantas karena sangat berperan penting dalam mengembangkan tenaga pendidik yanglebih baik.
Dari segi masyarakat anak SD wajib belajar di bangku SD mulai berusia 7 tahun, karena di usia itu anak sudah siap mengikuti pembelajaran.
Dari segi pendidik
guru harus memiliki pengalaman yang lebih banyak agar dapat di tularkan kepada anak didik dan guru wajib mengikuti program pelatihan profesi guru agar bisa mengembangkan profesinya sesuai bidang pendidkan.

Anonymous said...

Nama : Nadia Indah Istighfaroh
NIM : 162180147
Kelas :5E

Menurut pendapat saya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, sebaiknya Pemerintah membuat Absensi dan kedisiplinan untuk guru karena sangat berpengaruh terhadap kelancaran proses belajar mengajar anak. Jika guru jarang hadir dan kurang disiplin maka ini akan menghambat kegiatan belajar mengajar dan siswa menjadi malas. Dengan adanya absensi dan kedisiplinan bagi guru sebagai pemacu motivasi siswa untuk belajar denga rajin. Dengan masukan ilmiah ahli itu, pemerintah tidak berdiam diri sehingga tujuan pendidikan nasional tercapai. Berbagai upaya telah dilakukan secara terencana sejak sepuluh tahun yang lalu. Hasilnya cukup membanggakan untuk sekolah-sekolah tertentu di beberapa kota di Indonesia tetapi belum merata dan kurang memuaskan secara nasional.
Segi masyarakat, sebaiknya mendukung untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.Dalam masyarakat itu sendiri dapat menerapkan pengalaman langsung dalam proses belajar mengajar yang didapat dari sekolah formal. Dari segi pendidik/ guru, sebaiknya guru memberikan fasilitas yang mendukung proses belajar mengajar, padahal tidak semua guru di Indonesia digaji merata, ada perbedaan tersendiri. Termasuk Guru honorer yang gajinya tidak sebanding dengan Guru Tetap.

Unknown said...

Nama : Intan Maharani Pratiwi
Nim/kelas : I62180180/ 5E

Menurut pendapat saya kualitas pendidikan di Indonesia memang masih sangat rendah bila di bandingkan dengan kualitas pendidikan di negara-negara lain. Hal-hal yang menjadi penyebab utamanya yaitu efektifitas, efisiensi, dan standardisasi pendidikan yang masih kurang dioptimalkan. Adapun upaya yang perlu dilakukan, antara lain :

A. DARI SEGI PEMERINTAH
Upaya pemerintah antara lain :
- meningkatkan anggara pendidikan,
- mengadakan pembinaan, lokakarya, penyuluhan, pelatihan bagi guru dan pendidik,
- mengadakan sertifikasi guru setiap tahunnya,
- meningkatkan nilai rata-rata kelulusan dalam Ujian Nasional,
- pengadaan Program BOS, dan
- mengganti kurikulum.

B. DARI SEGI PENDIDIK
Peningkatan mutu guru bisa dilakukan dengan penyeleksian guru pendidik sebelum mereka mengajar pada suatu sekolah. Dengan adanya seleksi yang tepat ini diharapkan guru benar-benar merupakan tenaga pilihan yang bisa membimbing muridnya dengan baik. Dan Insan Pendidikan Patut Mendapatkan Penghargaan Karena itu Berikanlah Penghargaan, “Manajemen Sumber Daya Manusia” mengatakan, penghargaan diberikan untuk menarik dan mempertahankan SDM karena diperlukan untuk mencapai saran-saran organisasi. Staf (guru) akan termotivasi jika diberikan penghargaan ekstrinsik (gaji, tunjangan, bonus dan komisi) maupun penghargaan instrinsik (pujian, tantangan, pengakuan, tanggung jawab, kesempatan dan pengembangan karir).
C. DARI SEGI MASYARAKAT
Masyarakat kiranya dapat meningkatkan kerja sama dengan pihak sekolah dalam usaha meningkatkan proses belajar mengajar yang lebih efektif dan efesien, terutama kerja sama dalam memotivasi belajar siswa, kerja sama dalam mengadakan atau memenuhi dan kelengkapan sarana dan prasarana kebutuhan belajar mengajar siswa, baik sarana belajar di rumah maupun yang dibutuhkan di sekolah. Masyarakat yang di daerah terpencil perlu adanya kesadaran akan pendidikan salah satunya melalui acara sosialisasi dibalai desa atau rumah rt/rw, hal ini sangat penting karena untuk menyadarkan orang tua bahwa pendidikan sangat dibutuhkan oleh anak untuk masa yang akan datang.

Unknown said...

Nama : Meliana Wulandari
NIM : 162180174
Kelas : PGSD 5E
Menurut pendapat saya pendidikan di indonesia masih perlu diperhatikan dandiperbaiki. Pemerintah di Indonesia perlu memperhatikan sarana dan pra sarana yang sekolah yang ada di Indonesia untuk lebih di tingkatkan lagi untuk mempersiapkan proses pembelajaran yang lebih baik lagi. Pemerintah harus memberikan penghargaan kepada guru atau pendidik yang memiliki prestasi dan memberikan penghargaan kepada siswa yang memiliki prestasi bukan malah mengabaikan seperti itu. Pemerataan tujangan gaji guru honorer masih belum sesuai dan tidak merata.
Dari segi pendidik
Dalam pembelajaran pendidik atau guru di Indonesia masih menggunakan metode atau strategi pembelajaran yang masih sederhana dan tidak dapat membangkitkan motivasi belajar anak. Agar pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik dan mudah maka guru dapat menyesuaikan kebutuhan sesuai karakter dari masing- masing anak atau peserta didik dan pembelajaran di buat secara bervariasi dan dapat di terima dengan mudah. Pembelajaran di Indonesia dipusatkan kepada peserta didik,sehingga siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran.
Dari segi masyarakat
Masyarakat dan keluarga merupakan pembelajaran yang sangat penting dan dapat meningkatakan mutu pendidikan. Lingkungan keluarga harus lebih tahu pendidkan yang sesuai yaitu mulai berusaha 7 tahun agar dapat mengikuti pembelajaran dengan baik.
Menurut pendapat saya pendidikan di Finlandia itu sudah sangat baik karena Indonesia mencontoh kurikulum yang ada di Finlandia. Melihat dari segi pemerintah, pemerintah di Indonesia masih perlu diperbaiki lagi dalam memberikan dana dan beasiswa yang ada di Indonesia, dan guru honorer harus diberikan upah yang lebih pantas karena sangat berperan penting dalam mengembangkan tenaga pendidik yanglebih baik.
Dari segi masyarakat anak SD wajib belajar di bangku SD mulai berusia 7 tahun, karena di usia itu anak sudah siap mengikuti pembelajaran.
Dari segi pendidik
guru harus memiliki pengalaman yang lebih banyak agar dapat di tularkan kepada anak didik dan guru wajib mengikuti program pelatihan profesi guru agar bisa mengembangkan profesinya sesuai bidang pendidkan.

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Nama:Vira Oktaviani Havsari
NIM :162180158
Kelas :5 E PGSD

Menurut pendapat saya, pendidikan di Indonesia harus lebih di tingkatkan lagi dari segi guru. Guru harus mengikuti penataran untuk mendapatkan pengalaman dan menyelaraskan pengetahuan dan keterampilan mereka,mengikuti kursus kursus pendidikan,memperbanyak membaca,dan mengadakan kunjungan ke sekolah lain.Bagi pemerintah harus lebih peduli lagi terlebih soal dana supaya memudahkan proses pendidikan,memberikan beasiswa sekolah gratis, meningkatkan gaji guru, dan tentunya mengurangi angka korupsi di Indonesia.Sebaiknya tidak harus terpaku pada kurikulum,sebaiknya melihat situasi dan kondisi karena konteks mungkin tidak sesuai dengan yang di lapangan.Kurikulum hanya sebagai formalisasi supaya memiliki pegangan yabg akurat. Dari segi masyarakat dan keluarga turut membantu dan menyukseskan pendidikan di rumah dan lingkungan sekitar karena pendidikan pertama itu lahir dari keluarga. Keluarga seharusnya mengajarkan pendidikan utama seperti agama dan tata krama, keluarga harus sepenuhnya mendukung anak anak untuk meyakinkan bahwa mereka bisa dan menyemangati serta memotivasi. Alasan semua itu dilakukan untuk menjadikan penerus bangsa yang berbakti dan bertanggung jawab serta membela negara.Karena manusia dilahirkan untuk wajib menuntut ilmu dan berakhlak mulia dan beradab.

Anonymous said...

Nama : Anggrianita Devani
NIM : 162180149
Kelas : 5E

Menurut pendapat saya untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik lagi dari segi :
A. Pemerintah
Di Indonesia pemerintah menetapkan wajib belajar selama 12 tahun yang tidak semua anak di Indonesia bisa menempuh pendidikan sampai ke jenjang SMA. Banyak kendala yang ditemui seperti biaya, sarana dan prasarana, pemerataan gaji bagi guru honorer yang belum sesuai, pemerataan kurikulum, pembangunan gedung sekolah yang layak. Sehingga proses belajar mengajar dapat tersampaikan lebih baik untuk peserta didik.

B. Pendidik
Dari segi pendidik, pendidik yang memiliki posisi yang sangat penting dan strategi dalam pengembangan potensi yang dimiliki peserta didik.Pada diri gurulah kejayaan dan keselamatan masa depan bangsa dengan penanaman nilai-nilai dasar yang luhur sebagai cita-cita pendidikan nasional dengan membentuk kepribadian sejahtera lahir dan batin, yang ditempuh melalui pendidikan agama dan pendidikan umum. Oleh karena itu harus mampu mendidik diperbagai hal, agar ia menjadi seorang pendidik yang proposional. Sehingga mampu mendidik peserta didik dalam kreativitas dan kehidupan sehari-harinya. Untuk meningkatkan profesionalisme pendidik dalam pembelajaran, perlu ditingkatkan melalui cara seperti : mengikuti penataran, mengikuti kursus pendidikan, membaca buku untuk menambah wawasan materi, mengadakan kunjungan Ke sekolah lain (study komperatif), mengadakan hubungan dengan wali siswa, dst.

C. Masyarakat
Dari segi masyarakat ataupun keluarga juga berpengaruh pada peningkatan pendidikan karena dalam bermasyarakat dapat mengajarkan bagaimana cara bersosialisasi dan beradaptasi dengan baik. Pendidikan juga bisa dilaksanakan bersama masyarakat seperti gotong royong untuk memunculkan kualitas diri seorang peserta didik.

Unknown said...

Assalamualaikum.wr.wb nama: Natasha pangestika
Nim: 162180178
Prodi: PGSD
Menurut pendapat saya, di negara indonesia itu sendiri di dalam standar pendidikan khususnya di negara indonesia SD,SMP,SMA.
Diindonesia anak - anak masuk sekolah saat anak umur 6 tahun masuk sekolah dasar. Indonesia mengingat wajib sekolah 12 tahun, wajib sekolah bukan dari taman kanak - kanak di mulai sekolah dasar kelas 1. Pada peraturan pemerintah di indonesia pendidikan dan menteri agama Nomor 2/VII/PB/2014 dan nomor 7 tahun 2014 seorang anak mulai sekolah saat anak berusia 7 tahun masuk sekolah. Sistem penilaian guru sekolah dasat sebelum mulai mengajar di sd dan mulai masuk sekolah dasar mengikuti kurikulum yang di tetapkan pemerintah indonesia, pendidikan kurikulum saat ini yaitu kurikulum 2006 (KTSP) dan kurikulum 2013 di negara indonesia pendidikan indonesia sendiri segi sistem penilaian berbeda dengan sistem penilaian di filandia. antara sistem penilaian ujian semester,ujian harian , tugas sekolah dan ujian tengah semester pihak dari sekolah memberikan beasiswa bagi siswa yang prestasi atau bagi yang kurang mampu membayar uang sekolah. juga meningkatkan gaji guru tidak ada guru yang korupsi, di indonesia tidak ada pengecualian agama semua anak di indonesia agama apapun dapat masuk di sekolah untuk menuntut ilmu pengetahuan dan berakhak mulia

Anonymous said...

Nama : Anggrianita Devani
NIM : 162180149
Kelas : 5E

Menurut pendapat saya untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik lagi dari segi :
A. Pemerintah
Di Indonesia pemerintah menetapkan wajib belajar selama 12 tahun yang tidak semua anak di Indonesia bisa menempuh pendidikan sampai ke jenjang SMA. Banyak kendala yang ditemui seperti biaya, sarana dan prasarana, pemerataan gaji bagi guru honorer yang belum sesuai, pemerataan kurikulum, pembangunan gedung sekolah yang layak. Sehingga proses belajar mengajar dapat tersampaikan lebih baik untuk peserta didik.

B. Pendidik
Dari segi pendidik, pendidik yang memiliki posisi yang sangat penting dan strategi dalam pengembangan potensi yang dimiliki peserta didik.Pada diri gurulah kejayaan dan keselamatan masa depan bangsa dengan penanaman nilai-nilai dasar yang luhur sebagai cita-cita pendidikan nasional dengan membentuk kepribadian sejahtera lahir dan batin, yang ditempuh melalui pendidikan agama dan pendidikan umum. Oleh karena itu harus mampu mendidik diperbagai hal, agar ia menjadi seorang pendidik yang proposional. Sehingga mampu mendidik peserta didik dalam kreativitas dan kehidupan sehari-harinya. Untuk meningkatkan profesionalisme pendidik dalam pembelajaran, perlu ditingkatkan melalui cara seperti : mengikuti penataran, mengikuti kursus pendidikan, membaca buku untuk menambah wawasan materi, mengadakan kunjungan Ke sekolah lain (study komperatif), mengadakan hubungan dengan wali siswa, dst.

C. Masyarakat
Dari segi masyarakat ataupun keluarga juga berpengaruh pada peningkatan pendidikan karena dalam bermasyarakat dapat mengajarkan bagaimana cara bersosialisasi dan beradaptasi dengan baik. Pendidikan juga bisa dilaksanakan bersama masyarakat seperti gotong royong untuk memunculkan kualitas diri seorang peserta didik.

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Nama : Anjas Wiharti
NIM : 162180165
Kelas : PGSD 5E

Pendidikan finlandia itu bisa dikatan kiblat pendidikan dunia. Oleh karena itu pendidikan di finlandia menjadi patokan pendidikan di indonesia. Salah satunya ujian nasional bukan jadi tolak ukur keberhasilan. Hal ini mulai di hapus pelan pelan di indonesia. Yang kemudian akan di kembangakan di indonesia.
Lalu, bagaimana cara kita meningkatkan kualitas pendidikan di indonesia?
Menurut saya, Usaha kita dalam meningkatkan kualitas pendidikan dari :

A. Pemerintah
Lembaga Pendidikan di kelola oleh pemerintah
Seperti di Pemerintah Finlandia yang begitu serius dalam meningkatkan harkat dan martabat warga negaranya melalui pendidikan. Sebagai bukti keseriusan dalam mengelola pendidikan pemerintah mengupayakan agar semua sekolah, mulai dari Taman Kanak-kanak hingga perguruan tinggi dikelola oleh pemerintah. Kebijakan ini bukan bermaksud untuk membatasi lembaga-lembaga swasta untuk mendirikan sekolah-sekolah, tetapi lebih menitikberatkan agar pengelolaan dan pengembangan sekolah betul-betul ditangani dengan baik, di dukung dengan anggaran yang memadai.
Di sisi lain, pemerintah indonesia harus memberikan biaya sekolah gratis untuk mendukung warga negaranya agar meningkatkan prestasi tanpa terhambat masalah keuangan. Setiap prestasi yang dicapai oleh warga negara diberikan dukungan dan apresiasi dari pemerintah, baik itu untuk penelitian, membuat penemuan dan berbagai inovasi baru. Sehingga setiap warga negara dipacu untuk membuat prestasi tanpa khawatir masalah dana.

B. masyarakat
Masyarakat harus mendukung sistem pendidikan di indonesia, karna tidak mudah bagi pemerintah untuk menghapus kemudian menganti sistem pemerintah yang kemudian di terima oleh masyarakat. Seperti halnya memperhatikan kematangan anak dalam mengikuti persekolahan yang dibuat oleh pemerintah. Siswa yang belum berumur 7 tahun tidak diperbolehkan bersekolah. Namun, sebelum usia 7 tahun para siswa didampingi oleh orangtuannya untuk dipersiapkan memasuki dunia persekolahan. Selain itu masyarakat harus ikut serta dalam mendukung proses perkembangan di indonesia.

C. Pendidik
Pendidik di harus tanggungjawab yang besar atas prestasi yang dicapai oleh anak didiknya. Ketidakmampuan seorang guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa akan dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam karir sang guru tersebut. Di samping itu, para siswa juga diberikan kesempatan untuk memberikan penilaian terhadap cara atau kemampuan para guru dalam mengajar. Seperti halnya prestasi Siswa yang memiliki prestasi yang kurang baik tidak dianggap sebagai siswa yang "bodoh". Dalam artian, para guru dan siswa lain tidak akan langsung memperolok-olok temannya yang kurang berprestasi, tapi malah sebaliknya diberikan semangat dan saling membantu. Artinya, di sekolah-sekolah tidak pengelompokan-pengelompokan siswa berdasarkan prestasi yang mereka peroleh. Yang berprestasi silahkan dipertahankan atau ditingkatkan, yang belum silahkan belajar lebih giat lagi. Selain itu pendidik juga harus mengupayakan agar proses belajar-mengajar itu mengasyikkan, sehingga guru menggunakan bebagai upaya agar siswa tidak mudah bosan dalam mengajar. Cara ini ditempuh dengan membuat variasi metode mengajar, variasi tempat belajar ( sering di luar kelas), menciptakan iklim kelas yang saling membangun dan tidak terjadi konflik antarsiswa.

Unknown said...

Menurut saya, pendidikan di indonesia masih belum tertata dengan baik dan harus lebih di perhatikan oleh pihak pemerintah maupun masyarakat. Bahwasanya pendidikan di indonesia sangat tertinggal jauh dibandingkan dengan negara lainnya. Pendidikan di Indonesia perlu ditingkatkan kembali dari segi sarana prasana nya, apa yg dibutuhan oleh anak, dan dari segi ekonomi orang tua. Karena di Indonesia yang menjadi masalah dalam hal pendidikan yaitu dilihat dari faktor ekonomi, sarana prasana, masyarakat dan pemerintah. Kalau dari segi ekonomi biasanya jika orang tua tidak bisa menyekolahkan anak nya di sekolah negeri mauntidak mau harus menyekolahkan anaknya di sekolah swasta yang dimana orang tua lebih membutuhkan banyak biaya. Seharusnya pihak pemerintah dapat mengurangi beban biaya dan sebagainya bagi orang yang kurang mampu. Pendidikan yang diberikan pun harus sama rata antar sekolah negeri maupun swasta. Jadi tidak ada perbedaan antara anak orang kaya maupun orang tidak mampu dalam hal pendidikan. Alasan yang kedua yaitu masalah sarana dan prasarana, yang dimana siswa yang tinggal di pedalaman terkadang mereka kesulitan dalam akses perjalanan dari rumah menuju sekolah. Setelah saya mengamati tempat SD yang pernah saya kunjungi, sarana dan prasana mereka banyak yang belum memadai dan lahan di sekolahnya juga tidak memadai. Seperti tahun ajaran sekarang yang dimana sekolah harus menggunakan kurikulum 2013. Yang dimana guru harus bisa menggunakan media elektronik dengan baik dan siswa hatus yang lebih aktif dibandingkan gurunya. Pihak sekolah dituntut oleh pemerintah untuk menggunakan sistem kurikulum 2013 tersebut,akan tetapi masih banyak guru yang belum paham akan teori dan kurang memahami cara menggunakan/mengaplikasikan alat media tekhnologi di jaman sekarang. Seharusnya guru tidak di persulit dalam menerima pembekalan guru yang di sediakan oleh pemerintah. Karena saya lihat di Indonesia terlalu mementingkan banyaknya teori yang masuk dibandingkan praktik nya.

Anonymous said...

Nama : Anggrianita Devani
NIM : 162180149
Kelas : 5E

Menurut pendapat saya untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik lagi dari segi :
A. Pemerintah
Di Indonesia pemerintah menetapkan wajib belajar selama 12 tahun yang tidak semua anak di Indonesia bisa menempuh pendidikan sampai ke jenjang SMA. Banyak kendala yang ditemui seperti biaya, sarana dan prasarana, pemerataan gaji bagi guru honorer yang belum sesuai, pemerataan kurikulum, pembangunan gedung sekolah yang layak. Sehingga proses belajar mengajar dapat tersampaikan lebih baik untuk peserta didik.

B. Pendidik
Dari segi pendidik, pendidik yang memiliki posisi yang sangat penting dan strategi dalam pengembangan potensi yang dimiliki peserta didik.Pada diri gurulah kejayaan dan keselamatan masa depan bangsa dengan penanaman nilai-nilai dasar yang luhur sebagai cita-cita pendidikan nasional dengan membentuk kepribadian sejahtera lahir dan batin, yang ditempuh melalui pendidikan agama dan pendidikan umum. Oleh karena itu harus mampu mendidik diperbagai hal, agar ia menjadi seorang pendidik yang proposional. Sehingga mampu mendidik peserta didik dalam kreativitas dan kehidupan sehari-harinya. Untuk meningkatkan profesionalisme pendidik dalam pembelajaran, perlu ditingkatkan melalui cara seperti : mengikuti penataran, mengikuti kursus pendidikan, membaca buku untuk menambah wawasan materi, mengadakan kunjungan Ke sekolah lain (study komperatif), mengadakan hubungan dengan wali siswa, dst.

C. Masyarakat
Dari segi masyarakat ataupun keluarga juga berpengaruh pada peningkatan pendidikan karena dalam bermasyarakat dapat mengajarkan bagaimana cara bersosialisasi dan beradaptasi dengan baik. Pendidikan juga bisa dilaksanakan bersama masyarakat seperti gotong royong untuk memunculkan kualitas diri seorang peserta didik.

Unknown said...

Nama : Indah Oktaviany Fatika
NIM : 162180173
Kelas: 5E
Menurut saya, pendidikan di indonesia masih belum tertata dengan baik dan harus lebih di perhatikan oleh pihak pemerintah maupun masyarakat. Bahwasanya pendidikan di indonesia sangat tertinggal jauh dibandingkan dengan negara lainnya. Pendidikan di Indonesia perlu ditingkatkan kembali dari segi sarana prasana nya, apa yg dibutuhan oleh anak, dan dari segi ekonomi orang tua. Karena di Indonesia yang menjadi masalah dalam hal pendidikan yaitu dilihat dari faktor ekonomi, sarana prasana, masyarakat dan pemerintah. Kalau dari segi ekonomi biasanya jika orang tua tidak bisa menyekolahkan anak nya di sekolah negeri mauntidak mau harus menyekolahkan anaknya di sekolah swasta yang dimana orang tua lebih membutuhkan banyak biaya. Seharusnya pihak pemerintah dapat mengurangi beban biaya dan sebagainya bagi orang yang kurang mampu. Pendidikan yang diberikan pun harus sama rata antar sekolah negeri maupun swasta. Jadi tidak ada perbedaan antara anak orang kaya maupun orang tidak mampu dalam hal pendidikan. Alasan yang kedua yaitu masalah sarana dan prasarana, yang dimana siswa yang tinggal di pedalaman terkadang mereka kesulitan dalam akses perjalanan dari rumah menuju sekolah. Setelah saya mengamati tempat SD yang pernah saya kunjungi, sarana dan prasana mereka banyak yang belum memadai dan lahan di sekolahnya juga tidak memadai. Seperti tahun ajaran sekarang yang dimana sekolah harus menggunakan kurikulum 2013. Yang dimana guru harus bisa menggunakan media elektronik dengan baik dan siswa hatus yang lebih aktif dibandingkan gurunya. Pihak sekolah dituntut oleh pemerintah untuk menggunakan sistem kurikulum 2013 tersebut,akan tetapi masih banyak guru yang belum paham akan teori dan kurang memahami cara menggunakan/mengaplikasikan alat media tekhnologi di jaman sekarang. Seharusnya guru tidak di persulit dalam menerima pembekalan guru yang di sediakan oleh pemerintah. Karena saya lihat di Indonesia terlalu mementingkan banyaknya teori yang masuk dibandingkan praktik nya.

Anonymous said...

Nama : ANggrianita Devani
NIM : 162180149
Kelas : 5E

Menurut pendapat saya untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik lagi dari segi :
A. Pemerintah
Di Indonesia pemerintah menetapkan wajib belajar selama 12 tahun namun tidak semua anak di Indonesia bisa menempuh pendidikan sampai ke jenjang SMA. Banyak kendala yang ditemui seperti biaya pendidikan, sarana dan prasarana, pemerataan gaji guru honorer yang tidak sesuai, pemerataan pendidikan, pembangunan gedung sekolah yang layak. sehingga proses belajar mengajar dapat tersampaikan lebih baik untuk peserta didik.
B. Pendidik
Pendidik yang memiliki posisi yang sangat penting dan strategi dalam pengembangan potensi yang dimiliki peserta didik. Pada diri gurulah kejayaan dan keselamatan masa depan bangsa dengan penanaman nilai-nilai dasar yang luhur sebagau cita-cita pendidikan nasional dengan membentuk kepribadian sejahtera lahir dan batin, yang ditempuh melalui pendidikan agama dan pendidikan umum. Oleh karena itu, guru harus mampu mendidik peserta didik dalam kreativitas dan kehidupan sehari-harinya . Untuk meningkatkan profesionalisme pendidik dalam mengajar perlu ditingkatkan melalui cara yaitu mengikuti khursus pendidikan, membaca buku untuk menambah wawasan materi, memngadakan kunjungan ke sekolah lain, mengadakan pertemuan dengan wali siswa, dst
C. Masyarakat
Masyarakat menjadi tokoh utama dalam pendidikan, karena dalam bermasyarakat dapat mengajarkan bagaimana cara bersosialisasi dan beradaptasi dengan baik. Pendidikan juga dapat dilaksanakan bersama masyarakat seperti gotong royong unutk memunculkan kualitas diri seorang peserta didik.

Unknown said...

Nama : Rantamsih
Nim : 162180168
Kelas : E
Menurut saya, pendidikan di Indonesia kualitasnya masih rendah. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia seharusnya pemerintah memperhatikan sarana dan prasana dalam menunjang proses pendidikan. Tidak hanya sarana dan prasana, pemerintah juga harus memperhatikan kesejahteraan gaji para guru di Indonesia. Seperti halnya di Finlandia tidak ada gaji yang tidak pantas diberikan untuk guru karena pemerintahnya sangat memperhatikan kesejahteraan para guru di sana. Sehingga dengan begitu, kesejarteraan guru akan lebih terjamin. Pada segi pendidik, kualitas guru masih rendah dan belum memadai. Guru di Indonesia seharusnya mengikuti pelatihan dan pengembangan secara rutin sehingga guru bisa mengembangkan potensinya sebagai pengajar. Selain itu, seharusnya di Indonesia tidak sembarang orang yang dipilih untuk menjadi seorang guru, namun harus dipilih dari lulusan yang terbaik. Pada segi masyarakat, kurangnya partisipasi dan dukungan dari masyarakat dalam pendidikan. Kebanyakan masyarakat Indonesia lebih mementingkan bekerja daripada memperoleh pendidikan yang lebih tinggi. Seharusnya masyarakat mendukung dan saling bekerja sama dengan adanya program pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Terima kasih.

Linda Gita Cahyani_PPG Prajab PGSD Kelas D said...

Nama : Linda Gita Cahyani
Nim : 162180179
Kelas : 5E

Seperti yang kita ketahui, pendidikan di Indonesia masih perlu adanya perbaikan dan pengembangan. Dalam upaya perbaikan dan pengembangan, ada bebarapa unsur yang harus terlibat didalamnya, diantaranya adalah pemerintah, guru, dan lingkungan keluarga atau masyarakat. Berikut akan dijelaskan upaya yang dapat dilakukan oleh pemerintah, guru, dan keluarga atau masyarakat:
1. Dari Segi Pemerintah
Dalam upaya perbaikan dan pengembangan pendidikan Indonesia, pemerintah menjadi unsur terpenting karena merupakan penentu dan pemimpin dalam segala aspek, termasuk aspek pendidikan. Bebarapa hal yang dapat dilakukan pemerintah, yaitu : Menentukan sistem atau kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan pendidikan Indonesia, membuat peraturan atau kebijakan yang mengharuskan bahwa guru yang akan mengajar harus sesuai dengan bidangnya (misalnya : untuk guru SD harus berasal dari lulusan pgsd). Meninjau dan memberi bantuan kepada sekolah yang masih tertinggal, baik dari segi bangunannya maupun dari segi sarana dan prasarana lainnya, seperti: media pembelajaran, buku, komputer, dll. Selain itu, pemerintah juga harus mengadakan pelatihan secara rutin dan berkesinambungan untuk para guru di Indonesia agar kualitas mereka semakin meningkat. Dalam upaya ini, pemerintah juga harus memperhatikan kesejahteraan para guru, karena pada dasarnya merekalah yang sangat berperan penting dalam mencetak generasi bangsa yang berkarakter dan berilmu. Pemerintah juga dapat mengadakan program melanjutkan kuliah gratis untuk para guru yang berprestasi agar semakin berkompeten dibidangnya.
2. Dari Segi Guru
Dalam upaya perbaikan dan pengembangan pendidikan di Indonesia, upaya yang dapat dilakukan oleh guru diantaranya yaitu terus belajar dan menuntut ilmu dalam hal apapun yang positif, karena guru adalah teladan bagi siswanya, maka dengan ini guru harus memiliki pengetahuan dan pengalaman yang luas baik dari segi akademik maupun non akademik. Guru juga dapat meningkatkan kualitas diri dengan mengikuti kursus dalam bidang seni misalnya dengan aktif mengikuti sanggar Tari tertentu. Selain itu, dalam hal belajar mengajar guru juga harus mempersiapkan materi, metode, media, dan perangkat pembelajaran lain yang sesuai dengan kebutuhan dan materi yang akan diajarkan. Dalam proses belajar mengajar, guru harus menciptakan pembelajaran yang menuntut siswa untuk aktif mencari dan menemukan ilmu, sehingga ilmu tersebut akan lebih bermakna dan tersimpan dalam memori siswa. Kemudian, dalam penilaian siswa, guru haruslah objektif dan tidak hanya mementingkan aspek pengetahuan saja. Selain itu, demi keberhasilan pembelajaran, guru juga harus melakukan evaluasi dengan bekerjasama dengan guru lainnya yang terkait dan terus memperbaiki cara mengajar disesuaikan dengan kebutuhan siswa.
3. Dari Segi Keluarga atau Masyarakat
Karena keluarga atau masyarakat merupakan lingkungan terdekat dengan siswa dan sebagian besar waktu siswa dihabiskan di lingkungan tersebut, maka lingkungan keluarga atau masyarakat haruslah menjadi suri teladan bagi anak, mencontohkan dan mengajarkan hal-hal baik. Terutama orang tua, orang tua haruslah mengawasi putra putrinya dalam bermain agar tidak terjerumus dalam hal yang negatif. Pembiasaan-pembiasaan tertentu, seperti shalat tepat waktu, belajar, pembagian tugas dirumah harus dilakukan agar anak menjadi pribadi yang disiplin, berkarakter dan berilmu. Karna aspek pendidikan agama juga sangat penting, agar antara spiritual bisa imbang dengan akademik dan non akademik. Selain itu, orang tua juga harus memperhatikan bakat dan minat anak dan mendukung, juga memfasilitasi bakat atau minat tersebut. Karena pada dasarnya setiap anak berbeda-beda, ada yang passionnya dalam bidang akademik dan ada juga yang passionnya dalam bidang non akademik. Oleh karena itu, baik guru maupun orang tua siswa harus bekerjasama agar lebih menudahkan dalam pendidikan disekolahnya.

Linda Gita Cahyani_PPG Prajab PGSD Kelas D said...
This comment has been removed by the author.
Suhariyadi said...

Nama: suhariyadi
Nim:162180171
Kelas:5e

Menurut saya langkah yang dapat dilakukan untuk menaikan kualitas pendidikan dengan caraberikut
1. Perubahan kurikulum belajar
Kurikulum merupakan dasar atau jadwal pendidikan yang akan diajarkan oleh guru kepada peserta didiknya. Perubahan kulikulum ini bisa meningkatkan pendidikan namun dengan perubahan kurikulum ini kadang menimbulkan kontroversi bagi semua orang. Perubahan kurikulum ini harus dipertimbangkan dengan matang agar peserta didik dan pendidik bisa melaksanakannya dengan baik.
2. Peningkatan mutu guru
Peningkatan mutu guru bisa dilakukan dengan penyeleksian guru pendidik sebelum mereka mengajar pada suatu sekolah. Dengan adanya seleksi yang tepat ini diharapkan guru benar-benar merupakan tenaga pilihan yang bisa membimbing muridnya dengan baik. Dan Insan Pendidikan Patut Mendapatkan Penghargaan Karena itu Berikanlah Penghargaan, “Manajemen Sumber Daya Manusia” mengatakan, penghargaan diberikan untuk menarik dan mempertahankan SDM karena diperlukan untuk mencapai saran-saran organisasi. Staf (guru) akan termotivasi jika diberikan penghargaan ekstrinsik (gaji, tunjangan, bonus dan komisi) maupun penghargaan instrinsik (pujian, tantangan, pengakuan, tanggung jawab, kesempatan dan pengembangan karir). Manusia mempunyai sejumlah kebutuhan yang memiliki lima tingkatan (hierarchy of needs) yakni, mulai dari kebutuhan fisiologis (pangan, sandang dan papan), kebutuhan rasa aman ( terhindar dari rasa takut akan gangguan keamanan), kebutuhan sosial (bermasyarakat), kebutuhan yang mencerminkan harga diri, dan kebutuhan mengaktualisasikan diri di tengah masyarakat.
Pendidik dan pengajar sebagai manusia yang diharapkan sebagai ujung tombak meningkatkan mutu berhasrat mengangkat harkat dan martabatnya. Jasanya yang besar dalam dunia pendidikan pantas untuk mendapatkan penghargaan intrinsik dan ekstrinsik agar tidak termarjinalkan dalam kehidupan masyarakat.
3. Bantuan Operasional Sekolah ( BOS )
Pada intinya bantuan ini dirancang pemerintah untuk membantu sekolah yang tidak mampu agar bisa menyediakan sarana dan prasarana pendidikan yng layak dan dibutuhkan siswa didiknya. Namun kadang program ini disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab sehingga penyampaiannya masih belum optimal.

Unknown said...

Menurut saya, pendidikan di indonesia masih belum tertata dengan baik dan harus lebih di perhatikan oleh pihak pemerintah maupun masyarakat. Bahwasanya pendidikan di indonesia sangat tertinggal jauh dibandingkan dengan negara lainnya. Pendidikan di Indonesia perlu ditingkatkan kembali dari segi sarana prasana nya, apa yg dibutuhan oleh anak, dan dari segi ekonomi orang tua. Karena di Indonesia yang menjadi masalah dalam hal pendidikan yaitu dilihat dari faktor ekonomi, sarana prasana, masyarakat dan pemerintah. Kalau dari segi ekonomi biasanya jika orang tua tidak bisa menyekolahkan anak nya di sekolah negeri mauntidak mau harus menyekolahkan anaknya di sekolah swasta yang dimana orang tua lebih membutuhkan banyak biaya. Seharusnya pihak pemerintah dapat mengurangi beban biaya dan sebagainya bagi orang yang kurang mampu. Pendidikan yang diberikan pun harus sama rata antar sekolah negeri maupun swasta. Jadi tidak ada perbedaan antara anak orang kaya maupun orang tidak mampu dalam hal pendidikan. Alasan yang kedua yaitu masalah sarana dan prasarana, yang dimana siswa yang tinggal di pedalaman terkadang mereka kesulitan dalam akses perjalanan dari rumah menuju sekolah. Setelah saya mengamati tempat SD yang pernah saya kunjungi, sarana dan prasana mereka banyak yang belum memadai dan lahan di sekolahnya juga tidak memadai. Seperti tahun ajaran sekarang yang dimana sekolah harus menggunakan kurikulum 2013. Yang dimana guru harus bisa menggunakan media elektronik dengan baik dan siswa hatus yang lebih aktif dibandingkan gurunya. Pihak sekolah dituntut oleh pemerintah untuk menggunakan sistem kurikulum 2013 tersebut,akan tetapi masih banyak guru yang belum paham akan teori dan kurang memahami cara menggunakan/mengaplikasikan alat media tekhnologi di jaman sekarang. Seharusnya guru tidak di persulit dalam menerima pembekalan guru yang di sediakan oleh pemerintah. Karena saya lihat di Indonesia terlalu mementingkan banyaknya teori yang masuk dibandingkan praktik nya.

Unknown said...

Nama :Titi Irawati
NIM : 162180154
Kelas :5E

Menurut pendapat saya, agar pendidikan di Indonesia semakin baik diantaranya yaitu kita sebagai calon guru SD yang nantinya sebagai pembentuk karakter anak haruslah memiliki keterampilan dan pengetahuan yang cukup atau profesional. Selanjutnya sebagai masyarakat/orangtua siswa haruslah mendukung anaknya untuk terus sekolah hingga perguruan tinggi untuk mengejar impiannya. Sebagai orangtua jangan berpikiran bahwa biaya pendidikan mahal, membuang waktu dan sebagainya. Akan tetapi hendaknya berpikiran positif bahwa pebdidikan sangatlah penting bagi anak, untuk masa depan anaknya, serta asa depan bangsa Indonesia tercinta ini. Pemerintah tentunya sangat berperan dalam memajukan pendidikan, segala peraturan telah dibuatnya agar pendidikan di Indonesia semakin maju, akan tetapi tidak jarang program-program yang dibuat pemerintah tidak sejalan dengan yang diharapkan. Hal tersebut dikarenakan berbagai faktor, diantaranya kurangnya pemahaman dari masyarakat dan juga pihak sekolah terkait kebijakan yang dibuat pemerintah. Oleh karena itu sangat diperlukan kerjasama antar berbagai pihak seperti pemerintah, masyarakat, pendidik, juga peserta didik agar nantinya pendidikan dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Berbagai bantuan untuk pendidikan telah disalurkan oleh pemerintah, akan tetapi sering kali bantuan tersebut tidak tepat sasaran. Apabila bantuan dana dapat digunakan dengan seharusnya maka pendidikan di Indonesia dapat membaik. Ditandai dengan banyaknya anak yang mengejar pendidikan hingga perguruan tinggi dan sedikitnya anak yang putus sekolah. Permasalahan utama anak putus sekolah adalah dari faktor ekonomi, oleh karena itu kembali lagi ke pihak orangtua hendaknya berusaha agar anaknya dapat mengenyam pendidikan.

Unknown said...

Nama : Andri Setiawan
NIM : 162180127
Kelas : 5D

Menurut saya, kunci kesuksesan pendidikan di finlandia yaitu diawali dari pemerintahannya terlebih dahulu. Dilihat bagaimana mereka menjamin kelayakan penghasilan guru atas kerja mereka meningkatkan mutu pendidikan di negaranya. Dengan jaminan dari pemerintah terhadap penghasilan guru yg layak, maka guru pun menjadi termotivasi untuk melakukan usaha terbaik mereka,apa yg harus mereka lakukan untuk pendidikan di negaranya dengan gaji yg mereka peroleh. Mutu pendidikan bisa bagus dikarenakan kualitas guru yang bagus pula,menyeleksi siapa saja yg pantas menjadi guru merupakan langkah yg tepat agar kualitas pendidikan di negaranya tetap terjaga. Jadi tidak sembarang orang bisa menjadi guru disana,walaupun sudah mempunyai gelar tetapi jika kualitasnya kurang memadai ya lebih baik jangan digunakan.karena bisa berakibat menurunnya kualitas pendidikan di negara tersebut.

Unknown said...

Nama : Andri Setiawan
NIM : 162180127
Kelas : 5D

Menurut saya, kunci kesuksesan pendidikan di finlandia yaitu diawali dari pemerintahannya terlebih dahulu. Dilihat bagaimana mereka menjamin kelayakan penghasilan guru atas kerja mereka meningkatkan mutu pendidikan di negaranya. Dengan jaminan dari pemerintah terhadap penghasilan guru yg layak, maka guru pun menjadi termotivasi untuk melakukan usaha terbaik mereka,apa yg harus mereka lakukan untuk pendidikan di negaranya dengan gaji yg mereka peroleh. Mutu pendidikan bisa bagus dikarenakan kualitas guru yang bagus pula,menyeleksi siapa saja yg pantas menjadi guru merupakan langkah yg tepat agar kualitas pendidikan di negaranya tetap terjaga. Jadi tidak sembarang orang bisa menjadi guru disana,walaupun sudah mempunyai gelar tetapi jika kualitasnya kurang memadai ya lebih baik jangan digunakan.karena bisa berakibat menurunnya kualitas pendidikan di negara tersebut.

Unknown said...

Nama : Andri Setiawan
NIM : 162180127
Kelas : 5D

Menurut saya, kunci kesuksesan pendidikan di finlandia yaitu diawali dari pemerintahannya terlebih dahulu. Dilihat bagaimana mereka menjamin kelayakan penghasilan guru atas kerja mereka meningkatkan mutu pendidikan di negaranya. Dengan jaminan dari pemerintah terhadap penghasilan guru yg layak, maka guru pun menjadi termotivasi untuk melakukan usaha terbaik mereka,apa yg harus mereka lakukan untuk pendidikan di negaranya dengan gaji yg mereka peroleh. Mutu pendidikan bisa bagus dikarenakan kualitas guru yang bagus pula,menyeleksi siapa saja yg pantas menjadi guru merupakan langkah yg tepat agar kualitas pendidikan di negaranya tetap terjaga. Jadi tidak sembarang orang bisa menjadi guru disana,walaupun sudah mempunyai gelar tetapi jika kualitasnya kurang memadai ya lebih baik jangan digunakan.karena bisa berakibat menurunnya kualitas pendidikan di negara tersebut.

Unknown said...

Nama : Andri Setiawan
NIM : 162180127
Kelas : 5D

Menurut saya, kunci kesuksesan pendidikan di finlandia yaitu diawali dari pemerintahannya terlebih dahulu. Dilihat bagaimana mereka menjamin kelayakan penghasilan guru atas kerja mereka meningkatkan mutu pendidikan di negaranya. Dengan jaminan dari pemerintah terhadap penghasilan guru yg layak, maka guru pun menjadi termotivasi untuk melakukan usaha terbaik mereka,apa yg harus mereka lakukan untuk pendidikan di negaranya dengan gaji yg mereka peroleh. Mutu pendidikan bisa bagus dikarenakan kualitas guru yang bagus pula,menyeleksi siapa saja yg pantas menjadi guru merupakan langkah yg tepat agar kualitas pendidikan di negaranya tetap terjaga. Jadi tidak sembarang orang bisa menjadi guru disana,walaupun sudah mempunyai gelar tetapi jika kualitasnya kurang memadai ya lebih baik jangan digunakan.karena bisa berakibat menurunnya kualitas pendidikan di negara tersebut.

Amalina Hanik said...

Nama : Amalina Hanik
NIM : 162180185
Kelas : 5B

Menurut pendapat saya pendidikan di Indonesia sudah banyak mengalami kemajuan. Terutama di kota-kota besar. Ada baiknya jika kita terus mengusahakan supaya kualitas pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik lagi. Peran pemerintah dalam hal ini sangat penting. Misalnya dengan merancang kurikulum yang sesuai dengan kemajuan zaman sehingga tidak tertinggal dengan negara-negara lain. Dengan adanya wajib belajar 12 tahun dan gratis biaya untuk sekolah negeri dari perintah juga diharapkan mampu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Selain itu, pemerintah juga harus memberikan sosialaisasi kepada masyarakat akan pentingnya pendidikan, apalagi di zaman global seperti sekarang ini. Masyarakat harus berpikir terbuka dan menerima perubahan-perubahan selagi itu positif. Masyarakat sendiri harus menyadari bahwa pndidikan sangat penting untuk kehidupan sekarang maupun nanti. Sehingga kedepannya tidak akan tertinggal oleh kemajuan zaman. Pemerintah juga harus memupuk sumber daya pendidiknya. Guru yang mengajar disekolah juga harus diperhatikan. Sebagai seorang guru harus terus belajar serta berusaha menambah ilmu dan pengalaman sehingga dapat membagikannya kepada siswa.

Chuseri said...

Nama : Achmad Chuseri
NIM : 162180060
PGSD 5B

Menurut pendapat saya pendidikan di Indonesia sebenarnya sudah semakin membaik. Terbukti dengan adanya banyak orang Indonesia yang mampu bersaing dengan negara lain dalam masalah pendidikan. Tetapi ada baiknya jikakita terus berupaya agar pendidikan di Indonesia mencapai taraf terbaik.Dalam hal ini pemerintah ikut berperan, karena pemusatan pembelajaran atau kurikulum bersumber dari pemerintah. Kurikulum di Indonesia pun sudah tergolong baik tetapi dukungan dari beberapa pihak masih kurang sehingga kurikulum tidak tercapai secara maksimal. Sebaiknya saat ingin memperbarui kurikulum pemerintah juga lebih teliti mengeksplor perubahan kurikulumnya ke beberapa guru yang terdapat dipinggiran dan susah dijangkau. ketetapan kurikulum juga penting karena jika kurikulum dalam suatu sekolah ada dua maka akan memberatkan bagi siswa untuk menerima pelajaran.
Masyaratkat juga harus berperan dalam memajukan pendidikan karena kebanyakan masyarakat di Indonesia tidak mau melanjutkan sekolah karena biaya dan beranggapan negatif terhadap peluang kerja bagi orang yang bersekolah. Masyarakat harusnya berusaha untuk ikut serta mengembangkan pendidikan di Indonesia sehingga tidak tertinggal zaman dan mampu bersaing dengan yang lainnya.
Guru juga harus berperan aktif karena guru adalah pusat dari sebuah pendidikan. Guru harus terus berusaha untuk menambah ilmu dan pengalaman agar mampu menyampaikan kepada siswanya denganbaik. guru juga harus mampu menjadi tauladan bagi siswanya agar terciptanya pendidikan karakter.